Selasa, 15 Mei 2012

rpp penjas kls 5 smt 1

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
NO : 1/1.1

SEKOLAH                             : SDN KALILEMBU
MAPEL                                  : PENJASORKES
KELAS / SEMESTER           : V / 1
WAKTU                                 :
TAHUN PELAJARAN         : 2010/2011

STANDAR KOMPETENSI
1. Mempraktikkan berbagai variasi gerak dasar ke dalam permainan dan olahraga dengan peraturan yang dimodifikasi serta nilai-nilai yang terkandung di dalamnya

KOMPETENSI DASAR
1.1Mempraktikkan variasi gerak dasar ke dalam modifikasi permainan bola kecil, serta nilai kerjasama, sportivitas, dan kejujuran.

A.    TUJUAN PEMBELAJARAN
Melalui latihan siswa diharapkan dapat :
1.      Melempar dan Menangkap bola
2.      Memukul bola
3.      Melakukan permaian softball yang dimodifikasi

B.     MATERI BELAJAR
1.      Lempar – tangkap
2.      Memukul
3.      Bermain softball

C.     METODE DAN MODEL PEMBELAJARAN
1.      Metode : ceramah dan praktik/ demonstrasi
2.      Model Pembelajaran : pendekatan CTL dan life skill

D.    LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
No
Kegiatan
Waktu
Metode
1.    
Pendahuluan :
a.   Siswa dibariskan kemudian diabsen
b.   Warming up menuju ke materi inti
15 menit
Praktik dan demonstrasi
2.    
Kegiatan Inti
1). Eksplorasi  :
    Guru memberi penjelasan tentang materi pembelajaran
2). Elaborasi  : 
  1. Guru menberi contoh mengenai materi pembelajaran
  2. Siswa melakukan berbagai keterampilan dasar ( melambung, melempar, menangkap, lari, dan memukul )
  3. Siswa memukul bola yang dilambungkan / dilempar dengan tepat
  4. Siswa memperkirakan kemampuan berlari untuk mencetak angka
  5. Siswa bekerjasama dengan tim untuk menyulitkan dan mematikan lawan
  6. Siswa berlaku jujur dalam bermain
  7. Siswa bermain dengan peraturan yang sederhana
3). Konfirmasi
a.  Mengecek pemahaman siswa tentang materi pembelajaran

35 menit
Praktik dan demonstrasi
3.    
Penutup :
Siswa dikumpulkan kemudian guru mengevaluasi seluruh kegiatan yang telah dilakukan.
10 menit
Praktik dan demonstrasi

E.     SUMBER BELAJAR
  1. Buku Mengajar Permainan di SD
  2. Kapur, tiang hinggap, bendera, peluit, kayu pemukul, tempat pembakar, dan bola kecil

F.      PENILAIAN
1. Teknik Penilaian :
-  Tes unjuk kerja (psikomotor) melakukan gerakan :
Melempar dan Menangkap bola
Memukul bola
Melakukan permaian softball yang dimodifikasi
 -   Pengamat sikap (afektif) :
Penilaian dilakukan berdasarkan pemahaman siswa tentang materi pembelajaran.
-    Kuis / embedded test ( kognitif) :
 Menjawab secara lisan mengenai meteri pembelajaran.
2. Rubrik penilaian :

Indikator Penilaian
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen
1.    Melakukan berbagai keterampilan dasar (melambung, melempar, menangkap, lari, dan memukul)
Pengamatan
Praktik
1.    Lakukan lempar tangkap bola dengan berpasangan !
2.    Memukul bola yang dilambungkan/dilempar dengan tepat
Pengamatan
Praktik
2.    Lakukan cara memukul bola dengan berbagai arah !
3.    Memperkirakan kemampuan berlari untuk mencetak angka
Pengamatan
Praktik
3.    Lakukan cara berlari dengan cepat untuk mencetak angka !
4.    Bekerjasama dengan tim untuk menyulitkan dan mematikan lawan
Pengamatan
Praktik
4.    Berlatihlah cara mematikan/ menyulitkan lawan !
5.    Berlaku jujur dalam bermain
Pengamatan
Praktik
5.    Lakukan permainan bola bakar dengan sikap jujur !
6.    Bermain dengan peraturan yang sederhana
Pengamatan
Praktik
6.    Lakukan permainan bola bakar dengan peraturan yang sederhana !

Mengetahui                                                     Guru Mata Pelajaran
             Kepala Sekolah                                              Pendidikan Jasmani



             Drs. RAHMAT TAUFIQ                              PARTANTO, S.Pd
            NIP.196202201980121001                            NIP. 197204142006041004
















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
NO : 1/1.2

SEKOLAH                             : SDN KALILEMBU
MAPEL                                  : PENJASORKES
KELAS / SEMESTER           : V / 1
WAKTU                                 :
TAHUN PELAJARAN         : 2010/2011

STANDAR KOMPETENSI
1. Mempraktikkan berbagai variasi gerak dasar ke dalam permainan dan olahraga dengan peraturan yang dimodifikasi serta nilai-nilai yang terkandung di dalamnya

KOMPETENSI DASAR
1.2Mempraktikkan variasi gerak dasar ke dalam modifikasi permainan bola besar, serta nilai kerjasama, sportivitas, dan kejujuran.

A.    TUJUAN PEMBELAJARAN
Melalui latihan siswa diharapkan dapat :
1.      Menendang bola secara berpasangan / berkelompok
2.      Menerima dan mengoper bola dengan berbagai teknik secara berpasangan
3.      Melakukan berbagai cara / teknik dalam memasukkan bola ke dalam gawang
4.      Mengembangkan prinsip kerjasama tim dalam permainan

B.     MATERI BELAJAR
1.      Menendang bola
2.      Menerima dan mengoper bola
3.      Memasukkan bola ke dalam gawang
4.      Mengembangkan prinsip kerjasama dalam permainan

C.     METODE DAN MODEL PEMBELAJARAN
1.      Metode : ceramah dan praktik/ demonstrasi
2.      Model Pembelajaran : pendekatan CTL dan Life Skill
D.    LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
No
Kegiatan
Waktu
Metode
1.    
Pendahuluan :
a.   Siswa dibariskan kemudian diabsen
b.   Warming up menuju ke materi inti
15 menit
Praktik dan demonstrasi
2.    
Kegiatan Inti
1). Eksplorasi  :
    Guru memberi penjelasan tentang materi pembelajaran
2). Elaborasi  : 
a.   Guru menberi contoh mengenai materi pembelajaran.
b.   Siswa menendang bola dengan berpasangan / berkelompok dalam berbagai variasi
c.   Siswa dapat menerima dan mengoper bola dengan berbagai teknik secara berpasangan
d.  Siswa dapat melakukan berbagai cara / teknik dalam memasukkan bola ke dalam gawang
e.   Mengembangkan prinsip kerjasama tim dalam bermain dengan mentaati peraturan yang dimodifikasi
3). Konfirmasi
a.  Mengecek pemahaman siswa tentang materi pembelajaran

35 menit
Praktik dan demonstrasi
3.    
Penutup :
Siswa dikumpulkan kemudian guru mengevaluasi seluruh kegiatan yang telah dilakukan.
10 menit
Praktik dan demonstrasi

E.     SUMBER BELAJAR
1.      Buku Pedoman Mengajar Permainan di SD
2.      Peluit, Bola Besar, dll

F.      PENILAIAN
1. Teknik Penilaian :
-  Tes unjuk kerja (psikomotor) melakukan gerakan :
Menendang bola berbagai variasi
Menerima dan mengoper bola
Mengambil posisi untuk mencetak angka
Bermain
kerjasama
 -   Pengamat sikap (afektif) :
Penilaian dilakukan berdasarkan pemahaman siswa tentang materi pembelajaran.
-    Kuis / embedded test ( kognitif) :
 Menjawab secara lisan mengenai meteri pembelajaran.
2. Rubrik penilaian :

Indikator Penilaian
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen
1.    Menendang bola dengan berbagai variasi
Pengamatan
Praktik
1.    Lakukan gerakan menendang bola dengan brebagai teknik secara berpasangan !
2.    Menerima dan mengoper bola dengan berbagai teknik
Pengamatan
Praktik
2.    Lakukan gerakan menerima dan mengoper bola dengan berbagai teknik secara berpasangan !
3.    Menggunakan berbagai keterampilan untuk mengambil posisi, mencetak angka, dan mengoper ke teman
Pengamatan
Praktik
3.    Lakukan gerakan memasukkan bola ke gawang dengan berbagai cara / teknik !
4.    Bermain dengan peraturan yang dimodifikasi
Pengamatan
Praktik
4.    Bermainlah permainan sepak bola dengan mentaati peraturan yang telah dimodifikasi !
5.    Mengembangkan prinsip kerjasama tim dalam permainan
Pengamatan
Praktik
5.    Bermainlah permainan sepak bola dengan mengembangkan kerjasama tim !


Mengetahui                                                     Guru Mata Pelajaran
             Kepala Sekolah                                              Pendidikan Jasmani



             Drs. RAHMAT TAUFIQ                              PARTANTO, S.Pd
            NIP.196202201980121001                            NIP. 197204142006041004















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
NO : 1/1.3

SEKOLAH                             : SDN KALILEMBU
MAPEL                                  : PENJASORKES
KELAS / SEMESTER           : V / 1
WAKTU                                 :
TAHUN PELAJARAN         : 2010/2011

STANDAR KOMPETENSI
  1. Mempraktikkan berbagai variasi gerak dasar ke dalam permainan dan olahraga dengan peraturan yang dimodifikasi serta nilai-nilai yang terkandung di dalamnya

KOMPETENSI DASAR
1.3Mempraktikkan variasi gerak dasar ke dalam modifikasi atletik, serta nilai semangat, sportivitas, dan percaya diri.

A.    TUJUAN PEMBELAJARAN
Melalui latihan siswa diharapkan dapat :
  1. Melakukan teknik start jongkok
  2. Melakukan teknik berlari
  3. Melakukan teknik finish
B.     MATERI BELAJAR
1.      Lari jarak pendek

C.     METODE DAN MODEL PEMBELAJARAN
1.      Metode : ceramah dan praktik / demonstrasi
2.      Model Pembelajaran : pendekatan CTL dan Life Skill

D.    LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
No
Kegiatan
Waktu
Metode
1.      
Pendahuluan :
a.   Siswa dibariskan kemudian diabsen
b.   Warming up menuju ke materi inti
15 menit
Praktik dan demonstrasi
2.      
Kegiatan Inti
1). Eksplorasi  :
    Guru memberi penjelasan tentang materi pembelajaran
2). Elaborasi  : 
a.   Guru menberi contoh mengenai materi pembelajaran.
b.   Siswa melakukan teknik star jongkok
c.   Siswa melakukan teknik dasar lari sprint dengan benar
d.  Siswa melakukan teknik finish dengan benar
3). Konfirmasi
a.  Mengecek pemahaman siswa tentang materi pembelajaran
35 menit
Praktik dan demonstrasi
3.      
Penutup :
Siswa dikumpulkan kemudian guru mengevaluasi seluruh kegiatan yang telah dilakukan.
10 menit
Praktik dan demonstrasi

E.     SUMBER BELAJAR
1.      Buku Pedoman Mengajar Atletik di SD
2.      Peluit, bilah, benda yang digantung, tiang lompat, mistar, meteran / bak pasir, dll.

F.      PENILAIAN
1. Teknik Penilaian :
-  Tes unjuk kerja (psikomotor) melakukan gerakan :
Start jongkok
Lari sprint
-   Pengamat sikap (afektif) :
Penilaian dilakukan berdasarkan pemahaman siswa tentang materi pembelajaran.
-    Kuis / embedded test ( kognitif) :
 Menjawab secara lisan mengenai meteri pembelajaran.
2. Rubrik penilaian :

Indikator Penilaian
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen
1.    Melakukan start jongkok dengan benar
Pengamatan
Praktik
1.    Lakukan star jongkok dengan benar!
2.    Melakukan teknik dasar lari sprint dengan benar
Pengamatan
Praktik
2.    Lakukan teknik dasar lari sprint dengan benar !
3.    Melakukan finifh dengan benar
Pengamatan
Praktik
3.    Lakukan finish dengan benar !




Mengetahui                                                     Guru Mata Pelajaran
             Kepala Sekolah                                              Pendidikan Jasmani



             Drs. RAHMAT TAUFIQ                              PARTANTO, S.Pd
            NIP.196202201980121001                            NIP. 197204142006041004







































RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
NO : 2/2.1


SEKOLAH                             : SDN KALILEMBU
MAPEL                                  : PENJASORKES
KELAS / SEMESTER           : V / 1
WAKTU                                 :
TAHUN PELAJARAN         : 2010/2011

STANDAR KOMPETENSI
  1. Mempraktikkan latihan dasar kebugaran jasmani dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya

KOMPETENSI DASAR
   2.1Mempraktikkan aktivitas untuk kekuatan otot-otot anggota badan bagian atas, serta nilai kerja keras, disiplin, kerjasama, dan kejujuran.

A.    TUJUAN PEMBELAJARAN
Melalui latihan siswa diharapkan dapat :
1.      Duduk dengan posisi kaki sila
2.      Duduk dengan posisi kaki lurus ke depan
3.      Duduk dengan posisi kaki kangkang

B.     MATERI BELAJAR
1.      Duduk

C.     METODE DAN MODEL PEMBELAJARAN
1.      Metode : ceramah dan praktik/ demonstrasi
2.      Model Pembelajaran : pendekatan CTL dan Life Skill


D.    LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
No
Kegiatan
Waktu
Metode
1.    
Pendahuluan :
a.   Siswa dibariskan kemudian diabsen
b.   Warming up menuju ke materi inti
15 menit
Praktik dan demonstrasi
2.    
Kegiatan Inti
1). Eksplorasi  :
    Guru memberi penjelasan tentang materi pembelajaran
2). Elaborasi  : 
a.   Guru menberi contoh mengenai materi pembelajaran.
b.   Siswa melakukan gerak duduk dengan kaki sila
c.   Siswa melakukan gerakan duduk dengan kaki lurus kedepan
d.  Melakukan gerakan duduk dengan kaki kangkang
3). Konfirmasi
a.  Mengecek pemahaman siswa tentang materi pembelajaran
35 menit
Praktik dan demonstrasi
3.    
Penutup :
Siswa dikumpulkan kemudian guru mengevaluasi seluruh kegiatan yang telah dilakukan.
10 menit
Praktik dan demonstrasi

E.     SUMBER BELAJAR
1.      Buku Pedoman Mengajar Senam di SD
2.      Peluit, bola besar, dan tongkat palang.

F.      PENILAIAN
1. Teknik Penilaian :
-  Tes unjuk kerja (psikomotor) melakukan gerakan :
gerak duduk dengan kaki sila
gerakan duduk dengan kaki lurus kedepan
gerakan duduk dengan kaki kangkang
 -   Pengamat sikap (afektif) :
Penilaian dilakukan berdasarkan pemahaman siswa tentang materi pembelajaran.
-    Kuis / embedded test ( kognitif) :
 Menjawab secara lisan mengenai meteri pembelajaran.
2. Rubrik penilaian :

Indikator Penilaian
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen
1.   gerak duduk dengan kaki sila
2.   gerakan duduk dengan kaki lurus kedepan
3.   gerakan duduk dengan kaki kangkang
Pengamatan
Praktik
1.      lakukan gerak duduk dengan kaki sila!
2.      lakukan gerakan duduk dengan kaki lurus kedepan!
3.      lakukan gerakan duduk dengan kaki kangkang!


Mengetahui                                                     Guru Mata Pelajaran
             Kepala Sekolah                                              Pendidikan Jasmani



             Drs. RAHMAT TAUFIQ                              PARTANTO, S.Pd
            NIP.196202201980121001                            NIP. 197204142006041004
































RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
NO : 2/2.2

SEKOLAH                             : SDN KALILEMBU
MAPEL                                  : PENJASORKES
KELAS / SEMESTER           : V / 1
WAKTU                                 :
TAHUN PELAJARAN         : 2010/2011

STANDAR KOMPETENSI
2. Mempraktikkan latihan dasar kebugaran jasmani dan nilai-nilai yang  terkandung di dalamnya

KOMPETENSI DASAR
            2.2Mempraktikkan aktivitas untuk kecepatan dan kualitas gerak yang meningkat, serta nilai kerja keras, disiplin, kerjasama, dan kejujuran.

A.    TUJUAN PEMBELAJARAN
Melalui latihan siswa diharapkan dapat :
2.2.1        Mampu menggendong teman sebaya sesuai dengan posisi yang benar
2.2.2.      Melakukan gerakan lari ditempat
2.2.3.      Melakukan gerakan latihan skepping

B.     MATERI BELAJAR
1.      Permainan hijau – hitam dengan isyarat suara, isyarat bendera, dan isyarat tepuk
2.      Permainan disini – disana di tempat dengan menggunakan gerak lokomotor
3.      Lari, lompat, jingkat, merangkak

C.     METODE DAN MODEL PEMBELAJARAN
1.      Metode : ceramah dan praktik/ demonstrasi
2.      Model Pembelajaran : pendekatan CTL dan Life Skill

D.    LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
No
Kegiatan
Waktu
Metode
1.    
Pendahuluan :
a.   Siswa dibariskan kemudian diabsen
b.   Warming up menuju ke materi inti
15 menit
Praktik dan demonstrasi
2.    
Kegiatan Inti
1). Eksplorasi  :
    Guru memberi penjelasan tentang materi pembelajaran
2). Elaborasi  : 
a.   Guru menberi contoh mengenai materi pembelajaran.
b.   Siswa melakukan latihan menggendong teman sebaya
c.   Siswa melakukan latihan gerakan lari ditempat
d.  Siswa melakukan latihan gerakan skepping
3). Konfirmasi
a.  Mengecek pemahaman siswa tentang materi pembelajaran
35 menit
Praktik dan demonstrasi
3.    
Penutup :
Siswa dikumpulkan kemudian guru mengevaluasi seluruh kegiatan yang telah dilakukan.
10 menit
Praktik dan demonstrasi

E.     SUMBER BELAJAR
1.      Buku Pedoman Mengajar Permainan di SD
2.      Peluit, bola besar, dan tongkat palang.

F.      PENILAIAN
1. Teknik Penilaian :
-  Tes unjuk kerja (psikomotor) melakukan gerakan :
Mampu menggendong teman sebaya sesuai dengan posisi yang benar
Melakukan gerakan lari ditempat
Melakukan gerakan latihan skepping
 -   Pengamat sikap (afektif) :
Penilaian dilakukan berdasarkan pemahaman siswa tentang materi pembelajaran.
-    Kuis / embedded test ( kognitif) :
 Menjawab secara lisan mengenai meteri pembelajaran.
2. Rubrik penilaian :

Indikator Penilaian
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen
2.2.1.         Mampu menggendong teman sebaya sesuai dengan posisi yang benar
2.2.2.         Melakukan gerakan lari ditempat
2.2.3.         Melakukan gerakan latihan skepping
Test
Praktik
1.  Lakukan gerakan latihan kecepatan !


Mengetahui                                                     Guru Mata Pelajaran
             Kepala Sekolah                                              Pendidikan Jasmani



             Drs. RAHMAT TAUFIQ                              PARTANTO, S.Pd
            NIP.196202201980121001                            NIP. 197204142006041004

































RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
NO : 3/3.1

SEKOLAH                             : SDN KALILEMBU
MAPEL                                  : PENJASORKES
KELAS / SEMESTER           : V / 1
WAKTU                                 :
TAHUN PELAJARAN         : 2010/2011

STANDAR KOMPETENSI
3.      Mempraktikkan berbagai bentuk senam ketangkasan dengan kontrol yang baik, dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya

KOMPETENSI DASAR
     3.1Mempraktikkan latihan peregangan dan pelemasan yang benar sebelum memulai aktivitas senam, serta nilai percaya diri, dan disiplin.
                                                                                                       
A.    TUJUAN PEMBELAJARAN
Melalui latihan siswa diharapkan dapat :
3.1.1.      Melakukan gerakan peregangan kepala dan tangan
3.1.2.      Melakukan peregangan badan
3.1.3.      Melakukan peregangan kaki
B.     MATERI BELAJAR
1.      Latihan pemanasan

C.     METODE DAN MODEL PEMBELAJARAN
1.      Metode : ceramah dan praktik/ demonstrasi
2.      Model Pembelajaran : pendekatan CTL dan Life Skill

D.    LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
No
Kegiatan
Waktu
Metode
1.    
Pendahuluan :
a.   Siswa dibariskan kemudian diabsen
b.   Warming up menuju ke materi inti
15 menit
Praktik dan demonstrasi
2.    
Kegiatan Inti
1). Eksplorasi  :
    Guru memberi penjelasan tentang materi pembelajaran
2). Elaborasi  : 
a.       Guru menberi contoh mengenai materi pembelajaran.
b.      Siswa melakukan latihan perenggangan dan pelemasan bagian atas yaitu kepala, bahu, dan lengan
c.       Siswa melakukan latihan perenggangan dan pelemasan bagian badan : samping perut dan punggung
d.      Siswa melakukan latihan perenggangan dan pelemasan bagian bawah
3). Konfirmasi
a.  Mengecek pemahaman siswa tentang materi pembelajaran
35 menit
Praktik dan demonstrasi
3.    
Penutup :
Siswa dikumpulkan kemudian guru mengevaluasi seluruh kegiatan yang telah dilakukan.
10 menit
Praktik dan demonstrasi


E.     SUMBER BELAJAR
1.      Buku Pedoman Mengajar Senam di SD
2.      Media Cetak

F.      PENILAIAN
1. Teknik Penilaian :
-  Tes unjuk kerja (psikomotor) melakukan gerakan :
Lstihan peregangan dan pelemasanbagian atas
Latihan peregangan dan pelemasan bagian togok
Latihan peregangan dan pelemasan bagian bawah
 -   Pengamat sikap (afektif) :
Penilaian dilakukan berdasarkan pemahaman siswa tentang materi pembelajaran.
-    Kuis / embedded test ( kognitif) :
 Menjawab secara lisan mengenai meteri pembelajaran.
2. Rubrik penilaian :

Indikator Penilaian
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen
1.    Melakukan melakukan latihan perenggangan dan pelemasan bagian atas yaitu kepala, bahu, dan lengan
Test
Tes keterampilan (unjuk kerja)
1.       Lakukan latihan perenggangan dan pelemasan bagian atas yaitu kepala, bahu, dan lengan !
2.    Melakukan latihan perenggangan dan pelemasan bagian togok : samping perut dan punggung
Test
Tes keterampilan (unjuk kerja)
2.       Lakukan perenggangan dan pelemasan bagian togok : samping perut dan punggung !
3.    Melakukan latihan perenggangan dan pelemasan bagian bawah
Test
Tes keterampilan (unjuk kerja)
3.       Lakukan perenggangan dan pelemasan bagian bawah !


Mengetahui                                                     Guru Mata Pelajaran
             Kepala Sekolah                                              Pendidikan Jasmani



             Drs. RAHMAT TAUFIQ                              PARTANTO, S.Pd
            NIP.196202201980121001                            NIP. 197204142006041004






























RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
NO : 3/3.2

SEKOLAH                             : SDN KALILEMBU
MAPEL                                  : PENJASORKES
KELAS / SEMESTER           : V / 1
WAKTU                                 :
TAHUN PELAJARAN         : 2010/2011

STANDAR KOMPETENSI
3.      Mempraktikkan berbagai bentuk senam ketangkasan dengan kontrol yang baik, dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya

KOMPETENSI DASAR
   3.2Mempraktikkan bentuk-bentuk senam ketangkasan dalam meningkatkan koordinasi dan nilai-nilai percaya diri dan disiplin.
                                                                                                       
A.    TUJUAN PEMBELAJARAN
Melalui latihan siswa diharapkan dapat :
3.2.2.         Mampu melakukan gerakan berdiri dengan tangan
3.2.3.         Mampu melakukan sikap kayang
3.2.4.         Mampu melakukan sikap lilin dan melenting
B.     MATERI BELAJAR
1.      Hands stand
2.      Kayang
3.      Sikap lilin dan lenting

C.     METODE DAN MODEL PEMBELAJARAN
1.      Metode : ceramah dan praktik/ demonstrasi
2.      Model Pembelajaran : pendekatan CTL dan Life Skill

D.    LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
No
Kegiatan
Waktu
Metode
1.    
Pendahuluan :
a.   Siswa dibariskan kemudian diabsen
b.   Warming up menuju ke materi inti
15 menit
Praktik dan demonstrasi
2.    
Kegiatan Inti
1). Eksplorasi  :
    Guru memberi penjelasan tentang materi pembelajaran
2). Elaborasi  : 
a.   Guru menberi contoh mengenai materi pembelajaran.
b.   Siswa melakukan gerakan hands stand dengan cara membelakangi tembok, dibantu, dan sendiri.
c.   Siswa melakukan gerakan sikap kayang
d.  Siswa melakukan gerakan sikap lilin dan melenting
3). Konfirmasi
a.  Mengecek pemahaman siswa tentang materi pembelajaran
35 menit
Praktik dan demonstrasi
3.    
Penutup :
Siswa dikumpulkan kemudian guru mengevaluasi seluruh kegiatan yang telah dilakukan.
10 menit
Praktik dan demonstrasi

E.     SUMBER BELAJAR
1.      Buku Paket
2.      Media Cetak
3.      Matras

F.      PENILAIAN
1. Teknik Penilaian :
-  Tes unjuk kerja (psikomotor) melakukan gerakan :
Mampu melakukan gerakan berdiri dengan tangan
Mampu melakukan sikap kayang
Mampu melakukan sikap lilin dan melenting
 -   Pengamat sikap (afektif) :
Penilaian dilakukan berdasarkan pemahaman siswa tentang materi pembelajaran.
-    Kuis / embedded test ( kognitif) :
 Menjawab secara lisan mengenai meteri pembelajaran.
2. Rubrik penilaian :

Indikator Penilaian
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen
3.2.5.      Mampu melakukan gerakan berdiri dengan tangan
3.2.6.      Mampu melakukan sikap kayang
3.2.7.      Mampu melakukan sikap lilin dan melenting
Test
Tes keterampilan (unjuk kerja)
1.       Lakukan gerakan hands stand , kayang dan sikap lilin serta melenting !


Mengetahui                                                     Guru Mata Pelajaran
             Kepala Sekolah                                              Pendidikan Jasmani



             Drs. RAHMAT TAUFIQ                              PARTANTO, S.Pd
            NIP.196202201980121001                            NIP. 197204142006041004
































RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
NO : 4/4.1

SEKOLAH                             : SDN KALILEMBU
MAPEL                                  : PENJASORKES
KELAS / SEMESTER           : V / 1
WAKTU                                 :
TAHUN PELAJARAN         : 2010/2011

STANDAR KOMPETENSI
4.      Mempraktikkan berbagai gerak dasar dalam gerak ritmik dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya

KOMPETENSI DASAR
   4.1 Mempraktikkan pola jalan, lari, dan lompat dalam gerak ritmik, serta nilai kerjasama, percaya diri, dan disiplin.
                                                                                                       
A.    TUJUAN PEMBELAJARAN
Melalui latihan siswa diharapkan dapat :
4.1.1.               Mampu melakukan gerakan jalan kedepan dengan hitungan
4.1.2.               Mampu melakukan gerakan lari
4.1.3.               Mampu melakukan ger akan melompat
B.     MATERI BELAJAR
1.      Gerak Lokomotor Berirama

C.     METODE DAN MODEL PEMBELAJARAN
1.      Metode : ceramah dan praktik/ demonstrasi
2.      Model Pembelajaran : pendekatan CTL dan Life Skill

D.    LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
No
Kegiatan
Waktu
Metode
1.    
Pendahuluan :
a.   Siswa dibariskan kemudian diabsen
b.   Warming up menuju ke materi inti
15 menit
Praktik dan demonstrasi
2.    
Kegiatan Inti
1). Eksplorasi  :
    Guru memberi penjelasan tentang materi pembelajaran
2). Elaborasi  : 
a.   Guru menberi contoh mengenai materi pembelajaran.
b.   Siswa melakukan gerakan berjalan, lari, dan melompat ke depan dengan beraturan yang mengarah  ke gerakan lompat jauh
3). Konfirmasi
a.  Mengecek pemahaman siswa tentang materi pembelajaran
35 menit
Praktik dan demonstrasi
3.    
Penutup :
Siswa dikumpulkan kemudian guru mengevaluasi seluruh kegiatan yang telah dilakukan.
10 menit
Praktik dan demonstrasi

E.     SUMBER BELAJAR
1.      Buku GBPP
2.      Media Cetak dan Elektronik

F.      PENILAIAN
1. Teknik Penilaian :
-  Tes unjuk kerja (psikomotor) melakukan gerakan :
Mampu melakukan gerakan jalan kedepan dengan hitungan
Mampu melakukan gerakan lari
Mampu melakukan ger akan melompat
 -   Pengamat sikap (afektif) :
Penilaian dilakukan berdasarkan pemahaman siswa tentang materi pembelajaran.
-    Kuis / embedded test ( kognitif) :
 Menjawab secara lisan mengenai meteri pembelajaran.
2. Rubrik penilaian :

Indikator Penilaian
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen
4.1.1.      Mampu melakukan gerakan jalan kedepan dengan hitungan
4.1.2.      Mampu melakukan gerakan lari
4.1.3.      Mampu melakukan ger akan melompat
Test
Tes keterampilan (unjuk kerja)
1.       Lakukan gerak berjalan, lari, dan melompat ke depan ke dalam gerak ritmik yang baik !


Mengetahui                                                     Guru Mata Pelajaran
             Kepala Sekolah                                              Pendidikan Jasmani



             Drs. RAHMAT TAUFIQ                              PARTANTO, S.Pd
            NIP.196202201980121001                            NIP. 197204142006041004






































RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
NO : 4/4.2

SEKOLAH                             : SDN KALILEMBU
MAPEL                                  : PENJASORKES
KELAS / SEMESTER           : V / 1
WAKTU                                 :
TAHUN PELAJARAN         : 2010/2011

STANDAR KOMPETENSI
4.      Mempraktikkan berbagai gerak dasar dalam gerak ritmik dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya

KOMPETENSI DASAR
   4.2 Mempraktikkan pola gerak jalan, lari, dan lompat dalam gerak ritmik, serta nilai kerjasama, percaya diri, dan disiplin.
                                                                                                       
A.       TUJUAN PEMBELAJARAN
Melalui latihan siswa diharapkan dapat :
4.2.1.                  Mampu melakukan gerakan jalan kedepan kombinasi lompat di tempat
4.2.2.                  Mampu melakukan gerakan lompat di tempat dikombinasi lari
4.2.3.                  Mampu melakukan gerakan jalan di tempat dikombinasi lari
B.     MATERI BELAJAR
1.      Gerak kombinasi berirama dengan hitungan

C.     METODE DAN MODEL PEMBELAJARAN
1.      Metode : ceramah dan praktik/ demonstrasi
2.      Model Pembelajaran : pendekatan CTL dan Life Skill

D.    LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
No
Kegiatan
Waktu
Metode
1.    
Pendahuluan :
a.   Siswa dibariskan kemudian diabsen
b.   Warming up menuju ke materi inti
15 menit
Praktik dan demonstrasi
2.    
Kegiatan Inti
1). Eksplorasi  :
    Guru memberi penjelasan tentang materi pembelajaran
2). Elaborasi  : 
a.       Guru menberi contoh mengenai materi pembelajaran.
b.      Siswa  melakukan gerakan jalan kedepan kombinasi lompat di tempat
c.       Siswa melakukan gerakan lompat di tempat dikombinasi lari
d.      Siswa melakukan gerakan jalan di tempat dikombinasi lari
3). Konfirmasi
a.  Mengecek pemahaman siswa tentang materi pembelajaran
35 menit
Praktik dan demonstrasi
3.    
Penutup :
Siswa dikumpulkan kemudian guru mengevaluasi seluruh kegiatan yang telah dilakukan.
10 menit
Praktik dan demonstrasi

E.     SUMBER BELAJAR
1.      Buku GBPP
2.      Media Cetak dan Elektronik

F.      PENILAIAN
1. Teknik Penilaian :
-  Tes unjuk kerja (psikomotor) melakukan gerakan :
Mampu melakukan gerakan jalan kedepan kombinasi lompat di tempat
Mampu melakukan gerakan lompat di tempat dikombinasi lari
Mampu melakukan gerakan jalan di tempat dikombinasi lari
 -   Pengamat sikap (afektif) :
Penilaian dilakukan berdasarkan pemahaman siswa tentang materi pembelajaran.
-    Kuis / embedded test ( kognitif) :
 Menjawab secara lisan mengenai meteri pembelajaran.
2. Rubrik penilaian :

Indikator Penilaian
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen
4.2.1.         Mampu melakukan gerakan jalan kedepan kombinasi lompat di tempat
4.2.2.         Mampu melakukan gerakan lompat di tempat dikombinasi lari
4.2.3.         Mampu melakukan gerakan jalan di tempat dikombinasi lari
Test
Tes keterampilan (unjuk kerja)
1.       Lakukan kombinasi gerakan berjalan, lari dan lompat dengan berirama!


Mengetahui                                                     Guru Mata Pelajaran
             Kepala Sekolah                                              Pendidikan Jasmani



             Drs. RAHMAT TAUFIQ                              PARTANTO, S.Pd
            NIP.196202201980121001                            NIP. 197204142006041004



































RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
NO : 5/5.1

SEKOLAH                             : SDN KALILEMBU
MAPEL                                  : PENJASORKES
KELAS / SEMESTER           : V / 1
WAKTU                                 :
TAHUN PELAJARAN         : 2010/2011

STANDAR KOMPETENSI
5.      Menerapkan budaya hidup sehat

KOMPETENSI DASAR
   5.1 Mengenal cara menjaga kebersihan alat reproduksi
                                                                                                       
A.    TUJUAN PEMBELAJARAN
Melalui latihan siswa diharapkan dapat :
5.1.1.                  Mampu mengenal alat reprodukdi
5.1.2.                  Mampu mengetahui fungsi alat reproduksi
5.1.3.                  Mampu mengetahui cara membersihkan alat reproduksi
B.     MATERI BELAJAR
1.      Alat-alat reproduksi
2.      Cara merawat dan membersihkan alat-alat reproduksi

C.     METODE DAN MODEL PEMBELAJARAN
1.      Metode : ceramah dan praktik/ demonstrasi
2.      Model Pembelajaran : pendekatan CTL dan Life Skill

D.    LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
No
Kegiatan
Waktu
Metode
1.    
Pendahuluan :
a.   Siswa diabsen kemudian diberi arahan sesuai dengan pelajaran inti
15 menit
Tes keterampilan (unjuk kerja)
2.    
Kegiatan Inti
1). Eksplorasi  :
    Guru memberi penjelasan tentang materi pembelajaran
2). Elaborasi  : 
a.   Guru menberi contoh mengenai materi pembelajaran.
b.   Siswa mampu mengenal alat reprodukdi
c.    Siswa mampu mengetahui fungsi alat reproduksi
d.   Siswa mampu mengetahui cara membersihkan alat reproduksi
3). Konfirmasi
a.  Mengecek pemahaman siswa tentang materi pembelajaran
35 menit
Tes keterampilan (unjuk kerja)
3.    
Penutup :
Siswa dievaluasi.
10 menit
Tes keterampilan (unjuk kerja)

E.     SUMBER BELAJAR
1.      Buku GBPP
2.      Media Cetak dan Elektronik

F.      PENILAIAN
1. Teknik Penilaian :
-  Tes unjuk kerja (psikomotor) melakukan gerakan :
Mampu mengenal alat reprodukdi
Mampu mengetahui fungsi alat reproduksi
Mampu mengetahui cara membersihkan alat reproduksi
 -   Pengamat sikap (afektif) :
Penilaian dilakukan berdasarkan pemahaman siswa tentang materi pembelajaran.
-    Kuis / embedded test ( kognitif) :
 Menjawab secara lisan mengenai meteri pembelajaran.
2. Rubrik penilaian :

Indikator Penilaian
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen
5.1.1.         Mampu mengenal alat reprodukdi
5.1.2.         Mampu mengetahui fungsi alat reproduksi
5.1.3.         Mampu mengetahui cara membersihkan alat reproduksi
Test
Tes teori
2.       Sebutkan alat-alat reproduksi dan cara membersihkannya!


Mengetahui                                                     Guru Mata Pelajaran
             Kepala Sekolah                                              Pendidikan Jasmani



             Drs. RAHMAT TAUFIQ                              PARTANTO, S.Pd
            NIP.196202201980121001                            NIP. 197204142006041004







































RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
NO : .5/5.2

SEKOLAH                             : SDN KALILEMBU
MAPEL                                  : PENJASORKES
KELAS / SEMESTER           : V / 1
WAKTU                                 :
TAHUN PELAJARAN         : 2010/2011

STANDAR KOMPETENSI
a.       Menerapkan budaya hidup sehat

KOMPETENSI DASAR
   5.2 Mengenal berbagai bentuk pelecehan seksual
                                                                                                       
A.    TUJUAN PEMBELAJARAN
Melalui latihan siswa diharapkan dapat :
5.2.1. Mampu mengenal bentuk pelecehan seksual
5.2.2. Mampu mengetahui cara menolak ajakan pelecehan seksual
          5.2.3. Mampu  mengetahui cara menjaga diri dari pelecehan seksual

B.     MATERI BELAJAR
1.      Pelecehan seksual

C.     METODE DAN MODEL PEMBELAJARAN
1.      Metode : ceramah dan praktik/ demonstrasi
2.      Model Pembelajaran : pendekatan CTL dan Life Skill

D.    LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
No
Kegiatan
Waktu
Metode
1.    
Pendahuluan :
a.   Siswa diabsen kemudian diberi arahan sesuai dengan pelajaran inti
15 menit
Tes keterampilan (unjuk kerja)
2.    
Kegiatan Inti
1). Eksplorasi  :
    Guru memberi penjelasan tentang materi pembelajaran
2). Elaborasi  : 
  1. Guru menberi contoh mengenai materi pembelajaran.
  2. Siswa mengenal bentuk pelecehan seksual
  3. Siswa mengetahui cara menolak ajakan pelecehan seksual
  4. Siswa mengetahui cara menjaga diri dari pelecehan seksual
3). Konfirmasi
a.  Mengecek pemahaman siswa tentang materi pembelajaran
35 menit
Tes keterampilan (unjuk kerja)
3.    
Penutup :
Siswa dievaluasi
10 menit
Tes keterampilan (unjuk kerja)

E.     SUMBER BELAJAR
1.      Buku GBPP
2.      Media Cetak dan Elektronik

F.      PENILAIAN
1. Teknik Penilaian :
-  Tes unjuk kerja (psikomotor) melakukan gerakan :
Mampu mengenal bentuk pelecehan seksual
Mampu mengetahui cara menolak ajakan pelecehan seksual
Mampu  mengetahui cara menjaga diri dari pelecehan seksual
 -   Pengamat sikap (afektif) :
Penilaian dilakukan berdasarkan pemahaman siswa tentang materi pembelajaran.
-    Kuis / embedded test ( kognitif) :
 Menjawab secara lisan mengenai meteri pembelajaran.
2. Rubrik penilaian :

Indikator Penilaian
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen
5.2.1. Mampu mengenal bentuk pelecehan seksual
5.2.2. Mampu mengetahui cara menolak ajakan pelecehan seksual
5.2.3. Mampu  mengetahui cara menjaga diri dari pelecehan seksual
Test
Tes teori
1.       Sebutkan bentuk-bentuk pelecehan seksual !


Mengetahui                                                     Guru Mata Pelajaran
             Kepala Sekolah                                              Pendidikan Jasmani



             Drs. RAHMAT TAUFIQ                              PARTANTO, S.Pd
            NIP.196202201980121001                            NIP. 197204142006041004






































RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
NO : 5/5.3

SEKOLAH                             : SDN KALILEMBU
MAPEL                                  : PENJASORKES
KELAS / SEMESTER           : V / 1
WAKTU                                 :
TAHUN PELAJARAN         : 2010/2011

STANDAR KOMPETENSI
5.      Menerapkan budaya hidup sehat

KOMPETENSI DASAR
   5.3 Mengenal cara menjaga diri dari pelecehan seksual
                                                                                                       
A.    TUJUAN PEMBELAJARAN
Melalui latihan siswa diharapkan dapat :
5.3.1. Mampu mendekatkan diri pada Tuhan
5.3.2. Mampu menggunakan pakaian yang tertutup
5.3.3. Mampu menghindari sifat yang memancing gairah seksual

B.     MATERI BELAJAR
1.      Pelecehan seksual

C.     METODE DAN MODEL PEMBELAJARAN
1.      Metode : ceramah dan praktik/ demonstrasi
2.      Model Pembelajaran : pendekatan CTL dan Life Skill

D.    LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
No
Kegiatan
Waktu
Metode
1.    
Pendahuluan :
a.   Siswa diabsen kemudian diberi arahan sesuai dengan pelajaran inti
15 menit
Tes keterampilan (unjuk kerja)
2.    
Kegiatan Inti
1). Eksplorasi  :
    Guru memberi penjelasan tentang materi pembelajaran
2). Elaborasi  : 
  1. Guru menberi contoh mengenai materi pembelajaran.
  2. Siswa mendekatkan diri pada Tuhan
  3. Siswa menggunakan pakaian yang tertutup
  4. Siswa menghindari sifat yang memancing gairah seksual
3). Konfirmasi
a.  Mengecek pemahaman siswa tentang materi pembelajaran
35 menit
Tes keterampilan (unjuk kerja)
3.    
Penutup :
Siswa dievaluasi
10 menit
Tes keterampilan (unjuk kerja)

E.     SUMBER BELAJAR
1.      Buku GBPP
2.      Media Cetak dan Elektronik

F.      PENILAIAN
1. Teknik Penilaian :
-  Tes unjuk kerja (psikomotor) melakukan gerakan :
Mampu mendekatkan diri pada Tuhan
Mampu menggunakan pakaian yang tertutup
Mampu menghindari sifat yang memancing gairah seksual
 -   Pengamat sikap (afektif) :
Penilaian dilakukan berdasarkan pemahaman siswa tentang materi pembelajaran.
-    Kuis / embedded test ( kognitif) :
 Menjawab secara lisan mengenai meteri pembelajaran.
2. Rubrik penilaian :

Indikator Penilaian
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen
5.3.1. Mampu mendekatkan diri pada Tuhan
5.3.2. Mampu menggunakan pakaian yang tertutup
5.3.3. Mampu menghindari sifat yang memancing gairah seksual
Test
Tes keterampilan (unjuk kerja)
1.       Peragakan cara-cara menjaga diri dari ancaman pelecehan seksual !


Mengetahui                                                     Guru Mata Pelajaran
             Kepala Sekolah                                              Pendidikan Jasmani



             Drs. RAHMAT TAUFIQ                              PARTANTO, S.Pd
            NIP.196202201980121001                            NIP. 197204142006041004

Tidak ada komentar:

Posting Komentar