SILABUS
Sekolah : SDN Kalilembu
Kelas : VI
Semester : II
Mata
Pelajaaran : Pendidikan Jasmani
dan Kesehatan
Tahun
Pelajaran : 2010/2011
Standar Kompetensi : 6.
Mempraktikkan berbagai variasi gerak dasar ke dalam permainan dan
olahraga dengan peraturan yang dimodifikasi dan nilai-nilai yang terkandung
didalamnya
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok / Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
6.1 Mempraktikkan variasi teknik
dasar salah satu permainan dan olahraga bola besar, serta nilai kerja sama,
sportivitas, dan kejujuran
|
Sepak bola
|
-
Melakukan passing mendatar dan melambung
-
Melakukan strategi menyerang dan bertahan
-
Melakukan kerjasama dalam permaianan yang dimodifikasi
|
6.1.1. Mampu melakukan passing
mendatar dan melambung
6.1.2. Mampu melakukan strategi
menyerang dan bertahan
6.1.3. Mampu melakukan kerjasama dalam
permaianan yang dimodifikasi
|
Tes
|
Tes
keterampilan (un juk kerja)
|
Lakukan bentuk
latihan pasing menggunakan
kaki bagian dalam
|
|
- Buku Paket
- Media Cetak dan Elektronik
|
6.2 Mempraktikkan variasi teknik
dasar ke dalam modifikasi permainan bola kecil, serta nilai kerja sama, sportivitas, dan
kejujuran
|
rounders
|
-
Melakukan lempar tangkap
dan cara memukul dengan baik
-
Melakukan strategi memukul bola dengan benar
-
Melakukan startegi mendapatkan poin
|
6.2.1.
Mampu melakukan lempar tangkap bola dengan baik dan benar
6.2.2.
Mampu melakukan strategi memukuil bola
6.2.3.
Mampu melakukan strategi mendapatkan nilai
|
Tes
|
Tes keterampilan
(un juk kerja)
|
Lakukan bentuk
lempar tangkap bola kasti
|
|
- Buku
GBPP
- Media
Cetak dan Elektronik
|
6.3 Mempraktikkan variasi teknik
dasar atletik yang dimodifikasi, serta nilai semangat, sportivitas,
kerjasama, percaya diri dan kejujuran
|
Ateltik
|
-
Melakukan teknik awalan dalam lompat jauh
-
Melakukan teknik tumpuan dalam lompat jauh
-
Melakukan teknik mendarat dalam lompat jauh
|
6.3.1. Mampu melakukan teknik awalan
dalam lompat jauh
6.3.2. Mampu melakukan teknik tumpuan
dalam lompat jauh
6.3.3. Mampu melakukan teknik mendarat
dalam lompat jauh
|
Tes
|
Tes
keterampilan (un juk kerja)
|
Lakukan bentuk
latihan lompat jauh
|
|
- Buku
GBPP
- Media
Cetak dan Elektronik
|
Standar Kompetensi : 7. Mempraktikkan
latihan dasar kebugaran jasmani dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok / Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
7.1 Mempraktekkan sikap hidup sehat untuk memelihara
kondisi kesehatan
|
Latihan membiasakan
diri
|
-
Membiasakan diri tidur jam 09.00 malam
-
Membiasakan diri bangun jam 05.00 pagi
-
Membiasakan diri mandi sebelum berangkat sekolah
|
7.1.1. Mampu membiasakan diri tidur
jam 09.00 malam
7.1.2. Mampu membiasakan diri bangun
jam 05.00 pagi
7.1.3. Mampu membiasakan diri mandi sebelum
berangkat sekolah
|
Tes
|
Tes
keterampilan (un juk kerja)
|
Lakukan bentuk latihan
membiasakan diri
|
|
- Buku Paket
- Media Cetak dan Elektronik
|
7.2 Mempraktikkan peregangan otot
dan pelemasan persendian dengan baik sebelum latihan , serta nilai disiplin
|
Senam kebugaran
|
-
Melakukan latihan peregangan
otot bagian atas
-
Melakukan peregangan otot
bagian bawah
-
Melakukan pelemasan sendi
|
7.2.1.
Mampu melakukan latihan peregangan
otot bagian atas
7.2.2.
Mampu melakukan peregangan
otot bagian bawah
7.2.3.
Mampu melakukan pelemasan
sendi
|
Tes
|
Tes
keterampilan (un juk kerja)
|
Lakukan bentuk
kelincahan gerakan
|
|
- Buku
GBPP
- Media
Cetak dan Elektronik
|
7.3 Mempraktekkan aktivitas
kondisi fisik secara terencana dan sungguh-sungguh
|
Senam kebugaran
|
-
Melakukan gerakan lompat
harimau melewati teman
-
Melakukan gerakan roll
depan
-
Melakukan gerakan roll
belakang
|
7.3.1. mampu
melakukan gerakan-gerakan lompat harimau melewati teman
7.3.2. mampu
melakukan roll depan
7.3.3. mampu melakukan roll belakang
|
Tes
|
Tes
keterampilan (un juk kerja)
|
Lakukan bentuk
gerakan kesegaran jasmani
|
|
- Buku
GBPP
- Media
Cetak dan Elektronik
|
7.4 Mempraktekkan aktivitas
secara berkelanjutan dalam rangka meningkatkan kebugaran, serta nilai
keselamatan, disiplin dan kerjasama
|
Senam kebugaran
|
-
Melakukan gerakan jogging
-
Melakukan gerakan naik
turun bangku
-
Melakukan gerakan lari
keliling lapangan
|
7.2.1. mampu
melakukan gerakan jogging
7.3.2.
mampu melakukan gerakan naik turun bangku
7.3.3. mampu melakukan gerakan
lari keliling lapangan
|
Tes
|
Tes
keterampilan (un juk kerja)
|
Lakukan bentuk
gerakan kesegaran jasmani
|
|
- Buku
GBPP
- Media
Cetak dan Elektronik
|
Standar Kompetensi : 8. Mempraktikkan berbagai bentuk senam
ketangkasan dengan koordinasi yang baik, dan
nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok / Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
8.1 Mempraktikkan sebuah rangkaian gerak senam
ketangkasan dengan konsisten, tepat, dan koordinasil yang baik, serta nilai
keselamatan, disiplin, dan keberanian
|
Senam Ketanglasan
|
-
Melakukan gerakan guling depan
-
Melakukan gerakan guling belakang
-
Melakukan gerakan gulin samping
|
8.1.1. Mampu melakukan gerakan guling
depan
8.1.2. Mampu melakukan gerakan guling
belakang
8.1.3. Mampu melakukan gerakan gulin
samping
|
Tes
|
Tes
keterampilan (un juk kerja)
|
Lakukan bentuk
latihan berguling
|
|
- Buku Paket
- Media Cetak dan Elektronik
|
8.2
Mempraktikkan bentuk-bentuk rangkaian gerak senam ketangkasan dengan
koordinasi dan kontrol yang baik,
|
Senam Kelincahan
|
-
Melakukan gerakan sikap lilin
-
Melakukan gerakan head stand
-
Melakukan gerakan hand stand
|
8.2.1. Mampu melakukan gerakan sikap
lilin
8.2.2. Mampu melakukan gerakan head
stand
8.2.3. Mampu melakukan gerakan hand
stand
|
Tes
|
Tes
keterampilan (un juk kerja)
|
Lakukan bentuk
latihan ketangkasan
|
|
- Buku Paket
- Media Cetak dan Elektronik
|
Standar Kompetensi : 9. Mempraktikkan kombinasi berbagai
gerak dasar dalam gerak berirama dan nilai-nilai
yang terkandung di dalamnya
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok / Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
9.1 Mempraktikkan kombinasi pola gerak mengayun, menarik,
menekuk, meliuk, memutar dalam gerak berirama , serta nilai kerja sama,
percaya diri, dan disiplin
|
Senam Irama
|
-
Melakukan gerakan mengayun tangan
-
Melakukan gerakan menekuk lutut
-
Melakukan gerakan berputar 180˚
|
9.1.1. Mampu melakukan gerakan mengayun
tangan
9.1.2. Mampu melakukan gerakan menekuk
lutut
9.1.3. Mampu melakukan gerakan
berputar 180˚
|
Tes
|
Tes
keterampilan (un juk kerja)
|
Lakukan bentuk
senam irama
|
|
- Buku Paket
- Media Cetak dan Elektronik
|
9.2 Mempraktikkan satu
pola gerak berirama terstruktur dengan konsisten dan lancar serta nilai
kerjasama, percaya diri, dan disiplin
|
Senam Irama
|
-
Melakukan gerakan pemanasan senam SKJ 2008
-
Melakukan geraakan inti senam SKJ 2008
-
Melakukan gerakan pendinginan senam SKJ 2008
|
9.2.1. Mampu melakukan gerakan
pemanasan senam SKJ 2008
9.2.2. Mampu melakukan geraakan inti
senam SKJ 2008
9.2.3. Mampu melakukan gerakan
pendinginan senam SKJ 2008
|
Tes
|
Tes
keterampilan (un juk kerja)
|
Lakukan bentuk
latihan senam irama
|
|
- Buku Paket
- Media Cetak dan Elektronik
|
Standar Kompetensi : 10. Mempraktikkan gerak dasar salah
satu gaya renang dengankoordinasi gerak yang baik, dan nilai-nilai yang
terkandung didalamnya
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok / Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
10.1 Mempraktikkan gerak dasar meluncur,
menggerakkan tungkai maupun lengan renang gaya dada dengan koordinasi gerak
yang lebih baik serta nilai keberanian, disiplin dan kebersihan
|
Renang gaya dada
|
-
Meluncur
-
Menggerakkan tungkai
-
Menggerakkan lengan
|
10.1.1. Mampu melakukan meluncur
10.1.2. Mampu menggerakkan tungkai
10.1.3. Mampu menggerakkan lengan
|
Tes
|
Tes
keterampilan (un juk kerja)
|
Lakukan gerakan
meluncur
|
|
- Buku Paket
- Media Cetak dan Elektronik
|
10.2 Mempraktikkan cara bernapas
salah satu gaya renang serta nilai
keberanian, disiplin dan kebersihan
|
Renang gaya dada
|
-
Cara mengambil nafas dari
mulut
-
Membuang nafas dari hidung
-
Cara mengkombinasi
bernafas
|
10.2.1.
Mampu melakukan cara
mengambil nafas dari mulut
10.2.2.
Mampu melakukan membuang
nafas dari hidung
10.2.3.
Mampu melakukan cara
mengkombinasi bernafas
|
Tes
|
Tes
keterampilan (un juk kerja)
|
Lakukan gerakan
meluncur
|
|
- Buku Paket
- Media Cetak dan Elektronik
|
10.3 Mempraktikkan kombinasi gerakan lengan dan tungkai dalam
renang gaya dada serta nilai keberanian dan disiplin
|
Renang gaya dada
|
-
Melakukan gerakan tangan kanan dan kiri
-
Melakukan gerakan kaki kanan dan kiri
-
Melakukan gerakan kombinasi tangan dan kaki
|
10.3.1.
Mampu melakukan gerakan tangan kanan dan kiri
10.3.2.
Mampu melakukan gerakan kaki kanan dan kiri
10.3.3.
Mampu melakukan gerakan kombinasi tangan dan kaki
|
Tes
|
Tes
keterampilan (un juk kerja)
|
Lakukan bentuk
latihan kombinasi
|
|
- Buku Paket
- Media Cetak dan Elektronik
|
10.4 Mempraktikkan dasar-dasar
keselamatan di air
|
Renang gaya dada
|
-
Menyiapkan ban
-
Memakai pelampung
-
Berenang dikolam dangkal
|
10.4.1.
Mampu menyiapkan ban
10.4.2.
Mampu memakai pelampung
10.4.3.
Mampu berenang dikolam
dangkal
|
Tes
|
Tes
keterampilan (un juk kerja)
|
Lakukan bentuk
latihan keselamatan
|
|
- Buku Paket
- Media Cetak dan Elektronik
|
Standar Kompetensi : 11. Mempraktikkan penjelajahan di linkungan sekitar
sekolah, dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok / Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
11.1
Mempraktikkan pembuatan rencana
kegiatan penjelajahan
|
Penjelajahan
|
-
Melakukan penyusunan jadwal kegiatan
-
Melakukan pendataan kesulitan yang ditemukan
-
Melakukan pembagian tugas anggota dalam kelompok
|
11.1.1
Mampu melakukan penyusunan jadwal
11.1.2
Mampu melakukan pandataan
11.1.3
Mampu membagi tugas anggota dalam kelompok
|
Tes
|
Tes
keterampilan (un juk kerja)
|
Lakukan
pembagian kelompok
|
|
- Buku Paket
- Media Cetak dan Elektronik
|
11.2 Mempraktikkan berbagai
keterampilan gerak dalam kegiatan penjelajahan di lingkungan sekolah yang
sehat, serta nilai kerjasama, disiplin, keselamatan, kebersihan, dan etika
|
Penjelajahan
|
-
Aktifiatas sesuai etika
-
Mengikuti instruksi petunjuk
-
Malakukan penjelajahan perkampungan
-
Membuat dan menyusun laporan
|
11.2.1. Mampu melakukan aktifiatas
sesuai etika
11.2.2. Mampu mengikuti instruksi
petunjuk
11.2.3. Mampu melakukan penjelajahan
perkampungan
11.2.4. Mampu membuat dan menyusun
laporan
|
Tes
|
Tes
keterampilan (un juk kerja)
|
Lakukan bentuk
pelaksanaan penjelajahan
|
|
- Buku Paket
- Media Cetak dan Elektronik
|
Standar Kompetensi : 12.
Menerapkan budaya hidup sehat
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok / Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
12.1 Mengenal cara menolak
ajakan menggunakan narkoba
|
Kesehatan
|
-
Menolak dengan halus
-
Menghindari pergaulan bebas
-
Mendekatkan diri kepada Tuhan
|
12.1.1. Mampu menolak dengan halus
12.1.2. Mampu menghindari pergaulan
bebas
12.1.3. Mampu mendekatkan diri kepada
Tuhan
|
Tes
|
Tes
keterampilan (un juk kerja)
|
Pengamatan
terhadap zat-zat narkoba
|
|
- Buku Paket
- Media Cetak dan Elektronik
|
12.2 Mengenal cara menolak
perlakuan pelecehan seksual
|
|
-
Menggunakan pakaian yang
sopan
-
Menjauhi pergaulan bebas
-
Mendekatkan diri kepada
Tuhan
|
12.2.1.
Mampu menggunakan pakaian
yang sopan
12.2.2.
Mampu menjauhi pergaulan
bebas
12.2.3.
Mampu mendekatkan diri
kepada Tuhan
|
Tes
|
Tes
keterampilan (un juk kerja)
|
|
|
- Buku Paket
- Media Cetak dan Elektronik
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar