Selasa, 15 Mei 2012

silabus penjas kls 3 smt 1

SILABUS
Sekolah                       : SDN Kalilembu
Kelas                           : III
Mata Pelajaran            : Pendidikan Jasmani
Semester                      : I ( Satu )
Tahun pelajaran           : 2010/2011
Standar Kompetensi   : Mempraktikkan berbagai kombinasi gerak dasar melalui permainan daqn nilai-nilai yang terkandung didalamnya

KOMPETENSI DASAR
MATERI  PEMBELAJARAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN
INDIKATOR
PENILAIAN
ALOKASI WAKTU
SUMBER BELAJAR
TEKNIK
BENTUK
CONTOH INSTRUMEN
1.1 Mempraktikkan berbagai kombinasi gerak dasar melalui permainan daqn nilai-nilai yang terkandung didalamnya
Pola Gerak
Lokomotor
1.1.1   Melakukan Kombinasi berbagai pola gerak jalan dan lari
1.1.1. kombinasi berbagai pola gerak jalan dan lari
Tes Perbuatan
Praktek
Tugas
1.Lakukan gerakan berjalan kemudian lari
2. Lakukan gerakan berjalan
pada lintasan lurus dan berbelok-belok

Sumber :
Media cetak
Buku pegangan
Alat:
Peluit
Bendera kecil
1.1.2  Melakukan kombinasi gerakan jalan dan lari pada lintasan lurus
1.1.2. kombinasi jalan dan lari pada jalur lurus
1.1.3  Melakukan kombinasi gerakan jalan dan lari pada lintasan berbelok-belok
1.1.3. kombinasi jalan dan lari pada lintasan berbelok
1.2 Mempraktikkan kombinasi berbagai gerak mengayun, membungkuk dan menekuk dalam permainan sederhana serta aturan dan kerja sama
Pola Gerak
 Non Lokomotor
1.2.1Melakukan kombinasi berbagai pola gerak mengayun dan membungkuk
1.2.1. kombinasi mengayun lengan dan membungkuk
Tes Perbuatan
Praktek
Tugas
1.Lakukan gerakan mengayun lengan ke depan kemudian membungkuk
2.Lakukan gerak membungkuk kemudian jongkok

Sumber :
Media elektronik
Buku pegangan
Alat:
Peluit
Bendera kecil
1.2.2Melakukan  kombinasi berbagai gerakan membungkuk dan menekuk lutut
1.2.2. berbagai kombinasi gerak dan mengayun lengan, membungkukkan badan dan menekuk lutut


1.2.3 Melakukan kombinasi gerakan mengayun, membungkuk san menekuk lutut dalam permainan
1.2.3 berbagai kombinasi gerakan mengayun, membungkuk san menekuk lutut dalam permainan






1.3 Mempraktikkan kombinasi gerak dasar melempar, menangkap dan menendang dengan koordinasi yang baik dalam permainan sederhana serta aturan dan kerjasama.
Permainan
1.3.1Melakukan kombinasi berbagai gerakan melempar dan menangkap dari berbagai arah
1.3.1. berbagai pola melempar dan menangkap bola
Tes Perbuatan
Praktek
Tugas
1.Lakukan gerakan lempar tangkap bola kecil berpasangan


2.Lakukan gerakan menendang dan menangkap bola besar secara berpasangan

Sumber :
Media cetak
Buku pegangan
Alat:
Peluit
Bendera kecil
Bola tennis
Bola Kasti

1.3.2Melakukan kombinasi berbagai gerakan menendang dan menangkap

1.3.2. lempar tangkap bola berpasangan
1.3.3Melakukan kombinasi gerak menendang bola dengan berbagai bagian kaki dan menangkap
1.3.3. kombinasi gerak menendang bola dengan berbagai bagian kaki dan menangkap

Standar Kompetensi   : Mempraktikkan aktivitas kebugaran secara sederhana dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya

KOMPETENSI DASAR
MATERI PEMBELAJARAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN
INDIKATOR
PENILAIAN
ALOKASI WAKTU
SUMBER BELAJAR
TEKNIK
BENTUK
CONTOH INSTRUMEN
2.1 Mempraktikkan berbagai bentuk latihan untuk meningkatkan kekuatan otot-otot bahu dan dada secara sederhana serta nilai disiplin
Kebugaran Jasmani
Melakukan latihan untuk meningkatkan otot-otot bahu dan dada secara individu, berpasangan  atau kelompok
2.1.1. gerakan dorong mendorong
Tes Perbuatan
Praktek
Tugas
1.Lakukan gerakan saling mendorong bahu
2.Lakukan gerakan gerobak

Sumber :
Media cetak
Buku pegangan
Alat:
Peluit
Bendera kecil
Stopwacth
2.1.2. gerakan gerobak dorong
2.1.3. gerakan push up
2.1.4. gerakan mendorong tembok / pohon
2.2 Mempraktikkan berbagai bentuk latihan untuk meningkatkan daya tahan secara sederhana serta nilai disiplin
Kebugaran Jasmani





 Melakukan gerakan lari dengan tempo 20-30 menit menurut kondisi anak
2.2.1. lari pelan selama 5 – 10 menit
Tes Perbuatan









Praktek
Tugas









1.Lakukan gerakan laridengan menempuh waktu 5-10 menit
2.Lakukan gerakan lompat , lari perangan






Sumber :
Media cetak
Buku pegangan
Alat:
Peluit
Bendera kecil
Stopwacth
Tali uding
Tangga
Melakukan gerakan lompat tali secara perorangan dan beregu
2.2.2. lompat tali perorangan / beregu
Melakukan gerakan naik turun tangga dengan waktu yang di tentukan menurut kondisi anak
2.2.3. gerak naik turun tangga

Standar Kompetensi   : Mempraktikkan gerak senam lantai, senam ketangkasan dasar dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya

KOMPETENSI DASAR
MATERI PEMBELAJARAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN
INDIKATOR
PENILAIAN
ALOKASI WAKTU
SUMBER BELAJAR
TEKNIK
BENTUK
CONTOH INSTRUMEN
3.1 Mempraktikkan keseimbangan dalam bentuk senam lantai dasar, serta nilai keselamatan, disiplin dan keberanian
Senam Lantai
Melakukan berbagai gerak keseimbangan berdiri
3.1.1. berdiri satu kaki tumit diangkat
Tes Perbuatan
Praktek
Tugas
1.Lakukan gerakan sikap kapal terbang
2.Lakukan gerakan berdiri satu kaki yang lain di tekuk ke depan atau kesamping

Sumber :
Media cetak
Buku pegangan
Alat:
Peluit
Matras
3.1.2. berdiri satu kaki kaki yang lain di tekuk ke depan atau ke samping
3.1.3. sikap kapal terbang
3.2 Mempraktikkan gerak kombinasi senam ketangkasan dasar, serta nilai keselamatan, disiplin dan keberanian
Senam Ketangkasan
Melakukan gerakan berjalan kedepan, melakukan guling kedepan
3.2.1. berjalan kemudian berguling
Tes Perbuatan
Praktek
Tugas
1.Lakukan gerakan berguling kedepan
2.Lakukan gerakan berjalan kedepan kemudian meroda

Sumber :
Media cetak
Buku pegangan
Alat:
Peluit
Matras
Melakukan gerakan jalan ke depan kemudian meroda
3.2.2. berjalan kemudian meroda
Melakukan gerakan berguling kedepan dan kembali ke posisi semula dengan bergulung kebelakang
3.2.3. berguling ke depan kemudian ke belakang
3.2.4. menjaga keselamatan


Standar Kompetensi   : Mempraktikkan gerak dasar  melalui aktivitas ritmik dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya

KOMPETENSI DASAR
MATERI PEMBELAJARAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN
INDIKATOR
PENILAIAN
ALOKASI WAKTU
SUMBER BELAJAR
TEKNIK
BENTUK
CONTOH INSTRUMEN
4.1 Mempraktikkan gerak dasar mengayun dan menekuk lutut dalam aktivitas ritmik sederhana tanpa musik, serta nilai percaya diri dan disiplin
Senam Irama
Melakukan berbagai pola gerak non lokomotor tanpa musik
4.1.1. mengayun lengan ke depan dan ke belakang sambil menekuk lutut
Tes Perbuatan
Praktek
Tugas
1.Lakukan gerakan mengayun lengan  kedepan dan belakang sambil menekuk lutut
2.Lakukan gerakan mengayun lengan kesamping sambil menekuk lutut

Sumber :
Media cetak
Buku pegangan
Alat:
Peluit
Pita
Bendera

4.1.2. mengayun lengan ke samping kanan dan kiri sambil menekuk lutut

4.1.3. percaya diri saat beraktivitas
4.2 Mempraktikkan gerak dasar mengayun dan menekuk lutut dalam aktivitas ritmik sederhana beregu  tanpa atau dengan iringan musik, serta nilai percaya diri, disiplin dan kerja sama
Senam Irama
Melakukan berbagai gerakan mengayun dan menekuk lutut secara beregu dengan /tanpa musik
4.2.1. mengayun lengan ke depan dan belakang sambil menekuk lutut secara beregu
Tes Perbuatan
Praktek
Tugas
1.Lakukan gerakan mengayun lengan sambil menekuk lutut secara beregu tanpa musik
2.Lakukan gerakan mengayun lengan sambil menekuk lutut secara beregu dengan musik

Sumber :
Media cetak
Buku pegangan
Alat:
Peluit
Tape recorder
Kaset
Pita
Bekerjasama dengan kelompok saat melakukan aktivitas
4.2.2. mengayun lengan ke samping sambil menekuk lutut secara beregu
4.2.3. menyesuaikan gerakan dengan tim / regu


Standar Kompetensi   : Menerapkan budaya hidup sehat

KOMPETENSI DASAR
MATERI PEMBELAJARAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN
INDIKATOR
PENILAIAN
ALOKASI WAKTU
SUMBER BELAJAR
TEKNIK
BENTUK
CONTOH INSTRUMEN
5.1 Menjaga kebersihan pakaian
Kebersihan pakaian
Menjelaskan cara merawat dan menjaga pakaian
5.1.1. merawat pakaian
Tes Perbuatan
Praktek
Tugas
1.Jelaskan cara merawat pakaian
2.Jelaskan cara membersihkan pakaian yang kotor

Sumber :
Media cetak
Buku pegangan
Alat:
Pakaian bersih
Pakaian Kotor
5.1.2. menjaga kebersihan pakaian
Membedakan pakaian yang kotor dan bersih
5.1.3. membedakan pakaian bersih dan kotor
5.1.4. alat membersihan pakaian
5.2 Mengenal kebutuhan tidur dan istirahat
Kebersihan tidur dan istirahat
Menjelaskan kebutuhan tidur dan istirahat
5.2.1. kebutuhan tidur dan istirahat anak usia SD
Tes Perbuatan
Praktek
Tugas
1.Jelaskan manfaat istirahat bagi kesehatan
2.Berapa waktu yang di butuhkan untuk istirahat bagi anak-anak

Sumber :
Media cetak
Buku pegangan
Alat:
Pakaian bersih
Pakaian Kotor
5.2.2. manfaat tidur / istirahat
Menjelaskan manfaat tidur dan istirahat
5.2.3. memanfaatkan waktu istirahat
5.2.4. membiasakan diri taat jadwal istirahat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar