Selasa, 15 Mei 2012

rpp penjas kls 6 smt 2

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
NO : 6/6.1


SEKOLAH                             : SDN Kalilembu
MATA PELAJARAN            : Penjasorkes
KELAS / SEMESTER           : VI / II
WAKTU                                 :
TAHUN PELAJARAN         : 2010/2011


STANDAR KOMPETENSI
Mempraktikkan berbagai variasi gerak dasar  kedalam permaianan dan olahraga      dengan peraturan yang di modifikasi dan nilai – nilai yang terkandung didalamnya.

KOMPETENSI DASAR
Mempraktikkan variasi teknik dasar salah satu permainan dan olah raga bola besar, serta nilai kerjasama sportifitas, dan kejujuran.

  1. TUJUAN PEMBELAJARAN
Anak dapat melakukan :
1.      Mampu melakukan passing mendatar dan melambung
2.      Mampu melakukan strategi menyerang dan bertahan
3.      Mampu melakukan kerjasama dalam permaianan yang dimodifikasi
  1. MATERI BELAJAR
1.      Sepak bola

  1. METODE DAN MODEL PEMBELAJARAN
1.      Ceramah
2.      Praktik / Demontrasi

  1. LANGKAH – LANGKAH

No
Kegiatan
Waktu
Metode
1
pendahuluan
a.       Siswa dikumpulkan kemudian di absen
b.      Siswa diberi senam yang mengarah ke gerakan inti



2
Kegiatan Inti
1). Eksplorasi  :
    Guru memberi penjelasan tentang materi pembelajaran
2). Elaborasi  : 
  1. Guru menberi contoh mengenai materi pembelajaran.
  2. Siswa melakukan passing mendatar dan melambung
  3. Siswa melakukan strategi menyerang dan bertahan
  4. Siswa melakukan kerjasama dalam permaianan yang dimodifikasi
3). Konfirmasi
a.  Mengecek pemahaman siswa tentang materi pembelajaran



3
Penutup
a.       Siswa dikumpilkan kemudian Guru mengevaluasi seluru kegiatan yang telah dilakukan.



  1. SUMBER BELAJAR
1.      Buku BNSP 2006
2.      Buku Kurikulum 2004
3.      Pengembangan Guru

  1. PENILAIAN
1. Teknik Penilaian :
-  Tes unjuk kerja (psikomotor) melakukan gerakan :
Passing
Strategi bermain
Kerjasama
 -   Pengamat sikap (afektif) :
                        Penilaian dilakukan berdasarkan pemahaman siswa tentang materi pembelajaran.
-    Kuis / embedded test ( kognitif) :
            Menjawab secara lisan mengenai meteri pembelajaran.
2. Rubrik penilaian :

Indikator Penilaian
Teknik Penilaian
Bentuk Penilaian
Instrumen
1.      Mampu melakukan passing mendatar dan melambung
2.      Mampu melakukan strategi menyerang dan bertahan
3.      Mampu melakukan kerjasama dalam permaianan yang dimodifikasi

Tes


  1. Tugas
  2. Praktek
  3. Pengamatan
1.      Passing
2.      Strategi bermain
3.      kerjasama

          Karangdadap, ………………


            
   Mengetahui                                                                          Guru Mata Pelajaran
             Kepala Sekolah                                                                    Pendidikan Jasmani




             Drs. RAHMAT TAUFIQ                                                    PARTANTO, S.Pd
            NIP.196202201980121001                                                  NIP. 197204142006041004





















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
NO : 6/6.2


SEKOLAH                             : SDN Kalilembu
MATA PELAJARAN            : Penjasorkes
KELAS / SEMESTER           : VI / II
WAKTU                                 :
TAHUN PELAJARAN         : 2010/2011

STANDAR KOMPETENSI
Mempraktikkan berbagai variasi gerak dasar  kedalam permaianan dan olahraga      dengan peraturan yang di modifikasi dan nilai – nilai yang terkandung didalamnya.

KOMPETENSI DASAR
Mempraktekkan variasi teknik dasar ke dalam permainan bola kecil, serta nilai kerjasama, sportifitas dan kejujuran.

A.    TUJUAN PEMBELAJARAN
       Anak dapat melakukan :
1.   lempar tangkap bola dengan baik dan benar
2.   strategi memukul bola
3.   strategi mendapatkan nilai
B.     MATERI BELAJAR
1.      Mempraktikan melambungkan bola
2.      Mempratikan melempar dan menangkap bola
3.      Melakukan gerakan memukul bola
4.      Bermain rounders dengan peraturan sederhana

C.     METODE DAN MODEL PEMBELAJARAN
1.      Ceramah
2.      Praktik / Demonstrasi

D.    LANGKAH – LANGKAH

No
Kegiatan
Waktu
Metode
1
pendahuluan
a.       Siswa dikumpulkan kemudian di absen
b.      Siswa diberi senam yang mengarah ke gerakan inti



2
Kegiatan Inti
1). Eksplorasi  :
    Guru memberi penjelasan tentang materi pembelajaran
2). Elaborasi  : 
  1. Guru menberi contoh mengenai materi pembelajaran.
  2. Siswa melakukan gerakan lempar tangkap bola dengan baik dan benar
  3. Siswa melakukan gerakan strategi memukul bola
  4. Siswa melakukan gerakan strategi mendapatkan nilai
3). Konfirmasi
a.  Mengecek pemahaman siswa tentang materi pembelajaran



3
Penutup
Siswa dikumpilkan kemudian Guru mengevaluasi seluru kegiatan yang telah dilakukan.




E.     SUMBER BELAJAR
1.      Buku BNSP 2006
2.      Buku Kurikulum 2004
3.      Pengembangan Guru

F.      PENILAIAN
 1. Teknik Penilaian :
-  Tes unjuk kerja (psikomotor) melakukan gerakan :
Lempar tangkap
Strategi memukul
Strategi bermain 
-   Pengamat sikap (afektif) :
                        Penilaian dilakukan berdasarkan pemahaman siswa tentang materi pembelajaran.
-    Kuis / embedded test ( kognitif) :
            Menjawab secara lisan mengenai meteri pembelajaran.
2. Rubrik penilaian :

Indikator Penilaian
Teknik Penilaian
Bentuk Penilaian
Instrumen
1.         lempar tangkap bola dengan baik dan benar
2.         strategi memukul bola
3.         strategi mendapatkan nilai

Tes


  1. Tugas
  2. Praktek
  3. Pengamatan
  1. Lempar tangkap
  2. Strategi memukul
  3. Strategi bermain 

          Karangdadap, ………………


            

   Mengetahui                                                                          Guru Mata Pelajaran
             Kepala Sekolah                                                                    Pendidikan Jasmani




             Drs. RAHMAT TAUFIQ                                                    PARTANTO, S.Pd
            NIP.196202201980121001                                                    NIP. 197204142006041004004






















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
NO : 6/6.3


SEKOLAH                             : SDN Kalilembu
MATA PELAJARAN            : Penjasorkes
KELAS / SEMESTER           : VI / II
WAKTU                                 :
TAHUN PELAJARAN         : 2010/2011

STANDAR KOMPETENSI
Mempraktikkan berbagai variasi gerak dasar  kedalam permaianan dan olahraga      dengan peraturan yang di modifikasi dan nilai – nilai yang terkandung didalamnya.

KOMPETENSI DASAR
Mempraktekkan variasi teknik dasar Aletik yang di modifikasi serta nilai semangat , sportifitas kerjasama percaya diri dan kejujuran

A.    TUJUAN PEMBELAJARAN
        Anak dapat melakukan :
1.         awalan dalam lompat jauh
2.         tumpuan dalam lompat jauh
3.         mendarat dalam lompat jauh
B.     MATERI BELAJAR
        Siswa dapat melakukan sikap awal dan sikap akhir :
·         Lompat jauh

C.     METODE DAN MODEL PEMBELAJARAN
1.        Ceramah
2.       Praktik dan Demonstrasi

D.    LANGKAH – LANGKAH

No
Kegiatan
Waktu
Metode
1
Pendahuluan
a.       Siswa dikumpulkan kemudian di absen
b.      Siswa diberi senam yang mengarah ke gerakan inti



2
Kegiatan Inti
1). Eksplorasi  :
    Guru memberi penjelasan tentang materi pembelajaran
2). Elaborasi  : 
  1. Guru menberi contoh mengenai materi pembelajaran.
  2. Siswa melakukan gerakan awalan dalam lompat jauh
  3. Siswa melakukan gerakan tumpuan dalam lompat jauh
  4. Siswa melakukan gerakan mendarat dalam lompat jauh
3). Konfirmasi
a.  Mengecek pemahaman siswa tentang materi pembelajaran


3
Penutup
Siswa dikumpilkan kemudian Guru mengevaluasi seluru kegiatan yang telah dilakukan.



E.     SUMBER BELAJAR
1.      Buku BNSP 2006
2.      Buku Kurikulum 2004
3.      Pengembangan Guru

F.      PENILAIAN
1. Teknik Penilaian :
-  Tes unjuk kerja (psikomotor) melakukan gerakan :
Awalan
Tumpuan
mendarat 
-   Pengamat sikap (afektif) :
                        Penilaian dilakukan berdasarkan pemahaman siswa tentang materi pembelajaran.
-    Kuis / embedded test ( kognitif) :
            Menjawab secara lisan mengenai meteri pembelajaran.
2. Rubrik penilaian :

Indikator Penilaian
Teknik Penilaian
Bentuk Penilaian
Instrumen
1.       awalan dalam lompat jauh
2.       tumpuan dalam lompat jauh
3.       mendarat dalam lompat jauh


Tes


  1. Tugas
  2. Praktek
  3. Pengamatan
  1. Awalan
  2. Tumpuan
  3. mendarat 

          Karangdadap, ………………



   Mengetahui                                                                          Guru Mata Pelajaran
             Kepala Sekolah                                                                    Pendidikan Jasmani




             Drs. RAHMAT TAUFIQ                                                    PARTANTO, S.Pd
   NIP.196202201980121001                                                 NIP. 197204142006041004

























RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
NO : 7/7.1


SEKOLAH                             : SDN Kalilembu
MATA PELAJARAN            : Penjasorkes
KELAS / SEMESTER           : VI / II
WAKTU                                 :
TAHUN PELAJARAN         : 2010/2011

STANDAR KOMPETENSI
Mempraktikkan latihan kebugaran jasmani dan nilai – nilai yang terkandung didalamnya

KOMPETENSI DASAR
Mempraktikkan aktivitas untuk kekuatan otot – otot anggota badan bagian bawah, serta nilai kerja keras, disiplin, kerjasama dan kejujuran 

A.    TUJUAN PEMBELAJARAN
Anak dapat melakukan :
1.         membiasakan diri tidur jam 09.00 malam
2.         membiasakan diri bangun jam 05.00 pagi
3.         membiasakan diri mandi sebelum berangkat sekolah
B.     MATERI BELAJAR
1.      Sikap hidup sehat untuk memelihara kondisi kesehatan

C.     METODE DAN MODEL PEMBELAJARAN
1.      Ceramah

D.    LANGKAH – LANGKAH
No
Kegiatan
Waktu
Metode
1
Pendahuluan  
a.       Siswa dikumpulkan kemudian di absen
b.      Siswa diberi penjelasan mengenai ateri yang akan dilaksanakan



2
Kegiatan Inti
1). Eksplorasi  :
    Guru memberi penjelasan tentang materi pembelajaran
2). Elaborasi  : 
a.       Guru menberi contoh mengenai materi pembelajaran.
b.      Siswa menerima penjelasan tentang membiasakan diri tidur jam 09.00 malam
c.       Siswa mwnwrima penjelasan tentang membiasakan diri bangun jam 05.00 pagi
d.      Siswa menerima penjelasan tentang membiasakan diri mandi sebelum berangkat sekolah
3). Konfirmasi
a.  Mengecek pemahaman siswa tentang materi pembelajaran


3
Penutup
Siswa dikumpilkan kemudian Guru mengevaluasiseluru kegiatan yang telah dilakukan.



E.     SUMBER BELAJAR
1.      Buku BNSP 2006
2.      Buku Kurikulum 2004
3.      Pengembangan Guru

F.      PENILAIAN
1. Teknik Penilaian :
-  Tes unjuk kerja (psikomotor) melakukan gerakan :
Tidur jam 09.00
Bangun jam 05.00
Mandi sebelum berangkat sekolah 
-   Pengamat sikap (afektif) :
                        Penilaian dilakukan berdasarkan pemahaman siswa tentang materi pembelajaran.
-    Kuis / embedded test ( kognitif) :
            Menjawab secara lisan mengenai meteri pembelajaran.
2. Rubrik penilaian :

Indikator Penilaian
Teknik Penilaian
Bentuk Penilaian
Instrumen
1.       membiasakan diri tidur jam 09.00 malam
2.       membiasakan diri bangun jam 05.00 pagi
3.       membiasakan diri mandi sebelim berangkat sekolah


Tes


  1. Tugas
  2. Praktek
  3. Pengamatan
1.      Tidur jam 09.00
2.      Bangun jam 05.00
3.      Mandi sebelum berangkat sekolah 



   Mengetahui                                                                          Guru Mata Pelajaran
             Kepala Sekolah                                                                    Pendidikan Jasmani




             Drs. RAHMAT TAUFIQ                                                    PARTANTO, S.Pd
   NIP.196202201980121001                                                 NIP. 197204142006041004


























RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
NO : 7/7.2


SEKOLAH                             : SDN Kalilembu
MATA PELAJARAN            : Penjasorkes
KELAS / SEMESTER           : VI / II
WAKTU                                 :
TAHUN PELAJARAN         : 2010/2011

STANDAR KOMPETENSI
Mempraktikkan latihan kebugaran jasmani dan nilai – nilai yang terkandung didalamnya

KOMPETENSI DASAR
Mempraktikkan aktifitas untuk kelincahan dengan kualitas gerak yang meningkat seta nilai kerja keras disiplin, kerjasama, dan kejujuran.

A.    TUJUAN PEMBELAJARAN
        Anak dapat melakukan :
1.      latihan peregangan otot bagian atas
2.      latihan peregangan otot bagian bawah
3.      latihan pelemasan sendi
B.     MATERI BELEJAR
        Melakukan gerakan :
1.      Peregangan otot
2.      Pelemasan sendi

C.     METODE DAN MODEL PEMBELAJARAN
1.       Ceramah
2.      Praktik / Demonstrasi

D.    LANGKAH – LANGKAH

No
Kegiatan
Waktu
Metode
1
Pendahuluan
a.       Siswa dikumpulkan kemudian di absen
b.      Siswa diberi senam yang mengarah ke gerakan inti



2
Kegiatan Inti
1). Eksplorasi  :
    Guru memberi penjelasan tentang materi pembelajaran
2). Elaborasi  : 
a.       Guru menberi contoh mengenai materi pembelajaran.
b.      Siswa melakukan latihan peregangan otot bagian atas
c.       Siswa melakukan latihan peregangan otot bagian bawah
d.      Siswa melakukan latihan pelemasan sendi
3). Konfirmasi
a.  Mengecek pemahaman siswa tentang materi pembelajaran


3
Penutup
Siswa dikumpilkan kemudian Guru mengevaluasi seluru kegiatan yang telah dilakukan.



E.     SUMBER BELAJAR
1.      Buku BNSP 2006
2.      Buku Kurikulum 2004
3.      Pengembangan Guru

F.      PENILAIAN
1. Teknik Penilaian :
-  Tes unjuk kerja (psikomotor) melakukan gerakan :
latihan peregangan otot bagian atas
latihan peregangan otot bagian bawah
latihan pelemasan sendi
-   Pengamat sikap (afektif) :
                        Penilaian dilakukan berdasarkan pemahaman siswa tentang materi pembelajaran.
-    Kuis / embedded test ( kognitif) :
            Menjawab secara lisan mengenai meteri pembelajaran.
2. Rubrik penilaian :

Indikator Penilaian
Teknik Penilaian
Bentuk Penilaian
Instrumen
1.       latihan peregangan otot bagian atas
2.       latihan peregangan otot bagian bawah
3.       latihan pelemasan sendi


Tes


  1. Tugas
  2. Praktek
  3. Pengamatan
  1. Peregangan otot
  2.  Pelemasan sendi

          Karangdadap, ………………


   Mengetahui                                                                          Guru Mata Pelajaran
             Kepala Sekolah                                                                    Pendidikan Jasmani




             Drs. RAHMAT TAUFIQ                                                    PARTANTO, S.Pd
   NIP.196202201980121001                                                 NIP. 197204142006041004


























RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
NO : 7/7.3


SEKOLAH                             : SDN Kalilembu
MATA PELAJARAN            : Penjasorkes
KELAS / SEMESTER           : VI / II
WAKTU                                 :
TAHUN PELAJARAN         : 2010/2011



STANDAR KOPETENSI
Mempraktikkan latihan kebugaran jasmani dan nilai – nilai yang terkandung didalamnya

KOMPETENSI DASAR
Mempraktikan aktivitas secara berkelanjutan dalam rangka meningkatkan kebugaran serta nilai keselamatan disiplin dan kerja keras.

A.    TUJUAN PEMBELAJARAN
                            Melakukan gerakan sikap awal dan akhir :
1.      gerakan lompat harimau melewati teman
2.      gerakan  roll depan
3.      gerakan roll belakang
B.     MATERI BELAJAR
Melakukan gerakan sikap awal dan akhir :
·         Lompat harimau
·         Roll depan
·         Roll belakang

C.     METODE DAN MODEL PEMBELAJARAN
1.      Ceramah
2.      Praktik / Demontrasi

D.    LANGKAH – LANGKAH
No
Kegiatan
Waktu
Metode
1
Pendahuluan
a.       Siswa dikumpulkan kemudian di absen
b.      Siswa diberi senam yang mengarah ke gerakan inti



2
Kegiatan Inti
1). Eksplorasi  :
    Guru memberi penjelasan tentang materi pembelajaran
2). Elaborasi  : 
a.       Guru menberi contoh mengenai materi pembelajaran.
b.      Siswa melakukan gerakan lompat harimau melewati teman
c.       Siswa melakukan gerakan  roll depan
d.      Siswa melakukan gerakan roll belakang
3). Konfirmasi
a.  Mengecek pemahaman siswa tentang materi pembelajaran


3
penutup
Siswa dikumpilkan kemudian Guru mengevaluasi seluru kegiatan yang telah dilakukan.





E.     SUMBER BELAJAR
1.      Buku BNSP 2006
2.      Buku Kurikulum 2004
3.      Pengembangan Guru

F.      PENILAIAN
1. Teknik Penilaian :
-  Tes unjuk kerja (psikomotor) melakukan gerakan :
Lompat harimau
Roll depan
Roll belakang 
-   Pengamat sikap (afektif) :
                        Penilaian dilakukan berdasarkan pemahaman siswa tentang materi pembelajaran.
-    Kuis / embedded test ( kognitif) :
            Menjawab secara lisan mengenai meteri pembelajaran.
2. Rubrik penilaian :

Indikator Penilaian
Teknik Penilaian
Bentuk Penilaian
Instrumen
1.       gerakan lompat harimau melewati teman
2.       gerakan  roll depan
3.       gerakan roll belakang

Tes


  1. Tugas
  2. Praktek
  3. Pengamatan
  1. Lompat harimau
  2. Roll depan
  3. Roll belakang 

          Karangdadap, ………………


   Mengetahui                                                                          Guru Mata Pelajaran
             Kepala Sekolah                                                                    Pendidikan Jasmani




             Drs. RAHMAT TAUFIQ                                                    PARTANTO, S.Pd
   NIP.196202201980121001                                                 NIP. 197204142006041004























RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
NO : 7/7.4


SEKOLAH                             : SDN Kalilembu
MATA PELAJARAN            : Penjasorkes
KELAS / SEMESTER           : VI / II
WAKTU                                 :
TAHUN PELAJARAN         : 2010/2011


STANDAR KOMPETENSI
Mempraktikkan latihan kebugaran jasmani dan nilai – nilai yang terkandung didalamnya

KOMPETENSI DASAR
Mempraktikkan aktifitas secara berkelanjutan dalam rangka meningkatkan kebugaran serta nilai keselamatan disiplin dan kerja keras.

A.    TUJUAN PEMBELAJARAN
Anak dapat melakukan ;
1.      gerakan jogging
2.      gerakan naik turun bangku
3.      gerakan lari keliling lapangan

B.     MATERI BELAJAR
Melakukan aktifitas fisik

C.     METODE DAN MODEL PEMBELAJARAN
1.       Ceramah
2.      Praktek / Demomtrasi

D.    LANGKAH – LANGKAH

No
Kegiatan
Waktu
Metode
1
Pendahuluan  
a.       Siswa dikumpulkan kemudian di absen
b.      Siswa diberi senam yang mengarah ke gerakan inti



2
Kegiatan Inti
1). Eksplorasi  :
    Guru memberi penjelasan tentang materi pembelajaran
2). Elaborasi  : 
  1. Guru menberi contoh mengenai materi pembelajaran.
  2. Siswa melakukan gerakan jogging
  3. Siswa melakukan gerakan naik turun bangku
  4. Siswa melakukan gerakan lari keliling lapangan
3). Konfirmasi
a.  Mengecek pemahaman siswa tentang materi pembelajaran


3
Penutup
Siswa dikumpilkan kemudian Guru mengevaluasi seluru kegiatan yang telah dilakukan.







E.     SUMBER BELAJAR
1.    Buku BNSP 2006
2.    Buku Kurikulum 2004
3.    Pengembangan Guru

F.      PENILAIAN
1. Teknik Penilaian :
-  Tes unjuk kerja (psikomotor) melakukan gerakan :
Jogging
Naik turun bangku
Lari keliling 
-   Pengamat sikap (afektif) :
                        Penilaian dilakukan berdasarkan pemahaman siswa tentang materi pembelajaran.
-    Kuis / embedded test ( kognitif) :
            Menjawab secara lisan mengenai meteri pembelajaran.
2. Rubrik penilaian :

Indikator Penilaian
Teknik Penilaian
Bentuk Penilaian
Instrumen
1.         Melakukan gerakan jogging
2.         Melakukan gerakan naik turun bangku
3.         Melakukan gerakan lari keliling lapangan


Tes


  1. Tugas
  2. Praktek
  3. Pengamatan
  1. Jogging
  2. Naik turun bangku
  3. Lari keliling 

          Karangdadap, ………………


   Mengetahui                                                                          Guru Mata Pelajaran
             Kepala Sekolah                                                                    Pendidikan Jasmani




             Drs. RAHMAT TAUFIQ                                                    PARTANTO, S.Pd
   NIP.196202201980121001                                                 NIP. 197204142006041004





















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
NO : 8/8.1


SEKOLAH                             : SDN Kalilembu
MATA PELAJARAN            : Penjasorkes
KELAS / SEMESTER           : VI / II
WAKTU                                 :
TAHUN PELAJARAN         : 2010/2011

STANDAR KOMPETENSI
Mempraktikkan berbagai bentuk senam ketangkasan dengan koordinasi yang baik dan nilai – nilai yang terkandung di dalamnya.

KOMPETENSI DASAR
Mempraktikkan sebuah rangkaian gerak seaman ketangkasan dengan konsisten tepat dan koordinasi  yang baik serta nilai keselamatan disiplin dan keberanian.

A.    TUJUAN PEMBELAJARAN
       Anak dapat melakukan :
1.      Gerakan guling ke depan
2.      Gerakan guling ke belakang
3.      Melakukan lompat kangkang

B.     MATERI BELAJAR
        Melakukan gerakan sikap awal dan akhir :
1.      guling depan
2.      guling belakang
3.      gulin samping
C.     METODE DAN MODEL PEMBELAJARAN
1.      Ceramah
2.      Praktik / Demontrasi

D.    LANGKAH – LANGKAH

No
Kegiatan
Waktu
Metode
1
Pendahuluan
a.       Siswa dikumpulkan kemudian di absen
b.      Siswa diberi senam yang mengarah ke gerakan inti



2
Kegiatan Inti
1). Eksplorasi  :
    Guru memberi penjelasan tentang materi pembelajaran
2). Elaborasi  : 
a.          Guru menberi contoh mengenai materi pembelajaran.
b.      Siswa bergantian melakukan guling ke depan dengan bantuan guru
c.       Siswa kemudian melakukan guling ke belakang secara bergantian
d.      Siswa melakukan gerakan guling samping dengan bantuan guru.
3). Konfirmasi
a.  Mengecek pemahaman siswa tentang materi pembelajaran



3
Penutup
Siswa dikumpilkan kemudian Guru mengevaluasi seluru kegiatan yang telah dilakukan.




E.     SUMBER BELAJAR
1.      Buku BNSP 2006
2.      Buku Kurikulum 2004
3.      Pengembangan Guru

F.      PENILAIAN
1. Teknik Penilaian :
-  Tes unjuk kerja (psikomotor) melakukan gerakan :
guling depan
guling belakang
gulin samping
-   Pengamat sikap (afektif) :
                        Penilaian dilakukan berdasarkan pemahaman siswa tentang materi pembelajaran.
-    Kuis / embedded test ( kognitif) :
            Menjawab secara lisan mengenai meteri pembelajaran.
2. Rubrik penilaian :

Indikator Penilaian
Teknik Penilaian
Bentuk Penilaian
Instrumen
1.         Melakukan guling depan
2.         Melakukan guling belakang
3.         Melakukan gulin samping


Tes


  1. Tugas
  2. Praktek
  3. Pengamatan
4.             guling depan
5.            guling belakang
6.            gulin samping


          Karangdadap, ………………


   Mengetahui                                                                          Guru Mata Pelajaran
             Kepala Sekolah                                                                    Pendidikan Jasmani




             Drs. RAHMAT TAUFIQ                                                    PARTANTO, S.Pd
   NIP.196202201980121001                                                 NIP. 197204142006041004














RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
NO : 8/8.2


SEKOLAH                             : SDN Kalilembu
MATA PELAJARAN            : Penjasorkes
KELAS / SEMESTER           : VI / II
WAKTU                                 :
TAHUN PELAJARAN         : 2010/2011

STANDAR KOMPETENSI
Mempraktikkan berbagai bentuk senam ketangkasan dengan koordinasi yang baik dan nilai – nilai yang terkandung di dalamnya.

KOMPETENSI DASAR
Mempraktikkan bentuk – betuk rangkaian gerakan senam ketangkasn dengan koordinasi dan kontrol yang baik. 

A.    TUJUAN PEMBELAJARAN
             Anak dapat melakukan :
1.      Sikap lilin
2.      Head stand
3.      Hand stand

B.     MATERI BELAJAR
             Melakukan gerakan sikap awal dan akhir :
1.      sikap lilin
2.      head stand
3.      hand stand
C.     METODE DAN MODEL PEMBELAJARAN
1.      Ceramah
2.      Praktik / Demontrasi

D.    LANGKAH – LANGKAH
 No
Kegiatan
Waktu
Metode
1
Pendahuluan
a.       Siswa dikumpulkan kemudian di absen
b.      Siswa diberi senam yang mengarah ke gerakan inti



2
Kegiatan Inti
1). Eksplorasi  :
    Guru memberi penjelasan tentang materi pembelajaran
2). Elaborasi  : 
a.       Guru menberi contoh mengenai materi pembelajaran.
b.      Siswa bergantian melakukan gerakan sikap lilin dengan bantuan guru
c.       Siswa kemudian melakukan gerakan head stand secara bergantian
d.      Siswa bergiliran melakukan gerakan hand stand dengan bantuan guru
3). Konfirmasi
a.  Mengecek pemahaman siswa tentang materi pembelajaran


3
Penutup
Siswa dikumpilkan kemudian Guru mengevaluasi seluru kegiatan yang telah dilakukan.




E.     SUMBER BELAJAR
1.      Buku BNSP 2006
2.      Buku Kurikulum 2004
3.      Pengembangan Guru

F.      PENILAIAN
1. Teknik Penilaian :
-  Tes unjuk kerja (psikomotor) melakukan gerakan :
Sikap lilin
Head stand
Hand stand
-   Pengamat sikap (afektif) :
                        Penilaian dilakukan berdasarkan pemahaman siswa tentang materi pembelajaran.
-    Kuis / embedded test ( kognitif) :
            Menjawab secara lisan mengenai meteri pembelajaran.
2. Rubrik penilaian :

Indikator Penilaian
Teknik Penilaian
Bentuk Penilaian
Instrumen
1.      Melakukan Sikap lilin
2.      Melakukan Head stand
3.      Melakukan Hand stand


Tes


  1. Tugas
  2. Praktek
  3. Pengamatan
1.      Sikap lilin
2.      Head stand
3.      Hand stand


          Karangdadap, ………………


   Mengetahui                                                                          Guru Mata Pelajaran
             Kepala Sekolah                                                                    Pendidikan Jasmani




             Drs. RAHMAT TAUFIQ                                                    PARTANTO, S.Pd
   NIP.196202201980121001                                                 NIP. 197204142006041004















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
NO : 9/9.1


SEKOLAH                             : SDN Kalilembu
MATA PELAJARAN            : Penjasorkes
KELAS / SEMESTER           : VI / II
WAKTU                                 :
TAHUN PELAJARAN         : 2010/2011


STANDAR KOMPETENSI
Mempraktikkan kombinasi berbagai gerak dasar dalam gerak berirama dan nilai - nilai yang terkandung di dalamnya

KOMPETENSI DASAR
Mempraktikkan pola gerak mengayun menekuk , meliuk, memtar, dalam gerak berirama serta nilai kerjasama percaya diri dan disiplin

A.    TUJUAN PEMBELAJARAN
                    Melalui latihan siswa diharap dapat :
1.         Melakukan gerakan mengayun tangan
2.         Melakukan gerakan menekuk lutut
3.         Melakukan gerakan berputar 180˚
B.     MATERI BELAJAR
1.      Gerakan mengayun
2.      Gerakan menekuk
3.      Gerakan berputar

C.     METODE DAN MODEL PEMBELAJARAN
1.      Ceramah
2.      Praktik / Demontrasi

D.    LANGKAH – LANGKAH
No
Kegiatan
Waktu
Metode
1
Pendahuluan
a.       Siswa dikumpulkan kemudian di absen
b.      Siswa diberi senam yang mengarah ke gerakan inti



2
Kegiatan Inti
1). Eksplorasi  :
    Guru memberi penjelasan tentang materi pembelajaran
2). Elaborasi  : 
a.       Guru menberi contoh mengenai materi pembelajaran.
b.      Siswa berbaris melakukan gerakan mengayun tangan kedepan dan kebelakang, gerakan di lakukan berulang – ulang
c.       Siswa melakukan gerakan menekuk lutut gerakan ini di lakukan secara berulang – ulang
d.      Sisa melakukan gerakan berputar 180˚
3). Konfirmasi
a.  Mengecek pemahaman siswa tentang materi pembelajaran



3
Penutup
Siswa dikumpilkan kemudian Guru mengevaluasi seluru kegiatan yang telah dilakukan.



E.     SUMBER BELAJAR
1.      Buku BNSP 2006
2.      Buku Kurikulum 2004
3.      Pengembangan Guru

F.      PENILAIAN
1. Teknik Penilaian :
-  Tes unjuk kerja (psikomotor) melakukan gerakan :
Mengayun tangan
Menekuk lutut
berputar
-   Pengamat sikap (afektif) :
                        Penilaian dilakukan berdasarkan pemahaman siswa tentang materi pembelajaran.
-    Kuis / embedded test ( kognitif) :
            Menjawab secara lisan mengenai meteri pembelajaran.
2. Rubrik penilaian :

Indikator Penilaian
Teknik Penilaian
Bentuk Penilaian
Instrumen
1.      Melakukan gerakan mengayun tangan
2.      Melakukan gerakan menekuk lutut
3.      Melakukan gerakan berputar 180˚

Tes


  1. Tugas
  2. Praktek
  3. Pengamatan
1.      Mengayun tangan
2.      Menekuk lutut
3.      berputar

          Karangdadap, ………………


   Mengetahui                                                                          Guru Mata Pelajaran
             Kepala Sekolah                                                                    Pendidikan Jasmani




             Drs. RAHMAT TAUFIQ                                                    PARTANTO, S.Pd
   NIP.196202201980121001                                                 NIP. 197204142006041004
















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
NO : 9/9.2


SEKOLAH                             : SDN Kalilembu
MATA PELAJARAN            : Penjasorkes
KELAS / SEMESTER           : VI / II
WAKTU                                 :
TAHUN PELAJARAN         : 2010/2011

STANDAR KOMPETENSI
Mempraktikkan kombinasi berbagai gerak dasar dalam gerak berirama dan nilai - nilai yang terkandung di dalamnya

KOMPETENSI DASAR
Mempraktikkan satu pola gerakan berirama terstruktur dengan konsisten dan lancar serta nilai kerjasama percaya diri dan disiplin

A.    TUJUAN PEMBELAJARAN
        Melalui latihan siswa diharap dapat :
1.         Melakukan gerakan pemanasan senam SKJ 2008
2.         Melakukan geraakan inti senam SKJ 2008
3.         Melakukan gerakan pendinginan senam SKJ 2008
B.     MATERI BELAJAR
1.      Senam SKJ 2008

C.     METODE DAN MODEL PEMBELAJARAN
1.      Ceramah
2.      Praktik dan demonstrasi

D.    LANGKAH – LANGKAH
No
Kegiatan
Waktu
Metode
1
Pendahuluan
a.       Siswa dikumpulkan kemudian di absen
b.      Siswa diberi senam yang mengarah ke gerakan inti



2
Kegiatan Inti
1). Eksplorasi  :
    Guru memberi penjelasan tentang materi pembelajaran
2). Elaborasi  : 
a.       Guru menberi contoh mengenai materi pembelajaran.
b.      Siswa melakukan gerakan pemanasan senam SKJ 2008
c.       Siswa melakukan geraakan inti senam SKJ 2008
d.      Siswa melakukan gerakan pendinginan senam SKJ 2008
3). Konfirmasi
a.  Mengecek pemahaman siswa tentang materi pembelajaran


3
Penutup
Siswa dikumpilkan kemudian Guru mengevaluasi seluru kegiatan yang telah dilakukan.



E.     SUMBER BELAJAR
1.      Buku BNSP 2006
2.      Buku Kurikulum 2004
3.      Pengembangan Guru


F.      PENILAIAN
1. Teknik Penilaian :
-  Tes unjuk kerja (psikomotor) melakukan gerakan :
SKJ 2008
-   Pengamat sikap (afektif) :
                        Penilaian dilakukan berdasarkan pemahaman siswa tentang materi pembelajaran.
-    Kuis / embedded test ( kognitif) :
            Menjawab secara lisan mengenai meteri pembelajaran.
2. Rubrik penilaian :

Indikator Penilaian
Teknik Penilaian
Bentuk Penilaian
Instrumen
1.         Melakukan gerakan pemanasan senam SKJ 2008
2.         Melakukan geraakan inti senam SKJ 2008
3.         Melakukan gerakan pendinginan senam SKJ 2008


Tes


  1. Tugas
  2. Praktek
  3. Pengamatan
  SKJ 2008

          Karangdadap, ………………


   Mengetahui                                                                          Guru Mata Pelajaran
             Kepala Sekolah                                                                    Pendidikan Jasmani




             Drs. RAHMAT TAUFIQ                                                    PARTANTO, S.Pd
   NIP.196202201980121001                                                 NIP. 197204142006041004


























RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
NO : 10/10.1


SEKOLAH                             : SDN Kalilembu
MATA PELAJARAN            : Penjasorkes
KELAS / SEMESTER           : VI / II
WAKTU                                 :
TAHUN PELAJARAN         : 2010/2011

STANDAR KOMPETENSI
Mempraktikkan gerak dasar salah satu gaya renang dengan koordinasi gerak yang baik, dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya

KOMPETENSI DASAR
Mempraktikkan gerak dasar meluncur, menggerakkan tungkai maupun lengan renang gaya dada dengan koordinasi gerak yang lebih baik serta nilai keberanian, disiplin dan kebersihan

A. TUJUAN PEMBELAJARAN
        Melalui latihan siswa diharap dapat :
1.  Meluncur
2.  Menggerakkan tungkai
3.  Menggerakkan lengan

B. MATERI BELAJAR
1. Renang

C. METODE DAN MODEL PEMBELAJARAN
3.      Ceramah
4.      Praktik dan demonstrasi

D. LANGKAH – LANGKAH
No
Kegiatan
Waktu
Metode
1
Pendahuluan
a. Siswa dikumpulkan kemudian di absen
b. Siswa diberi senam yang mengarah ke gerakan inti



2
Kegiatan Inti
1). Eksplorasi  :
    Guru memberi penjelasan tentang materi pembelajaran
2). Elaborasi  : 
  1. Guru menberi contoh mengenai materi pembelajaran.
  2. Siswa melakukan gerakan meluncur
  3. Siswa melakukan gerakan menggerakkan tungkai
  4. Siswa melakukan gerakan menggerakkan lengan
3). Konfirmasi
a.  Mengecek pemahaman siswa tentang materi pembelajaran


3
Penutup
Siswa dikumpilkan kemudian Guru mengevaluasi seluru kegiatan yang telah dilakukan.








E. SUMBER BELAJAR
4.      Buku BNSP 2006
5.      Buku Kurikulum 2004
6.      Pengembangan Guru

F. PENILAIAN
1. Teknik Penilaian :
-  Tes unjuk kerja (psikomotor) melakukan gerakan :
Meluncur
Menggerakkan tungkai
Menggerakkan lengan
-   Pengamat sikap (afektif) :
                        Penilaian dilakukan berdasarkan pemahaman siswa tentang materi pembelajaran.
-    Kuis / embedded test ( kognitif) :
            Menjawab secara lisan mengenai meteri pembelajaran.
2. Rubrik penilaian :

Indikator Penilaian
Teknik Penilaian
Bentuk Penilaian
Instrumen
  1. Mampu meluncur
  2. Mampu menggerakkan tungkai
  3. Mampu menggerakkan lengan

Tes


  1. Tugas
  2. Praktek
  3. Pengamatan
  1. Meluncur
  2. Menggerakkan tungkai
  3. Menggerakkan lengan

          Karangdadap, ………………


   Mengetahui                                                                          Guru Mata Pelajaran
             Kepala Sekolah                                                                    Pendidikan Jasmani




             Drs. RAHMAT TAUFIQ                                                    PARTANTO, S.Pd
   NIP.196202201980121001                                                 NIP. 197204142006041004





















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
NO : 10/10.2


SEKOLAH                             : SDN Kalilembu
MATA PELAJARAN            : Penjasorkes
KELAS / SEMESTER           : VI / II
WAKTU                                 :
TAHUN PELAJARAN         : 2010/2011

STANDAR KOMPETENSI
Mempraktikkan gerak dasar salah satu gaya renang dengankoordinasi gerak yang baik, dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya

KOMPETENSI DASAR
Mempraktikkan cara bernapas salah satu gaya renang serta nilai  keberanian, disiplin dan kebersihan

A. TUJUAN PEMBELAJARAN
        Melalui latihan siswa diharap dapat :
1.  Cara mengambil nafas dari mulut
2.  Membuang nafas dari hidung
3.  cara mengkombinasi bernafas
B. MATERI BELAJAR
1. Renang gaya dada

C. METODE DAN MODEL PEMBELAJARAN
1. Ceramah
2. Praktik dan demonstrasi

D. LANGKAH – LANGKAH
No
Kegiatan
Waktu
Metode
1
Pendahuluan
a. Siswa dikumpulkan kemudian di absen
b. Siswa diberi senam yang mengarah ke gerakan inti


2
Kegiatan Inti
1). Eksplorasi  :
    Guru memberi penjelasan tentang materi pembelajaran
2). Elaborasi  : 
  1. Guru menberi contoh mengenai materi pembelajaran.
  2. Siswa melakukan Cara mengambil nafas dari mulut
  3. Siswa melakukan cara membuang nafas dari hidung
  4. Siswa melakukan cara mengkombinasi bernafas
3). Konfirmasi
a.  Mengecek pemahaman siswa tentang materi pembelajaran


3
Penutup
Siswa dikumpilkan kemudian Guru mengevaluasi seluru kegiatan yang telah dilakukan.



E. SUMBER BELAJAR
1.            Buku BNSP 2006
2.            Buku Kurikulum 2004
3.            Pengembangan Guru


F. PENILAIAN
1. Teknik Penilaian :
-  Tes unjuk kerja (psikomotor) melakukan gerakan :
Mengambil nafas
Membuang nafas
Mengkombinasi bernafas
-   Pengamat sikap (afektif) :
                        Penilaian dilakukan berdasarkan pemahaman siswa tentang materi pembelajaran.
-    Kuis / embedded test ( kognitif) :
            Menjawab secara lisan mengenai meteri pembelajaran.
2. Rubrik penilaian :

Indikator Penilaian
Teknik Penilaian
Bentuk Penilaian
Instrumen
1. Cara mengambil nafas dari mulut
2. Membuang nafas dari hidung
3. cara mengkombinasi bernafas

Tes


4.      Tugas
5.      Praktek
6.      Pengamatan
1.      Mengambil nafas
2.      Membuang nafas
3.      Mengkombinasi bernafas

          Karangdadap, ………………


   Mengetahui                                                                          Guru Mata Pelajaran
             Kepala Sekolah                                                                    Pendidikan Jasmani




             Drs. RAHMAT TAUFIQ                                                    PARTANTO, S.Pd
   NIP.196202201980121001                                                 NIP. 197204142006041004



























RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
NO : 10/10.3


SEKOLAH                             : SDN Kalilembu
MATA PELAJARAN            : Penjasorkes
KELAS / SEMESTER           : VI / II
WAKTU                                 :
TAHUN PELAJARAN         : 2010/2011


STANDAR KOMPETENSI
Mempraktikkan gerak dasar salah satu gaya renang dengankoordinasi gerak yang baik, dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya

KOMPETENSI DASAR
Mempraktikkan  kombinasi gerakan lengan dan tungkai dalam renang gaya dada serta nilai keberanian dan disiplin

A. TUJUAN PEMBELAJARAN
        Melalui latihan siswa diharap dapat :
1.   Mampu melakukan gerakan tangan kanan dan kiri
2.   Mampu melakukan gerakan kaki kanan dan kiri
3.   Mampu melakukan gerakan kombinasi tangan dan kaki

B. MATERI BELAJAR
1.   Renang

C. METODE DAN MODEL PEMBELAJARAN
5.      Ceramah
6.      Praktik dan demonstrasi

D. LANGKAH – LANGKAH
No
Kegiatan
Waktu
Metode
1
Pendahuluan
a. Siswa dikumpulkan kemudian di absen
b. Siswa diberi senam yang mengarah ke gerakan inti



2
Kegiatan Inti
1). Eksplorasi  :
    Guru memberi penjelasan tentang materi pembelajaran
2). Elaborasi  : 
  1. Guru menberi contoh mengenai materi pembelajaran.
  2. Siswa melakukan gerakan tangan kanan dan kiri
  3. Siswa melakukan gerakan kaki kanan dan kiri
  4. Siswa melakukan gerakan kombinasi tangan dan kaki
3). Konfirmasi
a.  Mengecek pemahaman siswa tentang materi pembelajaran


3
penutup
Siswa dikumpilkan kemudian Guru mengevaluasi seluru kegiatan yang telah dilakukan.







E. SUMBER BELAJAR
1.      Buku BNSP 2006
2.      Buku Kurikulum 2004
3.      Pengembangan Guru

F. PENILAIAN
1. Teknik Penilaian :
-  Tes unjuk kerja (psikomotor) melakukan gerakan :
Gerakan tangan
Gerakan kaki
Grakan kombinasi 
-   Pengamat sikap (afektif) :
                        Penilaian dilakukan berdasarkan pemahaman siswa tentang materi pembelajaran.
-    Kuis / embedded test ( kognitif) :
            Menjawab secara lisan mengenai meteri pembelajaran.
2. Rubrik penilaian :

Indikator Penilaian
Teknik Penilaian
Bentuk Penilaian
Instrumen
1.      Melakukan gerakan tangan kanan dan kiri
2.      Melakukan gerakan kaki kanan dan kiri
3.      Melakukan gerakan kombinasi tangan dan kaki

Tes


7.      Tugas
8.      Praktek
9.      Pengamatan
1.      Gerakan tangan
2.      Gerakan kaki
3.      Grakan kombinasi 

          Karangdadap, ………………


   Mengetahui                                                                          Guru Mata Pelajaran
             Kepala Sekolah                                                                    Pendidikan Jasmani




             Drs. RAHMAT TAUFIQ                                                    PARTANTO, S.Pd
   NIP.196202201980121001                                                 NIP. 197204142006041004





















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
NO : 10/10.4


SEKOLAH                             : SDN Kalilembu
MATA PELAJARAN            : Penjasorkes
KELAS / SEMESTER           : VI / II
WAKTU                                 :
TAHUN PELAJARAN         : 2010/2011

STANDAR KOMPETENSI
Mempraktikkan gerak dasar salah satu gaya renang dengankoordinasi gerak yang baik, dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya

KOMPETENSI DASAR
Mempraktikkan  dasar-dasar  keselamatan di air

A. TUJUAN PEMBELAJARAN
        Melalui latihan siswa diharap dapat :
1.   Menyiapkan ban
2.   Memakai pelampung
3.   Berenang di kolam dangkal

B. MATERI BELAJAR
1. Renang

C. METODE DAN MODEL PEMBELAJARAN
4.      Ceramah
5.      Praktik dan demonstrasi

D. LANGKAH – LANGKAH
No
Kegiatan
Waktu
Metode
1
Pendahuluan
a. Siswa dikumpulkan kemudian di absen
b. Siswa diberi senam yang mengarah ke gerakan inti


2
Kegiatan Inti
1). Eksplorasi  :
    Guru memberi penjelasan tentang materi pembelajaran
2). Elaborasi  : 
  1. Guru menberi contoh mengenai materi pembelajaran.
  2. Siswa melakukan tindakan menyiapkan ban
  3. Siswa memakai pelampung
  4. Siswa berenang di kolam dangkal
3). Konfirmasi
a.  Mengecek pemahaman siswa tentang materi pembelajaran


3
Penutup
Siswa dikumpilkan kemudian Guru mengevaluasi seluru kegiatan yang telah dilakukan.









E. SUMBER BELAJAR
1.      Buku BNSP 2006
2.      Buku Kurikulum 2004
3.      Pengembangan Guru

F. PENILAIAN
1. Teknik Penilaian :
-  Tes unjuk kerja (psikomotor) melakukan gerakan :
Menyiapkan ban
Memakai pelampung
Berenang di kolam dangkal
-   Pengamat sikap (afektif) :
                        Penilaian dilakukan berdasarkan pemahaman siswa tentang materi pembelajaran.
-    Kuis / embedded test ( kognitif) :
            Menjawab secara lisan mengenai meteri pembelajaran.
2. Rubrik penilaian :

Indikator Penilaian
Teknik Penilaian
Bentuk Penilaian
Instrumen
  1. Menyiapkan ban
  2. Memakai pelampung
  3. Berenang di kolam dangkal

Tes


10.  Tugas
11.  Praktek
12.  Pengamatan
Keselamatan di air 

          Karangdadap, ………………


   Mengetahui                                                                          Guru Mata Pelajaran
             Kepala Sekolah                                                                    Pendidikan Jasmani




             Drs. RAHMAT TAUFIQ                                                    PARTANTO, S.Pd
   NIP.196202201980121001                                                 NIP. 197204142006041004






















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
NO : 11/11.1


SEKOLAH                             : SDN Kalilembu
MATA PELAJARAN            : Penjasorkes
KELAS / SEMESTER           : VI / II
WAKTU                                 :
TAHUN PELAJARAN         : 2010/2011

STANDAR KOMPETENSI
Mempraktikkan penjelajahan di lingkungan sekitar sekolah dan nilai – nilai yang terkandung di dalamnya

 KOMPETENSI DASAR
Mempraktikkan pembuatan rencana kegiatan penjelajahan

A.    TUJUAN PEMBELAJARAN
Anak di harap
1.      Mampu melakukan penyusunan jadwal
2.      Mampu melakukan pandataan
3.      Mampu membagi tugas anggota dalam kelompok
B.     MATERI BELAJAR
1.      Membuat peta / denah lingkungan sekolah
2.      Mengenal lingkungan sekolah

C.     METODE DAN MODEL PEMBELAJARAN
1.      Ceramah
2.      Praktik

D.    LANGKAH- LANGKAH
No
Kegiatan
Waktu
Metode
1
Pendahuluan
a.       Siswa dikumpulkan kemudian di absen
b.      Siswa diberi penjelasan tentang lingkungan sekolah



2
Kegiatan Inti
1). Eksplorasi  :
    Guru memberi penjelasan tentang materi pembelajaran
2). Elaborasi  : 
a.       Guru menberi contoh mengenai materi pembelajaran.
b.      Siswa  melakukan penyusunan jadwal
c.       Siswa melakukan pandataan
d.      Siswa membagi tugas anggota dalam kelompok
3). Konfirmasi
a.  Mengecek pemahaman siswa tentang materi pembelajaran


3
Penutup
Siswa dikumpilkan kemudian Guru mengevaluasi seluru kegiatan yang telah dilakukan.








E.     SUMBER BELAJAR
1.      Buku BNSP 2006
2.      Buku Kurikulum 2004
3.      Pengembangan Guru

F.      PENILAIAN
1. Teknik Penilaian :
-  Tes unjuk kerja (psikomotor) melakukan gerakan :
Penyusunan jadwal
Pendataan
Pembagian tugas
-   Pengamat sikap (afektif) :
                        Penilaian dilakukan berdasarkan pemahaman siswa tentang materi pembelajaran.
-    Kuis / embedded test ( kognitif) :
            Menjawab secara lisan mengenai meteri pembelajaran.
2. Rubrik penilaian :

Indikator Penilaian
Teknik Penilaian
Bentuk Penilaian
Instrumen
1.         Mampu melakukan penyusunan jadwal
2.         Mampu melakukan pandataan
3.         Mampu membagi tugas anggota dalam kelompok


Tes


  1. Tugas
  2. Praktek
  3. Pengamatan
1.      Penyusunan jadwal
2.      Pendataan
3.      Pembagian tugas

          Karangdadap, ………………


   Mengetahui                                                                          Guru Mata Pelajaran
             Kepala Sekolah                                                                    Pendidikan Jasmani




             Drs. RAHMAT TAUFIQ                                                    PARTANTO, S.Pd
   NIP.196202201980121001                                                 NIP. 197204142006041004




















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
NO : 11/11.2


SEKOLAH                             : SDN Kalilembu
MATA PELAJARAN            : Penjasorkes
KELAS / SEMESTER           : VI / II
WAKTU                                 :
TAHUN PELAJARAN         : 2010/2011



STANDAR KOMPETENSI
Mempraktikkan penjelajahan di lingkungan sekitar sekolah dan nilai – nilai yang terkandung di dalamnya

KOMPETENSI DASAR
Mempraktikkan berbagai ketrampilan gerak dalam kegiatan penjelajahan di lingkungan sekolah yang sehat serta nilai kerjasama disiplin keselamatan kebersihan dan etika.

A.    TUJUAN PEMBELAJARAN
Melalui latihan diharapkan siswa dapat  :
1.      Melakukan aktifiatas sesuai etika
2.      Melakukan mengikuti instruksi petunjuk
3.      Melakukan penjelajahan perkampungan
4.      Membuat dan menyusun laporan

B.     MATERI BELAJAR
Penjelajahan

C.     METODE DAN MODEL PEMBELAJARAN
1.  Ceramah
2.  Praktik

D.    LANGKAH – LANGKAH
No
Kegiatan
Waktu
Metode
1
Pendahuluan
a.  Siswa dikumpulkan kemudian di absen
b.  Siswa diberi penjelasan tentang lingkungan sekolah



2
Kegiatan Inti
1). Eksplorasi  :
    Guru memberi penjelasan tentang materi pembelajaran
2). Elaborasi  : 
a.       Guru menberi contoh mengenai materi pembelajaran.
b.      Melakukan aktifiatas sesuai etika
c.       Melakukan mengikuti instruksi petunjuk
d.      Melakukan penjelajahan perkampungan
e.       Membuat dan menyusun laporan
3). Konfirmasi
a.  Mengecek pemahaman siswa tentang materi pembelajaran



3
Penutup
Siswa dikumpilkan kemudian Guru mengevaluasi seluru kegiatan yang telah dilakukan.




E.     SUMBER BELAJAR
1.  Buku BNSP 2006
2.  Buku Kurikulum 2004
3.  Pengembangan Guru

F.      PENILAIAN
1. Teknik Penilaian :
-  Tes unjuk kerja (psikomotor) melakukan gerakan :
aktifiatas sesuai etika
mengikuti instruksi petunjuk
penjelajahan perkampungan
Membuat dan menyusun laporan
-   Pengamat sikap (afektif) :
                        Penilaian dilakukan berdasarkan pemahaman siswa tentang materi pembelajaran.
-    Kuis / embedded test ( kognitif) :
            Menjawab secara lisan mengenai meteri pembelajaran.
2. Rubrik penilaian :

Indikator Penilaian
Teknik Penilaian
Bentuk Penilaian
Instrumen
1.      Melakukan aktifiatas sesuai etika
2.      Melakukan mengikuti instruksi petunjuk
3.      Melakukan penjelajahan perkampungan
4.      Membuat dan menyusun laporan


Tes


  1. Tugas
  2. Praktek
  3. Pengamatan
1.      aktifiatas sesuai etika
2.      mengikuti instruksi petunjuk
3.      penjelajahan perkampungan
4.      Membuat dan menyusun laporan
 

          Karangdadap, ………………


   Mengetahui                                                                          Guru Mata Pelajaran
             Kepala Sekolah                                                                    Pendidikan Jasmani




             Drs. RAHMAT TAUFIQ                                                    PARTANTO, S.Pd
   NIP.196202201980121001                                                 NIP. 197204142006041004

















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
NO : 12/12.1


SEKOLAH                             : SDN Kalilembu
MATA PELAJARAN            : Penjasorkes
KELAS / SEMESTER           : VI / II
WAKTU                                 :
TAHUN PELAJARAN         : 2010/2011


STANDAR KOMPETENSI
Menerapkan budaya hidup sehat

KOMPETENSI DASAR
Mengenal cara menolak ajakan menggunakan narkoba

A.  TUJUAN PEMBELAJARAN
Melalui latihan diharapkan siswa dapat  :
1.         Menolak dengan halus ajakan menggunakan narkoba
2.         Menghindari pergaulan bebas
3.         Mendekatkan diri kepada Tuhan
B.  MATERI BELAJAR
Budaya hidup sehat

C.  METODE DAN MODEL PEMBELAJARAN
1.  Ceramah
2.  Praktik

D.  LANGKAH – LANGKAH
No
Kegiatan
Waktu
Metode
1
Pendahuluan
a.   Siswa dikumpulkan kemudian di absen
b.   Siswa diberi penjelasan tentang lingkungan sekolah



2
Kegiatan Inti
1). Eksplorasi  :
    Guru memberi penjelasan tentang materi pembelajaran
2). Elaborasi  : 
a.       Guru menberi contoh mengenai materi pembelajaran.
b.      Siswa mempelajari cara menolak dengan halus ajakan menggunakan narkoba
c.       Siswa mempelajari cara menghindari pergaulan bebas
d.      Siswa belajar mendekatkan diri kepada Tuhan
3). Konfirmasi
a.  Mengecek pemahaman siswa tentang materi pembelajaran



3
Penutup
Siswa dikumpilkan kemudian Guru mengevaluasi seluru kegiatan yang telah dilakukan.







E.  SUMBER BELAJAR
1.  Buku BNSP 2006
2.  Buku Kurikulum 2004
3.  Pengembangan Guru

F.  PENILAIAN
1. Teknik Penilaian :
-  Tes unjuk kerja (psikomotor) melakukan gerakan :
Menolak dengan halus
Menghindari pergaulan bebas
Mendekatkan diri pada Tuhan 
-   Pengamat sikap (afektif) :
                        Penilaian dilakukan berdasarkan pemahaman siswa tentang materi pembelajaran.
-    Kuis / embedded test ( kognitif) :
            Menjawab secara lisan mengenai meteri pembelajaran.
2. Rubrik penilaian :

Indikator Penilaian
Teknik Penilaian
Bentuk Penilaian
Instrumen
1.      Menolak dengan halus ajakan menggunakan narkoba
2.      Menghindari pergaulan bebas
3.      Mendekatkan diri kepada Tuhan


Tes


1.      Tugas
2.      Praktek
3.      Pengamatan
1.     Menolak dengan halus
2.     Menghindari pergaulan bebas
3.     Mendekatkan diri pada Tuhan 

          Karangdadap, ………………


   Mengetahui                                                                          Guru Mata Pelajaran
             Kepala Sekolah                                                                    Pendidikan Jasmani




             Drs. RAHMAT TAUFIQ                                                    PARTANTO, S.Pd
   NIP.196202201980121001                                                 NIP. 197204142006041004



















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
NO : 12/12.2


SEKOLAH                             : SDN Kalilembu
MATA PELAJARAN            : Penjasorkes
KELAS / SEMESTER           : VI / II
WAKTU                                 :
TAHUN PELAJARAN         : 2010/2011


STANDAR KOMPETENSI
Menerapkan budaya hidup sehat

KOMPETENSI DASAR
      Mengenal cara menolak perlakuan pelecehan seksual

A.  TUJUAN PEMBELAJARAN
Melalui latihan diharapkan siswa dapat  :
1.      Menggunakan pakaian yang sopan
2.      Menjauhi pergaulan bebas
3.      Mendekatkan diri kepada Tuhan

B.  MATERI BELAJAR
Budaya hidup sehat

C.  METODE DAN MODEL PEMBELAJARAN
1.  Ceramah
2.  Praktik

D.  LANGKAH – LANGKAH
No
Kegiatan
Waktu
Metode
1
Pendahuluan
a.   Siswa dikumpulkan kemudian di absen
b.   Siswa diberi penjelasan tentang lingkungan sekolah



2
Kegiatan Inti
1). Eksplorasi  :
    Guru memberi penjelasan tentang materi pembelajaran
2). Elaborasi  : 
  1. Guru menberi contoh mengenai materi pembelajaran.
  2. Siswa mempelajari cara menggunakan pakaian yang sopan
  3. Siswa mempelajari cara menjauhi pergaulan bebas
  4. Siswa mempelajari cara mendekatkan diri kepada Tuhan
3). Konfirmasi
a.  Mengecek pemahaman siswa tentang materi pembelajaran



3
Penutup
Siswa dikumpilkan kemudian Guru mengevaluasi seluru kegiatan yang telah dilakukan.






E.  SUMBER BELAJAR
1.  Buku BNSP 2006
2.  Buku Kurikulum 2004
3.  Pengembangan Guru

F.  PENILAIAN
1. Teknik Penilaian :
-  Tes unjuk kerja (psikomotor) melakukan gerakan :
Berpakaian
Menjauh dari pergaulan bebas
Mendekatkan diri kepada Tuhan
-   Pengamat sikap (afektif) :
                        Penilaian dilakukan berdasarkan pemahaman siswa tentang materi pembelajaran.
-    Kuis / embedded test ( kognitif) :
            Menjawab secara lisan mengenai meteri pembelajaran.
2. Rubrik penilaian :

Indikator Penilaian
Teknik Penilaian
Bentuk Penilaian
Instrumen
1.      Menggunakan pakaian yang sopan
2.      Menjauhi pergaulan bebas
3.      Mendekatkan diri kepada Tuhan


Tes


4.      Tugas
5.      Praktek
6.      Pengamatan
  1. Berpakaian
  2. Menjauh dari pergaulan bebas
  3. Mendekatkan diri kepada Tuhan

          Karangdadap, ………………


   Mengetahui                                                                          Guru Mata Pelajaran
             Kepala Sekolah                                                                    Pendidikan Jasmani




             Drs. RAHMAT TAUFIQ                                                    PARTANTO, S.Pd
   NIP.196202201980121001                                                 NIP. 19720414200604100

Tidak ada komentar:

Posting Komentar