Selasa, 15 Mei 2012

rpp penjas kls 5 smt 2

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
                                                                No : 6/6.1

SEKOLAH                    : SDN Kalilembu
MAPEL                         : Penjasorkes
KELAS / SEMESTER  : V/ II
WAKTU                        :
TAHUN PELAJARAN         : 2010/2011

STANDAR KOMPETENSI
6.   Mempraktikkan berbagai variasi gerak dasar ke dalam permainan dan olahraga dengan peraturan yang dimodifikasi dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya.
                                        
KOMPETENSI DASAR      
6.1 Mempraktikkan variasi teknik dasar salah satu permainan dan olahraga bola besar,  serta nilai kerjasama, sportivitas, dan kejujuran.

A. TUJUAN PEMBELAJARAN
1.   Siswa mampu melakukan passing menyusur tanah
  1. Siswa melakukan passing mendatar
3.   Siswa melakukan passing melambung
B.  MATERI PEMBELAJARAN
Sepak Bola

C.  METODE DAN MODEL PEMBELAJARAN
      1. Metode                          : - Ceramah
                                                  - Praktek / demonstrasi
      2. Model Pembelajaran     :

D. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
No
Kegiatan
Waktu
Metode
1.
Pendahuluan
a.       Siswa baris, ketua kelas memimpin berdo’a, kemudian diabsen.
b.      Siswa diberi senam yang mengarah ke gerakan inti.
15 menit

2.
Kegiatan Inti
1). Eksplorasi  :
    Guru memberi penjelasan tentang materi pembelajaran
2). Elaborasi  : 
  1. Guru menberi contoh mengenai materi pembelajaran.
  2. Siswa melakukan gerakan passing dengan bola menyusur tanah
  3. Siswa melakukan gerakan passing dengan bola mendatar
  4. Siswa melakukan gerakan passing dengan bola melambung
3). Konfirmasi
a.  Mengecek pemahaman siswa tentang materi pembelajaran
40 menit

3.
Penutup
Siswa dikumpulkan kembali. Guru memberi gerakan pendinginan. Dan mengoreksi kegiatan inti.
15 menit


E.  SUMBER BELAJAR
1. Buku Paket Penjasorkes Penerbit Erlangga
2. Media cetak dan elektronik.

F. PENILAIAN
1. Teknik Penilaian :
   - Tes unjuk kerja (psikomotor) melakukan gerakan :
ketrampilan dasar passing dengan bola menyusun tanah
ketrampilan dasar passing dengan bola mendatar
ketrampilan dasar passing dengan bola melambung
   - Pengamata sikap (afektif) :
       Penilaian dilakukan berdasarkan pemahaman siswa tentang materi pembelajaran.
-     Kuis / embedded test ( kognitif) :
  Menjawab secara lisan mengenai meteri pembelajaran.
2. Rubrik penilaian :

Indikator Penialaian
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen
Lakukan gerakan :
1.         ketrampilan dasar passing dengan bola menyusun tanah
2.         ketrampilan dasar passing dengan bola mendatar
3.         ketrampilan dasar passing dengan bola melambung
Tes
Tes Ketrampilan (unjuk kerja)


         Skor nilai : Skor Perolehan x         
Mengetahui                                                     Guru Mata Pelajaran
             Kepala Sekolah                                              Pendidikan Jasmani



             Drs. RAHMAT TAUFIQ                              PARTANTO, S.Pd
            NIP.196202201980121001                            NIP. 197204142006041004




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
No : 6/6.2

SEKOLAH                    : SDN Kalilembu
MAPEL                         : Penjasorkes
KELAS / SEMESTER  : V/ II
WAKTU                        :
TAHUN PELAJARAN         : 2010/2011

STANDAR KOMPETENSI
6.   Mempraktikkan berbagai variasi gerak dasar ke dalam permainan dan olahraga dengan peraturan yang dimodifikasi dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya.
                                        
KOMPETENSI DASAR      
6.2 Mempraktikkan variasi teknik dasar ke dalam modifikasi permainan bola kecil, serta nilai kerjasama, sportivitas, dan kejujuran.

A. TUJUAN PEMBELAJARAN
1.                  Siswa  mampu melakukan lempar tangkap dengfan baik
2.                  Siswa mampu melakukan cara memukul dengan baik
3.                  Siswa mampu melakukan berlari zig-zag dengan baik

B.  MATERI PEMBELAJARAN
Kasti

C.  METODE DAN MODEL PEMBELAJARAN
      1. Metode                          : - Ceramah
                                                  - Praktek / demonstrasi
      2. Model Pembelajaran     :

D. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
No
Kegiatan
Waktu
Metode
1.
Pendahuluan
a.       Siswa baris, ketua kelas memimpin berdo’a, kemudian diabsen.
b.      Siswa diberi senam yang mengarah ke gerakan inti.
15 menit

2.
Kegiatan Inti
1). Eksplorasi  :
    Guru memberi penjelasan tentang materi pembelajaran
2). Elaborasi  : 
a.       Guru menberi contoh mengenai materi pembelajaran.
b.      Siswa melakukan teknik dasar lempar tangkap bola kasti
c.       Siswa melakukan teknik dasar mempukul bola kasti
d.      Siswa melakukan gerakan berlari zig-zag untuk menghindari lemparan lawan
3). Konfirmasi
a.  Mengecek pemahaman siswa tentang materi pembelajaran
40 menit

3.
Penutup
Siswa dikumpulkan kembali. Guru memberi gerakan pendinginan. Dan mengoreksi kegiatan inti.
15 menit


E.  SUMBER BELAJAR
1. Buku Paket Penjasorkes Penerbit Erlangga
2. Media cetak dan elektronik.

F. PENILAIAN
1. Teknik Penilaian :
   - Tes unjuk kerja (psikomotor) melakukan gerakan :
Melakukan lempar tangkap dengfan baik
Melakukan cara memukul dengan baik
Melakukan berlari zig-zag dengan baik
   - Pengamata sikap (afektif) :
       Penilaian dilakukan berdasarkan pemahaman siswa tentang materi pembelajaran.
-     Kuis / embedded test ( kognitif) :
  Menjawab secara lisan mengenai meteri pembelajaran.
2. Rubrik penilaian :

Indikator Penialaian
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen
Lakukan Gerakan :
  1. Melakukan lempar tangkap dengfan baik
  2. Melakukan cara memukul dengan baik
  3. Melakukan berlari zig-zag dengan baik
Tes
Tes Ketrampilan (unjuk kerja)


         Skor nilai : Skor Perolehan x         



Mengetahui                                                     Guru Mata Pelajaran
             Kepala Sekolah                                              Pendidikan Jasmani



             Drs. RAHMAT TAUFIQ                              PARTANTO, S.Pd
            NIP.196202201980121001                            NIP. 197204142006041004

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
No : 6/6.3

SEKOLAH                    : SDN Kalilembu
MAPEL                         : Penjasorkes
KELAS / SEMESTER  : V/ II
WAKTU                        :
TAHUN PELAJARAN         : 2010/2011

STANDAR KOMPETENSI
6.   Mempraktikkan berbagai variasi gerak dasar ke dalam permainan dan olahraga dengan peraturan yang dimodifikasi dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya.
                                        
KOMPETENSI DASAR      
6.3 Mempraktikkan variasi teknik dasar atletik yang dimodifikasi serta nilai semangat, sportivitas, kerjasama, percaya diri dan kejujuran.

A. TUJUAN PEMBELAJARAN
1.                  Siswa mampu melakukan teknik awalan dalam lompat jauh
2.                  Siswa mampu melakukan teknik tolakan dalam lompat jauh
3.                  Siswa mampu melakukan teknik mendarat dalam lompat jauh
B.  MATERI PEMBELAJARAN
Lompat jauh

C.  METODE DAN MODEL PEMBELAJARAN
      1. Metode                          : - Ceramah
                                                  - Praktek / demonstrasi
      2. Model Pembelajaran     :

D. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
No
Kegiatan
Waktu
Metode
1.
Pendahuluan
a.       Siswa baris, ketua kelas memimpin berdo’a, kemudian diabsen.
b.      Siswa diberi senam yang mengarah ke gerakan inti.
15 menit

2.
Kegiatan Inti
1). Eksplorasi  :
    Guru memberi penjelasan tentang materi pembelajaran
2). Elaborasi  : 
  1. Guru menberi contoh mengenai materi pembelajaran.
  2. Siswa melakukan teknik awalan dalam lompat jauh
  3. Siswa melakukan teknik tolakan dalam lompat jauh
  4. Siswa melakukan teknik mendarat dalam lompat jauh
3). Konfirmasi
a.      Mengecek pemahaman siswa tentang materi pembelajaran
40 menit

3.
Penutup
Siswa dikumpulkan kembali. Guru memberi gerakan pendinginan. Dan mengoreksi kegiatan inti.
15 menit


E.  SUMBER BELAJAR
1. Buku Paket Penjasorkes Penerbit Erlangga
2. Media cetak dan elektronik.

F. PENILAIAN
1. Teknik Penilaian :
   - Tes unjuk kerja (psikomotor) melakukan gerakan :
melakukan teknik awalan dalam lompat jauh
melakukan teknik tolakan dalam lompat jauh
melakukan teknik mendarat dalam lompat jauh
   - Pengamata sikap (afektif) :
       Penilaian dilakukan berdasarkan pemahaman siswa tentang materi pembelajaran.
-     Kuis / embedded test ( kognitif) :
  Menjawab secara lisan mengenai meteri pembelajaran.
2. Rubrik penilaian :

Indikator Penialaian
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen
Lakukan Gerakan :
  1. melakukan teknik awalan dalam lompat jauh
  2.  melakukan teknik tolakan dalam lompat jauh
  3. melakukan teknik mendarat dalam lompat jauh
Tes
Tes Ketrampilan (unjuk kerja)


         Skor nilai : Skor Perolehan x         

Mengetahui                                                     Guru Mata Pelajaran
             Kepala Sekolah                                              Pendidikan Jasmani



             Drs. RAHMAT TAUFIQ                              PARTANTO, S.Pd
            NIP.196202201980121001                            NIP. 197204142006041004

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
No : 7/7.1

SEKOLAH                    : SDN Kalilembu
MAPEL                         : Penjasorkes
KELAS / SEMESTER  : V/ II
WAKTU                        :
TAHUN PELAJARAN         : 2010/2011

STANDAR KOMPETENSI
7.   Mempraktikkan latihan dasar kebugaran jasmani dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya.
                                        
KOMPETENSI DASAR      
7.1 Mempraktikkan aktivitas untuk kekuatan otot-otot anggota badan bagian bawah,serta nilai kerja keras, disiplin, kerjasama, dan kejujuran.

A. TUJUAN PEMBELAJARAN
  1. siswa mampu melakukan latihan jinjit berdiri
  2. siswa mampu melakukan latihan lompat di tempat
  3. siswa mampu melakukan latihan lari kijang
B.  MATERI PEMBELAJARAN
Latihan kekuatan otot-otot anggota badan bagian bawah.

C.  METODE DAN MODEL PEMBELAJARAN
      1. Metode                          : - Ceramah
                                                  - Praktek / demonstrasi
      2. Model Pembelajaran     :

D. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
No
Kegiatan
Waktu
Metode
1.
Pendahuluan
a.       Siswa baris, ketua kelas memimpin berdo’a, kemudian diabsen.
b.      Siswa diberi senam yang mengarah ke gerakan inti.
15 menit

2.
Kegiatan Inti
1). Eksplorasi  :
    Guru memberi penjelasan tentang materi pembelajaran
2). Elaborasi  : 
a.                   Guru menberi contoh mengenai materi pembelajaran.
b.                  Siswa melakukan latihan jinjit berdiri
c.                   Siswa melakukan latihan lompat di tempat
d.                  Siswa melakukan latihan lari kijang
3). Konfirmasi
a.  Mengecek pemahaman siswa tentang materi    pembelajaran
40 menit

3.
Penutup
Siswa dikumpulkan kembali. Guru memberi gerakan pendinginan. Dan mengoreksi kegiatan inti.
15 menit


E.  SUMBER BELAJAR
1. Buku Paket Penjasorkes Penerbit Erlangga
2. Media cetak dan elektronik.

F. PENILAIAN
1. Teknik Penilaian :
   - Tes unjuk kerja (psikomotor) melakukan gerakan :
melakukan latihan jinjit berdiri
melakukan latihan lompat di tempat
melakukan latihan lari kijang
   - Pengamata sikap (afektif) :
       Penilaian dilakukan berdasarkan pemahaman siswa tentang materi pembelajaran.
-     Kuis / embedded test ( kognitif) :
  Menjawab secara lisan mengenai meteri pembelajaran.
2. Rubrik penilaian :

Indikator Penialaian
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen
Lakukan Gerakan :
  1. melakukan latihan jinjit berdiri
  2.  melakukan latihan lompat di tempat
  3. melakukan latihan lari kijang
Tes
Tes Ketrampilan (unjuk kerja)


         Skor nilai : Skor Perolehan x         



Mengetahui                                                     Guru Mata Pelajaran
             Kepala Sekolah                                              Pendidikan Jasmani



             Drs. RAHMAT TAUFIQ                              PARTANTO, S.Pd
            NIP.196202201980121001                            NIP. 197204142006041004




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
No : 7/7.2

SEKOLAH                    : SDN Kalilembu
MAPEL                         : Penjasorkes
KELAS / SEMESTER  : V/ II
WAKTU                        :
TAHUN PELAJARAN         : 2010/2011

STANDAR KOMPETENSI
7.   Mempraktikkan latihan dasar kebugaran jasmani dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya.
                                        
KOMPETENSI DASAR      
7.2 Mempraktikkan aktivitas untuk kelincahan dengan kualitas gerak yang meningkat, serta nilai kerja keras, disiplin, kerjasama, dan kejujuran.

A. TUJUAN PEMBELAJARAN
7.2.1.      siswa dapat melakukan latihan lompat tali
7.2.2.      siswa dapat melakukan latihan lari zig-zag
7.2.3.      siswa dapat melakukan latihan lari mengikuti perintah

B.  MATERI PEMBELAJARAN
Senam Kelincahan.

C.  METODE DAN MODEL PEMBELAJARAN
      1. Metode                          : - Ceramah
                                                  - Praktek / demonstrasi
      2. Model Pembelajaran     :

D. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
No
Kegiatan
Waktu
Metode
1.
Pendahuluan
a.       Siswa baris, ketua kelas memimpin berdo’a, kemudian diabsen.
b.      Siswa diberi senam yang mengarah ke gerakan inti.
15 menit

2.
Kegiatan Inti
1). Eksplorasi  :
    Guru memberi penjelasan tentang materi pembelajaran
2). Elaborasi  : 
  1. Guru menberi contoh mengenai materi pembelajaran.
  2. Siswa melakukan latihan lompat tali
  3. Siswa melakukan latihan lari zig-zag
  4. Siswa melakukan latihan lari mengikuti perintah
3). Konfirmasi
a.  Mengecek pemahaman siswa tentang materi    pembelajaran
40 menit

3.
Penutup
Siswa dikumpulkan kembali. Guru memberi gerakan pendinginan. Dan mengoreksi kegiatan inti.
15 menit


E.  SUMBER BELAJAR
1. Buku Paket Penjasorkes Penerbit Erlangga
2. Media cetak dan elektronik.

F. PENILAIAN
1. Teknik Penilaian :
   - Tes unjuk kerja (psikomotor) melakukan gerakan :
Mampu melakukan latihan lompat tali
Mampu melakukan latihan lari zig-zag
Mampu melakukan latihan lari mengikuti perintah
   - Pengamata sikap (afektif) :
       Penilaian dilakukan berdasarkan pemahaman siswa tentang materi pembelajaran.
-     Kuis / embedded test ( kognitif) :
  Menjawab secara lisan mengenai meteri pembelajaran.
2. Rubrik penilaian :

Indikator Penialaian
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen
Lakukan Gerakan :
  1. Mampu melakukan latihan lompat tali
  2. Mampu melakukan latihan lari zig-zag
  3. Mampu melakukan latihan lari mengikuti perintah
Tes
Tes Ketrampilan (unjuk kerja)


         Skor nilai : Skor Perolehan x         



Mengetahui                                                     Guru Mata Pelajaran
             Kepala Sekolah                                              Pendidikan Jasmani



             Drs. RAHMAT TAUFIQ                              PARTANTO, S.Pd
            NIP.196202201980121001                            NIP. 197204142006041004


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
No : 8/8.1

SEKOLAH                    : SDN Kalilembu
MAPEL                         : Penjasorkes
KELAS / SEMESTER  : V/ II
WAKTU                        :
TAHUN PELAJARAN         : 2010/2011

STANDAR KOMPETENSI
8.   Mempraktikkan berbagai bentuk senam ketangkasan dengan koordinasi yang baik dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya.
                                        
KOMPETENSI DASAR      
8.1 Mempraktikkan sebuah rangkaian gerak senam ketangkasan dengan konsisten, tepat, dan koordinasi yang baik, serta nilai keselamatan, disiplin, dan keberanian.

A. TUJUAN PEMBELAJARAN
1.                  Siswa mampu melakukan latihan guling depan
2.                  Siswa mampu melakukan latihan guling belakang
3.                  Siswa mampu melakukan latihan guling samping

B.  MATERI PEMBELAJARAN
Senam Ketangkasan.

C.  METODE DAN MODEL PEMBELAJARAN
      1. Metode                          : - Ceramah
                                                  - Praktek / demonstrasi
      2. Model Pembelajaran     :

D. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
No
Kegiatan
Waktu
Metode
1.
Pendahuluan
a.       Siswa baris, ketua kelas memimpin berdo’a, kemudian diabsen.
b.      Siswa diberi senam yang mengarah ke gerakan inti.
15 menit

2.
Kegiatan Inti
1). Eksplorasi  :
    Guru memberi penjelasan tentang materi pembelajaran
2). Elaborasi  : 
  1. Guru menberi contoh mengenai materi pembelajaran.
  2. Siswa melakukan latihan guling depan
  3. Siswa melakukan latihan guling belakang
  4. Siswa melakukan latihan guling samping
3). Konfirmasi
a.  Mengecek pemahaman siswa tentang materi    pembelajaran
40 menit

3.
Penutup
Siswa dikumpulkan kembali. Guru memberi gerakan pendinginan. Dan mengoreksi kegiatan inti.
15 menit


E.  SUMBER BELAJAR
1. Buku Paket Penjasorkes Penerbit Erlangga
2. Media cetak dan elektronik.

F. PENILAIAN
1. Teknik Penilaian :
   - Tes unjuk kerja (psikomotor) melakukan gerakan :
Mampu melakukan latihan guling depan
Mampu melakukan latihan guling belakang
Mampu melakukan latihan guling samping
   - Pengamata sikap (afektif) :
       Penilaian dilakukan berdasarkan pemahaman siswa tentang materi pembelajaran.
-     Kuis / embedded test ( kognitif) :
  Menjawab secara lisan mengenai meteri pembelajaran.
2. Rubrik penilaian :

Indikator Penialaian
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen
Lakukan Gerakan :
  1. Mampu melakukan latihan guling depan
  2. Mampu melakukan latihan guling belakang
  3. Mampu melakukan latihan guling samping
Tes
Tes Ketrampilan (unjuk kerja)


         Skor nilai : Skor Perolehan x         



Mengetahui                                                     Guru Mata Pelajaran
             Kepala Sekolah                                              Pendidikan Jasmani



             Drs. RAHMAT TAUFIQ                              PARTANTO, S.Pd
            NIP.196202201980121001                            NIP. 197204142006041004


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
No : 8/82

SEKOLAH                    : SDN Kalilembu
MAPEL                         : Penjasorkes
KELAS / SEMESTER  : V/ II
WAKTU                        :
TAHUN PELAJARAN         : 2010/2011

STANDAR KOMPETENSI
8.   Mempraktikkan berbagai bentuk senam ketangkasan dengan koordinasi yang baik dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya.
                                        
KOMPETENSI DASAR      
8.2 Mempraktikkan bentuk-bentuk rangkaian gerak senam ketangkasan dengan koordinasi dan kontrol yang baik, serta nilai keselamatan, disiplin, dan keberanian.

A. TUJUAN PEMBELAJARAN
  1. Siswa melakukan latihan lompat harimau
  2. Siswa melakukan latihan lompat peti
  3. Siswa melakukan latihan meroda
B.  MATERI PEMBELAJARAN
Senam Kelincahan.

C.  METODE DAN MODEL PEMBELAJARAN
      1. Metode                          : - Ceramah
                                                  - Praktek / demonstrasi
      2. Model Pembelajaran     :

D. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
No
Kegiatan
Waktu
Metode
1.
Pendahuluan
a.       Siswa baris, ketua kelas memimpin berdo’a, kemudian diabsen.
b.      Siswa diberi senam yang mengarah ke gerakan inti.
15 menit

2.
Kegiatan Inti
1). Eksplorasi  :
    Guru memberi penjelasan tentang materi pembelajaran
2). Elaborasi  : 
  1. Guru menberi contoh mengenai materi pembelajaran.
  2. Siswa melakukan latihan lompat harimau
  3. siswa melakukan latihan lompat peti
  4. siswa elakukan latihan meroda
3). Konfirmasi
a.  Mengecek pemahaman siswa tentang materi    pembelajaran
40 menit

3.
Penutup
Siswa dikumpulkan kembali. Guru memberi gerakan pendinginan. Dan mengoreksi kegiatan inti.
15 menit


E.  SUMBER BELAJAR
1. Buku Paket Penjasorkes Penerbit Erlangga
2. Media cetak dan elektronik.

F. PENILAIAN
1. Teknik Penilaian :
   - Tes unjuk kerja (psikomotor) melakukan gerakan :
Melakukan latihan lompat harimau
Melakukan latihan lompat peti
Melakukan latihan meroda
   - Pengamata sikap (afektif) :
       Penilaian dilakukan berdasarkan pemahaman siswa tentang materi pembelajaran.
-     Kuis / embedded test ( kognitif) :
  Menjawab secara lisan mengenai meteri pembelajaran.
2. Rubrik penilaian :

Indikator Penialaian
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen
Lakukan Gerakan :
  1. Melakukan latihan lompat harimau
  2. Melakukan latihan lompat peti
  3. Melakukan latihan meroda
Tes
Tes Ketrampilan (unjuk kerja)


         Skor nilai : Skor Perolehan x         



Mengetahui                                                     Guru Mata Pelajaran
             Kepala Sekolah                                              Pendidikan Jasmani



             Drs. RAHMAT TAUFIQ                              PARTANTO, S.Pd
            NIP.196202201980121001                            NIP. 197204142006041004




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
No : 9/9.1

SEKOLAH                    : SDN Kalilembu
MAPEL                         : Penjasorkes
KELAS / SEMESTER  : V/ II
WAKTU                        :
TAHUN PELAJARAN         : 2010/2011

STANDAR KOMPETENSI
9.   Mempraktikkan kombinasi berbagai gerak dasar dalam gerak berirama dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya.
                                        
KOMPETENSI DASAR      
9.1 Mempraktikkan kombinasi pola gerak mengayun, menarik, menekuk, meliuk, memutar dalam gerak berirama, serta nilai kerjasama dan disiplin.

A. TUJUAN PEMBELAJARAN
1.      Siswa dapat melakukan  gerakan mengayun tangan
2.      Siswa dapat melakukan gerakan memekuk  lutut
3.      Siswa dapat melakukan gerakan berputar 90˚
B.  MATERI PEMBELAJARAN
Gerak lokomotor berirama.

C.  METODE DAN MODEL PEMBELAJARAN
      1. Metode                          : - Ceramah
                                                  - Praktek / demonstrasi
      2. Model Pembelajaran     :

D. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
No
Kegiatan
Waktu
Metode
1.
Pendahuluan
a.       Siswa baris, ketua kelas memimpin berdo’a, kemudian diabsen.
b.      Siswa diberi senam yang mengarah ke gerakan inti.
15 menit

2.
Kegiatan Inti
1). Eksplorasi  :
    Guru memberi penjelasan tentang materi pembelajaran
2). Elaborasi  : 
  1. Guru menberi contoh mengenai materi pembelajaran.
  2. Siswa melakukan  gerakan mengayun tangan
  3. Siswa melakukan gerakan memekuk  lutut
  4. Siswa melakukan gerakan berputar 90˚
3). Konfirmasi
a.  Mengecek pemahaman siswa tentang materi    pembelajaran
40 menit

3.
Penutup
Siswa dikumpulkan kembali. Guru memberi gerakan pendinginan. Dan mengoreksi kegiatan inti.
15 menit


E.  SUMBER BELAJAR
1. Buku Paket Penjasorkes Penerbit Erlangga
2. Media cetak dan elektronik.

F. PENILAIAN
1. Teknik Penilaian :
   - Tes unjuk kerja (psikomotor) melakukan gerakan :
Melakukan  gerakan mengayun tangan
Melakukan gerakan memekuk  lutut
Melakukan gerakan berputar 90˚
   - Pengamata sikap (afektif) :
       Penilaian dilakukan berdasarkan pemahaman siswa tentang materi pembelajaran.
-     Kuis / embedded test ( kognitif) :
  Menjawab secara lisan mengenai meteri pembelajaran.
2. Rubrik penilaian :

Indikator Penialaian
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen
Lakukan Gerakan :
1.   Melakukan  gerakan mengayun tangan
2.   Melakukan gerakan memekuk  lutut
3.   Melakukan gerakan berputar 90˚
Tes
Tes Ketrampilan (unjuk kerja)


         Skor nilai : Skor Perolehan x         



Mengetahui                                                     Guru Mata Pelajaran
             Kepala Sekolah                                              Pendidikan Jasmani



             Drs. RAHMAT TAUFIQ                              PARTANTO, S.Pd
            NIP.196202201980121001                            NIP. 197204142006041004



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
No : 9/9.2

SEKOLAH                    : SDN Kalilembu
MAPEL                         : Penjasorkes
KELAS / SEMESTER  : V/ II
WAKTU                        :
TAHUN PELAJARAN         : 2010/2011

STANDAR KOMPETENSI
9.   Mempraktikkan kombinasi berbagai gerak dasar dalam gerak berirama dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya.
                                        
KOMPETENSI DASAR      
9.2 Mempraktikkan satu pola gerak berirama terstruktur dengan konsisten dan lancar , serta nilai kerjasama , percaya diri dan disiplin.

A. TUJUAN PEMBELAJARAN
1.         Siswa mampu melakukan gerakan pemanasan senam SKJ 2008
2.         Siswa mampu melakukan gerakan inti senam SKJ 2008
3.         Siswa mampu melakukan gerakan pendinginan senam SKJ 2008
B.  MATERI PEMBELAJARAN
Senam SKJ 2008

C.  METODE DAN MODEL PEMBELAJARAN
      1. Metode                          : - Ceramah
                                                  - Praktek / demonstrasi
      2. Model Pembelajaran     :

D. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
No
Kegiatan
Waktu
Metode
1.
Pendahuluan
a.       Siswa baris, ketua kelas memimpin berdo’a, kemudian diabsen.
b.      Siswa diberi senam yang mengarah ke gerakan inti.
15 menit

2.
Kegiatan Inti
1). Eksplorasi  :
    Guru memberi penjelasan tentang materi pembelajaran
2). Elaborasi  : 
  1. Guru menberi contoh mengenai materi pembelajaran.
  2. Siswa melakukan gerakan pemanasan senam SKJ 2008
  3. Siswa melakukan gerakan inti senam SKJ 2008
  4. Siswa melakukan gerakan pendinginan senam SKJ 2008
3). Konfirmasi
a.  Mengecek pemahaman siswa tentang materi    pembelajaran
40 menit

3.
Penutup
Siswa dikumpulkan kembali. Guru memberi gerakan pendinginan. Dan mengoreksi kegiatan inti.
15 menit


E.  SUMBER BELAJAR
1. Buku Paket Penjasorkes Penerbit Erlangga
2. Media cetak dan elektronik.

F. PENILAIAN
1. Teknik Penilaian :
   - Tes unjuk kerja (psikomotor) melakukan gerakan :
Mampu melakukan gerakan pemanasan senam SKJ 2008
Mampu melakukan gerakan inti senam SKJ 2008
Mampu melakukan gerakan pendinginan senam SKJ 2008
   - Pengamata sikap (afektif) :
       Penilaian dilakukan berdasarkan pemahaman siswa tentang materi pembelajaran.
-     Kuis / embedded test ( kognitif) :
  Menjawab secara lisan mengenai meteri pembelajaran.
2. Rubrik penilaian :

Indikator Penialaian
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen
Lakukan Gerakan :
  1. Mampu melakukan gerakan pemanasan senam SKJ 2008
  2. Mampu melakukan gerakan inti senam SKJ 2008
  3. Mampu melakukan gerakan pendinginan senam SKJ 2008
Tes
Tes Ketrampilan (unjuk kerja)


         Skor nilai : Skor Perolehan x         

Mengetahui                                                     Guru Mata Pelajaran
             Kepala Sekolah                                              Pendidikan Jasmani



             Drs. RAHMAT TAUFIQ                              PARTANTO, S.Pd
            NIP.196202201980121001                            NIP. 197204142006041004

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
No : 10/10.1

SEKOLAH                    : SDN Kalilembu
MAPEL                         : Penjasorkes
KELAS / SEMESTER  : V/ II
WAKTU                        :
TAHUN PELAJARAN         : 2010/2011

STANDAR KOMPETENSI
10.    Mempraktikkan gerak dasar renang gaya punggung dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya.
                                        
KOMPETENSI DASAR      
10.1  Mempraktikkan gerak dasar renang gaya punggung : meluncur, menggerakkan lengan, serta nilai kebersihan,keberanian dan percaya diri.

A. TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Siswa dapat melakukan gerakan meluncur
2. Siswa dapat melakukan menggerakkan tungkai
3. Siswa dapat melakukan menggerakkan lengan
B.  MATERI PEMBELAJARAN
Dasar renang.

C.  METODE DAN MODEL PEMBELAJARAN
      1. Metode                          : - Ceramah
                                                  - Praktek / demonstrasi
      2. Model Pembelajaran     :

D. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
No
Kegiatan
Waktu
Metode
1.
Pendahuluan
a.       Siswa baris, ketua kelas memimpin berdo’a, kemudian diabsen.
b.      Siswa diberi senam yang mengarah ke gerakan inti.
15 menit

2.
Kegiatan Inti
1). Eksplorasi  :
    Guru memberi penjelasan tentang materi pembelajaran
2). Elaborasi  : 
  1. Guru menberi contoh mengenai materi pembelajaran.
  2. Siswa melakukan gerakan meluncur
  3. Siswa melakukan menggerakkan tungkai
  4. Siswa melakukan menggerakkan lengan
3). Konfirmasi
a.  Mengecek pemahaman siswa tentang materi    pembelajaran
40 menit

3.
Penutup
Siswa dikumpulkan kembali. Guru memberi gerakan pendinginan. Dan mengoreksi kegiatan inti.
15 menit


E.  SUMBER BELAJAR
1. Buku Paket Penjasorkes Penerbit Erlangga
2. Media cetak dan elektronik.

F. PENILAIAN
1. Teknik Penilaian :
   - Tes unjuk kerja (psikomotor) melakukan gerakan :
Mampu melakukan gerakan meluncur
Mampu melakukan menggerakkan tungkai
Mampu melakukan menggerakkan lengan
   - Pengamata sikap (afektif) :
       Penilaian dilakukan berdasarkan pemahaman siswa tentang materi pembelajaran.
-     Kuis / embedded test ( kognitif) :
  Menjawab secara lisan mengenai meteri pembelajaran.
2. Rubrik penilaian :

Indikator Penialaian
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen
Lakukan Gerakan :
  1. Mampu melakukan gerakan meluncur
  2. Mampu melakukan menggerakkan tungkai
  3. Mampu melakukan menggerakkan lengan
Tes
Tes Ketrampilan (unjuk kerja)


         Skor nilai : Skor Perolehan x         



Mengetahui                                                     Guru Mata Pelajaran
             Kepala Sekolah                                              Pendidikan Jasmani



             Drs. RAHMAT TAUFIQ                              PARTANTO, S.Pd
            NIP.196202201980121001                            NIP. 197204142006041004




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
No : 10/10.2

SEKOLAH                    : SDN Kalilembu
MAPEL                         : Penjasorkes
KELAS / SEMESTER  : V/ II
WAKTU                        :
TAHUN PELAJARAN         : 2010/2011

STANDAR KOMPETENSI
10.    Mempraktikkan gerak dasar renang gaya punggung dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya.
                                        
KOMPETENSI DASAR      
10.2  Mempraktikkan kombinasi gerakan lengan dan tungkai renang gaya punggung ,serta nilai kebersihan, keberanian dan percaya diri.

A. TUJUAN PEMBELAJARAN
  1. Siswa mampu menggerakkan tungkai
  2. Siswa mampu menggerakkan lengan
  3. Siswa mampu mengkombinasikan gerakan
B.  MATERI PEMBELAJARAN
Renang gaya punggung.

C.  METODE DAN MODEL PEMBELAJARAN
      1. Metode                          : - Ceramah
                                                  - Praktek / demonstrasi
      2. Model Pembelajaran     :

D. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
No
Kegiatan
Waktu
Metode
1.
Pendahuluan
a.       Siswa baris, ketua kelas memimpin berdo’a, kemudian diabsen.
b.      Siswa diberi senam yang mengarah ke gerakan inti.
15 menit

2.
Kegiatan Inti
1). Eksplorasi  :
    Guru memberi penjelasan tentang materi pembelajaran
2). Elaborasi  : 
  1. Guru menberi contoh mengenai materi pembelajaran.
  2. Siswa melakukan gerakan tungkai
  3. Siswa melakukan gerakan lengan
  4. Siswa mengkombinasikan gerakan
3). Konfirmasi
a.  Mengecek pemahaman siswa tentang materi    pembelajaran
40 menit

3.
Penutup
Siswa dikumpulkan kembali. Guru memberi gerakan pendinginan. Dan mengoreksi kegiatan inti.
15 menit


E.  SUMBER BELAJAR
1. Buku Paket Penjasorkes Penerbit Erlangga
2. Media cetak dan elektronik.

F. PENILAIAN
1. Teknik Penilaian :
   - Tes unjuk kerja (psikomotor) melakukan gerakan :
Mampu menggerakkan tungkai
Mampu menggerakkan lengan
Mampu mengkombinasikan gerakan
   - Pengamata sikap (afektif) :
       Penilaian dilakukan berdasarkan pemahaman siswa tentang materi pembelajaran.
-     Kuis / embedded test ( kognitif) :
  Menjawab secara lisan mengenai meteri pembelajaran.
2. Rubrik penilaian :

Indikator Penialaian
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen
Lakukan Gerakan :
  1. Mampu menggerakkan tungkai
  2. Mampu menggerakkan lengan
  3.  Mampu mengkombinasikan gerakan
Tes
Tes Ketrampilan (unjuk kerja)


         Skor nilai : Skor Perolehan x         



Mengetahui                                                     Guru Mata Pelajaran
             Kepala Sekolah                                              Pendidikan Jasmani



             Drs. RAHMAT TAUFIQ                              PARTANTO, S.Pd
            NIP.196202201980121001                            NIP. 197204142006041004




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
No : 11/11.1

SEKOLAH                    : SDN Kalilembu
MAPEL                         : Penjasorkes
KELAS / SEMESTER  : V/ II
WAKTU                        :
TAHUN PELAJARAN         : 2010/2011

STANDAR KOMPETENSI
11.    Mempraktikkan penjelajahan di lingkungan sekitar sekolah dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya.
                                        
KOMPETENSI DASAR      
11.1  Mempraktikkan pembuatan rencana kegiatan penjelajahan.

A. TUJUAN PEMBELAJARAN
1.   Siswa dapat melakukan penyusunan jadwal kegiatan.
2.   Siswa dapat melakukan pendataan kesulitan yang ditemukan.
3.   Siswa dapat melakukan pembagian tugas anggota dalam kelompok.

B.  MATERI PEMBELAJARAN
Penjelajahan .

C.  METODE DAN MODEL PEMBELAJARAN
      1. Metode                          : - Ceramah
                                                  - Penugasan
                                                  - Diskusi
      2. Model Pembelajaran     :

D. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
No
Kegiatan
Waktu
Metode
1.
Pendahuluan
a.       Ketua kelas memimpin berdo’a, kemudian diabsen.
b.      Tanya jawab tentang penhelajahan.
15 menit

2.
Kegiatan Inti
1). Eksplorasi  :
    Guru memberi penjelasan tentang materi pembelajaran
2). Elaborasi  : 
  1. Guru menberi contoh mengenai materi pembelajaran.
  2. siswa melakukan penyusunan jadwal kegiatan dengan panduan dari guru.
  3. siswa melakukan pendataan kesulitan yang ditemukan.
  4. Siswa melakukan pembagian tugas anggota dalam kelompok.
3). Konfirmasi
a.  Mengecek pemahaman siswa tentang materi    pembelajaran
40 menit

3.
Penutup
Guru mengoreksi kegiatan inti.
15 menit


E.  SUMBER BELAJAR
1. Buku Paket Penjasorkes Penerbit Erlangga
2. Media cetak dan elektronik.

F. PENILAIAN
1. Teknik Penilaian :
   - Tes unjuk kerja (psikomotor) melakukan gerakan :
Mampu melakukan penyususnan jadwal
Mampu melakukan pandataan
Mampu membagi tugas anggota dalam kelompok
   - Pengamata sikap (afektif) :
       Penilaian dilakukan berdasarkan pemahaman siswa tentang materi pembelajaran.
-     Kuis / embedded test ( kognitif) :
  Menjawab secara lisan mengenai meteri pembelajaran.
2. Rubrik penilaian :

Indikator Penialaian
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen
Lakukan Gerakan :
1.                  Mampu melakukan penyususnan jadwal
2.                  Mampu melakukan pandataan
3.                  Mampu membagi tugas anggota dalam kelompok

Tes
Tes Ketrampilan (unjuk kerja)


         Skor nilai : Skor Perolehan x         



Mengetahui                                                     Guru Mata Pelajaran
             Kepala Sekolah                                              Pendidikan Jasmani



             Drs. RAHMAT TAUFIQ                              PARTANTO, S.Pd
            NIP.196202201980121001                            NIP. 197204142006041004


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
No : 11/11.2

SEKOLAH                    : SDN Kalilembu
MAPEL                         : Penjasorkes
KELAS / SEMESTER  : V/ II
WAKTU                        :
TAHUN PELAJARAN         : 2010/2011

STANDAR KOMPETENSI
11.    Mempraktikkan penjelajahan di lingkungan sekitar sekolah dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya.
                                        
KOMPETENSI DASAR      
11.2  Mempraktikkan berbagai ketrampilan gerak dalam kegiatan penjelajahan di lingkungan sekolah yang sehat, serta nilai kerjasama, disiplin, keselamatan, kebersihan dan etika..

A. TUJUAN PEMBELAJARAN
1.      Siswa mampu melakukan pengenalan sandi
2.      Siswa mampu melakukan pengenalan jejak
3.      Siswa mampu melakukan penyusunan laporan
B.  MATERI PEMBELAJARAN
Penjelajahan .

C.  METODE DAN MODEL PEMBELAJARAN
      1. Metode                          : - Ceramah
                                                  - Penugasan
                                                  - Diskusi
                                                  - Demonstrasi
      2. Model Pembelajaran     :

D. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
No
Kegiatan
Waktu
Metode
1.
Pendahuluan
a.       Ketua kelas memimpin berdo’a, kemudian diabsen.
b.      Mengulang sepintas materi yang lalu yang berhubungan dengan Penjelajahan lingkungan sekitar.
15 menit

2.
Kegiatan Inti
1). Eksplorasi  :
    Guru memberi penjelasan tentang materi pembelajaran
2). Elaborasi  : 
  1. Guru menberi contoh mengenai materi pembelajaran.
  2. Siswa melakukan pengenalan sandi
  3. Siswa melakukan pengenalan jejak
  4. Siswa melakukan penyusunan laporan
3). Konfirmasi
a.  Mengecek pemahaman siswa tentang materi    pembelajaran
40 menit

3.
Penutup
Siswa dikumpulkan kembali. Guru memberi gerakan pendinginan. Dan mengoreksi kegiatan inti.
15 menit


E.  SUMBER BELAJAR
1. Buku Paket Penjasorkes Penerbit Erlangga
2. Media cetak dan elektronik.

F. PENILAIAN
1. Teknik Penilaian :
   - Tes unjuk kerja (psikomotor) melakukan gerakan :
Mampu melakukan pengenalan sandi
Mampu melakukan pengenalan jejak
Mampu melakukan penyusunan laporan
   - Pengamata sikap (afektif) :
       Penilaian dilakukan berdasarkan pemahaman siswa tentang materi pembelajaran.
-     Kuis / embedded test ( kognitif) :
  Menjawab secara lisan mengenai meteri pembelajaran.
2. Rubrik penilaian :

Indikator Penialaian
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen
  1. Mampu melakukan pengenalan sandi
  2. Mampu melakukan pengenalan jejak
  3. Mampu melakukan penyusunan laporan
Tes
Tes Ketrampilan (unjuk kerja)


         Skor nilai : Skor Perolehan x         



Mengetahui                                                     Guru Mata Pelajaran
             Kepala Sekolah                                              Pendidikan Jasmani



             Drs. RAHMAT TAUFIQ                              PARTANTO, S.Pd
            NIP.196202201980121001                            NIP. 197204142006041004


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
No : 12/12.1

SEKOLAH                    : SDN Kalilembu
MAPEL                         : Penjasorkes
KELAS / SEMESTER  : V/ II
WAKTU                        :
TAHUN PELAJARAN         : 2010/2011

STANDAR KOMPETENSI
12.    Menerapkan budaya hidup sehat.
                                        
KOMPETENSI DASAR      
12.1  Mengenal bahaya merokok bagi kesehatan

A. TUJUAN PEMBELAJARAN
1.   Siswa mampu mengerti bahaya merokok
2.   Siswa mampu mengerti zat racun dalam rokok
3.   Siswa mampu menjauhkan diri dari rokok
B.  MATERI PEMBELAJARAN
Bahaya merokok.

C.  METODE DAN MODEL PEMBELAJARAN
      1. Metode                          : - Ceramah
                                                  - Penugasan
                                                  - Diskusi
      2. Model Pembelajaran     :

D. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
No
Kegiatan
Waktu
Metode
1.
Pendahuluan
a.       Ketua kelas memimpin berdo’a, kemudian diabsen.
b.      Tanya jawab tentang rokok dan minuman keras
c.       Tanya jawab dan memberikan contoh rokok dan minuman keras
15 menit

2.
Kegiatan Inti
1). Eksplorasi  :
    Guru memberi penjelasan tentang materi pembelajaran
2). Elaborasi  : 
  1. Guru menberi contoh mengenai materi pembelajaran.
  2. Siswa mendengarkan  penjelasan bahaya merokok.
  3. siswa mendengarkan penjelasan tiga zat yang berbahaya yang terkandung dalam rokok  ( tar, nikotin, karbon monoksida
  4. siswa medengarkan penjelasan cara menjauhkan diri dari rokok
3). Konfirmasi
a.  Mengecek pemahaman siswa tentang materi    pembelajaran
40 menit

3.
Penutup
Guru mengoreksi kegiatan inti.
15 menit


E.  SUMBER BELAJAR
1. Buku Paket Penjasorkes Penerbit Erlangga
2. Media cetak dan elektronik.

F. PENILAIAN
1. Teknik Penilaian :
   - Tes unjuk kerja (psikomotor) melakukan gerakan :
Penyakit yang dapat diderita oleh perokok
Racun yang terdapat dapam rokok
Keuntungan tidak merokok
   - Pengamata sikap (afektif) :
       Penilaian dilakukan berdasarkan pemahaman siswa tentang materi pembelajaran.
-     Kuis / embedded test ( kognitif) :
  Menjawab secara lisan mengenai meteri pembelajaran.
2. Rubrik penilaian :

Indikator Penialaian
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen
1.         Penyakit yang dapat diderita oleh perokok adalah .......
2.         Racun yang terdapat dapam rokok berupa ......
3.         Keuntungan tidak merokok adalah ........
Tes tertulis
Tes Ketrampilan (unjuk kerja)


         Skor nilai : Skor Perolehan x         



Mengetahui                                                     Guru Mata Pelajaran
             Kepala Sekolah                                              Pendidikan Jasmani



             Drs. RAHMAT TAUFIQ                              PARTANTO, S.Pd
            NIP.196202201980121001                            NIP. 197204142006041004


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
No : 12/12.2

SEKOLAH                    : SDN Kalilembu
MAPEL                         : Penjasorkes
KELAS / SEMESTER  : V/ II
WAKTU                        :
TAHUN PELAJARAN         : 2010/2011

STANDAR KOMPETENSI
12.    Menerapkan budaya hidup sehat.
                                        
KOMPETENSI DASAR      
12.2  Mengenal bahaya minuman keras

A. TUJUAN PEMBELAJARAN
1.         Siswa mampu mengenal jenis-jenis minuman keras
2.         Siswa mampu mengetahui bahaya minuman keras
3.         Siswa mampu mengetahui cara menghindari minuman keras
B.  MATERI PEMBELAJARAN
Bahaya minuman keras.

C.  METODE DAN MODEL PEMBELAJARAN
      1. Metode                          : - Ceramah
                                                  - Penugasan
                                                  - Diskusi

      2. Model Pembelajaran     :

D. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
No
Kegiatan
Waktu
Metode
1.
Pendahuluan
a.       Ketua kelas memimpin berdo’a, kemudian diabsen.
b.      Mengulang sepintas materi yang telah lalu yang berhubungan dengan rokok dan minuman beralkohol.
15 menit

2.
Kegiatan Inti
1). Eksplorasi  :
    Guru memberi penjelasan tentang materi pembelajaran
2). Elaborasi  : 
  1. Guru menberi contoh mengenai materi pembelajaran.
  2. Guru mengenalkan jenis-jenis minuman keras
  3. Guru menjelaskan bahaya minuman keras
  4. Guru menjelaskan cara menghindari minuman keras
3). Konfirmasi
a.  Mengecek pemahaman siswa tentang materi    pembelajaran
40 menit

3.
Penutup
Guru mengoreksi kegiatan inti.
15 menit


E.  SUMBER BELAJAR
1. Buku Paket Penjasorkes Penerbit Erlangga
2. Media cetak dan elektronik.

F. PENILAIAN
1. Teknik Penilaian :
   - Tes unjuk kerja (psikomotor) melakukan gerakan :
Alkohol dihasilkan
Minuman keras
Meminum minuman beralkohol akan membahayakan tubuh
Salah satu contoh minuman beralkohol
Cairan yang bening tak berwarna, mudah menguap dan mudah terbakar      
- Pengamata sikap (afektif) :
       Penilaian dilakukan berdasarkan pemahaman siswa tentang materi pembelajaran.
-     Kuis / embedded test ( kognitif) :
  Menjawab secara lisan mengenai meteri pembelajaran.
2. Rubrik penilaian :

Indikator Penialaian
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen
1.      Alkohol dihasilkan dari .....
2.      Minuman keras adalah .........
3.      Meminum minuman beralkohol akan membahayakan tubuh karena...........
4.      Salah satu contoh minuman beralkohol adalah ............
5.      Cairan yang bening tak berwarna, mudah menguap dan mudah terbakar adalah .......
Tes
Tes Ketrampilan (unjuk kerja)


         Skor nilai : Skor Perolehan x         

Mengetahui                                                     Guru Mata Pelajaran
             Kepala Sekolah                                              Pendidikan Jasmani



             Drs. RAHMAT TAUFIQ                              PARTANTO, S.Pd
            NIP.196202201980121001                            NIP. 197204142006041004

Tidak ada komentar:

Posting Komentar