RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
No. 1/1.1
SEKOLAH : SDN
Kalilembu
MAPEL : PENJASORKES
KELAS/ SMT :
II (DUA) / I (SATU)
ALOKASI WAKTU :
TAHUN
PELAJARAN : 2010/2011
STANDAR
KOMPETENSI
Mempraktikkan variasi gerak dasar
melalui permainan dan aktivitas jasmani dan nilai-nilai yang terkandung
didalamnya.
KOMPETENSI
DASAR
Mempraktekkan gerak dasar jalan, lari, lompat
yang bervariasi dalam permainan yang
menyenangkan dan nilai kerjasama, toleransi, kejujuran, tanggungjawab,
menghargai lawan dan menghargai diri sendiri.
A. TUJUAN
PEMBELAJARAN
1.
Melakukan gerak dasar jalan ditempat
2.
Melakukan gerak dasar lari jarak pendek 15 m
3.
Melakukan gerak dasar lompat tanpa awalan
B. MATERI
BELAJAR
1. Jalan
2. Lari
3. Lompat
C. METODE
DAN MODEL PEMBELAJARAN
1. Metode : Ceramah dan Praktek
2. Model Pembelajaran : Ceramah dan Praktek
D. LANGKAH-LANGKAH
PEMBELAJARAN
No
|
Kegiatan
|
Waktu
|
Metode
|
1
|
Pendahuluan
a.
Siswa dikumpulkan berdo’a kemudian diabsen
b.
Siswa diberi senam yang mengarah ke gerakan inti
|
1 JP
|
Ceramah dan praktek
|
2
|
Kegiatan Inti
1). Eksplorasi :
Guru memberi penjelasan tentang
materi pembelajaran
2). Elaborasi :
a. Guru
menberi contoh mengenai materi pembelajaran.
b. Siswa
melakukan gerakan jalan ke depan kemudian ke belakang
c. Siswa
melakukan gerakan jalan cepat bolak-balik
d. Siswa
melakukan gerakan lari merubah arah
e. Siswa
melakukan gerakan lari beranting
f. Siswa
melakukan gerakan lompat katak
g.
Siswa melakukan gerakan kombinasi jalan lari dan lompat
3). Konfirmasi
a.
Mengecek pemahaman siswa tentang materi pembelajaran
|
2 JP
|
Praktek
|
3
|
Penutupan
Siswa dikumpulkan kemudian berdoa dan
istirahat
|
1 JP
|
Praktek
|
E. SUMBER
BELAJAR
1. Buku
Penjasorkes
2. Alat :
Bilah dan kardus
F. PENILAIAN
1. Teknik Penilaian :
- Tes unjuk kerja (psikomotor) melakukan
gerakan :
Jalan ke depan kemudian ke
belakang
Jalan cepat bolak balik
Lari merubah
arah
Lari beranting
Lompat katak
Kombinasi
jalan dan lompat
-
Pengamat sikap (afektif) :
Penilaian
dilakukan berdasarkan pemahaman siswa tentang materi pembelajaran.
- Kuis
/ embedded test ( kognitif) :
Menjawab
secara lisan mengenai meteri pembelajaran.
2. Rubrik
penilaian :
Indikator Penilaian
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen
|
-
Jalan ke depan kemudian ke belakang
-
Jalan cepat bolak balik
-
Lari merubah arah
-
Lari beranting
-
Lompat katak
-
Kombinasi jalan dan lompat
|
Tes
|
Praktek
|
Lakukan Gerakan :
-
Jalan ke depan _ank e belakang
-
Lari cepat bolak balik
-
Lari merubah arah
-
Lari beranting
-
Lompat katak
-
Jalan lari dan lompat
|
|
Kunci Jawaban :
No
|
Jawaban
|
Skor nilai
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Jumlah skor
maksimal
|
|
Mengetahui Guru Mata Pelajaran
Kepala Sekolah Pendidikan
Jasmani
Drs. RAHMAT TAUFIQ PARTANTO,
S.Pd
NIP.196202201980121001 NIP.
197204142006041004
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
No. 1/1.2
SEKOLAH :
SDN Kalilembu
MAPEL :
PENJASORKES
KELAS/ SMT :
II (DUA) / I (SATU)
ALOKASI WAKTU :
TAHUN
PELAJARAN : 2010/2011
STANDAR
KOMPETENSI
Mempraktikkan variasi gerak dasar
melalui permainan dan aktivitas jasmani dan nilai-nilai yang terkandung
didalamnya.
KOMPETENSI
DASAR
Mempraktekkan gerak dasar memutar,
mengayun, menekuk lutut dalam berbagai variasi permainan sederhana serta nilai
kejujuran, tanggungjawab, menghargai lawan dan menghargai diri sendiri.
A. TUJUAN
PEMBELAJARAN
1.
Melakukan gerak memutar badan
2.
Melakukan gerak mengayun tangan
3.
Melakukan gerak menekuk lutut
B. MATERI
BELAJAR
1. Memutar
2. Mengayun
3. Menekuk
C. METODE
DAN MODEL PEMBELAJARAN
1. Metode : Ceramah dan Praktek
2. Model Pembelajaran : Ceramah dan Praktek
D. LANGKAH-LANGKAH
PEMBELAJARAN
No
|
Kegiatan
|
Waktu
|
Metode
|
1
|
Pendahuluan
a.
Siswa dikumpulkan berdo’a kemudian diabsen
b.
Siswa diberi senam yang mengarah ke gerakan inti
|
1 JP
|
Ceramah dan praktek
|
2
|
Kegiatan Inti
1). Eksplorasi :
Guru memberi penjelasan tentang
materi pembelajaran
2). Elaborasi :
a. Guru menberi contoh mengenai
materi pembelajaran.
b. Siswa melakukan
gerakan memutar kedua lengan ke depan dan ke belakang
c. Siswa melakukan
gerakan menganyun satu tangan ke atas bergantian
d. Siswa melakukan
gerakan berdiri satu kaki sambil menekuk lutut
e. Siswa melakukan gerakan variasi
memutar lengan dan menekuk lutut
3). Konfirmasi
a.
Mengecek pemahaman siswa tentang materi pembelajaran
|
2 JP
|
Praktek
|
3
|
Penutupan
Siswa
dikumpulkan kemudian berdoa dan istirahat
|
1 JP
|
Praktek
|
E. SUMBER
BELAJAR
Buku Penjasorkes
F. PENILAIAN
1. Teknik Penilaian :
- Tes unjuk kerja (psikomotor) melakukan
gerakan :
Memutar kedua lengan ke depan dan k
e belakang
Menganyun satu tangan ke atas
bergantian
Berdiri satu kaki sambil menekuk lutut
Variasi memutar lengan dan menekuk
lutut
- Pengamat sikap (afektif) :
Penilaian dilakukan
berdasarkan pemahaman siswa tentang materi pembelajaran.
- Kuis
/ embedded test ( kognitif) :
Menjawab
secara lisan mengenai meteri pembelajaran.
2. Rubrik
penilaian :
Indikator Penilaian
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen
|
- Memutar kedua lengan ke depan dan k
e belakang
-
Menganyun satu tangan ke atas bergantian
-
Berdiri satu kaki sambil menekuk lutut
- Variasi memutar lengan dan menekuk
lutut
|
Tes
|
Praktek
|
Lakukan Gerakan :
-
Memutar kedua lengan ke depan _ank e belakang
-
Menganyun satu tangan ke atas bergantian
-
Berdiri satu kaki sambil menekuk lutut
- Variasi memutar lengan dan menekuk
lutut
|
|
Kunci Jawaban :
No
|
Jawaban
|
Skor nilai
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Jumlah skor
maksimal
|
|
Mengetahui Guru Mata Pelajaran
Kepala Sekolah Pendidikan
Jasmani
Drs. RAHMAT TAUFIQ PARTANTO,
S.Pd
NIP.196202201980121001 NIP.
197204142006041004
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
No. 1/1.3
SEKOLAH :
SDN Kalilembu
MAPEL :
PENJASORKES
KELAS/ SMT :
II (DUA) / I (SATU)
ALOKASI WAKTU :
TAHUN
PELAJARAN : 2010/2011
STANDAR
KOMPETENSI
Mempraktikkan variasi gerak dasar
melalui permainan dan aktivitas jasmani dan nilai-nilai yang terkandung
didalamnya.
KOMPETENSI
DASAR
Mempraktekkan gerak dasar melempar,
menangkap dan menggiring bola ke berbagai arah dalam permainan sederhana serta
nilai kejujuran tanggungjawab, menghargai lawan dan menghargai diri sendiri.
A. TUJUAN
PEMBELAJARAN
1.
Melempar bola dengan benar
2.
Menendang bola dengan benar
3.
menggiring bola dengan benar
B. MATERI
BELAJAR
1. Melempar
2. Menangkap
3. Menendang
4. Menggiring
bola
C. METODE
DAN MODEL PEMBELAJARAN
1. Metode : Ceramah dan Praktek
2. Model Pembelajaran : Teori dan praktek
D. LANGKAH-LANGKAH
PEMBELAJARAN
No
|
Kegiatan
|
Waktu
|
Metode
|
1
|
Pendahuluan
a. Siswa
dikumpulkan berdo’a kemudian diabsen
b.
Siswa diberi senam yang mengarah ke gerakan inti
|
1 JP
|
Ceramah dan praktek
|
2
|
Kegiatan Inti
1). Eksplorasi :
Guru memberi penjelasan tentang
materi pembelajaran
2). Elaborasi :
a. Guru
menberi contoh mengenai materi pembelajaran.
b. Siswa
melakukan gerakan melompat dan menangkap bola
c. Siswa
melakukan gerakan melempar bola ke sasaran
d. Siswa
melakukan gerakan menendang dan menahan bola
e. Siswa
melakukan gerakan menggiring bola dengan kaki kanan
f.
Siswa melakukan gerakan variasi menggiring dan
menendang bola
3). Konfirmasi
a. Mengecek pemahaman siswa tentang materi
pembelajaran
|
2 JP
|
Praktek
|
3
|
Penutupan
Siswa
dikumpulkan kemudian berdoa dan istirahat
|
1 JP
|
Praktek
|
E. SUMBER
BELAJAR
1. Buku
Penjasorkes
2. Alat : Bola
kasti, bola sepak, pancang
F. PENILAIAN
1. Teknik Penilaian :
- Tes unjuk kerja (psikomotor) melakukan
gerakan :
Melompat dan menangkap bola
Melempar bola ke sasaran
Menendang dan menahan bola
Menggiring bola dengan kaki kanan
Variasi menggiring dan menendang
bola
-
Pengamat sikap (afektif) :
Penilaian dilakukan
berdasarkan pemahaman siswa tentang materi pembelajaran.
- Kuis
/ embedded test ( kognitif) :
Menjawab
secara lisan mengenai meteri pembelajaran.
2. Rubrik
penilaian :
Indikator Penilaian
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen
|
-
Melompat dan menangkap bola
-
Melempar bola ke sasaran
-
Menendang dan menahan bola
-
Menggiring bola dengan kaki kanan
-
Variasi menggiring dan menendang bola
|
Tes
|
Praktek
|
Lakukan Gerakan :
-
Melompat dan menangkap bola
-
Melempar bola ke sasaran
-
Menendang dan menahan bola
-
Menggiring bola dengan kaki kanan
-
Variasi menggiring dan menendang bola
|
|
Kunci Jawaban :
No
|
Jawaban
|
Skor nilai
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Jumlah skor
maksimal
|
|
Mengetahui Guru Mata Pelajaran
Kepala Sekolah Pendidikan
Jasmani
Drs. RAHMAT TAUFIQ PARTANTO,
S.Pd
NIP.196202201980121001 NIP.
197204142006041004
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
No. 2/2.1
SEKOLAH :
SDN Kalilembu
MAPEL :
PENJASORKES
KELAS/ SMT :
II (DUA) / I (SATU)
ALOKASI WAKTU :
TAHUN
PELAJARAN : 2010/2011
STANDAR
KOMPETENSI
Mempraktikkan latihan dasar
kebugaran jasmani dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya.
KOMPETENSI
DASAR
Mempraktekkan satu jenis bentuk
latihan untuk meningkatkan kekuatan otot lengan dan tungkai dengan mengikuti
aturan.
A. TUJUAN
PEMBELAJARAN
1.
Latihan kekuatan otot lengan
2.
Melakukan latihan kekuatan otot tungkai
3. Latihan kombinasi kekuatan otot
tangan dan tungkai
B. MATERI
BELAJAR
1. Kekuatan
otot lengan
2. Kekuatan
otot tungkai
C. METODE
DAN MODEL PEMBELAJARAN
1. Metode : Ceramah dan Praktek
2. Model Pembelajaran : Teori dan praktek
D. LANGKAH-LANGKAH
PEMBELAJARAN
No
|
Kegiatan
|
Waktu
|
Metode
|
1
|
Pendahuluan
a.
Siswa dikumpulkan berdo’a kemudian diabsen
b.
Siswa diberi senam yang mengarah ke gerakan inti
|
1 JP
|
Ceramah dan praktek
|
2
|
Kegiatan Inti
1). Eksplorasi :
Guru memberi penjelasan tentang
materi pembelajaran
2). Elaborasi :
a.
Guru menberi contoh mengenai materi pembelajaran.
b. Siswa
melakukan gerakan mendorong tembok
c. Siswa
melakukan gerakan dorong mendorong berpasangan
d. Siswa
melakukan gerakan push up
e. Siswa
melakukan gerakan berjalan menggendong teman
3). Konfirmasi
a. Mengecek pemahaman siswa tentang materi
pembelajaran
|
2 JP
|
Praktek
|
3
|
Penutupan
Siswa
dikumpulkan kemudian berdoa dan istirahat
|
1 JP
|
Praktek
|
E. SUMBER
BELAJAR
1.
Buku Penjasorkes
2.
Alat : Tembok, kapur
F. PENILAIAN
1. Teknik Penilaian :
-
Tes unjuk kerja (psikomotor) melakukan gerakan :
Mendorong
tembok
Dorong
mendorong berpasangan
Push up
berjalan
menggendong teman
-
Pengamat sikap (afektif) :
Penilaian
dilakukan berdasarkan pemahaman siswa tentang materi pembelajaran.
- Kuis
/ embedded test ( kognitif) :
Menjawab
secara lisan mengenai meteri pembelajaran.
2. Rubrik
penilaian :
Indikator Penilaian
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen
|
-
Mendorong tembok
-
Dorong mendorong berpasangan
-
Push up
-
berjalan menggendong teman
|
Tes
|
Praktek
|
Lakukan Gerakan :
-
Mendorong tembok
-
Dorong mendorong berpasangan
-
Push up
-
berjalan menggendong teman
|
|
Kunci Jawaban :
No
|
Jawaban
|
Skor nilai
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Jumlah skor
maksimal
|
|
Mengetahui Guru Mata Pelajaran
Kepala Sekolah Pendidikan
Jasmani
Drs. RAHMAT TAUFIQ PARTANTO,
S.Pd
NIP.196202201980121001 NIP.
197204142006041004
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
No. 2/2.2
SEKOLAH :
SDN Kalilembu
MAPEL :
PENJASORKES
KELAS/ SMT :
II (DUA) / I (SATU)
ALOKASI WAKTU :
TAHUN
PELAJARAN : 2010/2011
STANDAR
KOMPETENSI
Mempraktikkan latihan dasar
kebugaran jasmani dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya.
KOMPETENSI
DASAR
Mempraktekkan berbagai aktivitas
untuk melatih keseimbangan statis dan dinamis serta nilai disiplin dan estetika
A. TUJUAN
PEMBELAJARAN
1.
Melakukan latihan keseimbangan statis
2.
Melakukan latihan keseimbangan dinamis
3. Melakukan Latihan kombinasi
keseimbangan statis dan keseimbangan dinamis
B. MATERI
BELAJAR
1. Latihan
Keseimbangan
C. METODE
DAN MODEL PEMBELAJARAN
1. Metode : Ceramah dan Praktek
2. Model Pembelajaran : Teori dan praktek
D. LANGKAH-LANGKAH
PEMBELAJARAN
No
|
Kegiatan
|
Waktu
|
Metode
|
1
|
Pendahuluan
a.
Siswa dikumpulkan berdo’a kemudian diabsen
b.
Siswa diberi senam yang mengarah ke gerakan inti
|
1 JP
|
Ceramah dan praktek
|
2
|
Kegiatan Inti
1). Eksplorasi :
Guru memberi penjelasan tentang
materi pembelajaran
2). Elaborasi :
a. Guru menberi contoh mengenai
materi pembelajaran.
b.
Siswa melakukan gerakan berdiri satu kaki, kaki yang
satu diangkat ke belakang
c.
Siswa melakukan gerakan berdiri satu kaki, kaki yang
satu diangkat ke samping
d.
Siswa melakukan gerakan berjalan ke depan diatas
balok titian
e.
Siswa melakukan gerakan berjalan kebelakang diatas
balok titian
3). Konfirmasi
a.
Mengecek pemahaman siswa tentang materi pembelajaran
|
2 JP
|
Praktek
|
3
|
Penutupan
Siswa
dikumpulkan kemudian berdoa dan istirahat
|
1 JP
|
Praktek
|
E. SUMBER
BELAJAR
1.
Buku Penjasorkes
2.
Alat : Balok titian, kapur, keset
F. PENILAIAN
1. Teknik Penilaian :
-
Tes unjuk kerja (psikomotor) melakukan gerakan :
Berdiri satu kaki, kaki yang
satu diangkat ke belakang
Berdiri satu
kaki, kaki yang satu diangkat ke samping
Berjalan ke
depan diatas balok titian
Berjalan
kebelakang diatas balok titian
- Pengamat sikap (afektif) :
Penilaian
dilakukan berdasarkan pemahaman siswa tentang materi pembelajaran.
- Kuis
/ embedded test ( kognitif) :
Menjawab
secara lisan mengenai meteri pembelajaran.
2. Rubrik
penilaian :
Indikator Penilaian
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen
|
-
Berdiri satu kaki, kaki yang satu diangkat ke
belakang
-
Berdiri satu kaki, kaki yang satu diangkat ke samping
-
Berjalan ke depan diatas balok titian
-
Berjalan kebelakang diatas balok titian
|
Tes
|
Praktek
|
Lakukan Gerakan :
-
Berdiri satu kaki, kaki yang satu diangkat ke
belakang
-
Berdiri satu kaki, kaki yang satu diangkat ke samping
-
Berjalan ke depan diatas balok titian
-
Berjalan kebelakang diatas balok titian
|
|
Kunci Jawaban :
No
|
Jawaban
|
Skor nilai
|
|
|
|
|
|
|
Jumlah skor
maksimal
|
|
Mengetahui Guru Mata Pelajaran
Kepala Sekolah Pendidikan
Jasmani
Drs. RAHMAT TAUFIQ PARTANTO,
S.Pd
NIP.196202201980121001 NIP.
197204142006041004
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
No. 2/2.3
SEKOLAH :
SDN Kalilembu
MAPEL :
PENJASORKES
KELAS/ SMT :
II (DUA) / I (SATU)
ALOKASI WAKTU :
TAHUN
PELAJARAN : 2010/2011
STANDAR
KOMPETENSI
Mempraktikkan latihan dasar
kebugaran jasmani dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya.
KOMPETENSI
DASAR
Membiasakan bergerak dengan benar
A. TUJUAN
PEMBELAJARAN
1.
Berjalan dengan benar
2.
Duduk dengan benar
3.
Berdiri dengan benar
B. MATERI
BELAJAR
Gerak Lokomotor
C. METODE
DAN MODEL PEMBELAJARAN
1. Metode : Ceramah dan Praktek
2. Model Pembelajaran : Teori dan praktek
D. LANGKAH-LANGKAH
PEMBELAJARAN
No
|
Kegiatan
|
Waktu
|
Metode
|
1
|
Pendahuluan
a.
Siswa dikumpulkan berdo’a kemudian diabsen
b.
Siswa diberi senam yang mengarah ke gerakan inti
|
1 JP
|
Ceramah dan praktek
|
2
|
Kegiatan Inti
1). Eksplorasi :
Guru memberi penjelasan tentang
materi pembelajaran
2). Elaborasi :
a.
Guru menberi contoh mengenai materi pembelajaran.
b.
Siswa melakukan gerakan berjalan ke depan
c.
Siswa melakukan gerakan lari ke depan
3). Konfirmasi
a.
Mengecek pemahaman siswa tentang materi pembelajaran
|
2 JP
|
Praktek
|
3
|
Penutupan
Siswa
dikumpulkan kemudian berdoa dan istirahat
|
1 JP
|
Praktek
|
E. SUMBER
BELAJAR
1. Buku
Penjasorkes
2. Alat
: Balok titian, kapur, keset
F. PENILAIAN
1. Teknik Penilaian :
-
Tes unjuk kerja (psikomotor) melakukan gerakan :
Berjalan ke
depan
Lari ke depan
-
Pengamat sikap (afektif) :
Penilaian
dilakukan berdasarkan pemahaman siswa tentang materi pembelajaran.
- Kuis
/ embedded test ( kognitif) :
Menjawab
secara lisan mengenai meteri pembelajaran.
2. Rubrik
penilaian :
Indikator Penilaian
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen
|
-
Berjalan ke depan
-
Lari ke depan
|
Tes
|
Praktek
|
Lakukan Gerakan :
-
Berjalan ke depan
-
Lari ke depan
|
|
Kunci Jawaban :
No
|
Jawaban
|
Skor nilai
|
|
|
|
|
|
|
Jumlah skor
maksimal
|
|
Mengetahui Guru Mata Pelajaran
Kepala Sekolah Pendidikan
Jasmani
Drs. RAHMAT TAUFIQ PARTANTO,
S.Pd
NIP.196202201980121001 NIP.
197204142006041004
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
No. 3/3.1
SEKOLAH :
SDN Kalilembu
MAPEL :
PENJASORKES
KELAS/ SMT :
II (DUA) / I (SATU)
ALOKASI WAKTU :
TAHUN
PELAJARAN : 2010/2011
STANDAR
KOMPETENSI
Mempraktekkan senam ketangkasan
dasar dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya.
KOMPETENSI
DASAR
Mempraktekkan senam ketangkasan
sederhana tanpa menggunakan alat, melompat dan meloncat dengan isyarat ke
berbagai arah
A. TUJUAN
PEMBELAJARAN
1.
Melompat dengan isyarat ke berbagai arah
2.
Meloncat dengan isyarat ke berbagai arah
3.
Mengkombinasikan lompat dan loncat dengan isyarat ke
berbagai arah
B. MATERI
BELAJAR
Gerak dasar senam ketangkasan
C. METODE
DAN MODEL PEMBELAJARAN
1. Metode : Ceramah dan Praktek
2. Model Pembelajaran : Teori dan praktek
D. LANGKAH-LANGKAH
PEMBELAJARAN
No
|
Kegiatan
|
Waktu
|
Metode
|
1
|
Pendahuluan
a.
Siswa dikumpulkan berdo’a kemudian diabsen
b.
Siswa diberi senam yang mengarah ke gerakan inti
|
1 JP
|
Ceramah dan praktek
|
2
|
Kegiatan Inti
1). Eksplorasi :
Guru memberi penjelasan tentang
materi pembelajaran
2). Elaborasi :
a.
Guru menberi contoh mengenai materi pembelajaran.
b.
Siswa melakukan gerakan melompati bilah
c.
Siswa melakukan gerakan melompati kardus
d.
Siswa melakukan gerakan loncat kelinci
e.
Siswa melakukan gerakan meloncat jalan katak
3). Konfirmasi
a. Mengecek pemahaman siswa tentang materi
pembelajaran
|
4 JP
|
Praktek
|
3
|
Penutupan
Siswa
dikumpulkan kemudian berdoa dan istirahat
|
1 JP
|
Praktek
|
E. SUMBER
BELAJAR
1. Buku
Penjasorkes
2. Alat
: bilah, kardus, karpet
F. PENILAIAN
1. Teknik Penilaian :
-
Tes unjuk kerja (psikomotor) melakukan gerakan :
Melompati
bilah
Melompati kardus
Loncat kelinci
Meloncat jalan
katak
-
Pengamat sikap (afektif) :
Penilaian
dilakukan berdasarkan pemahaman siswa tentang materi pembelajaran.
- Kuis
/ embedded test ( kognitif) :
Menjawab
secara lisan mengenai meteri pembelajaran.
2. Rubrik
penilaian :
Indikator Penilaian
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen
|
-
Melompati bilah
-
Melompati kardus
-
Loncat kelinci
-
Meloncat jalan katak
|
Tes
|
Praktek
|
Lakukan Gerakan :
-
Melompati bilah
-
Melompati kardus
-
Loncat kelinci
-
Meloncat jalan katak
|
|
Kunci Jawaban :
No
|
Jawaban
|
Skor nilai
|
|
|
|
|
|
|
Jumlah skor
maksimal
|
|
Mengetahui Guru Mata Pelajaran
Kepala Sekolah Pendidikan
Jasmani
Drs. RAHMAT TAUFIQ PARTANTO,
S.Pd
NIP.196202201980121001 NIP.
197204142006041004
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
No. 3/3.2
SEKOLAH :
SDN Kalilembu
MAPEL :
PENJASORKES
KELAS/ SMT :
II (DUA) / I (SATU)
ALOKASI WAKTU :
TAHUN
PELAJARAN : 2010/2011
STANDAR
KOMPETENSI
Mempraktekkan senam ketangkasan
dasar dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya.
KOMPETENSI
DASAR
Mempraktekkan seman ketangkasan
dengan menggunakan alat sederhana dengan percaya diri
A. TUJUAN
PEMBELAJARAN
Mengguling
badan ke berbagai arah
B. MATERI
BELAJAR
Gerak dasar senam ketangkasan
C. METODE
DAN MODEL PEMBELAJARAN
1. Metode : Ceramah dan Praktek
2. Model Pembelajaran : Teori dan praktek
D. LANGKAH-LANGKAH
PEMBELAJARAN
No
|
Kegiatan
|
Waktu
|
Metode
|
1
|
Pendahuluan
a.
Siswa dikumpulkan berdo’a kemudian diabsen
b.
Siswa diberi senam yang mengarah ke gerakan inti
|
1 JP
|
Ceramah dan praktek
|
2
|
Kegiatan Inti
1). Eksplorasi :
Guru memberi penjelasan tentang
materi pembelajaran
2). Elaborasi :
a.
Guru menberi contoh mengenai materi pembelajaran.
b.
Siswa melakukan gerakan guling samping kanan
c.
Siswa melakukan gerakan guling samping kiri
d.
Siswa melakukan gerakan guling ke depan
e.
Siswa melakukan gerakan guling ke belakang
3). Konfirmasi
a.
Mengecek pemahaman siswa tentang materi pembelajaran
|
4 JP
|
Praktek
|
3
|
Penutupan
Siswa dikumpulkan
kemudian berdoa dan istirahat
|
1 JP
|
Praktek
|
E. SUMBER
BELAJAR
1. Buku
Penjasorkes
2. Alat
: matras, kapur
F. PENILAIAN
1. Teknik Penilaian :
-
Tes unjuk kerja (psikomotor) melakukan gerakan :
Guling samping
kanan
Guling samping
kiri
Guling ke depan
Guling ke
belakang
-
Pengamat sikap (afektif) :
Penilaian
dilakukan berdasarkan pemahaman siswa tentang materi pembelajaran.
- Kuis
/ embedded test ( kognitif) :
Menjawab
secara lisan mengenai meteri pembelajaran.
2. Rubrik
penilaian :
Indikator Penilaian
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen
|
-
Guling samping kanan
-
Guling samping kiri
-
Guling ke depan
-
Guling ke belakang
|
Tes
|
Praktek
|
Lakukan Gerakan :
-
Guling samping kanan
-
Guling samping kiri
-
Guling ke depan
-
Guling ke belakang
|
|
Kunci Jawaban :
No
|
Jawaban
|
Skor nilai
|
|
|
|
|
|
|
Jumlah skor
maksimal
|
|
Mengetahui Guru Mata Pelajaran
Kepala Sekolah Pendidikan
Jasmani
Drs. RAHMAT TAUFIQ PARTANTO,
S.Pd
NIP.196202201980121001 NIP.
197204142006041004
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
No. 4/4.1
SEKOLAH :
SDN Kalilembu
MAPEL :
PENJASORKES
KELAS/ SMT :
II (DUA) / I (SATU)
ALOKASI WAKTU :
TAHUN
PELAJARAN : 2010/2011
STANDAR
KOMPETENSI
Mempraktekkan ketrampilan dasar
ritmik diorientasikan dengan arah dan ruang dan nilai yang terkandung
didalamnya.
KOMPETENSI
DASAR
Mempraktikkan gerak ritmik ke depan,
belakang ataupun samping secara berpasangan dengan diiringi musik dan nilai
kerjasama
A.
TUJUAN PEMBELAJARAN
1.
Jalan kedepan 4 langkah berpasangan dengan diiringi
musik
2.
Melakukan jalan ke belakang 4 langkah berpasangan
dengan diiringi musik
3.
Berjalan samping ke kanan dan ke kiri
B.
MATERI BELAJAR
Ritmik
C.
METODE DAN MODEL PEMBELAJARAN
1. Metode : Ceramah dan Praktek
2. Model Pembelajaran : Teori dan praktek
D.
LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
No
|
Kegiatan
|
Waktu
|
Metode
|
1
|
Pendahuluan
a.
Siswa dikumpulkan berdo’a kemudian diabsen
b.
Siswa diberi senam yang mengarah ke gerakan inti
|
1 JP
|
Ceramah dan praktek
|
2
|
Kegiatan Inti
1). Eksplorasi :
Guru memberi penjelasan tentang
materi pembelajaran
2). Elaborasi :
a.
Guru menberi contoh mengenai materi pembelajaran.
b. Siswa
melakukan gerakan melangkah ke depan berpasangan
c. Siswa
melakukan gerakan melangkah ke belakang berpasangan
d. Siswa
melakukan gerakan melangkah ke samping kiri berpasangan
e. Siswa
melakukan gerakan melangkah ke samping kanan berpasangan
f. Siswa
melakukan gerakan langkah kombinasi ke segala arah sesuai dengan irama lagu
3). Konfirmasi
a. Mengecek pemahaman siswa tentang materi
pembelajaran
|
2 JP
|
Praktek
|
3
|
Penutupan
Siswa
dikumpulkan kemudian berdoa dan istirahat
|
1 JP
|
Praktek
|
E.
SUMBER BELAJAR
1. Buku
Penjasorkes
2. Alat
: tape recorder, kaset
F.
PENILAIAN
1. Teknik Penilaian :
-
Tes unjuk kerja (psikomotor) melakukan gerakan :
Melangkah ke
depan berpasangan
Melangkah ke
belakang berpasangan
Melangkah ke
samping kiri berpasangan
Melangkah ke samping kanan
berpasangan
Langkah kombinasi ke segala arah
sesuai dengan irama lagu
- Pengamat sikap (afektif) :
Penilaian dilakukan berdasarkan
pemahaman siswa tentang materi pembelajaran.
- Kuis
/ embedded test ( kognitif) :
Menjawab
secara lisan mengenai meteri pembelajaran.
2. Rubrik
penilaian :
Indikator Penilaian
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen
|
-
Melangkah ke depan berpasangan
-
Melangkah ke belakang berpasangan
-
Melangkah ke samping kiri berpasangan
-
Melangkah ke samping kanan berpasangan
- Langkah kombinasi ke segala arah
sesuai dengan irama lagu
|
Tes
|
Praktek
|
Lakukan Gerakan :
-
Melangkah ke depan berpasangan
-
Melangkah ke belakang berpasangan
-
Melangkah ke samping kiri berpasangan
-
Melangkah ke samping kanan berpasangan
- Langkah kombinasi ke segala arah
sesuai dengan irama lagu
|
|
Kunci Jawaban :
No
|
Jawaban
|
Skor nilai
|
|
|
|
|
|
|
Jumlah skor
maksimal
|
|
Mengetahui Guru Mata Pelajaran
Kepala Sekolah Pendidikan
Jasmani
Drs. RAHMAT TAUFIQ PARTANTO,
S.Pd
NIP.196202201980121001 NIP.
197204142006041004
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
No. 4/4.2
SEKOLAH :
SDN Kalilembu
MAPEL :
PENJASORKES
KELAS/ SMT :
II (DUA) / I (SATU)
ALOKASI WAKTU :
TAHUN
PELAJARAN : 2010/2011
STANDAR
KOMPETENSI
Mempraktekkan ketrampilan dasar
ritmik diorientasikan dengan arah dan ruang dan nilai yang terkandung
didalamnya.
KOMPETENSI
DASAR
Mempraktikkan gerak ritmik
diorientasikan dengan ruang secara beregu tanpa menggunakan musik serta nilai
disiplin dan kerjasama
A. TUJUAN
PEMBELAJARAN
1.
Melangkah ke depan, samping kanan, kiri
2.
Mengangkat kaki setinggi paha
3.
Mengayunkan tangan kanan dan kiri
B. MATERI
BELAJAR
- Ritmik
C. METODE
DAN MODEL PEMBELAJARAN
1. Metode : Ceramah dan Praktek
2. Model Pembelajaran : Teori dan praktek
D. LANGKAH-LANGKAH
PEMBELAJARAN
No
|
Kegiatan
|
Waktu
|
Metode
|
1
|
Pendahuluan
a.
Siswa dikumpulkan berdo’a kemudian diabsen
b.
Siswa diberi senam yang mengarah ke gerakan inti
|
1 JP
|
Ceramah dan praktek
|
2
|
Kegiatan Inti
1). Eksplorasi :
Guru memberi penjelasan tentang
materi pembelajaran
2). Elaborasi :
a. Guru menberi contoh mengenai
materi pembelajaran.
b. Siswa
melakukan gerakan melangkah kaki ke samping kanan
c.
Siswa melakukan gerakan langkah ke depan tepuk tangan
d.
Siswa melakukan gerakan mengangkat kaki setinggi paha
e.
Siswa melakukan gerakan mengangkat kaki setinggi paha
sambil mengayunkan tangan kanan dan tangan kiri
3). Konfirmasi
a. Mengecek pemahaman siswa tentang materi
pembelajaran
|
2 JP
|
Praktek
|
3
|
Penutupan
Siswa
dikumpulkan kemudian berdoa dan istirahat
|
1 JP
|
Praktek
|
E.
SUMBER BELAJAR
1. Buku
Penjasorkes
2. Alat
: kapur, tali
F.
PENILAIAN
1. Teknik Penilaian :
-
Tes unjuk kerja (psikomotor) melakukan gerakan :
Melakukan
gerakan melangkah kaki ke samping kanan
Langkah ke
depan tepuk tangan
Mengangkat
kaki setinggi paha
mengangkat
kaki setinggi paha sambil mengayunkan tangan kanan dan tangan kiri
-
Pengamat sikap (afektif) :
Penilaian
dilakukan berdasarkan pemahaman siswa tentang materi pembelajaran.
- Kuis
/ embedded test ( kognitif) :
Menjawab
secara lisan mengenai meteri pembelajaran.
2. Rubrik
penilaian :
Indikator Penilaian
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen
|
-
Melakukan gerakan melangkah kaki ke samping kanan
-
Langkah ke depan tepuk tangan
-
Mengangkat kaki setinggi paha
- mengangkat kaki setinggi paha
sambil mengayunkan tangan kanan dan tangan kiri
|
Tes
|
Praktek
|
Lakukan Gerakan :
-
Melakukan gerakan melangkah kaki ke samping kanan
-
Langkah ke depan tepuk tangan
-
Mengangkat kaki setinggi paha
- mengangkat kaki setinggi paha
sambil mengayunkan tangan kanan dan tangan kiri
|
|
Kunci Jawaban :
No
|
Jawaban
|
Skor nilai
|
|
|
|
|
|
|
Jumlah skor
maksimal
|
|
Mengetahui Guru Mata Pelajaran
Kepala Sekolah Pendidikan
Jasmani
Drs. RAHMAT TAUFIQ PARTANTO,
S.Pd
NIP.196202201980121001 NIP.
197204142006041004
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
No. 5/5.1
SEKOLAH :
SDN Kalilembu
MAPEL :
PENJASORKES
KELAS/ SMT :
II (DUA) / I (SATU)
ALOKASI WAKTU :
TAHUN
PELAJARAN : 2010/2011
STANDAR
KOMPETENSI
Menerapkan budaya hidup sehat
KOMPETENSI
DASAR
Menjaga
kebersihan rambut, hidung dan telinga
A. TUJUAN
PEMBELAJARAN
1.
Merawat kebersihan rambut dengan benar
2.
Merawat kebersihan hidung dengan benar
3.
Merawat kebersihan telinga dengan benar
B. MATERI
BELAJAR
Kesehatan rambut, hidung dan
telinga
C. METODE
DAN MODEL PEMBELAJARAN
1. Metode : Ceramah
2. Model Pembelajaran : Teori dan praktek
D. LANGKAH-LANGKAH
PEMBELAJARAN
No
|
Kegiatan
|
Waktu
|
Metode
|
1
|
Pendahuluan
Siswa dikumpulkan berdo’a kemudian diabsen
Siswa
diberi penjelasan yang mengarah ke pelajaran inti
|
|
|
2
|
Kegiatan Pembelajaran
1). Eksplorasi :
Guru memberi penjelasan tentang
materi pembelajaran
2). Elaborasi :
a. Guru menberi contoh mengenai
materi pembelajaran.
b.
Anak dapat menjaga kebersihan rambut
c.
Anak dapat menjaga kebersihan hidung
d.
Anak dapat menjaga kebersihan telinga
e.
Anak dapat menjelaskan manfaat kebersihan rambut
f.
Anak dapat menjelaskan manfaat kebersihan hidung
g.
Anak dapat menjelaskan manfaat kebersihan telinga
3). Konfirmasi
a.
Mengecek pemahaman siswa tentang materi pembelajaran
|
2 JP
|
Ceramah dan Praktek
Lisan
|
3
|
Penutupan
Siswa dikumpulkan kemudian berdoa dan istirahat
|
|
|
E. SUMBER
BELAJAR
1. Buku Penjasorkes
2. Alat :
gunting, katenbad, shampoo, gambar
F. PENILAIAN
1. Teknik Penilaian :
-
Tes unjuk kerja (psikomotor) melakukan gerakan :
Memotong
rambut
Cara menjaga
kebersihan hidung
Cara menjaga kebersihan telinga
Kebersihan rambut
Kebersihan
hidung
Kebersihan
telinga
-
Pengamat sikap (afektif) :
Penilaian
dilakukan berdasarkan pemahaman siswa tentang materi pembelajaran.
- Kuis
/ embedded test ( kognitif) :
Menjawab
secara lisan mengenai meteri pembelajaran.
2. Rubrik
penilaian :
Indikator Penilaian
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen
|
-
Memotong rambut
-
Cara menjaga kebersihan hidung
-
Cara menjaga kebersihan telinga
-
Kebersihan rambut
-
Kebersihan hidung
-
Kebersihan telinga
|
Tes
|
Praktek
Lisan
|
Lakukan Gerakan :
-
Memotong rambut
-
Cara menjaga kebersihan hidung
-
Cara menjaga kebersihan telinga
Jelaskan manfaat :
-
Kebersihan rambut
-
Kebersihan hidung
-
Kebersihan telinga
|
|
Kunci Jawaban :
No
|
Jawaban
|
Skor nilai
|
|
|
|
|
|
|
Jumlah skor
maksimal
|
|
Mengetahui Guru Mata Pelajaran
Kepala Sekolah Pendidikan
Jasmani
Drs. RAHMAT TAUFIQ PARTANTO,
S.Pd
NIP.196202201980121001 NIP.
197204142006041004
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
No. 5/5.2
SEKOLAH :
SDN Kalilembu
MAPEL :
PENJASORKES
KELAS/ SMT :
II (DUA) / I (SATU)
ALOKASI WAKTU :
TAHUN
PELAJARAN : 2010/2011
STANDAR
KOMPETENSI
Menerapkan budaya hidup sehat
KOMPETENSI
DASAR
Memilih
makanan bergizi
A. TUJUAN
PEMBELAJARAN
1.
Memilih makanan bergizi
2.
Menjelaskan jenis-jenis makanan yang bergizi
3.
Menjelaskan kegunaan makanan yang bergizi
B. MATERI
BELAJAR
Makanan bergizi
C. METODE
DAN MODEL PEMBELAJARAN
1. Metode : Ceramah
2. Model Pembelajaran : Teori dan praktek
D. LANGKAH-LANGKAH
PEMBELAJARAN
No
|
Kegiatan
|
Waktu
|
Metode
|
1
|
Pendahuluan
Siswa dikumpulkan berdo’a kemudian diabsen
Siswa
diberi penjelasan yang mengarah ke pelajaran inti
|
|
|
2
|
Kegiatan Pembelajaran
1). Eksplorasi :
Guru memberi penjelasan tentang
materi pembelajaran
2). Elaborasi :
a.
Guru menberi contoh mengenai materi pembelajaran.
b.
Anak dapat menyebutkan macam-macam makanan bergizi
c.
Anak dapat menjelaskan manfaat makanan yang bergizi
d.
Anak dapat menjelaskan akibat kekurangan gizi
3). Konfirmasi
a.
Mengecek pemahaman siswa tentang materi pembelajaran
|
2 JP
|
Ceramah dan Praktek
Lisan
|
3
|
Penutupan
Siswa dikumpulkan kemudian berdoa
dan istirahat
|
|
|
E. SUMBER
BELAJAR
1. Buku Penjasorkes
3. Alat : gambar
F. PENILAIAN
1. Teknik Penilaian :
-
Tes unjuk kerja (psikomotor) melakukan gerakan :
Sebutkan
macam-macam makanan bergizi
Jelaskan
manfaat makanan yang bergizi
Jelaskan
akibat kekurangan gizi
-
Pengamat sikap (afektif) :
Penilaian
dilakukan berdasarkan pemahaman siswa tentang materi pembelajaran.
- Kuis
/ embedded test ( kognitif) :
Menjawab secara
lisan mengenai meteri pembelajaran.
2. Rubrik
penilaian :
Indikator Penilaian
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen
|
-
Sebutkan macam-macam makanan bergizi
-
Jelaskan manfaat makanan yang bergizi
-
Jelaskan akibat kekurangan gizi
|
Tes
|
Lisan
|
-
Sebutkan macam-macam makanan bergizi
-
Jelaskan manfaat makanan yang bergizi
-
Jelaskan akibat kekurangan gizi
|
|
Kunci Jawaban :
No
|
Jawaban
|
Skor nilai
|
|
|
|
|
|
|
Jumlah skor
maksimal
|
|
Mengetahui Guru Mata Pelajaran
Kepala Sekolah Pendidikan
Jasmani
Drs. RAHMAT TAUFIQ PARTANTO,
S.Pd
NIP.196202201980121001 NIP.
197204142006041004
Tidak ada komentar:
Posting Komentar