RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
No. 6/6.1
Nama Sekolah : SDN Kalilembu
Mata Pelajaran : Penjasorkes
Kelas/Semester : I (satu) / II (dua)
Alokasi
waktu :
Tahun pelajaran : 2010/2011
Standar Kompetensi : 6.
Memptaktekkan gerakan senam lantai sederhana dan nilai yang terkandung
di dalamnya
Kompetensi
Dasar : 6.1 Mempraktikkan gerak dasar jalan, lari, dan
lompat ke berbagai arah dengan berbagai pola dalam permainan sederhana, serta
nilai kerjasama, kejujuran, tanggung jawab dan toleransi.
A. Tujuan Pembelajaran :
Melalui
latihan, siswa diharapkan dapat :
1.
Melakukan gerakan ke kiri,kanan, depan,serong, kebelakang.
2.
Melakukan gerakan berjalan ke berbagai arah
3.
Melakukan gerakan berlari ke berbagai arah
4. Melakukan gerakan meloncat
dan melompat
B. Materi Pembelajaran :
1. jalan
2. lari
3. lompat
C. Metode :
1. Ceramah
2.
Demonstrasi
3. Penugasan
4. Latihan
5. Tanya jawab
D. Langkah-langkah Pembelajaran :
No
|
Pelaksanaan
|
waktu
|
metode
|
1
|
PENDAHULUAN
|
|
|
|
a. Siswa
berbaris 2 syap, berdoa dan kemudian di absen.
|
|
|
|
b. Siswa
diberi pemanasan yang mengarah ke kegiatan inti.
|
|
|
2
|
INTI
1).
Eksplorasi :
Guru memberi penjelasan tentang materi
pembelajaran
|
|
|
|
2).
Elaborasi :
a.
Guru menberi contoh mengenai materi pembelajaran.
|
|
|
|
b.
Siswa melakukan gerakan ke kiri,kanan, depan,serong, kebelakang.
|
|
|
|
c.
Siswa melakukan gerakan berjalan ke berbagai arah
|
|
|
|
d.
Siswa melakukan gerakan berlari ke berbagai arah
|
|
|
|
e.
Siswa melakukan gerakan meloncat dan melompat
3).
Konfirmasi
a. Mengecek pemahaman siswa tentang materi
pembelajaran
|
|
|
3
|
PENUTUP
|
|
|
.
|
Siswa
dikumpulkan kemudian di evaluasi mengenai kegiatan yang telah dilakukan.
Setelah itu
berdoa dan istirahat
|
|
|
E. Sumber Bahan dan Alat.
1. Buku Paket Erlangga
2. Pengembangan Guru.
3. Peluit dan
kapur tulis
F. Penilaian
1. Teknik Penilaian :
- Tes unjuk kerja (psikomotor) melakukan
gerakan :
Melakukan
gerakan ke kiri,kanan, depan,serong, kebelakang.
Melakukan
gerakan berjalan ke berbagai arah
Melakukan
gerakan berlari ke berbagai arah
Melakukan
gerakan meloncat dan melompat
- Pengamat sikap (afektif) :
Penilaian dilakukan berdasarkan
pemahaman siswa tentang materi pembelajaran.
-
Kuis
/ embedded test ( kognitif) :
Menjawab secara lisan mengenai meteri
pembelajaran.
2.
Rubrik penilaian :
NO
|
ASPEK YANG
DINILAI
|
KUALITAS GERAK
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1
2
3
4
|
Melakukan
gerakan ke kiri,kanan, depan,serong, kebelakang.
Melakukan
gerakan berjalan ke berbagai arah
Melakukan
gerakan berlari ke berbagai arah
Melakukan
gerakan meloncat dan melompat
|
|
|
|
|
JUMLAH
|
|
||||
JUMLAH SKOR
MAKSIMAL :
|
|
Mengetahui Guru Mata Pelajaran
Kepala Sekolah Pendidikan
Jasmani
Drs. RAHMAT TAUFIQ PARTANTO,
S.Pd
NIP.196202201980121001
NIP. 197204142006041004
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
No. 6/6.2
Nama Sekolah : SDN Kalilembu
Mata Pelajaran : Penjasorkes
Kelas/Semester : I (satu) / II (dua)
Alokasi
waktu :
Tahun pelajaran : 2010/2011
Standar Kompetensi : 6.
Memptaktekkan gerakan senam lantai sederhana dan nilai yang terkandung
di dalamnya
Kompetensi Dasar : 6.2 Mempraktikkan gerak dasar memutar, mengayun
ataupun menekuk dalam permainan sederhana, dan nilai kerjasama, kejujuran,
tanggung jawab dan toleransi.
A.
Tujuan Pembelajaran :
Melalui latihan, siswa diharapkan dapat :
1.
Melakukan gerakan menekuk lutut
2.
Melakukan gerakan menarik tangan dan mendorong benda
3. Melakukan gerakan meliukkan badan
B.
Materi Pembelajaran :
1. menekuk
2. mendorong
3. meliuk
C. Metode :
1. Ceramah
2.
Demonstrasi
3. Penugasan
4. Latihan
5. Tanya jawab
D. Langkah-langkah Pembelajaran :
No
|
Pelaksanaan
|
waktu
|
metode
|
1
|
PENDAHULUAN
|
|
|
|
a. Siswa
berbaris 2 syap, berdoa dan kemudian di absen.
|
|
|
|
b. Siswa
diberi pemanasan yang mengarah ke kegiatan inti.
|
|
|
2
|
INTI
1).
Eksplorasi :
Guru memberi penjelasan tentang materi
pembelajaran
|
|
|
|
2).
Elaborasi :
a.
Guru menberi contoh mengenai materi pembelajaran.
|
|
|
|
b.
Siswa melakukan gerakan menekuk lutut
|
|
|
|
c.
Siswa melakukan gerakan menarik tangan dan mendorong benda
|
|
|
|
d.
Siswa melakukan gerakan meliukkan badan
3).
Konfirmasi
a. Mengecek pemahaman siswa tentang materi
pembelajaran
|
|
|
3
|
PENUTUP
|
|
|
|
Siswa
dikumpulkan kemudian di evaluasi mengenai kegiatan yang telah dilakukan.
Setelah itu berdoa dan istirahat.
|
|
|
E. Sumber Bahan dan Alat.
1. Buku Paket Erlangga
2. Pengembangan Guru.
3. Peluit dan
kapur tulis
F. Penilaian
1. Teknik Penilaian :
- Tes unjuk kerja (psikomotor) melakukan
gerakan :
Melakukan
gerakan menekuk lutut
Melakukan gerakan menarik tangan dan
mendorong benda
Melakukan gerakan meliukkan badan
- Pengamat sikap (afektif) :
Penilaian dilakukan berdasarkan
pemahaman siswa tentang materi pembelajaran.
-
Kuis
/ embedded test ( kognitif) :
Menjawab secara lisan mengenai meteri
pembelajaran.
2.
Rubrik penilaian :
RUBRIK PENILAIAN
MENEKUK, MENDORONG, MELIUK
NO
|
ASPEK YANG
DINILAI
|
KUALITAS GERAK
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1
2
3
|
Melakukan
gerakan menekuk lutut
Melakukan
gerakan menarik tangan dan mendorong benda
Melakukan
gerakan meliukkan badan
|
|
|
|
|
JUMLAH
|
|
||||
JUMLAH SKOR
MAKSIMAL :
|
|
Mengetahui Guru Mata Pelajaran
Kepala Sekolah Pendidikan
Jasmani
Drs. RAHMAT TAUFIQ PARTANTO,
S.Pd
NIP.196202201980121001
NIP. 197204142006041004
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
No. 6/6.3
Nama Sekolah : SDN Kalilembu
Mata Pelajaran : Penjasorkes
Kelas/Semester : I (satu) / II (dua)
Alokasi
waktu :
Tahun pelajaran : 2010/2011
Standar Kompetensi : 6.
Memptaktekkan gerakan senam lantai sederhana dan nilai yang terkandung
di dalamnya
Kompetensi
Dasar : 6.3 Mempraktikkan
gerak dasar menangkap obyek berbagai ukuran dalam permainan sederhana, dan
nilai kerjasama, kejujuran, tanggung jawab dan toleransi.
A. Tujuan Pembelajaran :
Melalui
latihan, siswa diharapkan dapat :
1. Menengkap bola
2. Melempar bola ke berbagai arah
3. Menggulirkan bola
4. Menangkap bola dari berbagai arah
5. Memukul bola dengan tangan
6. Menendang dan menahan bola
7. Melempar bola ke sasaran
8. Menggunakan alat secara bergantian
B. Materi Pembelajaran :
1. lempar
tangkap bola
2.
menendang bola
3. memukul bola
C. Metode :
1. Ceramah
2. Demonstrasi
3. Penugasan
4. Latihan
5. Tanya jawab
D. Langkah-langkah Pembelajaran :
No
|
Pelaksanaan
|
waktu
|
metode
|
1
|
PENDAHULUAN
|
|
|
|
a. Siswa
berbaris 2 syap, berdoa dan kemudian di absen.
|
|
|
|
b. Siswa
diberi pemanasan yang mengarah ke kegiatan inti.
|
|
|
2
|
INTI
1).
Eksplorasi :
Guru memberi penjelasan tentang materi
pembelajaran
|
|
|
|
2).
Elaborasi :
a.
Guru menberi contoh mengenai materi pembelajaran.
|
|
|
|
b.
Siswa melakukan gerakan menekuk lutut
|
|
|
|
c.
Siswa melakukan gerakan menarik tangan dan mendorong benda
|
|
|
|
d.
Siswa melakukan gerakan meliukkan badan
3).
Konfirmasi
a. Mengecek pemahaman siswa tentang materi
pembelajaran
|
|
|
3
|
PENUTUP
|
|
|
|
Siswa
dikumpulkan kemudian di evaluasi mengenai kegiatan yang telah dilakukan.
Setelah itu berdoa dan istirahat.
|
|
|
E. Sumber Bahan dan Alat.
1. Buku Paket Erlangga
2. Pengembangan Guru.
3. Peluit dan
kapur tulis
F. Penilaian
1. Teknik Penilaian :
- Tes unjuk kerja (psikomotor) melakukan
gerakan :
Menengkap
bola
Melempar bola ke berbagai arah
Menggulirkan bola
Menangkap bola dari berbagai arah
Memukul
bola dengan tangan
Menendang dan menahan bola
Melempar
bola ke sasaran
Menggunakan
alat secara bergantian
- Pengamat sikap (afektif) :
Penilaian dilakukan berdasarkan
pemahaman siswa tentang materi pembelajaran.
-
Kuis
/ embedded test ( kognitif) :
Menjawab secara lisan mengenai meteri
pembelajaran.
2.
Rubrik penilaian :
NO
|
ASPEK YANG
DINILAI
|
KUALITAS GERAK
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1
2
3
4
5
6
7
8
|
Menengkap bola
Melempar bola
ke berbagai arah
Menggulirkan bola
Menangkap bola dari berbagai arah
Memukul bola dengan tangan
Menendang dan menahan bola
Melempar bola ke sasaran
Menggunakan alat secara bergantian
|
|
|
|
|
JUMLAH
|
|
||||
JUMLAH SKOR
MAKSIMAL :
|
|
Mengetahui Guru Mata Pelajaran
Kepala Sekolah Pendidikan
Jasmani
Drs. RAHMAT TAUFIQ PARTANTO,
S.Pd
NIP.196202201980121001
NIP. 197204142006041004
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
No. 7/7.1
Nama Sekolah : SDN Kalilembu
Mata Pelajaran : Penjasorkes
Kelas/Semester : I (satu) / II (dua)
Alokasi
waktu :
Tahun pelajaran : 2010/2011
Standar Kompetensi : 7. Membiasakan penampilan sikap tubuh dalam berbagai posisi
Kompetensi Dasar : 7.1 Membiasakan penampilan sikap tubuh dalam posisi diam
A. Tujuan Pembelajaran :
Melalui
latihan, siswa diharapkan dapat :
1. Menyebutkan macam anggota tubuh manusia
2. Melakukan gerakan
duduk dengan benar
3. Melakukan gerakan berbaring di lantai
4. Melakukan gerakan berdiri dengan benar
B. Materi Pembelajaran :
1. duduk
2. berbaring
3. berdiri
C. Metode :
1. Ceramah
2.
Demonstrasi
3. Penugasan
4. Latihan
5. Tanya jawab
D. Langkah-langkah Pembelajaran :
No
|
Pelaksanaan
|
waktu
|
metode
|
1
|
PENDAHULUAN
|
|
|
|
a. Siswa
berbaris 2 syap, berdoa dan kemudian di absen.
|
|
|
|
b. Siswa
diberi pemanasan yang mengarah ke kegiatan inti.
|
|
|
2
|
INTI
1).
Eksplorasi :
Guru memberi penjelasan tentang materi
pembelajaran
|
|
|
|
2).
Elaborasi :
a.
Guru menberi contoh mengenai materi pembelajaran.
|
|
|
|
b.
Siswa Menyebutkan macam anggota tubuh manusia
|
|
|
|
c.
Siswa melakukan gerakan duduk dengan benar
|
|
|
|
d.
Siswa Melakukan gerakan berbaring di lantai
|
|
|
|
e.
Siswa melakukan gerakan berdiri dengan benar
3).
Konfirmasi
a. Mengecek pemahaman siswa tentang materi
pembelajaran
|
|
|
3
|
PENUTUP
|
|
|
|
Siswa
dikumpulkan kemudian di evaluasi mengenai kegiatan yang telah dilakukan.
Setelah itu berdoa dan istirahat.
|
|
|
E. Sumber Bahan dan Alat.
1. Buku Paket Erlangga
2. Pengembangan Guru.
3. Peluit dan
kapur tulis
F. Penilaian
1. Teknik Penilaian :
- Tes unjuk kerja (psikomotor) melakukan
gerakan :
Menyebutkan
macam anggota tubuh manusia
Melakukan gerakan duduk dengan benar
Melakukan gerakan berbaring di lantai
Melakukan gerakan berdiri dengan benar
- Pengamat sikap (afektif) :
Penilaian dilakukan berdasarkan
pemahaman siswa tentang materi pembelajaran.
-
Kuis
/ embedded test ( kognitif) :
Menjawab secara lisan mengenai meteri
pembelajaran.
2.
Rubrik penilaian :
NO
|
ASPEK YANG
DINILAI
|
KUALITAS GERAK
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1
2
3
4
|
Menyebutkan
macam anggota tubuh manusia
Melakukan
gerakan duduk dengan benar
Melakukan
gerakan berbaring di lantai
Melakukan
gerakan berdiri dengan benar
|
|
|
|
|
JUMLAH
|
|
||||
JUMLAH SKOR
MAKSIMAL :
|
|
Mengetahui Guru Mata Pelajaran
Kepala Sekolah Pendidikan
Jasmani
Drs. RAHMAT TAUFIQ PARTANTO,
S.Pd
NIP.196202201980121001
NIP. 197204142006041004
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
No. 7/7.2
Nama Sekolah : SDN Kalilembu
Mata Pelajaran : Penjasorkes
Kelas/Semester : I (satu) / II (dua)
Alokasi
waktu :
Tahun pelajaran : 2010/2011
Standar Kompetensi : 7. Membiasakan penampilan sikap tubuh dalam berbagai posisi
Kompetensi
Dasar : 7.2 Membiasakan penampilan sikap tubuh dalam
posisi bergerak
A. Tujuan Pembelajaran :
Melalui
latihan, siswa diharapkan dapat :
1. Berjalan dengan posisi/sikap tubuh yang benar
2. Berjalan
biasa dengan menaruh buku di atas kepala
3. Melakukan
gerakan PBB sederhana
B. Materi Pembelajaran :
1. Berjalan
C.
Metode :
1.
Ceramah
2.
Demonstrasi
3. Penugasan
4. Latihan
5. Tanya jawab
D. Langkah-langkah Pembelajaran :
No
|
Pelaksanaan
|
waktu
|
metode
|
1
|
PENDAHULUAN
|
|
|
|
a. Siswa
berbaris 2 syap, berdoa dan kemudian di absen.
|
|
|
|
b. Siswa
diberi pemanasan yang mengarah ke kegiatan inti.
|
|
|
2
|
INTI
1).
Eksplorasi :
Guru memberi penjelasan tentang materi
pembelajaran
|
|
|
|
2).
Elaborasi :
a.
Guru menberi contoh mengenai materi pembelajaran.
|
|
|
|
b.
Siswa melakukan gerakan berkalan dengan posisi biasa
|
|
|
|
c.
Siswa melakukan gerakan berjalan dengan menaruh buku di kepala.
d.
Siswa mengikuti aba-aba PBB dengan sederhana
3).
Konfirmasi
a. Mengecek pemahaman siswa tentang materi
pembelajaran
|
|
|
3
|
PENUTUP
|
|
|
|
Siswa
dikumpulkan kemudian di evaluasi mengenai kegiatan yang telah dilakukan.
Setelah itu berdoa dan istirahat.
|
|
|
E. Sumber Bahan dan Alat.
1. Buku Paket Erlangga
2. Pengembangan Guru.
F. Penilaian
1. Teknik Penilaian :
- Tes unjuk kerja (psikomotor) melakukan
gerakan :
Berjalan dengan posisi/sikap tubuh yang benar
Berjalan
biasa dengan menaruh buku di atas kepala
- Pengamat sikap (afektif) :
Penilaian dilakukan berdasarkan
pemahaman siswa tentang materi pembelajaran.
-
Kuis
/ embedded test ( kognitif) :
Menjawab secara lisan mengenai meteri
pembelajaran.
2. Rubrik
penilaian :
NO
|
ASPEK YANG
DINILAI
|
KUALITAS GERAK
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1
2
3
|
1. Berjalan dengan posisi/sikap tubuh yang benar
2. Berjalan biasa dengan
menaruh buku di atas kepala
3. Gerakan PBB sederhana
|
|
|
|
|
JUMLAH
|
|
||||
JUMLAH SKOR
MAKSIMAL :
|
|
Mengetahui Guru Mata Pelajaran
Kepala Sekolah Pendidikan
Jasmani
Drs. RAHMAT TAUFIQ PARTANTO,
S.Pd
NIP.196202201980121001
NIP. 197204142006041004
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
No. 8/8.1
Nama Sekolah : SDN Kalilembu
Mata Pelajaran : Penjasorkes
Kelas/Semester : I (satu) / II (dua)
Alokasi
waktu :
Tahun pelajaran : 2010/2011
Standar Kompetensi : 8.
Mempraktikkan gerakan senam lantai sederhana dan nilai
yang terkandung di dalamnya
Kompetensi Dasar : 8.1 Mempraktikkan gerakan senam lantai sederhana
serta nilai percaya diri dan disiplin
A. Tujuan Pembelajaran :
Melalui
latihan, siswa diharapkan dapat :
1. Berbagai gerakan loncat di tempat dan mengubah arah
2. Berjalan
lurus dengan mata tertutup/ terpejam
3. Berjalan
di atas garis lurus
B. Materi Pembelajaran :
1. Loncat
2. Berjalan
C. Metode :
1. Ceramah
2.
Demonstrasi
3. Penugasan
4. Latihan
5. Tanya jawab
D. Langkah-langkah Pembelajaran :
No
|
Pelaksanaan
|
waktu
|
metode
|
1
|
PENDAHULUAN
|
|
|
|
a. Siswa
berbaris 2 syap, berdoa dan kemudian di absen.
|
|
|
|
b. Siswa
diberi pemanasan yang mengarah ke kegiatan inti.
|
|
|
2
|
INTI
1).
Eksplorasi :
Guru memberi penjelasan tentang materi
pembelajaran
|
|
|
|
2).
Elaborasi :
a.
Guru menberi contoh mengenai materi pembelajaran.
|
|
|
|
b. Siswa
melakukan gerakan loncat di tempat dan mengubah arah
|
|
|
|
c. Siswa melakukan gerakan berjalan lurus dengan
mata tertutup/terpejam.
|
|
|
|
d.
Siswa melakukan gerakan berjalan di atas garis lurus
3).
Konfirmasi
a. Mengecek pemahaman siswa tentang materi
pembelajaran
|
|
|
3
|
PENUTUP
|
|
|
|
Siswa
dikumpulkan kemudian di evaluasi mengenai kegiatan yang telah dilakukan.
Setelah itu berdoa dan istirahat.
|
|
|
E. Sumber Bahan dan Alat.
1. Buku Paket Erlangga
2. Pengembangan Guru.
F. Penilaian
1. Teknik Penilaian :
- Tes unjuk kerja (psikomotor) melakukan
gerakan :
Berbagai gerakan loncat di tempat dan mengubah arah
Berjalan lurus dengan mata
tertutup/ terpejam
Berjalan di atas garis lurus
- Pengamat sikap (afektif) :
Penilaian dilakukan berdasarkan
pemahaman siswa tentang materi pembelajaran.
-
Kuis
/ embedded test ( kognitif) :
Menjawab secara lisan mengenai meteri pembelajaran.
2. Rubrik
penilaian :
NO
|
ASPEK YANG
DINILAI
|
KUALITAS GERAK
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1
2
3
|
1. Berbagai gerakan loncat di tempat dan mengubah arah
2. Berjalan lurus dengan mata tertutup/ terpejam
3. Berjalan di atas garis
lurus
|
|
|
|
|
JUMLAH
|
|
||||
JUMLAH SKOR MAKSIMAL
:
|
|
Mengetahui Guru Mata Pelajaran
Kepala Sekolah Pendidikan
Jasmani
Drs. RAHMAT TAUFIQ PARTANTO,
S.Pd
NIP.196202201980121001
NIP. 197204142006041004
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
No. 8/8.2
Nama Sekolah : SDN Kalilembu
Mata Pelajaran : Penjasorkes
Kelas/Semester : I (satu) / II (dua)
Alokasi
waktu :
Tahun pelajaran : 2010/2011
Standar Kompetensi : 8. Mempraktikkan
gerakan senam lantai sederhana dan nilai yang terkandung di dalamnya
Kompetensi Dasar : 8.2 Mempraktikkan gerak peregangan dan pelemasan
dalam kegiatan pemanasan sederhana
dengan benar serta nilai disiplin
A. Tujuan Pembelajaran :
Melalui
latihan, siswa diharapkan dapat :
1. Meniru
gerakan binatang dan gerakan pohon ditiup angin
2. Melangkah
ke berbagai arah berirama
3. Gerak
lompat sambil berputar ke kanan, kiri, depan belakang
B. Materi Pembelajaran :
1. Lompat
2. Melangkah
C. Metode :
1. Ceramah
2.
Demonstrasi
3. Penugasan
4. Latihan
5. Tanya jawab
D. Langkah-langkah Pembelajaran :
No
|
Pelaksanaan
|
waktu
|
metode
|
1
|
PEDAHULUAN
|
|
|
|
a. Siswa
berbaris 2 syap, berdoa dan kemudian di absen.
|
|
|
|
b. Siswa
diberi pemanasan yang mengarah ke kegiatan inti.
|
|
|
2
|
INTI
1).
Eksplorasi :
Guru memberi penjelasan tentang materi
pembelajaran
|
|
|
|
2).
Elaborasi :
a.
Guru menberi contoh mengenai materi pembelajaran.
|
|
|
|
b.
Siswa meniru gerakan binatang dan gerakan pohon ditiup
angin
|
|
|
|
c.
Siswa melakukan gerakan melangkah ke
berbagai arah berirama
|
|
|
|
d.
Siswa melakukan gerakan lompat sambil
berputar ke kanan, kiri,
depan
belakang
3).
Konfirmasi
a. Mengecek pemahaman siswa tentang materi
pembelajaran
|
|
|
3
|
PENUTUP
|
|
|
|
Siswa
dikumpulkan kemudian di evaluasi mengenai kegiatan yang telah dilakukan.
Setelah itu berdoa dan istirahat.
|
|
|
E. Sumber Bahan dan Alat.
1. Buku Paket Erlangga
2. Pengembangan Guru.
3. Peluit
F. Penilaian
1. Teknik Penilaian :
- Tes unjuk
kerja (psikomotor) melakukan gerakan :
Meniru gerakan binatang dan gerakan pohon ditiup angin
Melangkah ke
berbagai arah berirama
Gerak lompat
sambil berputar ke kanan, kiri, depan belakang
- Pengamat sikap (afektif) :
Penilaian dilakukan berdasarkan
pemahaman siswa tentang materi pembelajaran.
-
Kuis
/ embedded test ( kognitif) :
Menjawab secara lisan mengenai meteri
pembelajaran.
2. Rubrik penilaian :
NO
|
ASPEK YANG
DINILAI
|
KUALITAS GERAK
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1
2
3
|
1. Meniru gerakan binatang dan gerakan pohon ditiup angin
2. Melangkah ke berbagai arah
berirama
3. Gerak lompat sambil berputar ke kanan, kiri, depan
belakang
|
|
|
|
|
JUMLAH
|
|
||||
JUMLAH SKOR
MAKSIMAL :
|
|
Mengetahui Guru Mata Pelajaran
Kepala Sekolah Pendidikan
Jasmani
Drs. RAHMAT TAUFIQ PARTANTO,
S.Pd
NIP.196202201980121001
NIP. 197204142006041004
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
No. 9/9.1
Nama Sekolah : SDN Kalilembu
Mata Pelajaran : Penjasorkes
Kelas/Semester : I (satu) / II (dua)
Alokasi
waktu :
Tahun pelajaran : 2010/2011
Standar Kompetensi : 9.
Menampilkan perasaan melalui musik dan gerak berirama serta nilai yang terkandung di dalamnya
Kompetensi Dasar : 9.1 Menampilkan gerak bebas berirama
diorientasikan dengan arah mengikuti bunyi-bunyian secara individu, serta nilai
estetika
A. Tujuan Pembelajaran :
Melalui
latihan, siswa diharapkan dapat :
1. Bergerak bebas mengikuti irama
2. Melangkah
ke berbagai arah berirama
B. Materi Pembelajaran :
1. senam
irama
C. Metode :
1. Ceramah
2.
Demonstrasi
3. Penugasan
4. Latihan
5. Tanya jawab
D. Langkah-langkah Pembelajaran :
No
|
Pelaksanaan
|
waktu
|
metode
|
1
|
PENDAHULUAN
|
|
|
|
a. Siswa
berbaris 2 syap, berdoa dan kemudian di absen.
|
|
|
|
b. Siswa
diberi pemanasan yang mengarah ke kegiatan inti.
|
|
|
2
|
INTI
1).
Eksplorasi :
Guru memberi penjelasan tentang materi
pembelajaran
|
|
|
|
2).
Elaborasi :
a.
Guru menberi contoh mengenai materi pembelajaran.
|
|
|
|
b.
Siswa bergerak bebas
mengikuti irama
|
|
|
|
c.
Siswa melangkah ke berbagai arah berirama
3).
Konfirmasi
a. Mengecek pemahaman siswa tentang materi
pembelajaran
|
|
|
3
|
PENUTUP
|
|
|
|
Siswa
dikumpulkan kemudian di evaluasi mengenai kegiatan yang telah
dilakukan.
|
|
|
|
Setelah itu berdoa dan istirahat.
|
|
|
E. Sumber Bahan dan Alat.
1. Buku Paket Erlangga
2. Pengembangan Guru.
3. Peluit
F. Penilaian
1. Teknik Penilaian :
- Tes unjuk
kerja (psikomotor) melakukan gerakan :
Bergerak bebas mengikuti irama
Melangkah ke
berbagai arah berirama
- Pengamat sikap (afektif) :
Penilaian dilakukan berdasarkan
pemahaman siswa tentang materi pembelajaran.
-
Kuis
/ embedded test ( kognitif) :
Menjawab secara lisan mengenai meteri
pembelajaran.
2. Rubrik
penilaian :
NO
|
ASPEK YANG
DINILAI
|
KUALITAS GERAK
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1
2
|
1. Bergerak bebas
mengikuti irama
2. Melangkah ke berbagai arah berirama
|
|
|
|
|
JUMLAH
|
|
||||
JUMLAH SKOR
MAKSIMAL :
|
|
Mengetahui Guru Mata Pelajaran
Kepala Sekolah Pendidikan
Jasmani
Drs. RAHMAT TAUFIQ PARTANTO,
S.Pd
NIP.196202201980121001
NIP. 197204142006041004
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
No. 9/9.2
Nama Sekolah : SDN Kalilembu
Mata Pelajaran : Penjasorkes
Kelas/Semester : I (satu) / II (dua)
Alokasi
waktu :
Tahun pelajaran : 2010/2011
Standar Kompetensi
: 9. Menampilkan
perasaan melalui musik dan gerak berirama
serta nilai yang terkandung di
dalamnya
Kompetensi Dasar : 9.2 Menampilkan gerak bebas berirama
diorientasikan dengan arah menggunakan bunyi-bunyian secara berpasangan /
kelompok kecil, serta nilai estetika
A. Tujuan Pembelajaran :
Melalui latihan,
siswa diharapkan dapat :
1. Kombinasi gerak langkah kaki dan lengan berirama
2. Kerja sama kelompok
B. Materi Pembelajaran :
1. senam
irama
C. Metode :
1. Ceramah
2.
Demonstrasi
3. Penugasan
4. Latihan
5. Tanya jawab
D. Langkah-langkah Pembelajaran :
No
|
Pelaksanaan
|
waktu
|
metode
|
1
|
PENDAHULUAN
|
|
|
|
a. Siswa
berbaris 2 syap, berdoa dan kemudian di absen.
|
|
|
|
b. Siswa
diberi pemanasan yang mengarah ke kegiatan inti.
|
|
|
2
|
INTI
1).
Eksplorasi :
Guru memberi penjelasan tentang materi
pembelajaran
|
|
|
|
2).
Elaborasi :
a.
Guru menberi contoh mengenai materi pembelajaran.
|
|
|
|
b. Siswa mengkombinasi
gerak langkah kaki dan lengan berirama
|
|
|
|
c.
Siswa melakukan gerakan kerja sama
kelompok
3).
Konfirmasi
a. Mengecek pemahaman siswa tentang materi pembelajaran
|
|
|
3
|
PENUTUP
|
|
|
|
Siswa
dikumpulkan kemudian di evaluasi mengenai kegiatan yang telah
dilakukan.
Setelah itu berdoa dan istirahat.
|
|
|
E. Sumber Bahan dan Alat.
1. Buku Paket Erlangga
2. Pengembangan Guru.
3. Peluit
F. Penilaian
1. Teknik Penilaian :
- Tes unjuk kerja (psikomotor) melakukan
gerakan :
Kombinasi gerak langkah kaki dan lengan berirama
Kerja sama
kelompok
- Pengamat sikap (afektif) :
Penilaian dilakukan berdasarkan
pemahaman siswa tentang materi pembelajaran.
-
Kuis
/ embedded test ( kognitif) :
Menjawab secara lisan mengenai meteri
pembelajaran.
2. Rubrik
penilaian :
NO
|
ASPEK YANG
DINILAI
|
KUALITAS GERAK
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1
2
|
1. Kombinasi gerak langkah kaki dan lengan berirama
2. Kerja sama kelompok
|
|
|
|
|
JUMLAH
|
|
||||
JUMLAH SKOR
MAKSIMAL :
|
|
Mengetahui Guru Mata Pelajaran
Kepala Sekolah Pendidikan
Jasmani
Drs. RAHMAT TAUFIQ PARTANTO,
S.Pd
NIP.196202201980121001
NIP. 197204142006041004
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
No. 10/10.1
Nama Sekolah : SDN Kalilembu
Mata Pelajaran : Penjasorkes
Kelas/Semester : I (satu) / II (dua)
Alokasi
waktu :
Tahun pelajaran : 2010/2011
Standar Kompetensi
: 10. Mempraktikkan
permainan kecil dan nilai yang terkandung didalamnya
Kompetensi Dasar : 10.1 Mempraktikkan
Permainan kecil dengan menggunakan alat
A. Tujuan Pembelajaran :
Melalui
latihan, siswa diharapkan dapat :
1. Melempar bola ke sasaran
2. Lari bersambung
3. Memantulkan bola ke tanah
B. Materi Pembelajaran :
1. lari
2. lempar
bola
3. pantul
bola
C. Metode :
1. Ceramah
2. Demonstrasi
3. Penugasan
4. Latihan
5. Tanya jawab
D. Langkah-langkah Pembelajaran :
No
|
Pelaksanaan
|
waktu
|
metode
|
1
|
PENDAHULUAN
|
|
|
|
a. Siswa
berbaris 2 syap, berdoa dan kemudian di absen.
|
|
|
|
b. Siswa
diberi pemanasan yang mengarah ke kegiatan inti.
|
|
|
2
|
INTI
1).
Eksplorasi :
Guru memberi penjelasan tentang materi
pembelajaran
|
|
|
|
2).
Elaborasi :
a.
Guru menberi contoh mengenai materi pembelajaran.
|
|
|
|
b.
Siswa melakukan gerak
melempar bola ke sasaran
|
|
|
|
c.
Siswa melakukan gerakan lari bersambung
|
|
|
|
d. Siswa melakukan gerakan
memantulkan bola ke tanah
|
|
|
|
e. Siswa melakukan gerakan
melempar bola ke atas
3).
Konfirmasi
a. Mengecek pemahaman siswa tentang materi
pembelajaran
|
|
|
3
|
PENUTUP
|
|
|
|
Siswa
dikumpulkan kemudian di evaluasi mengenai kegiatan yang telah dilakukan.
Setelah itu berdoa dan istirahat.
|
|
|
E. Sumber Bahan dan Alat.
1. Buku Paket Erlangga
2. Pengembangan Guru.
3. Peluit
F. Penilaian
1. Teknik Penilaian :
- Tes unjuk kerja (psikomotor) melakukan
gerakan :
Melempar bola ke sasaran
Lari
bersambung
Memantulkan
bola ke tanah
Melempar
bola ke atas
- Pengamat sikap (afektif) :
Penilaian dilakukan berdasarkan
pemahaman siswa tentang materi pembelajaran.
-
Kuis
/ embedded test ( kognitif) :
Menjawab secara lisan mengenai meteri
pembelajaran.
2. Rubrik
penilaian :
NO
|
ASPEK YANG
DINILAI
|
KUALITAS GERAK
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1
2
3
|
Melempar bola ke sasaran
Lari bersambung
Memantulkan bola ke tanah
Melempar bola ke atas
|
|
|
|
|
JUMLAH
|
|
||||
JUMLAH SKOR
MAKSIMAL :
|
|
Mengetahui Guru Mata Pelajaran
Kepala Sekolah Pendidikan
Jasmani
Drs. RAHMAT TAUFIQ PARTANTO,
S.Pd
NIP.196202201980121001
NIP. 197204142006041004
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
No. 10/10.2
Nama Sekolah : SDN Kalilembu
Mata Pelajaran : Penjasorkes
Kelas/Semester : I (satu) / II (dua)
Alokasi
waktu :
Tahun pelajaran : 2010/2011
Standar Kompetensi
: 10. Mempraktikkan
permainan kecil dan nilai yang terkandung didalamnya
Kompetensi Dasar : 10.2 Mempraktikkan
Permainan kecil tanpa menggunakan alat
disertai nilai percaya diri, kebersihan, dan disiplin
A. Tujuan Pembelajaran :
Melalui
latihan, siswa diharapkan dapat melakukan permainan :
1.
Hijau hitam
2. Kucing Tikus
3. Menjala ikan
4. Ular dan tikus
B. Materi Pembelajaran :
1. permainan
kecil
C. Metode :
1. Ceramah
2.
Demonstrasi
3. Penugasan
4. Latihan
5. Tanya jawab
D.
Langkah-langkah Pembelajaran :
No
|
Pelaksanaan
|
waktu
|
metode
|
1
|
PENDAHULUAN
|
|
|
|
a. Siswa
berbaris 2 syap, berdoa dan kemudian di absen.
|
|
|
|
b. Siswa
diberi pemanasan yang mengarah ke kegiatan inti.
|
|
|
2
|
INTI
1).
Eksplorasi :
Guru memberi penjelasan tentang materi
pembelajaran
|
|
|
|
2).
Elaborasi :
a.
Guru menberi contoh mengenai materi pembelajaran.
|
|
|
|
b.
Siswa melakukan permainan
Hijau hitam
|
|
|
|
c.
Siswa melakukan permainan Kucing Tikus
|
|
|
|
d. Siswa melakukan permainan
Menjala ikan
|
|
|
|
e. Siswa melakukan permainan
Ular dan tikus
3).
Konfirmasi
a. Mengecek pemahaman siswa tentang materi
pembelajaran
|
|
|
3
|
PENUTUP
|
|
|
|
Siswa
dikumpulkan kemudian di evaluasi mengenai kegiatan yang
telah
dilakukan.
Setelah itu berdoa dan istirahat.
|
|
|
E. Sumber Bahan dan Alat.
1. Buku Paket Erlangga
2. Pengembangan Guru.
3. Peluit
F. Penilaian
1. Teknik Penilaian :
- Tes unjuk kerja (psikomotor) melakukan
gerakan :
Hijau hitam
Kucing Tikus
Menjala ikan
Ular dan
tikus
- Pengamat sikap (afektif) :
Penilaian dilakukan berdasarkan
pemahaman siswa tentang materi pembelajaran.
-
Kuis
/ embedded test ( kognitif) :
Menjawab secara lisan mengenai meteri
pembelajaran.
2. Rubrik
penilaian :
NO
|
ASPEK YANG
DINILAI
|
KUALITAS GERAK
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1
2
3
4
|
Hijau hitam
Kucing Tikus
Menjala ikan
Ular dan tikus
|
|
|
|
|
JUMLAH
|
|
||||
JUMLAH SKOR
MAKSIMAL :
|
|
Mengetahui Guru Mata Pelajaran
Kepala Sekolah Pendidikan
Jasmani
Drs. RAHMAT TAUFIQ PARTANTO,
S.Pd
NIP.196202201980121001
NIP. 197204142006041004
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
No. 11/11.1
Nama Sekolah : SDN Kalilembu
Mata Pelajaran : Penjasorkes
Kelas/Semester : I (satu) / II (dua)
Alokasi
waktu :
Tahun pelajaran : 2010/2011
Standar Kompetensi : 11. Mempraktikkan pengenalan lingkungan sekolah melalui aktivitas jasmani dan
nilai yang terkandung di dalamnya
Kompetensi Dasar : 11.1 Mempraktikkan
pengenalan lingkungan sekolah secara beregu dan nilai disiplin kerja sama dan
kebersihan lingkungan
A. Tujuan Pembelajaran :
Melalui
latihan, siswa diharapkan dapat melakukan :
1. Pengenalan
lingkungan menggunakan gerak dasar lokomotor
2. Bekerja sama selama kegiatan
B. Materi Pembelajaran :
1. pengenalan
lingkungan
C. Metode :
1. Ceramah
2.
Demonstrasi
3. Penugasan
4. Latihan
5. Tanya jawab
D. Langkah-langkah Pembelajaran :
No
|
Pelaksanaan
|
waktu
|
metode
|
1
|
PENDAHULUAN
|
|
|
|
a. Siswa
berbaris 2 syap, berdoa dan kemudian di absen.
|
|
|
|
b. Siswa
diberi pemanasan yang mengarah ke kegiatan inti.
|
|
|
2
|
INTI
1).
Eksplorasi :
Guru memberi penjelasan tentang materi
pembelajaran
|
|
|
|
2).
Elaborasi :
a.
Guru menberi contoh mengenai materi pembelajaran.
|
|
|
|
b.
Siswa melakukan kegiatan
pengenalan lingkungan menggunakan gerak dasar lokomotor
|
|
|
|
c. Siswa
melakukan pengenalan lingkungan dan bekerja sama selama
kegiatan
3).
Konfirmasi
a. Mengecek pemahaman siswa tentang materi
pembelajaran
|
|
|
3
|
PENUTUP
|
|
|
|
Siswa dikumpulkan kemudian di
evaluasi mengenai kegiatan yang telah dilakukan.
Setelah itu berdoa dan istirahat.
|
|
|
E. Sumber Bahan dan Alat.
1. Buku Paket Erlangga
2. Pengembangan Guru.
3. Peluit
F. Penilaian
1. Teknik Penilaian :
- Tes unjuk
kerja (psikomotor) melakukan gerakan :
Pengenalan lingkungan menggunakan gerak dasar lokomotor
Bekerja sama
selama kegiatan
- Pengamat sikap (afektif) :
Penilaian dilakukan berdasarkan
pemahaman siswa tentang materi pembelajaran.
-
Kuis
/ embedded test ( kognitif) :
Menjawab secara lisan mengenai meteri
pembelajaran.
2. Rubrik
penilaian :
NO
|
ASPEK YANG
DINILAI
|
KUALITAS GERAK
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1
2
|
Pengenalan lingkungan
menggunakan gerak dasar lokomotor
Bekerja sama selama kegiatan
|
|
|
|
|
JUMLAH
|
|
||||
JUMLAH SKOR
MAKSIMAL :
|
|
Mengetahui Guru Mata Pelajaran
Kepala Sekolah Pendidikan
Jasmani
Drs. RAHMAT TAUFIQ PARTANTO,
S.Pd
NIP.196202201980121001
NIP. 197204142006041004
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
No. 11/11.2
Nama Sekolah : SDN Kalilembu
Mata Pelajaran : Penjasorkes
Kelas/Semester : I (satu) / II (dua)
Alokasi
waktu :
Tahun pelajaran : 2010/2011
Standar Kompetensi : 11. Mempraktikkan
pengenalan lingkungan sekolah melalui aktivitas jasmani dan nilai yang
terkandung di dalamnya
Kompetensi Dasar : 11.2 Mempraktikkan
berbagai aktivitas jasmani yang menyenangkan di lingkungan sekolah dan nilai
disiplin , kerjasama dan pola hidup sehat
A. Tujuan Pembelajaran :
Melalui
latihan, siswa diharapkan dapat melakukan :
1. Berjalan mengelilingi sekolah sambil melihat sekitarnya
2. Bermain di lingkungan sekolah mengenal
beberapa permainan
B. Materi Pembelajaran :
1.
pengenalan lingkungan
C. Metode :
1. Ceramah
2.
Demonstrasi
3. Penugasan
4. Latihan
5. Tanya jawab
D. Langkah-langkah Pembelajaran :
No
|
Pelaksanaan
|
waktu
|
metode
|
1
|
PENDAHULUAN
|
|
|
|
a. Siswa
berbaris 2 syap, berdoa dan kemudian di absen.
|
|
|
|
b. Siswa
diberi pemanasan yang mengarah ke kegiatan inti.
|
|
|
2
|
INTI
1).
Eksplorasi :
Guru memberi penjelasan tentang materi
pembelajaran
|
|
|
|
2).
Elaborasi :
a.
Guru menberi contoh mengenai materi pembelajaran.
|
|
|
|
b. Siswa melakukan kegiatan
berjalan mengelilingi sekolah sambil
melihat sekitarnya
|
|
|
|
c.
Siswa melakukan gerakan bermain di lingkungan
sekolah mengenal
beberapa permainan
3).
Konfirmasi
a. Mengecek pemahaman siswa tentang materi
pembelajaran
|
|
|
3
|
PENUTUP
|
|
|
|
Siswa dikumpulkan kemudian di
evaluasi mengenai kegiatan yang telah dilakukan.
Setelah itu berdoa dan istirahat.
|
|
|
E. Sumber Bahan dan Alat.
1. Buku Paket Erlangga
2. Pengembangan Guru.
3. Peluit
F. Penilaian
1. Teknik Penilaian :
- Tes unjuk kerja (psikomotor) melakukan
gerakan :
Berjalan mengelilingi sekolah sambil melihat sekitarnya
Bermain di
lingkungan sekolah mengenal beberapa permainan
- Pengamat sikap (afektif) :
Penilaian dilakukan berdasarkan
pemahaman siswa tentang materi pembelajaran.
-
Kuis
/ embedded test ( kognitif) :
Menjawab secara lisan mengenai meteri
pembelajaran.
2. Rubrik
penilaian :
NO
|
ASPEK YANG
DINILAI
|
KUALITAS GERAK
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1
2
|
Berjalan mengelilingi sekolah
sambil melihat sekitarnya
Bermain di lingkungan sekolah
mengenal beberapa permainan
|
|
|
|
|
JUMLAH
|
|
||||
JUMLAH SKOR
MAKSIMAL :
|
|
Mengetahui Guru Mata Pelajaran
Kepala Sekolah Pendidikan
Jasmani
Drs. RAHMAT
TAUFIQ PARTANTO,
S.Pd
NIP.196202201980121001
NIP. 197204142006041004
________________________ __________________
NIP. NIP
:
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
No. 11/11.3
Nama Sekolah : SDN Kalilembu
Mata Pelajaran : Penjasorkes
Kelas/Semester : I (satu) / II (dua)
Alokasi
waktu :
Tahun pelajaran : 2010/2011
Standar Kompetensi : 11. Mempraktikkan pengenalan lingkungan sekolah melalui aktivitas jasmani dan
nilai yang terkandung di dalamnya
Kompetensi Dasar : 11.3 Mempraktikkan
pemanfaatan makanan dan minuman yang baik
A. Tujuan Pembelajaran :
Melalui penjelasan,
siswa diharapkan dapat melakukan :
1. Makanan dan minuman
yang sehat
2. Tidak
sembarangan membeli makanan dan minuman
B. Materi Pembelajaran :
1. makanan
dan minuman
C. Metode :
1. Ceramah
2.
Demonstrasi
3. Penugasan
4. Tanya jawab
D. Langkah-langkah Pembelajaran :
No
|
Pelaksanaan
|
waktu
|
metode
|
1
|
PENDAHULUAN
|
|
|
|
a. Siswa masuk
kelas, berdoa dan kemudian di absen.
|
|
|
|
b. Siswa
diberi penjelasan yang mengarah ke kegiatan inti.
|
|
|
2
|
INTI
1).
Eksplorasi :
Guru memberi penjelasan tentang materi
pembelajaran
|
|
|
|
2).
Elaborasi :
a.
Guru menberi contoh mengenai materi pembelajaran.
a. Siswa
mempelajari makanan dan minuman yang sehat
|
|
|
|
b. Siswa mempelajari agar tidak sembarangan membeli makanan
dan minuman
3).
Konfirmasi
a. Mengecek pemahaman siswa tentang materi
pembelajaran
|
|
|
3
|
PENUTUP
|
|
|
|
Siswa di
evaluasi mengenai kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan.
Setelah itu berdoa dan istirahat.
|
|
|
E. Sumber Bahan dan Alat.
1. Buku Paket Erlangga
2. Pengembangan Guru.
F. Penilaian
1. Teknik Penilaian :
- Tes teori :
Makanan dan minuman yang sehat
Tidak sembarangan membeli makanan dan minuman
- Pengamat sikap (afektif) :
Penilaian dilakukan berdasarkan
pemahaman siswa tentang materi pembelajaran.
-
Kuis
/ embedded test ( kognitif) :
Menjawab secara lisan mengenai meteri
pembelajaran.
2. Rubrik penilaian :
NO
|
SOAL
|
SKOR PENILAIAN
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1
2
|
Makanan dan minuman yang
sehat
Tidak sembarangan membeli
makanan dan minuman
|
|
|
|
|
JUMLAH
|
|
||||
JUMLAH SKOR
MAKSIMAL :
|
|
Mengetahui Guru Mata Pelajaran
Kepala Sekolah Pendidikan
Jasmani
Drs. RAHMAT TAUFIQ PARTANTO,
S.Pd
NIP.196202201980121001
NIP. 197204142006041004
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
No. 12/12.1
Nama Sekolah : SDN Kalilembu
Mata Pelajaran : Penjasorkes
Kelas/Semester : I (satu) / II (dua)
Alokasi
waktu :
Tahun pelajaran : 2010/2011
Standar Kompetensi
: 12. Menerapkan budaya hidup sehat aktivitas jasmani dan nilai
Kompetensi Dasar : 12.1 Menjaga
kebersihan gigi dan mulut
A. Tujuan Pembelajaran :
Melalui penjelasan,
siswa diharapkan dapat melakukan :
1. Cara menggosok gigi yang benar
2. Menjaga kebersihan gigi dan mulut
B. Materi Pembelajaran :
1. gigi dan
mulut
C. Metode :
1. Ceramah
2.
Demonstrasi
3. Penugasan
4. Tanya jawab
D. Langkah-langkah Pembelajaran :
No
|
Pelaksanaan
|
waktu
|
metode
|
1
|
PENDAHULUAN
|
|
|
|
a. Siswa masuk
kelas, berdoa dan kemudian di absen.
|
|
|
|
b. Siswa
diberi penjelasan yang mengarah ke kegiatan inti.
|
|
|
2
|
INTI
1).
Eksplorasi :
Guru memberi penjelasan tentang materi
pembelajaran
|
|
|
|
2).
Elaborasi :
a.
Guru menberi contoh mengenai materi pembelajaran.
a. Siswa
mempraktekkan cara menggosok gigi yang benar
|
|
|
|
b. Siswa
mempraktekkan cara menjaga kebersihan gigi dan mulut
3).
Konfirmasi
a. Mengecek pemahaman siswa tentang materi
pembelajaran
|
|
|
3
|
PENUTUP
|
|
|
|
Siswa di
evaluasi mengenai kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan.
Setelah itu berdoa dan istirahat.
|
|
|
E. Sumber Bahan dan Alat.
1. Buku Paket Erlangga
2. Pengembangan Guru.
F. Penilaian
1. Teknik Penilaian :
- Tes teori :
Cara menggosok gigi yang benar
Menjaga
kebersihan gigi dan mulut
- Pengamat sikap (afektif) :
Penilaian dilakukan berdasarkan
pemahaman siswa tentang materi pembelajaran.
-
Kuis
/ embedded test ( kognitif) :
Menjawab secara lisan mengenai meteri
pembelajaran.
2. Rubrik penilaian :
NO
|
SOAL
|
SKOR PENILAIAN
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1
2
|
Cara menggosok gigi yang
benar
Menjaga kebersihan gigi dan
mulut
|
|
|
|
|
JUMLAH
|
|
||||
JUMLAH SKOR
MAKSIMAL :
|
|
Mengetahui Guru Mata Pelajaran
Kepala Sekolah Pendidikan
Jasmani
Drs. RAHMAT TAUFIQ PARTANTO,
S.Pd
NIP.196202201980121001
NIP. 197204142006041004
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
No. 12/12.2
Nama Sekolah : SDN Kalilembu
Mata Pelajaran : Penjasorkes
Kelas/Semester : I (satu) / II (dua)
Alokasi
waktu :
Tahun pelajaran : 2010/2011
Standar Kompetensi : 12. Menerapkan
budaya hidup sehat aktivitas jasmani dan nilai
Kompetensi Dasar : 12.2 Mengenal
makanan sehat
A. Tujuan Pembelajaran :
Melalui penjelasan,
siswa diharapkan dapat :
1. Tidak sembarangan membeli makanan
2. Mengenal 4 sehat 5 sempurna
B. Materi Pembelajaran :
1. 4 sehat 5
sempurna
C. Metode :
1. Ceramah
2.
Demonstrasi
3. Penugasan
4. Tanya jawab
D. Langkah-langkah Pembelajaran :
No
|
Pelaksanaan
|
waktu
|
metode
|
1
|
PENDAHULUAN
|
|
|
|
a. Siswa masuk
kelas, berdoa dan kemudian di absen.
|
|
|
|
b. Siswa
diberi penjelasan yang mengarah ke kegiatan inti.
|
|
|
2
|
INTI
1).
Eksplorasi :
Guru memberi penjelasan tentang materi
pembelajaran
|
|
|
|
2).
Elaborasi :
a.
Guru menberi contoh mengenai materi pembelajaran.
a. Siswa
memperhatikan untuk tidak sembarangan membeli makanan
|
|
|
|
b. Siswa mengenal makanan
4 sehat 5 sempurna3).
Konfirmasi
a. Mengecek pemahaman siswa tentang materi
pembelajaran
|
|
|
3
|
PENUTUP
|
|
|
|
Siswa di
evaluasi mengenai kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan.
Setelah itu berdoa dan istirahat.
|
|
|
E. Sumber Bahan dan Alat.
1. Buku Paket Erlangga
2. Pengembangan Guru.
F. Penilaian
1. Teknik Penilaian :
- Tes teori :
Tidak sembarangan membeli makanan
Mengenal 4
sehat 5 sempurna
- Pengamat sikap (afektif) :
Penilaian dilakukan berdasarkan
pemahaman siswa tentang materi pembelajaran.
-
Kuis
/ embedded test ( kognitif) :
Menjawab secara lisan mengenai meteri
pembelajaran.
2. Rubrik penilaian :
NO
|
SOAL
|
SKOR PENILAIAN
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1
2
|
Tidak sembarangan membeli
makanan
Mengenal 4 sehat 5 sempurna
|
|
|
|
|
JUMLAH
|
|
||||
JUMLAH SKOR
MAKSIMAL :
|
|
Mengetahui Guru Mata Pelajaran
Kepala Sekolah Pendidikan
Jasmani
Drs. RAHMAT TAUFIQ PARTANTO,
S.Pd
NIP.196202201980121001
NIP. 197204142006041004
Tidak ada komentar:
Posting Komentar