SILABUS
Sekolah :
SDN Kalilembu
Kelas :
III
Mata Pelajaran :
Pendidikan Jasmani
Semester :
I ( Satu )
Tahun pelajaran : 2010/2011
Standar Kompetensi : Mempraktikkan
berbagai kombinasi gerak dasar melalui permainan daqn nilai-nilai yang
terkandung didalamnya
KOMPETENSI DASAR
|
MATERI PEMBELAJARAN
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
INDIKATOR
|
PENILAIAN
|
ALOKASI WAKTU
|
SUMBER BELAJAR
|
||
TEKNIK
|
BENTUK
|
CONTOH INSTRUMEN
|
||||||
1.1 Mempraktikkan berbagai kombinasi gerak dasar melalui permainan daqn
nilai-nilai yang terkandung didalamnya
|
Pola Gerak
Lokomotor
|
1.1.1 Melakukan
Kombinasi berbagai pola gerak jalan dan lari
|
1.1.1.
kombinasi berbagai pola gerak jalan dan lari
|
Tes Perbuatan
|
Praktek
Tugas
|
1.Lakukan gerakan berjalan kemudian lari
2. Lakukan
gerakan berjalan
pada lintasan lurus dan
berbelok-belok
|
|
Sumber :
Media cetak
Buku pegangan
Alat:
Peluit
Bendera kecil
|
1.1.2 Melakukan kombinasi gerakan jalan dan lari
pada lintasan lurus
|
1.1.2.
kombinasi jalan dan lari pada jalur lurus
|
|||||||
1.1.3 Melakukan kombinasi gerakan jalan dan lari
pada lintasan berbelok-belok
|
1.1.3.
kombinasi jalan dan lari pada lintasan berbelok
|
|||||||
1.2
Mempraktikkan kombinasi berbagai gerak mengayun, membungkuk dan menekuk dalam
permainan sederhana serta aturan dan kerja sama
|
Pola Gerak
Non Lokomotor
|
1.2.1Melakukan kombinasi
berbagai pola gerak mengayun dan membungkuk
|
1.2.1. kombinasi mengayun lengan dan membungkuk
|
Tes Perbuatan
|
Praktek
Tugas
|
1.Lakukan gerakan mengayun
lengan ke depan kemudian membungkuk
2.Lakukan gerak membungkuk
kemudian jongkok
|
|
Sumber :
Media elektronik
Buku pegangan
Alat:
Peluit
Bendera kecil
|
1.2.2Melakukan
kombinasi berbagai gerakan membungkuk dan menekuk lutut
|
1.2.2. berbagai
kombinasi gerak dan mengayun lengan, membungkukkan badan dan menekuk lutut
|
|||||||
|
|
1.2.3 Melakukan kombinasi gerakan mengayun, membungkuk san
menekuk lutut dalam permainan
|
1.2.3 berbagai
kombinasi gerakan mengayun, membungkuk san menekuk lutut dalam
permainan
|
|
|
|
|
|
1.3
Mempraktikkan kombinasi gerak dasar melempar, menangkap dan menendang dengan
koordinasi yang baik dalam permainan sederhana serta aturan dan kerjasama.
|
Permainan
|
1.3.1Melakukan kombinasi berbagai gerakan melempar dan
menangkap dari berbagai arah
|
1.3.1. berbagai
pola melempar dan menangkap bola
|
Tes Perbuatan
|
Praktek
Tugas
|
1.Lakukan gerakan lempar tangkap bola kecil
berpasangan
2.Lakukan gerakan menendang dan menangkap
bola besar secara berpasangan
|
|
Sumber :
Media cetak
Buku pegangan
Alat:
Peluit
Bendera kecil
Bola tennis
Bola Kasti
|
1.3.2Melakukan kombinasi berbagai gerakan menendang dan
menangkap
|
1.3.2. lempar tangkap bola berpasangan
|
|||||||
1.3.3Melakukan kombinasi
gerak menendang bola dengan berbagai bagian kaki dan menangkap
|
1.3.3.
kombinasi gerak menendang bola dengan berbagai bagian kaki dan menangkap
|
Standar Kompetensi : Mempraktikkan
aktivitas kebugaran secara sederhana dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya
KOMPETENSI DASAR
|
MATERI PEMBELAJARAN
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
INDIKATOR
|
PENILAIAN
|
ALOKASI WAKTU
|
SUMBER BELAJAR
|
||
TEKNIK
|
BENTUK
|
CONTOH INSTRUMEN
|
||||||
2.1 Mempraktikkan berbagai bentuk
latihan untuk meningkatkan kekuatan otot-otot bahu dan dada secara sederhana
serta nilai disiplin
|
Kebugaran
Jasmani
|
Melakukan latihan untuk meningkatkan
otot-otot bahu dan dada secara individu, berpasangan atau kelompok
|
2.1.1. gerakan dorong mendorong
|
Tes Perbuatan
|
Praktek
Tugas
|
1.Lakukan
gerakan saling mendorong bahu
2.Lakukan
gerakan gerobak
|
|
Sumber :
Media cetak
Buku pegangan
Alat:
Peluit
Bendera kecil
Stopwacth
|
2.1.2. gerakan gerobak dorong
|
||||||||
2.1.3. gerakan push up
|
||||||||
2.1.4. gerakan mendorong tembok / pohon
|
||||||||
2.2 Mempraktikkan berbagai bentuk
latihan untuk meningkatkan daya tahan secara sederhana serta nilai disiplin
|
Kebugaran Jasmani
|
Melakukan gerakan lari dengan tempo 20-30
menit menurut kondisi anak
|
2.2.1. lari pelan selama 5 – 10 menit
|
Tes Perbuatan
|
Praktek
Tugas
|
1.Lakukan gerakan laridengan
menempuh waktu 5-10 menit
2.Lakukan gerakan lompat , lari
perangan
|
|
Sumber :
Media cetak
Buku pegangan
Alat:
Peluit
Bendera kecil
Stopwacth
Tali uding
Tangga
|
Melakukan gerakan lompat tali secara
perorangan dan beregu
|
2.2.2. lompat tali perorangan / beregu
|
|||||||
Melakukan gerakan naik turun
tangga dengan waktu yang di tentukan menurut kondisi anak
|
2.2.3. gerak naik turun tangga
|
Standar Kompetensi : Mempraktikkan gerak senam lantai, senam ketangkasan dasar dan nilai-nilai
yang terkandung di dalamnya
KOMPETENSI DASAR
|
MATERI PEMBELAJARAN
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
INDIKATOR
|
PENILAIAN
|
ALOKASI WAKTU
|
SUMBER BELAJAR
|
||
TEKNIK
|
BENTUK
|
CONTOH INSTRUMEN
|
||||||
3.1 Mempraktikkan keseimbangan dalam
bentuk senam lantai dasar, serta nilai keselamatan, disiplin dan keberanian
|
Senam Lantai
|
Melakukan berbagai gerak keseimbangan berdiri
|
3.1.1. berdiri satu kaki tumit diangkat
|
Tes Perbuatan
|
Praktek
Tugas
|
1.Lakukan gerakan sikap kapal
terbang
2.Lakukan gerakan berdiri satu
kaki yang lain di tekuk ke depan atau kesamping
|
|
Sumber :
Media cetak
Buku pegangan
Alat:
Peluit
Matras
|
3.1.2. berdiri satu kaki kaki yang lain di tekuk ke depan atau ke samping
|
||||||||
3.1.3. sikap kapal terbang
|
||||||||
3.2 Mempraktikkan gerak kombinasi senam
ketangkasan dasar, serta nilai keselamatan, disiplin dan keberanian
|
Senam
Ketangkasan
|
Melakukan gerakan berjalan
kedepan, melakukan guling kedepan
|
3.2.1. berjalan kemudian berguling
|
Tes Perbuatan
|
Praktek
Tugas
|
1.Lakukan gerakan berguling
kedepan
2.Lakukan gerakan berjalan
kedepan kemudian meroda
|
|
Sumber :
Media cetak
Buku pegangan
Alat:
Peluit
Matras
|
Melakukan gerakan jalan ke
depan kemudian meroda
|
3.2.2. berjalan kemudian meroda
|
|||||||
Melakukan gerakan berguling
kedepan dan kembali ke posisi semula dengan bergulung kebelakang
|
3.2.3. berguling ke depan kemudian ke belakang
|
|||||||
3.2.4. menjaga keselamatan
|
Standar Kompetensi : Mempraktikkan gerak dasar melalui
aktivitas ritmik dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
KOMPETENSI DASAR
|
MATERI PEMBELAJARAN
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
INDIKATOR
|
PENILAIAN
|
ALOKASI WAKTU
|
SUMBER BELAJAR
|
||
TEKNIK
|
BENTUK
|
CONTOH INSTRUMEN
|
||||||
4.1 Mempraktikkan gerak dasar mengayun
dan menekuk lutut dalam aktivitas ritmik sederhana tanpa musik, serta nilai
percaya diri dan disiplin
|
Senam Irama
|
Melakukan berbagai pola gerak non lokomotor tanpa musik
|
4.1.1. mengayun lengan ke depan dan ke belakang sambil menekuk lutut
|
Tes Perbuatan
|
Praktek
Tugas
|
1.Lakukan gerakan mengayun
lengan kedepan dan belakang sambil
menekuk lutut
2.Lakukan gerakan mengayun
lengan kesamping sambil menekuk lutut
|
|
Sumber :
Media cetak
Buku pegangan
Alat:
Peluit
Pita
Bendera
|
|
4.1.2. mengayun lengan ke samping kanan dan kiri sambil menekuk lutut
|
|||||||
|
4.1.3. percaya diri saat beraktivitas
|
|||||||
4.2 Mempraktikkan gerak dasar mengayun
dan menekuk lutut dalam aktivitas ritmik sederhana beregu tanpa atau dengan iringan musik, serta
nilai percaya diri, disiplin dan kerja sama
|
Senam Irama
|
Melakukan berbagai gerakan mengayun dan
menekuk lutut secara beregu dengan /tanpa musik
|
4.2.1. mengayun lengan ke depan dan belakang sambil menekuk lutut secara
beregu
|
Tes Perbuatan
|
Praktek
Tugas
|
1.Lakukan gerakan mengayun
lengan sambil menekuk lutut secara beregu tanpa musik
2.Lakukan gerakan mengayun
lengan sambil menekuk lutut secara beregu dengan musik
|
|
Sumber :
Media cetak
Buku pegangan
Alat:
Peluit
Tape recorder
Kaset
Pita
|
Bekerjasama dengan kelompok
saat melakukan aktivitas
|
4.2.2. mengayun lengan ke samping sambil menekuk lutut secara beregu
|
|||||||
4.2.3. menyesuaikan gerakan dengan tim / regu
|
Standar Kompetensi : Menerapkan budaya hidup sehat
KOMPETENSI DASAR
|
MATERI PEMBELAJARAN
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
INDIKATOR
|
PENILAIAN
|
ALOKASI WAKTU
|
SUMBER BELAJAR
|
||
TEKNIK
|
BENTUK
|
CONTOH INSTRUMEN
|
||||||
5.1 Menjaga kebersihan pakaian
|
Kebersihan
pakaian
|
Menjelaskan
cara merawat dan menjaga pakaian
|
5.1.1. merawat pakaian
|
Tes Perbuatan
|
Praktek
Tugas
|
1.Jelaskan cara merawat pakaian
2.Jelaskan
cara membersihkan pakaian yang kotor
|
|
Sumber :
Media cetak
Buku pegangan
Alat:
Pakaian bersih
Pakaian Kotor
|
5.1.2. menjaga kebersihan pakaian
|
||||||||
Membedakan pakaian yang kotor
dan bersih
|
5.1.3. membedakan pakaian bersih dan kotor
|
|||||||
5.1.4. alat membersihan pakaian
|
||||||||
5.2 Mengenal kebutuhan tidur dan istirahat
|
Kebersihan tidur dan istirahat
|
Menjelaskan kebutuhan tidur dan istirahat
|
5.2.1. kebutuhan tidur dan istirahat anak usia SD
|
Tes Perbuatan
|
Praktek
Tugas
|
1.Jelaskan manfaat istirahat
bagi kesehatan
2.Berapa
waktu yang di butuhkan untuk istirahat bagi anak-anak
|
|
Sumber :
Media cetak
Buku pegangan
Alat:
Pakaian bersih
Pakaian Kotor
|
5.2.2. manfaat tidur / istirahat
|
||||||||
Menjelaskan manfaat tidur dan istirahat
|
5.2.3. memanfaatkan waktu istirahat
|
|||||||
5.2.4. membiasakan diri taat jadwal istirahat
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar