SILABUS
Sekolah :
SDN Kalilembu
Kelas :
1
Mata Pelajaran :
Pendidikan Olah Raga dan Kesehatan
Semester : II
Tahun Pelajaran : 2010/2011
Standar Kompetensi : Memptaktekkan gerakan senam lantai
sederhana dan nilai yang terkandung di dalamnya
KOMPETENSI DASAR
|
MATERI PEMBELAJARAN
|
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
|
INDIKATOR
|
PENILAIAN
|
ALOKASI
WAKTU
|
SUMBER BELAJAR
|
||
TEKNIK
|
BENTUK
|
CONTOH INSTRUMEN
|
||||||
6.1
Mempraktikkan gerak dasar jalan, lari, dan lompat ke berbagai arah
dengan berbagai pola dalam permainan sederhana, serta nilai kerjasama,
kejujuran, tanggung jawab dan toleransi.
|
·
Konsep arah
·
Jalan
·
Lari
·
Lompat
dan meloncat
|
·
Melakukan konsep arah
·
Melakukan gerakan jalan
·
Melakukan gerakan lari
·
Melakukan gerakan lompat meloncat
|
·
Menerapkan
konsep arah ( kiri, kanan, depan, serong, belakang) dalam gerak dasar
lokomotor
·
Berjalan
dengan berbagai langkah, arah dan kecepatan
·
Berlari
ke berbagai arah dalam kecepatan yang berbeda
·
Melakukan
gerak meloncat dan melompat
|
Tes
|
Praktek
|
·
Lakukan gerakan
o Kiri,kanan,
depan,serong, kebelakang.
o Berjalan
ke berbagai arah
o Berlari
ke berbagai arah
o Meloncat
dan melompat
|
Sumber :
Buku pegangan
Alat :
Torong
Peluit
Kapur Tulis
|
|
6.2
Mempraktikkan gerak dasar memutar, mengayun ataupun menekuk dalam
permainan sederhana, dan nilai kerjasama, kejujuran, tanggung jawab dan
toleransi.
|
·
Gerak dasar non lokomotor
·
Gerak menekuk, mengayun
·
Gerak menarik dan mendorong
|
·
Menerapkan gerak dasar non lokomotort
·
Melakukan gerakkan menekuk lutut
·
Melakukan gerakkan menarik tangan, mendorong
benda dan meliukkan badan
|
·
Melakukan gerakan menekuk lutut
·
Melakukan
gerakan menarik dan mendorong
·
Melakukan
gerakan meliukkan badan
|
Tes
|
Praktek
|
·
Lakuakn gerakan :
o
Menekuk lutut
o
Menarik tangan dan mendorong benda
o
Meliukkan badan
|
Sumber :
Buku pengangan
Alat :
Torong
Peluit
Kapur Tulis
|
|
6.3
Mempraktikkan gerak dasar menangkap obyek berbagai ukuran dalam permainan
sederhana, dan nilai kerjasama, kejujuran, tanggung jawab dan toleransi.
|
·
Gerak dasar manipulatif
|
·
Menerapkan konsep arah atas, bawah, lurus,
melambung dalam gerak dasar manipulatif
·
Menangkap bola dari berbagai arah
·
Menendang bola dengan kaki kanan atau kaki kiri
|
·
Menerapkan
konsep arah (atas bawah, manipulatif) lurus melambung dalam gerak
·
Melempar/
merlambungkan bola ke berbagai arah
·
Menggulirkan
bola
·
Menangkap
bola dari berbagai arah
·
Memukul
bola dengan tangan
·
Menendang
dan menahan bola
·
Melemparkan
bola ke sasaran
·
Menggunakan
peralatan secara bergantian
|
Tes
|
Praktek
|
·
Lakukan gerakan :
o
Menengkap bola
o
Melempar bola ke berbagai arah
o
Menggulirkan bola
o
Menangkap bola dari berbagai arah
o
Memukul bola dengan tangan
o
Menendang dan menahan bola
o
Melempar bola ke sasaran
o
Menggunakan alat secara bergantian
|
Sumber :
Buku pengangan
Alat :
Torong
Peluit
Kapur Tulis
Bola Tenis,
Bola Kasti
|
Standar Kompetensi : Membiasakan penampilan sikap tubuh dalam berbagai posisi
KOMPETENSI DASAR
|
MATERI PEMBELAJARAN
|
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
|
INDIKATOR
|
PENILAIAN
|
ALOKASI
WAKTU
|
SUMBER BELAJAR
|
||
TEKNIK
|
BENTUK
|
CONTOH INSTRUMEN
|
||||||
7.1
Membiasakan penampilan sikap tubuh dalam posisi diam
|
·
Sikap tubuh dalam posisi diam
|
·
Mengetahui
bagian-bagian tubuh kepala, bahu, dada, punggung, pinggang, lengan,
pergelangan, jari tangan, tungkai, engkel, dan kaki
·
Melakukan
beberapa sikap duduk dengan benar
·
Melakukan beberapa sikap berbaring di lantai dengan benar
·
Melakukan
berdiri dengan posisi/sikap tubuh yang benar
|
·
Bagian-bagian
tubuh kepala, bahu, dada, punggung, pinggang, lengan, pergelangan, jari
tangan, tungkai, engkel, dan kaki
·
Sikap
duduk dengan benar
·
Beberapa
sikap berbaring di lantai dengan benar
·
Berdiri
dengan posisi/sikap tubuh yang benar
|
Tes
|
Praktek
|
·
Sebutkan macam anggota tubuh manusia
·
Lakukan gerakan:
o
Duduk dengan benar
o
Baring di lantai
o
Berdiri dengan benar
|
Sumber :
Buku pengangan
Alat :
Torong
Peluit
Kapur Tulis
Meja
Kursi
|
|
7.2
Membiasakan penampilan sikap tubuh dalam posisi bergerak
|
·
Sikap tubuh dalam posisi bergerak
|
·
Melakukan gerakan berjalan yang benar
·
Melakukan gerakan berjalan tegak yang benar
·
Melakukan gerakan PBB sederhana
|
·
Berjalan
dengan posisi/sikap tubuh yang benar
·
Berjalan
biasa dengan menaruh buku di atas kepala
·
Gerakan
PBB sederhana
|
Tes
|
Praktek
|
·
Lakuakn gerakan berjalan dengan benar
·
Lakukan gerakan berjalan membawa buku diatas
kepala
·
Lakukan gerakan PBB sederhana
|
Sumber :
Buku pengangan
Alat :
Torong
Peluit
Kapur
Buku Tulis
|
Standar Kompetensi : Mempraktikkan gerakan senam lantai sederhana dan nilai yang terkandung di
dalamnya
KOMPETENSI DASAR
|
MATERI PEMBELAJARAN
|
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
|
INDIKATOR
|
PENILAIAN
|
ALOKASI
WAKTU
|
SUMBER BELAJAR
|
||
TEKNIK
|
BENTUK
|
CONTOH INSTRUMEN
|
||||||
8.1
Mempraktikkan gerakan senam lantai sederhana serta nilai percaya diri
dan disiplin
|
·
Senam lantai
|
·
Melakukan
berbagai gerakan loncat di tempat dan mengubah arah
·
Melakukan gerakan berjalan lurus dengan
menutup mata
·
Melakukan berjalan di atas garis lurus
|
·
Berbagai
gerakan loncat di tempat dan mengubah arah
·
Berjalan
lurus dengan mata tertutup/ terpejam
·
Berjalan
di atas garis lurus
|
Tes
|
Praktek
|
·
Lakukan gerakan:
o
Loncat di tempat mengubah arah
o
Berjalan lurus
o
Berjalan di atas garis
|
Sumber :
Buku pengangan
Alat :
Torong
Peluit
Kapur Tulis
|
|
8.2
Mempraktikkan gerak peregangan dan pelemasan dalam kegiatan
pemanasan sederhana dengan benar serta
nilai disiplin
|
·
Senam peregangan
|
·
Melaksanakan
meniru gerakan binatang dan gerakan pohon ditiup angin
·
Melaksanakan
melangkah ke berbagai arah berirama
·
Melakukan
gerak lompat sambil berputar ke kanan,
|
·
Meniru
gerakan binatang dan gerakan pohon ditiup angin
·
Melangkah
ke berbagai arah berirama
·
Gerak
lompat sambil berputar ke kanan, kiri, depan belakang
|
Tes
|
Praktek
|
·
Lakukan gerakan:
o
Menirukan pohon tertiup angina
o
Melangkah ke berbagai arah berirama
o Melompat berputar ke kanan, kiri,
depan dan belakang
|
Sumber :
Buku pengangan
Alat :
Torong
Peluit
Kapur Tulis
|
Standar Kompetensi : Menampilkan perasaan melalui musik dan gerak berirama serta niali yang
terkandung di dalamnya
KOMPETENSI DASAR
|
MATERI PEMBELAJARAN
|
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
|
INDIKATOR
|
PENILAIAN
|
ALOKASI
WAKTU
|
SUMBER BELAJAR
|
||
TEKNIK
|
BENTUK
|
CONTOH INSTRUMEN
|
||||||
9.1
Menampilkan gerak bebas berirama diorientasikan dengan arah mengikuti
bunyi-bunyian secara individu, serta nilai estetika
|
·
Gerak bebas berirama mengikuti bunyi-bunyian
|
·
Melakukan gerak bebas berirama
·
Melakukan gerak melangkah ke berbagai arah
berirama
|
·
Bergerak
bebas mengikuti irama
·
Melangkah
ke berbagai arah berirama
|
Tes
|
Praktek
|
·
Bergerak bebas mengguinakan irama
·
Melangkah ke berbagai arah
|
Sumber :
Buku pengangan
Alat :
Torong
Peluit
Kapur Tulis
Kaset
|
|
9.2
Menampilkan gerak bebas berirama diorientasikan dengan arah
menggunakan bunyi-bunyian secara berpasangan / kelompok kecil, serta nilai
estetika
|
·
Gerak bebas berirama menggunakan bunyi-bunyian
|
·
Melakukan kombinasi gerak langkah kaki dan lengan berirama
·
Melaksanakan kerja sama kelompok
|
·
Kombinasi
gerak langkah kaki dan lengan berirama
·
Kerja
sama kelompok
|
Tes
|
Praktek
|
·
Lakukan gerakan:
o Kombinasi langkah kaki dan lengan
berirama
o
Kerjasama kelompok
|
Sumber :
Buku pengangan
Alat :
Torong
Peluit
Kapur Tulis
Kaset
|
Standar Kompetensi : Mempraktekkan dasar-dasar pengenalan air dan nilai yang terkandung
didalamnya
KOMPETENSI DASAR
|
MATERI PEMBELAJARAN
|
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
|
INDIKATOR
|
PENILAIAN
|
ALOKASI
WAKTU
|
SUMBER BELAJAR
|
||
TEKNIK
|
BENTUK
|
CONTOH INSTRUMEN
|
||||||
10.1 menpraktekkan aktivitas sadar di
air
|
·
Bermain air
|
·
Melakukan
Melempar bola ke sasaran di air
·
Melakukan lari bebas di air
·
Melakukan Memantulkan bola ke air
·
Melakukan melempar bola ke atas
|
·
Melempar
bola ke sasaran di air
·
Lari
bebas di air
·
Memantulkan
bola ke air
·
Melempar
bola ke atas
|
Tes
|
Praktek
|
·
Lakukan gerakan:
o
Melempar bola ke sasaran
o
Lari bebas di air
o
Memantulkan bola ke air
o
Melempar bola ke atas
|
Sumber :
Buku pengangan
Alat :
Torong
Peluit
Kapur Tulis
Tongkat estafet
Bola Tenis
|
|
10.2 Mempraktekkan berbagai permainan di air dangkal disertai
nilai percaya diri kebersihan dan percaya diri
|
·
Permainan di air
|
·
Melakukan permainan Hijau hitam di air
·
Melakukan permainan Kucing Tikus di air
·
Melakukan permainan Menjala ikan di air
·
Melakukan permainan Ular
|
·
Hijau
hitam
·
Kucing
Tikus
·
Menjala
ikan
·
Ular
dan tikus
|
Tes
|
Praktek
|
·
Lakukan gerakan:
o
Hijau hitam
o
Kucing tikus
o
Menjala ikan
o
Ular dan tikus
|
Sumber :
Buku pengangan
Alat :
Torong
Peluit
Kapur Tulis
|
Standar Kompetensi : Mempraktikkan pengenalan lingkungan sekolah melalui aktivitas jasmani dan
nilai yang terkandung di dalamnya
KOMPETENSI DASAR
|
MATERI PEMBELAJARAN
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
INDIKATOR
|
PENILAIAN
|
ALOKASI
WAKTU
|
SUMBER BELAJAR
|
||
TEKNIK
|
BENTUK
|
CONTOH INSTRUMEN
|
||||||
11.1 Mempraktikkan pengenalan lingkungan
sekolah secara beregu dan nilai disiplin kerja sama dan kebersihan lingkungan
|
·
Pengenalan
lingkungan sekolah secara
|
·
MelakukanPengenalan lingkungan menggunakan gerak dasar lokomotor
·
Melakukan bekerja sama selama kegiatan
|
·
Pengenalan
lingkungan menggunakan gerak dasar lokomotor
·
Bekerja
sama selama kegiatan
|
Tes
|
Praktek
|
·
Lakukan gerakan:
o
Berjalan mengelilingi sekolah
o
Berjalan mengelilingi sekolah beregu
|
Sumber :
Buku pengangan
Alat :
Torong
Peluit
Kapur Tulis
|
|
11.2 Mempraktikkan berbagai aktivitas
jasmani yang menyenangkan di lingkungan sekolah dan nilai disiplin ,
kerjasama dan pola hidup sehat
|
·
Aktivitas jasmani yang menyenangkan di
lingkungan sekolah
|
·
Melaksanakan berjalan mengelilingi sekolah sambil melihat sekitarnya
·
Melaksanakan
bermain di lingkungan
sekolah mengenal beberapa permainan
|
·
Berjalan
mengelilingi sekolah sambil melihat sekitarnya
·
Bermain
di lingkungan sekolah mengenal beberapa permainan
|
Tes
|
Praktek
|
·
Lakukan gerakan:
o
Lari bergandengan tangan
o
Menjala ikan
o
Bermain betengan
|
Sumber :
Buku pengangan
Alat :
Torong
Peluit
Kapur Tulis
|
|
11.3Mempraktikkan
pemanfaatan makanan dan minuman yang baik
|
·
Pemanfaatan
makanan dan minuman yang baik
|
·
Memilih
makanan dan minuman yang sehat
·
Melaksanakan Tidak sembarangan membeli makanan dan
minuman
|
·
Makanan
dan minuman yang sehat
·
Tidak
sembarangan membeli makanan dan minuman
|
Sumber :
Buku pengangan
|
Standar Kompetensi : Menerapkan budaya hidup sehat
KOMPETENSI DASAR
|
MATERI PEMBELAJARAN
|
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
|
INDIKATOR
|
PENILAIAN
|
ALOKASI
WAKTU
|
SUMBER BELAJAR
|
||
TEKNIK
|
BENTUK
|
CONTOH INSTRUMEN
|
||||||
12.1Menjaga kebersihan
gigi dan mulut
|
·
Kebersihan gigi dan mulut
|
·
Melakukan cara menggosok
gigi yang benar
·
Melakukan menjaga
kebersihan gigi dan mulut
|
·
Cara
menggosok gigi yang benar
·
Menjaga
kebersihan gigi dan mulut
|
Tes
|
Praktek
|
- Lakukan gerakan menggosok gigi yang benar
!
- Lakukan gerakan berkumur menggunakan
air yang bersih !
|
Sumber :
Buku pengangan
Alat :
Pasta gigi
Sikat gigi
|
|
12.2Mengenal makanan
sehat
|
·
Makanan sehat
|
· Melaksanakan Tidak sembarangan membeli makanan
·
Pengenalan makanan 4 sehat 5 sempurna
|
o
Tidak
sembarangan membeli makanan
o
Mengenal
4 sehat 5 sempurna
|
Tes
|
Praktek
|
- Sebutkan macam – macam tempat untuk membeli makan yang sehat !
- Sebutkan macam –macam makanan 4 sehat5
sempurna
|
Contoh
Makanan
4 Sehat 5 Sempurna
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar