Selasa, 15 Mei 2012

rpp penjas kls 1 smt 2

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
No. 6/6.1

Nama Sekolah                         :  SDN Kalilembu
Mata Pelajaran                        :  Penjasorkes
Kelas/Semester                        :  I (satu) / II (dua)
Alokasi waktu                         : 
Tahun pelajaran                       :  2010/2011

Standar Kompetensi           : 6.  Memptaktekkan gerakan senam lantai sederhana dan nilai yang terkandung di dalamnya
Kompetensi Dasar                   :  6.1  Mempraktikkan gerak dasar jalan, lari, dan lompat ke berbagai arah dengan berbagai pola dalam permainan sederhana, serta nilai kerjasama, kejujuran, tanggung jawab dan toleransi.

A. Tujuan Pembelajaran :
     Melalui latihan, siswa diharapkan dapat :
1. Melakukan gerakan ke kiri,kanan, depan,serong, kebelakang.
2. Melakukan gerakan berjalan ke berbagai arah
3. Melakukan gerakan berlari ke berbagai arah
4. Melakukan gerakan meloncat dan melompat

B. Materi Pembelajaran :
     1. jalan
     2. lari
     3. lompat

C. Metode :
     1. Ceramah
     2. Demonstrasi
3. Penugasan
4. Latihan
5. Tanya jawab

D. Langkah-langkah Pembelajaran :
    
No
Pelaksanaan
waktu
metode
1
PENDAHULUAN



a. Siswa berbaris 2 syap, berdoa dan kemudian di absen.



b. Siswa diberi pemanasan yang mengarah ke kegiatan inti.


2
INTI
1). Eksplorasi  :
    Guru memberi penjelasan tentang materi pembelajaran



2). Elaborasi  : 
a. Guru menberi contoh mengenai materi pembelajaran.



b. Siswa melakukan gerakan ke kiri,kanan, depan,serong, kebelakang.



c. Siswa melakukan gerakan berjalan ke berbagai arah



d. Siswa melakukan gerakan berlari ke berbagai arah



e. Siswa melakukan gerakan meloncat dan melompat
3). Konfirmasi
a.  Mengecek pemahaman siswa tentang materi pembelajaran


3
PENUTUP



.
Siswa dikumpulkan kemudian di evaluasi mengenai kegiatan yang telah dilakukan.
Setelah itu berdoa dan istirahat





E. Sumber Bahan dan Alat.
     1. Buku Paket Erlangga
     2. Pengembangan Guru.
3. Peluit dan kapur tulis

F. Penilaian
     1. Teknik Penilaian :
-  Tes unjuk kerja (psikomotor) melakukan gerakan :
            Melakukan gerakan ke kiri,kanan, depan,serong, kebelakang.
Melakukan gerakan berjalan ke berbagai arah
            Melakukan gerakan berlari ke berbagai arah
Melakukan gerakan meloncat dan melompat
     - Pengamat sikap (afektif) :
        Penilaian dilakukan berdasarkan pemahaman siswa tentang materi pembelajaran.
-          Kuis / embedded test ( kognitif) :
  Menjawab secara lisan mengenai meteri pembelajaran.

2. Rubrik penilaian :


NO
ASPEK YANG DINILAI
KUALITAS GERAK
1
2
3
4
1

2
3
4
Melakukan gerakan ke kiri,kanan, depan,serong, kebelakang.
Melakukan gerakan berjalan ke berbagai arah
Melakukan gerakan berlari ke berbagai arah
Melakukan gerakan meloncat dan melompat






JUMLAH

JUMLAH SKOR MAKSIMAL :

                           
                                                                                  
             Mengetahui                                                                            Guru Mata Pelajaran
             Kepala Sekolah                                                                      Pendidikan Jasmani



             Drs. RAHMAT TAUFIQ                                                      PARTANTO, S.Pd
            NIP.196202201980121001                                                    NIP. 197204142006041004




















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
No. 6/6.2

Nama Sekolah                         :  SDN Kalilembu
Mata Pelajaran                        :  Penjasorkes
Kelas/Semester                        :  I (satu) / II (dua)
Alokasi waktu                         : 
Tahun pelajaran                       :  2010/2011

Standar Kompetensi           : 6.  Memptaktekkan gerakan senam lantai sederhana dan nilai yang terkandung di dalamnya
Kompetensi Dasar                   :  6.2  Mempraktikkan gerak dasar memutar, mengayun ataupun menekuk dalam permainan sederhana, dan nilai kerjasama, kejujuran, tanggung jawab dan toleransi.

A. Tujuan Pembelajaran :
     Melalui latihan, siswa diharapkan dapat :
1.  Melakukan gerakan menekuk lutut
2.  Melakukan gerakan menarik tangan dan mendorong benda
3.  Melakukan gerakan meliukkan badan

B. Materi Pembelajaran :
     1. menekuk
     2. mendorong
     3. meliuk

C. Metode :
     1. Ceramah
     2. Demonstrasi
3. Penugasan
4. Latihan
5. Tanya jawab

D. Langkah-langkah Pembelajaran :
    
No
Pelaksanaan
waktu
metode
1
PENDAHULUAN



a. Siswa berbaris 2 syap, berdoa dan kemudian di absen.



b. Siswa diberi pemanasan yang mengarah ke kegiatan inti.


2
INTI
1). Eksplorasi  :
    Guru memberi penjelasan tentang materi pembelajaran



2). Elaborasi  : 
a. Guru menberi contoh mengenai materi pembelajaran.



b. Siswa melakukan gerakan menekuk lutut



c. Siswa melakukan gerakan menarik tangan dan mendorong benda



d. Siswa melakukan gerakan meliukkan badan
3). Konfirmasi
a.  Mengecek pemahaman siswa tentang materi pembelajaran


3
PENUTUP




Siswa dikumpulkan kemudian di evaluasi mengenai kegiatan yang telah dilakukan.          
Setelah   itu berdoa dan istirahat.








E. Sumber Bahan dan Alat.
     1. Buku Paket Erlangga
     2. Pengembangan Guru.
3. Peluit dan kapur tulis

F. Penilaian
     1. Teknik Penilaian :
-  Tes unjuk kerja (psikomotor) melakukan gerakan :
            Melakukan gerakan menekuk lutut
Melakukan gerakan menarik tangan dan mendorong benda
Melakukan gerakan meliukkan badan
     - Pengamat sikap (afektif) :
        Penilaian dilakukan berdasarkan pemahaman siswa tentang materi pembelajaran.
-          Kuis / embedded test ( kognitif) :
  Menjawab secara lisan mengenai meteri pembelajaran.

2. Rubrik penilaian :
RUBRIK PENILAIAN
MENEKUK, MENDORONG, MELIUK
NO
ASPEK YANG DINILAI
KUALITAS GERAK
1
2
3
4
1
2

3
Melakukan gerakan menekuk lutut
Melakukan gerakan menarik tangan dan mendorong benda
Melakukan gerakan meliukkan badan






JUMLAH

JUMLAH SKOR MAKSIMAL :

                           
                                                                                 
            Mengetahui                                                                             Guru Mata Pelajaran
             Kepala Sekolah                                                                      Pendidikan Jasmani



             Drs. RAHMAT TAUFIQ                                                      PARTANTO, S.Pd
            NIP.196202201980121001                                                    NIP. 197204142006041004






















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
No. 6/6.3

Nama Sekolah                         :  SDN Kalilembu
Mata Pelajaran                        :  Penjasorkes
Kelas/Semester                        :  I (satu) / II (dua)
Alokasi waktu                         : 
Tahun pelajaran                       :  2010/2011

Standar Kompetensi           : 6.  Memptaktekkan gerakan senam lantai sederhana dan nilai yang terkandung di dalamnya
Kompetensi Dasar                   :  6.3 Mempraktikkan gerak dasar menangkap obyek berbagai ukuran dalam permainan sederhana, dan nilai kerjasama, kejujuran, tanggung jawab dan toleransi.

A. Tujuan Pembelajaran :
     Melalui latihan, siswa diharapkan dapat :
1. Menengkap bola
2. Melempar bola ke berbagai arah
3. Menggulirkan bola
4. Menangkap bola dari berbagai arah
5. Memukul bola dengan tangan
6. Menendang dan menahan bola
7. Melempar bola ke sasaran
8. Menggunakan alat secara bergantian

B. Materi Pembelajaran :
     1. lempar tangkap bola
     2. menendang bola
     3. memukul bola

C. Metode :
     1. Ceramah
     2. Demonstrasi
3. Penugasan
4. Latihan
5. Tanya jawab

D. Langkah-langkah Pembelajaran :
    
No
Pelaksanaan
waktu
metode
1
PENDAHULUAN



a. Siswa berbaris 2 syap, berdoa dan kemudian di absen.



b. Siswa diberi pemanasan yang mengarah ke kegiatan inti.


2
INTI
1). Eksplorasi  :
    Guru memberi penjelasan tentang materi pembelajaran



2). Elaborasi  : 
a. Guru menberi contoh mengenai materi pembelajaran.



b. Siswa melakukan gerakan menekuk lutut



c. Siswa melakukan gerakan menarik tangan dan mendorong benda



d. Siswa melakukan gerakan meliukkan badan
3). Konfirmasi
a.  Mengecek pemahaman siswa tentang materi pembelajaran


3
PENUTUP




Siswa dikumpulkan kemudian di evaluasi mengenai kegiatan yang telah dilakukan.
Setelah   itu berdoa dan istirahat.



E. Sumber Bahan dan Alat.
     1. Buku Paket Erlangga
     2. Pengembangan Guru.
3. Peluit dan kapur tulis

F. Penilaian
     1. Teknik Penilaian :
-  Tes unjuk kerja (psikomotor) melakukan gerakan :
            Menengkap bola
      Melempar bola ke berbagai arah
      Menggulirkan bola
      Menangkap bola dari berbagai arah
      Memukul bola dengan tangan
      Menendang dan menahan bola
      Melempar bola ke sasaran
      Menggunakan alat secara bergantian
     - Pengamat sikap (afektif) :
        Penilaian dilakukan berdasarkan pemahaman siswa tentang materi pembelajaran.
-          Kuis / embedded test ( kognitif) :
  Menjawab secara lisan mengenai meteri pembelajaran.

2. Rubrik penilaian :


NO
ASPEK YANG DINILAI
KUALITAS GERAK
1
2
3
4
1
2
3
4
5
6
7
8
Menengkap bola
Melempar bola ke berbagai arah
      Menggulirkan bola
      Menangkap bola dari berbagai arah
      Memukul bola dengan tangan
      Menendang dan menahan bola
      Melempar bola ke sasaran
      Menggunakan alat secara bergantian






JUMLAH

JUMLAH SKOR MAKSIMAL :

                           
                                                                                  
            Mengetahui                                                                             Guru Mata Pelajaran
             Kepala Sekolah                                                                      Pendidikan Jasmani



             Drs. RAHMAT TAUFIQ                                                      PARTANTO, S.Pd
            NIP.196202201980121001                                                    NIP. 197204142006041004













RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
No. 7/7.1

Nama Sekolah                         :  SDN Kalilembu
Mata Pelajaran                        :  Penjasorkes
Kelas/Semester                        :  I (satu) / II (dua)
Alokasi waktu                         : 
Tahun pelajaran                       :  2010/2011

Standar Kompetensi           : 7.    Membiasakan penampilan sikap tubuh dalam berbagai posisi
Kompetensi Dasar                   :  7.1  Membiasakan penampilan sikap tubuh dalam  posisi diam


A. Tujuan Pembelajaran :
     Melalui latihan, siswa diharapkan dapat :
1. Menyebutkan macam anggota tubuh manusia
2. Melakukan gerakan duduk dengan benar
3. Melakukan gerakan berbaring di lantai
4. Melakukan gerakan berdiri dengan benar

B. Materi Pembelajaran :
     1. duduk
     2. berbaring
     3. berdiri

C. Metode :
     1. Ceramah
     2. Demonstrasi
3. Penugasan
4. Latihan
5. Tanya jawab

D. Langkah-langkah Pembelajaran :
    
No
Pelaksanaan
waktu
metode
1
PENDAHULUAN



a. Siswa berbaris 2 syap, berdoa dan kemudian di absen.



b. Siswa diberi pemanasan yang mengarah ke kegiatan inti.


2
INTI
1). Eksplorasi  :
    Guru memberi penjelasan tentang materi pembelajaran



2). Elaborasi  : 
a. Guru menberi contoh mengenai materi pembelajaran.



b. Siswa Menyebutkan macam anggota tubuh manusia



c. Siswa melakukan gerakan duduk dengan benar



d. Siswa Melakukan gerakan berbaring di lantai



e. Siswa melakukan gerakan berdiri dengan benar
3). Konfirmasi
a.  Mengecek pemahaman siswa tentang materi pembelajaran


3
PENUTUP




Siswa dikumpulkan kemudian di evaluasi mengenai kegiatan yang telah dilakukan.
Setelah   itu berdoa dan istirahat.








E. Sumber Bahan dan Alat.
     1. Buku Paket Erlangga
     2. Pengembangan Guru.
3. Peluit dan kapur tulis

F. Penilaian
     1. Teknik Penilaian :
-  Tes unjuk kerja (psikomotor) melakukan gerakan :
            Menyebutkan macam anggota tubuh manusia
Melakukan gerakan duduk dengan benar
Melakukan gerakan berbaring di lantai
Melakukan gerakan berdiri dengan benar
     - Pengamat sikap (afektif) :
        Penilaian dilakukan berdasarkan pemahaman siswa tentang materi pembelajaran.
-          Kuis / embedded test ( kognitif) :
  Menjawab secara lisan mengenai meteri pembelajaran.

2. Rubrik penilaian :


NO
ASPEK YANG DINILAI
KUALITAS GERAK
1
2
3
4
1
2
3
4

Menyebutkan macam anggota tubuh manusia
Melakukan gerakan duduk dengan benar
Melakukan gerakan berbaring di lantai
Melakukan gerakan berdiri dengan benar






JUMLAH

JUMLAH SKOR MAKSIMAL :

                           
                                                                                 
Mengetahui                                                                             Guru Mata Pelajaran
             Kepala Sekolah                                                                      Pendidikan Jasmani



             Drs. RAHMAT TAUFIQ                                                      PARTANTO, S.Pd
            NIP.196202201980121001                                                    NIP. 197204142006041004





















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
No. 7/7.2

Nama Sekolah                         :  SDN Kalilembu
Mata Pelajaran                        :  Penjasorkes
Kelas/Semester                        :  I (satu) / II (dua)
Alokasi waktu                         : 
Tahun pelajaran                       :  2010/2011

Standar Kompetensi           : 7.    Membiasakan penampilan sikap tubuh dalam berbagai     posisi
Kompetensi Dasar                   :  7.2   Membiasakan penampilan sikap tubuh dalam posisi bergerak

A. Tujuan Pembelajaran :
     Melalui latihan, siswa diharapkan dapat :
1. Berjalan dengan posisi/sikap tubuh yang benar
2. Berjalan biasa dengan menaruh buku di atas kepala
3. Melakukan gerakan PBB sederhana

B. Materi Pembelajaran :
     1. Berjalan

C. Metode :
     1. Ceramah
     2. Demonstrasi
3. Penugasan
4. Latihan
5. Tanya jawab

D. Langkah-langkah Pembelajaran :
    
No
Pelaksanaan
waktu
metode
1
PENDAHULUAN



a. Siswa berbaris 2 syap, berdoa dan kemudian di absen.



b. Siswa diberi pemanasan yang mengarah ke kegiatan inti.


2
INTI
1). Eksplorasi  :
    Guru memberi penjelasan tentang materi pembelajaran



2). Elaborasi  : 
a. Guru menberi contoh mengenai materi pembelajaran.



b. Siswa melakukan gerakan berkalan dengan posisi biasa



c. Siswa melakukan gerakan berjalan dengan menaruh buku di kepala.
d. Siswa mengikuti aba-aba PBB dengan sederhana
3). Konfirmasi
a.  Mengecek pemahaman siswa tentang materi pembelajaran


3
PENUTUP




Siswa dikumpulkan kemudian di evaluasi mengenai kegiatan yang telah dilakukan.
Setelah   itu berdoa dan istirahat.












E. Sumber Bahan dan Alat.
     1. Buku Paket Erlangga
     2. Pengembangan Guru.

F. Penilaian
     1. Teknik Penilaian :
-  Tes unjuk kerja (psikomotor) melakukan gerakan :
            Berjalan dengan posisi/sikap tubuh yang benar
Berjalan biasa dengan menaruh buku di atas kepala
     - Pengamat sikap (afektif) :
        Penilaian dilakukan berdasarkan pemahaman siswa tentang materi pembelajaran.
-          Kuis / embedded test ( kognitif) :
  Menjawab secara lisan mengenai meteri pembelajaran.

2. Rubrik penilaian :


NO
ASPEK YANG DINILAI
KUALITAS GERAK
1
2
3
4
1

2

3
1. Berjalan dengan posisi/sikap tubuh yang benar
2. Berjalan biasa dengan menaruh buku di atas kepala
3. Gerakan PBB sederhana





JUMLAH

JUMLAH SKOR MAKSIMAL :

                           
                                                                                                                                                                                                     
            Mengetahui                                                                             Guru Mata Pelajaran
             Kepala Sekolah                                                                      Pendidikan Jasmani



             Drs. RAHMAT TAUFIQ                                                      PARTANTO, S.Pd
            NIP.196202201980121001                                                    NIP. 197204142006041004















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
No. 8/8.1

Nama Sekolah                         :  SDN Kalilembu
Mata Pelajaran                        :  Penjasorkes
Kelas/Semester                        :  I (satu) / II (dua)
Alokasi waktu                         : 
Tahun pelajaran                       :  2010/2011

Standar Kompetensi           : 8.    Mempraktikkan gerakan senam lantai sederhana dan nilai yang terkandung di dalamnya
Kompetensi Dasar                   :  8.1   Mempraktikkan gerakan senam lantai sederhana serta nilai percaya diri dan disiplin

A. Tujuan Pembelajaran :
     Melalui latihan, siswa diharapkan dapat :
1. Berbagai gerakan loncat di tempat dan mengubah arah
2. Berjalan lurus dengan mata tertutup/ terpejam  
3. Berjalan di atas garis lurus

B. Materi Pembelajaran :
     1. Loncat
     2. Berjalan

C. Metode :
     1. Ceramah
     2. Demonstrasi
3. Penugasan
4. Latihan
5. Tanya jawab

D. Langkah-langkah Pembelajaran :
    
No
Pelaksanaan
waktu
metode
1
PENDAHULUAN



a. Siswa berbaris 2 syap, berdoa dan kemudian di absen.



b. Siswa diberi pemanasan yang mengarah ke kegiatan inti.


2
INTI
1). Eksplorasi  :
    Guru memberi penjelasan tentang materi pembelajaran



2). Elaborasi  : 
a. Guru menberi contoh mengenai materi pembelajaran.



b. Siswa melakukan gerakan loncat di tempat dan mengubah arah



c. Siswa melakukan gerakan berjalan lurus dengan mata tertutup/terpejam.



d. Siswa melakukan gerakan berjalan di atas garis lurus
3). Konfirmasi
a.  Mengecek pemahaman siswa tentang materi pembelajaran


3
PENUTUP




Siswa dikumpulkan kemudian di evaluasi mengenai kegiatan yang telah dilakukan.
Setelah   itu berdoa dan istirahat.









E. Sumber Bahan dan Alat.
     1. Buku Paket Erlangga
     2. Pengembangan Guru.

F. Penilaian
     1. Teknik Penilaian :
-  Tes unjuk kerja (psikomotor) melakukan gerakan :
            Berbagai gerakan loncat di tempat dan mengubah arah
            Berjalan lurus dengan mata tertutup/ terpejam
            Berjalan di atas garis lurus
     - Pengamat sikap (afektif) :
        Penilaian dilakukan berdasarkan pemahaman siswa tentang materi pembelajaran.
-          Kuis / embedded test ( kognitif) :
  Menjawab secara lisan mengenai meteri pembelajaran.

2. Rubrik penilaian :


NO
ASPEK YANG DINILAI
KUALITAS GERAK
1
2
3
4
1

2

3

1. Berbagai gerakan loncat di tempat dan mengubah arah
2. Berjalan lurus dengan mata tertutup/ terpejam
3. Berjalan di atas garis lurus






JUMLAH

JUMLAH SKOR MAKSIMAL :

                           
                                                                                                                                                                                                     
            Mengetahui                                                                             Guru Mata Pelajaran
             Kepala Sekolah                                                                      Pendidikan Jasmani



             Drs. RAHMAT TAUFIQ                                                      PARTANTO, S.Pd
            NIP.196202201980121001                                                    NIP. 197204142006041004












RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
No. 8/8.2

Nama Sekolah                         :  SDN Kalilembu
Mata Pelajaran                        :  Penjasorkes
Kelas/Semester                        :  I (satu) / II (dua)
Alokasi waktu                         : 
Tahun pelajaran                       :  2010/2011

Standar Kompetensi           : 8.    Mempraktikkan gerakan senam lantai sederhana dan nilai yang terkandung di dalamnya
Kompetensi Dasar                   :  8.2   Mempraktikkan gerak peregangan dan pelemasan dalam kegiatan pemanasan  sederhana dengan benar serta nilai disiplin

A. Tujuan Pembelajaran :
     Melalui latihan, siswa diharapkan dapat :
1. Meniru gerakan binatang dan gerakan pohon ditiup angin
2. Melangkah ke berbagai arah berirama
3. Gerak lompat sambil berputar ke kanan, kiri, depan belakang

B. Materi Pembelajaran :
     1. Lompat
     2. Melangkah

C. Metode :
     1. Ceramah
     2. Demonstrasi
3. Penugasan
4. Latihan
5. Tanya jawab

D. Langkah-langkah Pembelajaran :
    
No
Pelaksanaan
waktu
metode
1
PEDAHULUAN



a. Siswa berbaris 2 syap, berdoa dan kemudian di absen.



b. Siswa diberi pemanasan yang mengarah ke kegiatan inti.


2
INTI
1). Eksplorasi  :
    Guru memberi penjelasan tentang materi pembelajaran



2). Elaborasi  : 
a. Guru menberi contoh mengenai materi pembelajaran.



b. Siswa meniru gerakan binatang dan gerakan pohon ditiup angin



c. Siswa melakukan gerakan melangkah ke berbagai arah berirama




d. Siswa melakukan gerakan lompat sambil berputar ke kanan, kiri,
    depan belakang
3). Konfirmasi
a.  Mengecek pemahaman siswa tentang materi pembelajaran


3
PENUTUP




Siswa dikumpulkan kemudian di evaluasi mengenai kegiatan yang telah dilakukan.
Setelah   itu berdoa dan istirahat.








E. Sumber Bahan dan Alat.
     1. Buku Paket Erlangga
     2. Pengembangan Guru.
     3. Peluit

F. Penilaian
     1. Teknik Penilaian :
-  Tes unjuk kerja (psikomotor) melakukan gerakan :
        Meniru gerakan binatang dan gerakan pohon ditiup angin
Melangkah ke berbagai arah berirama
Gerak lompat sambil berputar ke kanan, kiri, depan belakang
     - Pengamat sikap (afektif) :
        Penilaian dilakukan berdasarkan pemahaman siswa tentang materi pembelajaran.
-          Kuis / embedded test ( kognitif) :
  Menjawab secara lisan mengenai meteri pembelajaran.

2. Rubrik penilaian :


NO
ASPEK YANG DINILAI
KUALITAS GERAK
1
2
3
4
1

2

3

1. Meniru gerakan binatang dan gerakan pohon ditiup angin
2. Melangkah ke berbagai arah berirama
3. Gerak lompat sambil berputar ke kanan, kiri, depan belakang






JUMLAH

JUMLAH SKOR MAKSIMAL :

                            
                                                                                                                                                                                                     
            Mengetahui                                                                             Guru Mata Pelajaran
             Kepala Sekolah                                                                      Pendidikan Jasmani



             Drs. RAHMAT TAUFIQ                                                      PARTANTO, S.Pd
            NIP.196202201980121001                                                    NIP. 197204142006041004












RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
No. 9/9.1

Nama Sekolah                         :  SDN Kalilembu
Mata Pelajaran                        :  Penjasorkes
Kelas/Semester                        :  I (satu) / II (dua)
Alokasi waktu                         : 
Tahun pelajaran                       :  2010/2011

Standar Kompetensi           : 9.  Menampilkan perasaan melalui musik dan gerak      berirama     serta nilai yang terkandung di dalamnya
Kompetensi Dasar                   :  9.1  Menampilkan gerak bebas berirama diorientasikan dengan arah mengikuti bunyi-bunyian secara individu, serta nilai estetika

A. Tujuan Pembelajaran :
     Melalui latihan, siswa diharapkan dapat :
1. Bergerak bebas mengikuti irama
2. Melangkah ke berbagai arah berirama

B. Materi Pembelajaran :
     1. senam irama

C. Metode :
     1. Ceramah
     2. Demonstrasi
3. Penugasan
4. Latihan
5. Tanya jawab

D. Langkah-langkah Pembelajaran :
    
No
Pelaksanaan
waktu
metode
1
PENDAHULUAN



a. Siswa berbaris 2 syap, berdoa dan kemudian di absen.



b. Siswa diberi pemanasan yang mengarah ke kegiatan inti.


2
INTI
1). Eksplorasi  :
    Guru memberi penjelasan tentang materi pembelajaran



2). Elaborasi  : 
a. Guru menberi contoh mengenai materi pembelajaran.



b. Siswa bergerak bebas mengikuti irama



c. Siswa melangkah ke berbagai arah berirama
3). Konfirmasi
a.  Mengecek pemahaman siswa tentang materi pembelajaran


3
PENUTUP




Siswa dikumpulkan kemudian di evaluasi mengenai kegiatan yang telah
dilakukan.



Setelah   itu berdoa dan istirahat.











E. Sumber Bahan dan Alat.
     1. Buku Paket Erlangga
     2. Pengembangan Guru.
     3. Peluit

F. Penilaian
     1. Teknik Penilaian :
-  Tes unjuk kerja (psikomotor) melakukan gerakan :
        Bergerak bebas mengikuti irama
Melangkah ke berbagai arah berirama
     - Pengamat sikap (afektif) :
        Penilaian dilakukan berdasarkan pemahaman siswa tentang materi pembelajaran.
-          Kuis / embedded test ( kognitif) :
  Menjawab secara lisan mengenai meteri pembelajaran.

2. Rubrik penilaian :


NO
ASPEK YANG DINILAI
KUALITAS GERAK
1
2
3
4
1
2
1. Bergerak bebas mengikuti irama
2. Melangkah ke berbagai arah berirama





JUMLAH

JUMLAH SKOR MAKSIMAL :

                           
                                                                                                                                                                                                     
Mengetahui                                                                             Guru Mata Pelajaran
             Kepala Sekolah                                                                      Pendidikan Jasmani



             Drs. RAHMAT TAUFIQ                                                      PARTANTO, S.Pd
            NIP.196202201980121001                                                    NIP. 197204142006041004













RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
No. 9/9.2

Nama Sekolah                         :  SDN Kalilembu
Mata Pelajaran                        :  Penjasorkes
Kelas/Semester                        :  I (satu) / II (dua)
Alokasi waktu                         : 
Tahun pelajaran                       :  2010/2011

Standar Kompetensi           : 9.  Menampilkan perasaan melalui musik dan gerak      berirama     serta nilai yang terkandung di dalamnya
Kompetensi Dasar                   :  9.2  Menampilkan gerak bebas berirama diorientasikan dengan arah menggunakan bunyi-bunyian secara berpasangan / kelompok kecil, serta nilai estetika

A. Tujuan Pembelajaran :
     Melalui latihan, siswa diharapkan dapat :
1.  Kombinasi gerak langkah kaki dan lengan berirama
2.  Kerja sama kelompok

B. Materi Pembelajaran :
     1. senam irama

C. Metode :
     1. Ceramah
     2. Demonstrasi
3. Penugasan
4. Latihan
5. Tanya jawab

D. Langkah-langkah Pembelajaran :
    
No
Pelaksanaan
waktu
metode
1
PENDAHULUAN



a. Siswa berbaris 2 syap, berdoa dan kemudian di absen.



b. Siswa diberi pemanasan yang mengarah ke kegiatan inti.


2
INTI
1). Eksplorasi  :
    Guru memberi penjelasan tentang materi pembelajaran



2). Elaborasi  : 
a. Guru menberi contoh mengenai materi pembelajaran.



b. Siswa mengkombinasi gerak langkah kaki dan lengan berirama



c. Siswa melakukan gerakan kerja sama kelompok
3). Konfirmasi
a.  Mengecek pemahaman siswa tentang materi pembelajaran


3
PENUTUP




Siswa dikumpulkan kemudian di evaluasi mengenai kegiatan yang telah
dilakukan.
Setelah   itu berdoa dan istirahat.












E. Sumber Bahan dan Alat.
     1. Buku Paket Erlangga
     2. Pengembangan Guru.
     3. Peluit

F. Penilaian
     1. Teknik Penilaian :
-  Tes unjuk kerja (psikomotor) melakukan gerakan :
        Kombinasi gerak langkah kaki dan lengan berirama
Kerja sama kelompok
     - Pengamat sikap (afektif) :
        Penilaian dilakukan berdasarkan pemahaman siswa tentang materi pembelajaran.
-          Kuis / embedded test ( kognitif) :
  Menjawab secara lisan mengenai meteri pembelajaran.

2. Rubrik penilaian :


NO
ASPEK YANG DINILAI
KUALITAS GERAK
1
2
3
4
1

2
1. Kombinasi gerak langkah kaki dan lengan berirama
2.  Kerja sama kelompok






JUMLAH

JUMLAH SKOR MAKSIMAL :

                           
                                                                                                                                                                                                     
            Mengetahui                                                                             Guru Mata Pelajaran
             Kepala Sekolah                                                                      Pendidikan Jasmani



             Drs. RAHMAT TAUFIQ                                                      PARTANTO, S.Pd
            NIP.196202201980121001                                                    NIP. 197204142006041004













RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
No. 10/10.1

Nama Sekolah                         :  SDN Kalilembu
Mata Pelajaran                        :  Penjasorkes
Kelas/Semester                        :  I (satu) / II (dua)
Alokasi waktu                         : 
Tahun pelajaran                       :  2010/2011

Standar Kompetensi      : 10.  Mempraktikkan permainan kecil dan nilai yang terkandung didalamnya
Kompetensi Dasar                   :  10.1 Mempraktikkan Permainan kecil dengan menggunakan alat

A. Tujuan Pembelajaran :
     Melalui latihan, siswa diharapkan dapat :
1.  Melempar bola ke sasaran
2.  Lari bersambung
3.  Memantulkan bola ke tanah

B. Materi Pembelajaran :
     1. lari
     2. lempar bola
     3. pantul bola

C. Metode :
     1. Ceramah
     2. Demonstrasi
3. Penugasan
4. Latihan
5. Tanya jawab

D. Langkah-langkah Pembelajaran :
    
No
Pelaksanaan
waktu
metode
1
PENDAHULUAN



a. Siswa berbaris 2 syap, berdoa dan kemudian di absen.



b. Siswa diberi pemanasan yang mengarah ke kegiatan inti.


2
INTI
1). Eksplorasi  :
    Guru memberi penjelasan tentang materi pembelajaran



2). Elaborasi  : 
a. Guru menberi contoh mengenai materi pembelajaran.



b. Siswa melakukan gerak melempar bola ke sasaran



c. Siswa melakukan gerakan lari bersambung



d. Siswa melakukan gerakan memantulkan bola ke tanah



e. Siswa melakukan gerakan melempar bola ke atas
3). Konfirmasi
a.  Mengecek pemahaman siswa tentang materi pembelajaran


3
PENUTUP




Siswa dikumpulkan kemudian di evaluasi mengenai kegiatan yang telah dilakukan.
Setelah   itu berdoa dan istirahat.









E. Sumber Bahan dan Alat.
     1. Buku Paket Erlangga
     2. Pengembangan Guru.
     3. Peluit

F. Penilaian
     1. Teknik Penilaian :
-  Tes unjuk kerja (psikomotor) melakukan gerakan :
        Melempar bola ke sasaran
Lari bersambung
Memantulkan bola ke tanah
Melempar bola ke atas
     - Pengamat sikap (afektif) :
        Penilaian dilakukan berdasarkan pemahaman siswa tentang materi pembelajaran.
-          Kuis / embedded test ( kognitif) :
  Menjawab secara lisan mengenai meteri pembelajaran.

2. Rubrik penilaian :


NO
ASPEK YANG DINILAI
KUALITAS GERAK
1
2
3
4
1
2
3
Melempar bola ke sasaran
Lari bersambung
Memantulkan bola ke tanah
Melempar bola ke atas






JUMLAH

JUMLAH SKOR MAKSIMAL :

                            
                                                                                                                                                                                                     
            Mengetahui                                                                             Guru Mata Pelajaran
             Kepala Sekolah                                                                      Pendidikan Jasmani



             Drs. RAHMAT TAUFIQ                                                      PARTANTO, S.Pd
            NIP.196202201980121001                                                    NIP. 197204142006041004












RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
No. 10/10.2

Nama Sekolah                         :  SDN Kalilembu
Mata Pelajaran                        :  Penjasorkes
Kelas/Semester                        :  I (satu) / II (dua)
Alokasi waktu                         : 
Tahun pelajaran                       :  2010/2011

Standar Kompetensi      : 10.  Mempraktikkan permainan kecil dan nilai yang terkandung didalamnya
Kompetensi Dasar                   :  10.2 Mempraktikkan Permainan kecil tanpa menggunakan alat  disertai nilai percaya diri, kebersihan, dan disiplin

A. Tujuan Pembelajaran :
     Melalui latihan, siswa diharapkan dapat melakukan permainan :
1.  Hijau hitam
2.  Kucing Tikus
3.  Menjala ikan
4.  Ular dan tikus

B. Materi Pembelajaran :
     1. permainan kecil
    
C. Metode :
     1. Ceramah
     2. Demonstrasi
3. Penugasan
4. Latihan
5. Tanya jawab

D. Langkah-langkah Pembelajaran :
    
No
Pelaksanaan
waktu
metode
1
PENDAHULUAN



a. Siswa berbaris 2 syap, berdoa dan kemudian di absen.



b. Siswa diberi pemanasan yang mengarah ke kegiatan inti.


2
INTI
1). Eksplorasi  :
    Guru memberi penjelasan tentang materi pembelajaran



2). Elaborasi  : 
a. Guru menberi contoh mengenai materi pembelajaran.



b. Siswa melakukan permainan Hijau hitam



c. Siswa melakukan permainan Kucing Tikus



d. Siswa melakukan permainan Menjala ikan



e. Siswa melakukan permainan Ular dan tikus
3). Konfirmasi
a.  Mengecek pemahaman siswa tentang materi pembelajaran


3
PENUTUP




Siswa dikumpulkan kemudian di evaluasi mengenai kegiatan yang
telah dilakukan.
Setelah   itu berdoa dan istirahat.









E. Sumber Bahan dan Alat.
     1. Buku Paket Erlangga
     2. Pengembangan Guru.
     3. Peluit

F. Penilaian
     1. Teknik Penilaian :
-  Tes unjuk kerja (psikomotor) melakukan gerakan :
        Hijau hitam
Kucing Tikus
Menjala ikan
Ular dan tikus
     - Pengamat sikap (afektif) :
        Penilaian dilakukan berdasarkan pemahaman siswa tentang materi pembelajaran.
-          Kuis / embedded test ( kognitif) :
  Menjawab secara lisan mengenai meteri pembelajaran.

2. Rubrik penilaian :


NO
ASPEK YANG DINILAI
KUALITAS GERAK
1
2
3
4
1
2
3
4
Hijau hitam
Kucing Tikus
Menjala ikan
Ular dan tikus






JUMLAH

JUMLAH SKOR MAKSIMAL :

                           
                                                                                                                                                                                                     
            Mengetahui                                                                             Guru Mata Pelajaran
             Kepala Sekolah                                                                      Pendidikan Jasmani



             Drs. RAHMAT TAUFIQ                                                      PARTANTO, S.Pd
            NIP.196202201980121001                                                    NIP. 197204142006041004




















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
No. 11/11.1

Nama Sekolah                         :  SDN Kalilembu
Mata Pelajaran                        :  Penjasorkes
Kelas/Semester                        :  I (satu) / II (dua)
Alokasi waktu                         : 
Tahun pelajaran                       :  2010/2011

Standar Kompetensi           : 11. Mempraktikkan pengenalan lingkungan sekolah melalui aktivitas jasmani dan nilai yang terkandung di dalamnya
Kompetensi Dasar                   :  11.1 Mempraktikkan pengenalan lingkungan sekolah secara beregu dan nilai disiplin kerja sama dan kebersihan lingkungan

A. Tujuan Pembelajaran :
     Melalui latihan, siswa diharapkan dapat melakukan :
1.  Pengenalan lingkungan menggunakan gerak dasar lokomotor
2.  Bekerja sama selama kegiatan

B. Materi Pembelajaran :
     1. pengenalan lingkungan
    
C. Metode :
     1. Ceramah
     2. Demonstrasi
3. Penugasan
4. Latihan
5. Tanya jawab

D. Langkah-langkah Pembelajaran :
    
No
Pelaksanaan
waktu
metode
1
PENDAHULUAN



a. Siswa berbaris 2 syap, berdoa dan kemudian di absen.



b. Siswa diberi pemanasan yang mengarah ke kegiatan inti.


2
INTI
1). Eksplorasi  :
    Guru memberi penjelasan tentang materi pembelajaran



2). Elaborasi  : 
a. Guru menberi contoh mengenai materi pembelajaran.




b. Siswa melakukan kegiatan pengenalan lingkungan menggunakan gerak dasar lokomotor






c. Siswa melakukan pengenalan lingkungan dan bekerja sama selama
    kegiatan
3). Konfirmasi
a.  Mengecek pemahaman siswa tentang materi pembelajaran


3
PENUTUP




Siswa dikumpulkan kemudian di evaluasi mengenai kegiatan yang telah dilakukan.
Setelah   itu berdoa dan istirahat.










E. Sumber Bahan dan Alat.
     1. Buku Paket Erlangga
     2. Pengembangan Guru.
     3. Peluit

F. Penilaian
     1. Teknik Penilaian :
-  Tes unjuk kerja (psikomotor) melakukan gerakan :
        Pengenalan lingkungan menggunakan gerak dasar lokomotor
Bekerja sama selama kegiatan
     - Pengamat sikap (afektif) :
        Penilaian dilakukan berdasarkan pemahaman siswa tentang materi pembelajaran.
-          Kuis / embedded test ( kognitif) :
  Menjawab secara lisan mengenai meteri pembelajaran.

2. Rubrik penilaian :


NO
ASPEK YANG DINILAI
KUALITAS GERAK
1
2
3
4
1

2

Pengenalan lingkungan menggunakan gerak dasar lokomotor
Bekerja sama selama kegiatan






JUMLAH

JUMLAH SKOR MAKSIMAL :

                           
                                                                                                                                                                                                     
Mengetahui                                                                             Guru Mata Pelajaran
             Kepala Sekolah                                                                      Pendidikan Jasmani



             Drs. RAHMAT TAUFIQ                                                      PARTANTO, S.Pd
            NIP.196202201980121001                                                    NIP. 197204142006041004













RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
No. 11/11.2

Nama Sekolah                         :  SDN Kalilembu
Mata Pelajaran                        :  Penjasorkes
Kelas/Semester                        :  I (satu) / II (dua)
Alokasi waktu                         : 
Tahun pelajaran                       :  2010/2011

Standar Kompetensi           : 11. Mempraktikkan pengenalan lingkungan sekolah melalui aktivitas jasmani dan nilai yang terkandung di dalamnya
Kompetensi Dasar                   :  11.2 Mempraktikkan berbagai aktivitas jasmani yang menyenangkan di lingkungan sekolah dan nilai disiplin , kerjasama dan pola hidup sehat

A. Tujuan Pembelajaran :
     Melalui latihan, siswa diharapkan dapat melakukan :
1.  Berjalan mengelilingi sekolah sambil melihat sekitarnya
2.  Bermain di lingkungan sekolah mengenal beberapa permainan

B. Materi Pembelajaran :
     1. pengenalan lingkungan
    
C. Metode :
     1. Ceramah
     2. Demonstrasi
3. Penugasan
4. Latihan
5. Tanya jawab

D. Langkah-langkah Pembelajaran :
    
No
Pelaksanaan
waktu
metode
1
PENDAHULUAN



a. Siswa berbaris 2 syap, berdoa dan kemudian di absen.



b. Siswa diberi pemanasan yang mengarah ke kegiatan inti.


2
INTI
1). Eksplorasi  :
    Guru memberi penjelasan tentang materi pembelajaran



2). Elaborasi  : 
a. Guru menberi contoh mengenai materi pembelajaran.




b. Siswa melakukan kegiatan berjalan mengelilingi sekolah sambil
    melihat sekitarnya




c. Siswa melakukan gerakan bermain di lingkungan sekolah mengenal
    beberapa permainan
3). Konfirmasi
a.  Mengecek pemahaman siswa tentang materi pembelajaran


3
PENUTUP




Siswa dikumpulkan kemudian di evaluasi mengenai kegiatan yang telah dilakukan.
Setelah   itu berdoa dan istirahat.










E. Sumber Bahan dan Alat.
     1. Buku Paket Erlangga
     2. Pengembangan Guru.
     3. Peluit

F. Penilaian
     1. Teknik Penilaian :
-  Tes unjuk kerja (psikomotor) melakukan gerakan :
        Berjalan mengelilingi sekolah sambil melihat sekitarnya
Bermain di lingkungan sekolah mengenal beberapa permainan
     - Pengamat sikap (afektif) :
        Penilaian dilakukan berdasarkan pemahaman siswa tentang materi pembelajaran.
-          Kuis / embedded test ( kognitif) :
  Menjawab secara lisan mengenai meteri pembelajaran.

2. Rubrik penilaian :


NO
ASPEK YANG DINILAI
KUALITAS GERAK
1
2
3
4
1

2

Berjalan mengelilingi sekolah sambil melihat sekitarnya
Bermain di lingkungan sekolah mengenal beberapa permainan






JUMLAH

JUMLAH SKOR MAKSIMAL :

                           
                                                                                                                                                                                                     
Mengetahui                                                                             Guru Mata Pelajaran
             Kepala Sekolah                                                                      Pendidikan Jasmani



             Drs. RAHMAT TAUFIQ                                                      PARTANTO, S.Pd
            NIP.196202201980121001                                                    NIP. 197204142006041004
________________________                                                        __________________
  NIP.                                                                                                  NIP :











RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
No. 11/11.3

Nama Sekolah                         :  SDN Kalilembu
Mata Pelajaran                        :  Penjasorkes
Kelas/Semester                        :  I (satu) / II (dua)
Alokasi waktu                         : 
Tahun pelajaran                       :  2010/2011

Standar Kompetensi           : 11. Mempraktikkan pengenalan lingkungan sekolah melalui aktivitas jasmani dan nilai yang terkandung di dalamnya
Kompetensi Dasar                   :  11.3 Mempraktikkan pemanfaatan makanan dan minuman yang   baik

A. Tujuan Pembelajaran :
     Melalui penjelasan, siswa diharapkan dapat melakukan :
     1.  Makanan dan minuman yang sehat
     2.  Tidak sembarangan membeli makanan dan minuman

B. Materi Pembelajaran :
     1. makanan dan minuman
    
C. Metode :
     1. Ceramah
     2. Demonstrasi
3. Penugasan
4. Tanya jawab

D. Langkah-langkah Pembelajaran :
    
No
Pelaksanaan
waktu
metode
1
PENDAHULUAN



a. Siswa masuk kelas, berdoa dan kemudian di absen.



b. Siswa diberi penjelasan yang mengarah ke kegiatan inti.


2
INTI
1). Eksplorasi  :
    Guru memberi penjelasan tentang materi pembelajaran



2). Elaborasi  : 
a. Guru menberi contoh mengenai materi pembelajaran.
a. Siswa mempelajari makanan dan minuman yang sehat




b. Siswa mempelajari agar tidak sembarangan membeli makanan
dan minuman
3). Konfirmasi
a.  Mengecek pemahaman siswa tentang materi pembelajaran


3
PENUTUP




Siswa di evaluasi mengenai kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan.
Setelah   itu berdoa dan istirahat.













E. Sumber Bahan dan Alat.
     1. Buku Paket Erlangga
     2. Pengembangan Guru.

F. Penilaian
     1. Teknik Penilaian :
-  Tes teori :
             Makanan dan minuman yang sehat
             Tidak sembarangan membeli makanan dan minuman
     - Pengamat sikap (afektif) :
        Penilaian dilakukan berdasarkan pemahaman siswa tentang materi pembelajaran.
-          Kuis / embedded test ( kognitif) :
  Menjawab secara lisan mengenai meteri pembelajaran.

2. Rubrik penilaian :


NO
SOAL
SKOR PENILAIAN
1
2
3
4
1
2


Makanan dan minuman yang sehat
Tidak sembarangan membeli makanan dan minuman






JUMLAH

JUMLAH SKOR MAKSIMAL :

                           
                                                                                  
                                                                            
            Mengetahui                                                                             Guru Mata Pelajaran
             Kepala Sekolah                                                                      Pendidikan Jasmani



             Drs. RAHMAT TAUFIQ                                                      PARTANTO, S.Pd
            NIP.196202201980121001                                                    NIP. 197204142006041004














RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
No. 12/12.1

Nama Sekolah                         :  SDN Kalilembu
Mata Pelajaran                        :  Penjasorkes
Kelas/Semester                        :  I (satu) / II (dua)
Alokasi waktu                         : 
Tahun pelajaran                       :  2010/2011

Standar Kompetensi           : 12. Menerapkan budaya hidup sehat aktivitas jasmani dan nilai
Kompetensi Dasar                   :  12.1 Menjaga kebersihan gigi dan mulut


A. Tujuan Pembelajaran :
     Melalui penjelasan, siswa diharapkan dapat melakukan :
1.  Cara menggosok gigi yang benar
2.  Menjaga kebersihan gigi dan mulut

B. Materi Pembelajaran :
     1. gigi dan mulut
    
C. Metode :
     1. Ceramah
     2. Demonstrasi
3. Penugasan
4. Tanya jawab

D. Langkah-langkah Pembelajaran :
    
No
Pelaksanaan
waktu
metode
1
PENDAHULUAN



a. Siswa masuk kelas, berdoa dan kemudian di absen.



b. Siswa diberi penjelasan yang mengarah ke kegiatan inti.


2
INTI
1). Eksplorasi  :
    Guru memberi penjelasan tentang materi pembelajaran



2). Elaborasi  : 
a. Guru menberi contoh mengenai materi pembelajaran.
a. Siswa mempraktekkan cara menggosok gigi yang benar



b. Siswa mempraktekkan cara menjaga kebersihan gigi dan mulut
3). Konfirmasi
a.  Mengecek pemahaman siswa tentang materi pembelajaran


3
PENUTUP




Siswa di evaluasi mengenai kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan.
Setelah   itu berdoa dan istirahat.















E. Sumber Bahan dan Alat.
     1. Buku Paket Erlangga
     2. Pengembangan Guru.

F. Penilaian
     1. Teknik Penilaian :
-  Tes teori :
        Cara menggosok gigi yang benar
Menjaga kebersihan gigi dan mulut
     - Pengamat sikap (afektif) :
        Penilaian dilakukan berdasarkan pemahaman siswa tentang materi pembelajaran.
-          Kuis / embedded test ( kognitif) :
  Menjawab secara lisan mengenai meteri pembelajaran.







2. Rubrik penilaian :


NO
SOAL
SKOR PENILAIAN
1
2
3
4
1
2

Cara menggosok gigi yang benar
Menjaga kebersihan gigi dan mulut





JUMLAH

JUMLAH SKOR MAKSIMAL :

                            
                                                                                  
                                                                            
            Mengetahui                                                                             Guru Mata Pelajaran
             Kepala Sekolah                                                                      Pendidikan Jasmani



             Drs. RAHMAT TAUFIQ                                                      PARTANTO, S.Pd
            NIP.196202201980121001                                                    NIP. 197204142006041004











RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
No. 12/12.2

Nama Sekolah                         :  SDN Kalilembu
Mata Pelajaran                        :  Penjasorkes
Kelas/Semester                        :  I (satu) / II (dua)
Alokasi waktu                         : 
Tahun pelajaran                       :  2010/2011

Standar Kompetensi           : 12. Menerapkan budaya hidup sehat aktivitas jasmani dan nilai
Kompetensi Dasar                   :  12.2 Mengenal makanan sehat

A. Tujuan Pembelajaran :
     Melalui penjelasan, siswa diharapkan dapat :
1.  Tidak sembarangan membeli makanan
2.  Mengenal 4 sehat 5 sempurna

B. Materi Pembelajaran :
     1. 4 sehat 5 sempurna
    
C. Metode :
     1. Ceramah
     2. Demonstrasi
3. Penugasan
4. Tanya jawab

D. Langkah-langkah Pembelajaran :
    
No
Pelaksanaan
waktu
metode
1
PENDAHULUAN



a. Siswa masuk kelas, berdoa dan kemudian di absen.



b. Siswa diberi penjelasan yang mengarah ke kegiatan inti.


2
INTI
1). Eksplorasi  :
    Guru memberi penjelasan tentang materi pembelajaran



2). Elaborasi  : 
a. Guru menberi contoh mengenai materi pembelajaran.
a. Siswa memperhatikan untuk tidak sembarangan membeli makanan



b. Siswa  mengenal makanan 4 sehat 5 sempurna3). Konfirmasi
a.  Mengecek pemahaman siswa tentang materi pembelajaran


3
PENUTUP




Siswa di evaluasi mengenai kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan.
Setelah   itu berdoa dan istirahat.



E. Sumber Bahan dan Alat.
     1. Buku Paket Erlangga
     2. Pengembangan Guru.

F. Penilaian
     1. Teknik Penilaian :
-  Tes teori :
        Tidak sembarangan membeli makanan
Mengenal 4 sehat 5 sempurna
     - Pengamat sikap (afektif) :
        Penilaian dilakukan berdasarkan pemahaman siswa tentang materi pembelajaran.
-          Kuis / embedded test ( kognitif) :
  Menjawab secara lisan mengenai meteri pembelajaran.







2. Rubrik penilaian :


NO
SOAL
SKOR PENILAIAN
1
2
3
4
1
2

Tidak sembarangan membeli makanan
Mengenal 4 sehat 5 sempurna






JUMLAH

JUMLAH SKOR MAKSIMAL :

                           
                                                                                  
                                                                             
            Mengetahui                                                                             Guru Mata Pelajaran
             Kepala Sekolah                                                                      Pendidikan Jasmani



             Drs. RAHMAT TAUFIQ                                                      PARTANTO, S.Pd
            NIP.196202201980121001                                                    NIP. 197204142006041004

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar