Selasa, 15 Mei 2012

rpp penjas kls 6 smt 1


              RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
No. 1/1.1

 SEKOLAH                            : SDN Kalilembu
 MAPEL                                 : Penjas Orkes
 KELAS/SMT                         : VI / I
 WAKTU                                :
TAHUN PELAJARAN         : 2010/2011    

STANDAR KOMPETENSI
1.Mempraktikkan berbagai variasi gerak dasar kedalam permainan dan olah raga dengan peraturan yang dimodifikasi serta nilai-nilai yang terkandung di dalamnya.

KOMPETENSI DASAR
1.1.Mempraktikkan variasi gerak dasar ke dalam modifikasi permainan bola kecil,serta nilai kerjasama,sportivitas,dan kejujuran.

A. TUJUAN PEMBELAJARAN
   Melalui latihan siswa diharapkan dapat :
1.      Melakukan lempar tangkap bola dengan benar
2.      Mekalukan gerakan memukul
3.      Melakukan permaian rounders yang dimodifikasi

B. MATERI BELAJAR
Permainan Rounders

C. METODE DAN MODEL PEMBELAJARAN
               1.Metode                                 : Praktek
               2.Model pembelajaran             : Ceramah,tugas,demonstrasi,pengamatan

D. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
No.
Kegiatan
Waktu
metode
1.
Pendahuluan
   a.Siswa dikumpulkan kemudian di absen
   b.Siswa diberi senam yang mengarah ke   gerakan inti

6 x 35menit
Praktek
2.
Kegiatan Inti
1). Eksplorasi  :
    Guru memberi penjelasan tentang materi pembelajaran
2). Elaborasi  : 
  1. Guru menberi contoh mengenai materi pembelajaran.
  2. siswa melakukan lempar tangkap bola secara berpasangan
  3. siswa memukul bola kecil dengan pemukul
  4. siswa melakukan permainan Rounders dengan peraturan sederhana
3). Konfirmasi
a.  Mengecek pemahaman siswa tentang materi pembelajaran


3.
Penutup :
guru  mengevaluasi seluruh kegiatan yang telah dilakukan.



E. SUMBER BELAJAR
   1.Buku paket
   2.Media cetak dan elektronik

F. PENILAIAN
1. Teknik Penilaian :
-  Tes unjuk kerja (psikomotor) melakukan gerakan :
lempar tangkap bola
memukul bola kecil dengan pemukul
permainan Rounders
 -   Pengamat sikap (afektif) :
                  Penilaian dilakukan berdasarkan pemahaman siswa tentang materi pembelajaran.
-    Kuis / embedded test ( kognitif) :
            Menjawab secara lisan mengenai meteri pembelajaran.
2. Rubrik penilaian :

Indikator penilaian
Teknik penilaian
Bentuk instrumen
Instrumen
1. Guru menilai pada sa’at anak melakukan lempar tangkap bola

2. Guru menilai pada sa’at anak memukul bola kecil dengan pemukul

3. Guru menilai pada sa’at anak melakukan permainan Rounders
Praktek
1.Tugas
2.Demonstrasi
3.Pengamatan
1.Lakukan gerakan lempar tangkap bola

2.Lakukan memukul bola dengan kayu pemukul

3.Lakukan permainan Rounders dengan peraturan sederhana

Mengetahui                                                     Guru Mata Pelajaran
             Kepala Sekolah                                              Pendidikan Jasmani



             Drs. RAHMAT TAUFIQ                              PARTANTO, S.Pd
            NIP.196202201980121001                            NIP. 197204142006041004
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
N0. 1/1.2

 SEKOLAH                            : SDN Kalilembu
 MAPEL                                 : Penjas Orkes
 KELAS/SMT                         : VI / I
 WAKTU                                :
TAHUN PELAJARAN         : 2010/2011

STANDAR KOMPETENSI
1.         Mempraktikkan berbagai variasi gerak dasar kedalam permainan dan olah raga dengan peraturan yang dimodifikasi serta nilai-nilai yang terkandung di dalamnya.

KOMPETENSI DASAR
1.2.Mempraktikkan variasi gerak dasar ke dalam modifikasi permainan bola besar,serta nilai kerjasama,sportivitas,dan kejujuran.

A. TUJUAN PEMBELAJARAN
   Melalui latihan siswa diharapkan dapat :
1.      Mampu melakukan pass bawah
2.      Mampu melakukan pass atas
3.      Mampu melakukan service
B. MATERI BELAJAR
               Permainan bola voli

C. METODE DAN MODEL PEMBELAJARAN
               1.Metode                                 : Praktek
               2.Model pembelajaran             : Ceramah,tugas,demonstrasi,pengamatan

D. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
No.
Kegiatan
Waktu
metode
1.
Pendahuluan
   a.Siswa dikumpulkan kemudian di absen
   b.Siswa diberi senam yang mengarah ke   gerakan inti

6 x 35menit
Praktek
2.
Kegiatan Inti
1). Eksplorasi  :
    Guru memberi penjelasan tentang materi pembelajaran
2). Elaborasi  : 
  1. Guru menberi contoh mengenai materi pembelajaran.
  2.  Siswa melakukan pass bawah
  3. Siswa melakukan pass atas
  4. Siswa melakukan servive
  5. Siswa bermain bola voli dengan peraturan yang di modifikasi
3). Konfirmasi
a.  Mengecek pemahaman siswa tentang materi pembelajaran
3.
Penutup :
guru  mengevaluasi seluruh kegiatan yang telah dilakukan.

E. SUMBER BELAJAR
               1.Buku GBPP
               2.Media cetak dan elektronik

F. PENILAIAN
1. Teknik Penilaian :
-  Tes unjuk kerja (psikomotor) melakukan gerakan :
pass bawah
pass atas
service
 -   Pengamat sikap (afektif) :
                  Penilaian dilakukan berdasarkan pemahaman siswa tentang materi pembelajaran.
-    Kuis / embedded test ( kognitif) :
            Menjawab secara lisan mengenai meteri pembelajaran.
2. Rubrik penilaian :

Indikator penilaian
Teknik penilaian
Bentuk instrumen
Instrumen
1.            Mampu melakukan pass bawah
2.            Mampu melakukan pass atas
3.            Mampu melakukan service
Praktek
1.Tugas
2.Demonstrasi
3.Pengamatan
1.  pass bawah
2.  pass atas
3.  service

Mengetahui                                                     Guru Mata Pelajaran
             Kepala Sekolah                                              Pendidikan Jasmani



             Drs. RAHMAT TAUFIQ                              PARTANTO, S.Pd
            NIP.196202201980121001                            NIP. 197204142006041004




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
No. 1/1.3

 SEKOLAH                            : SDN Kalilembu
 MAPEL                                 : Penjas Orkes
 KELAS/SMT                         : VI / I
 WAKTU                                :
TAHUN PELAJARAN         : 2010/2011

STANDAR KOMPETENSI
1.      Mempraktikkan berbagai variasi gerak dasar kedalam permainan dan olah raga dengan peraturan yang dimodifikasi serta nilai-nilai yang terkandung di dalamnya.

KOMPETENSI DASAR
1.3.Mempraktikkan variasi gerak dasar ke dalam modifikasi atletik,serta  nilai semangat,sportifitas,percaya diri.

A. TUJUAN PEMBELAJARAN
   Melalui latihan siswa diharapkan dapat :
1.         Mampu melakukan teknik start lari jarak pendek
2.         Mampu melakukan teknik posisi badan lari jarak pendek
3.         Mampu melakukan teknik finish lari jarak pendek

B. MATERI BELAJAR
               1.3.1 lari jarak pendek

C. METODE DAN MODEL PEMBELAJARAN
               1.Metode                                 : Praktek
               2.Model pembelajaran             : Ceramah,tugas,demonstrasi,pengamatan

D. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
No.
Kegiatan
Waktu
metode
1.
Pendahuluan
   a.Siswa dikumpulkan kemudian di absen
   b.Siswa diberi senam yang mengarah ke   gerakan inti

6 x 35menit
Praktek
2.
Kegiatan Inti
1). Eksplorasi  :
    Guru memberi penjelasan tentang materi pembelajaran
2). Elaborasi  : 
  1. Guru menberi contoh mengenai materi pembelajaran.
  2. Siswa melakukan teknik start lari jarak pendek
  3. Siswa  melakukan teknik posisi badan lari jarak pendek
  4. Siswa  melakukan teknik finish lari jarak pendek
3). Konfirmasi
a.  Mengecek pemahaman siswa tentang materi pembelajaran
3.
Penutup :
guru  mengevaluasi seluruh kegiatan yang telah dilakukan.

E. SUMBER BELAJAR & ALAT      
               1.Buku Kurikulum KTSP
               2.Pengembangan guru
               3.Peluit, Bola, Lapangan

F. PENILAIAN
1. Teknik Penilaian :
-  Tes unjuk kerja (psikomotor) melakukan gerakan :
start
posisi badan saat lari
teknik finish
 -   Pengamat sikap (afektif) :
                  Penilaian dilakukan berdasarkan pemahaman siswa tentang materi pembelajaran.
-    Kuis / embedded test ( kognitif) :
            Menjawab secara lisan mengenai meteri pembelajaran.
2. Rubrik penilaian :

Indikator penilaian
Teknik penilaian
Bentuk instrumen
Instrumen
1.            Mampu melakukan teknik start lari jarak pendek
2.            Mampu melakukan teknik posisi badan lari jarak pendek
3.            Mampu melakukan teknik finish lari jarak pendek
Praktek
1.Tugas
2.Demonstrasi
3.Pengamatan
1. start
2. posisi badan saat lari
3. teknik finish

Mengetahui                                                     Guru Mata Pelajaran
             Kepala Sekolah                                              Pendidikan Jasmani



             Drs. RAHMAT TAUFIQ                              PARTANTO, S.Pd
            NIP.196202201980121001                            NIP. 197204142006041004

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
No. 2/ 2.1

 SEKOLAH                            : SDN Kalilembu
 MAPEL                                 : Penjas Orkes
 KELAS/SMT                         : VI / I
 WAKTU                                :
TAHUN PELAJARAN         : 2010/2011

STANDAR KOMPETENSI
2.Mempraktikkan latihan dasar kebugaran jasmani dan nilai-nilai yang terkandung dalamnya

KOMPETENSI DASAR
2.1  mengidentifikasi anggota tubuh yang perlu dilatih untuk memperbaiki postur

A. TUJUAN PEMBELAJARAN
   Melalui latihan siswa diharapkan dapat :
1.         Mampu berdiri dengan posisi yang benar
2.         Mampu duduk dengan posisi yang benar
3.         Mampu berjalan dengan posisi yang benar

B. MATERI BELAJAR
               Sikap tubuh

C. METODE DAN MODEL PEMBELAJARAN
               1.Metode                                 : Praktek
               2.Model pembelajaran             : Ceramah,tugas,demonstrasi,pengamatan

D. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
No.
Kegiatan
Waktu
metode
1.
Pendahuluan
   a.Siswa dikumpulkan kemudian di absen
   b.Siswa diberi senam yang mengarah ke   gerakan inti

4 x 35menit











Praktek











2.
Kegiatan Inti
1). Eksplorasi  :
    Guru memberi penjelasan tentang materi pembelajaran
2). Elaborasi  : 
  1. Guru menberi contoh mengenai materi pembelajaran.
  2. Siswa  melakukan gerakan sikap duduk dengan benar
  3. Siswa  melakukan gerakan berdiri dengan benar
  4. Siswa  melakukan gerakan berjalan dengan benar
3). Konfirmasi
a.  Mengecek pemahaman siswa tentang materi pembelajaran
3.
Penutup :
guru  mengevaluasi seluruh kegiatan yang telah dilakukan.

E. SUMBER BELAJAR & ALAT
               1.Buku BSNP 2006
               2.Buku Kurikulum 2004
               3.Pengembangan guru
               4.Peluit
               5.Lapangan

F. PENILAIAN
1. Teknik Penilaian :
-  Tes unjuk kerja (psikomotor) melakukan gerakan :
duduk
berdiri
berjalan
 -   Pengamat sikap (afektif) :
                  Penilaian dilakukan berdasarkan pemahaman siswa tentang materi pembelajaran.
-    Kuis / embedded test ( kognitif) :
            Menjawab secara lisan mengenai meteri pembelajaran.
2. Rubrik penilaian :

Indikator penilaian
Teknik penilaian
Bentuk instrumen
Instrumen
2.1.1        1. Guru menilai pada sa’at siswa melakukan gerakan sikap duduk, berdiri dan berjalan dengan benar

Praktek
1.Tugas
2.Demonstrasi
3.Pengamatan
1. duduk
2. berdiri
3.  berjalan


Mengetahui                                                     Guru Mata Pelajaran
             Kepala Sekolah                                              Pendidikan Jasmani



             Drs. RAHMAT TAUFIQ                              PARTANTO, S.Pd
            NIP.196202201980121001                            NIP. 197204142006041004




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
No. 2/2.2
 SEKOLAH                            : SDN Kalilembu
 MAPEL                                 : Penjas Orkes
 KELAS/SMT                         : VI / I
 WAKTU                                :
TAHUN PELAJARAN         : 2010/2011

STANDAR KOMPETENSI
2.Mempraktikkan latihan dasar kebugaran jasmani dan nilai-nilai yang terkandung dalamnya

KOMPETENSI DASAR
2.2  Mempraktikkan berbagai latihan untuk memperbaiki cacat jasmani bukan bawaan, serta nilai keselamatan, disiplin dan kerja keras

A. TUJUAN PEMBELAJARAN
   Melalui latihan siswa diharapkan dapat :
1.         Mampu mekalulan cara berjalan dengan benar
2.         Mampu melakukan cara tidur yang benar
3.         Mampu melakukan cara duduk yang benar

B. MATERI BELAJAR
   Latihan posisi tubuh

C. METODE DAN MODEL PEMBELAJARAN
               1.Metode                                 : Praktek
               2.Model pembelajaran             : Ceramah,tugas,demonstrasi,pengamatan

D. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN\
No.
Kegiatan
Waktu
metode
1.
Pendahuluan
   a.Siswa dikumpulkan kemudian di absen
   b.Siswa diberi senam yang mengarah ke   gerakan inti

6 x 35menit
Praktek
2.
Kegiatan Inti
1). Eksplorasi  :
    Guru memberi penjelasan tentang materi pembelajaran
2). Elaborasi  : 
  1. Guru menberi contoh mengenai materi pembelajaran.
  2. Siswa menerima penjelasan cara berjalan dengan benar
  3. Siswa menerima penjelasan cara tidur yang benar
  4. Siswa menerima penjelasan cara duduk yang benar
3). Konfirmasi
a.  Mengecek pemahaman siswa tentang materi pembelajaran
3.
Penutup :
guru  mengevaluasi seluruh kegiatan yang telah dilakukan.

E. SUMBER BELAJAR & ALAT
               1.Buku Kurikulum 2006
               2.Pengembangan guru
              
F. PENILAIAN
1. Teknik Penilaian :
-  Tes unjuk kerja (psikomotor) melakukan gerakan :
Latihan Cara berjalan dengan benar
Latihan Cara tidur yang benar
Latihan cara duduk yang benar
 -   Pengamat sikap (afektif) :
                  Penilaian dilakukan berdasarkan pemahaman siswa tentang materi pembelajaran.
-    Kuis / embedded test ( kognitif) :
            Menjawab secara lisan mengenai meteri pembelajaran.
2. Rubrik penilaian :

Indikator penilaian
Teknik penilaian
Bentuk instrumen
Instrumen
1.            mekalulan cara berjalan dengan benar
2.            Mampu melakukan cara tidur yang benar
3.            Mampu melakukan cara duduk yang benar

Praktek
1.Tugas
2.Demonstrasi
3.Pengamatan
1. Latihan Cara berjalan dengan benar
2. Latihan Cara tidur yang benar
2. Laihan cara duduk yang benar


Mengetahui                                                     Guru Mata Pelajaran
             Kepala Sekolah                                              Pendidikan Jasmani



             Drs. RAHMAT TAUFIQ                              PARTANTO, S.Pd
            NIP.196202201980121001                            NIP. 197204142006041004




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
No. 2/2.3
SEKOLAH                             : SDN Kalilembu
 MAPEL                                 : Penjas Orkes
 KELAS/SMT                         : VI / I
 WAKTU                                :
TAHUN PELAJARAN         : 2010/2011

STANDAR KOMPETENSI
2.Mempraktikkan latihan dasar kebugaran jasmani dan nilai-nilai yang terkandung dalamnya

KOMPETENSI DASAR
2.3 Mempraktekkan jenis latihan yang sesuai untuk mempertahankan dan memperbaiki postur tubuh, serta nilai keselamatan, disiplin dan kerjasama

A. TUJUAN PEMBELAJARAN
   Melalui latihan siswa diharapkan dapat :
1.      Membentuk postur tubuh atas
2.      Membentuk postur tubuh tengah
3.      Membentuk postur tubuh bawah

B. MATERI BELAJAR
   Pembentukan

C. METODE DAN MODEL PEMBELAJARAN
               1.Metode                                 : Praktek
               2.Model pembelajaran             : Ceramah,tugas,demonstrasi,pengamatan

D. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
No.
Kegiatan
Waktu
metode
1.
Pendahuluan
   a.Siswa dikumpulkan kemudian di absen
   b.Siswa diberi senam yang mengarah ke   gerakan inti

6 x 35menit
Praktek
2.
Kegiatan Inti
1). Eksplorasi  :
    Guru memberi penjelasan tentang materi pembelajaran
2). Elaborasi  : 
a.                   Guru menberi contoh mengenai materi pembelajaran.
b.                  Siswa menerima penjelasan cara latihan membentuk postur tubuh atas
c.                   Siswa menerima penjelasan cara latihan membentuk postur tubuh tengah
d.                  Siswa menerima penjelasan cara latihan membentuk postur tubuh bawah
3). Konfirmasi
a.  Mengecek pemahaman siswa tentang materi pembelajaran
3.
Penutup :
guru  mengevaluasi seluruh kegiatan yang telah dilakukan.

E. SUMBER BELAJAR & ALAT
               1.Buku Kurikulum 2006
               2.Pengembangan guru
              
F. PENILAIAN
1. Teknik Penilaian :
-  Tes unjuk kerja (psikomotor) melakukan gerakan :
Latihan Membentuk postur tubuh atas
Latihan membentuk postur tubug tengah
Latihan Membentuk postur tubuh bawah
 -   Pengamat sikap (afektif) :
                  Penilaian dilakukan berdasarkan pemahaman siswa tentang materi pembelajaran.
-    Kuis / embedded test ( kognitif) :
            Menjawab secara lisan mengenai meteri pembelajaran.
2. Rubrik penilaian :

Indikator penilaian
Teknik penilaian
Bentuk instrumen
Instrumen
1.      membentuk postur tubuh atas
2.      membentuk postur tubuh tengah
3.      membentuk postur tubuh bawah
Praktek
1.Tugas
2.Demonstrasi
3.Pengamatan
1. Latihan Membentuk postur tubuh atas
2. Latihan membentuk postur tubug tengah
3.  Latihan Membentuk postur tubuh bawah


Mengetahui                                                     Guru Mata Pelajaran
             Kepala Sekolah                                              Pendidikan Jasmani



             Drs. RAHMAT TAUFIQ                              PARTANTO, S.Pd
            NIP.196202201980121001                            NIP. 197204142006041004
.



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
No. 3/3.1

 SEKOLAH                            : SDN Kalilembu
 MAPEL                                 : Penjas Orkes
 KELAS/SMT                         : VI / I
 WAKTU                                :
TAHUN PELAJARAN         : 2010/2011

STANDAR KOMPETENSI
3.Mempraktikkan berbagai bentuk senam ketangkasan dengan kontrol yang baik,dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya

KOMPETENSI DASAR
3.1.Mempraktikkan latihan peregangan dan pelemasan yang benar sebelum memulai aktivitas senam,serta nilai percaya diri, dan disiplin

A. TUJUAN PEMBELAJARAN
   Melalui latihan siswa diharapkan dapat :
1.         Mampu melakukan pemanasan senam SKJ 2008
2.         Mampu melakukan inti senam SKJ 2008
3.         Mampu melakukan pendinginan senam SKJ 2008

B. MATERI BELAJAR
   Senam SKJ 2008

C. METODE DAN MODEL PEMBELAJARAN
               1.Metode                                 : Praktek
               2.Model pembelajaran             : Ceramah,tugas,demonstrasi,pengamatan

D. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
No.
Kegiatan
Waktu
metode
1.
Pendahuluan
   a.Siswa dikumpulkan kemudian di absen
   b.Siswa diberi senam yang mengarah ke   gerakan inti

4 x 35menit
Praktek
2.
Kegiatan Inti
1). Eksplorasi  :
    Guru memberi penjelasan tentang materi pembelajaran
2). Elaborasi  : 
  1. Guru menberi contoh mengenai materi pembelajaran.
  2. siswa melakukan gerakan pemanasan senam SKJ 2008
  3. siswa melakukan gerakan inti senam SKJ 2008
  4. siswa melakukan gerakan pendinginan senam SKJ 2008
3). Konfirmasi
a.  Mengecek pemahaman siswa tentang materi pembelajaran
3.
Penutup :
guru  mengevaluasi seluruh kegiatan yang telah dilakukan.

E. SUMBER BELAJAR & ALAT 
               1.Buku Kurikulum 2006
              
F. PENILAIAN
1. Teknik Penilaian :
-  Tes unjuk kerja (psikomotor) melakukan gerakan :
melakukan pemanasan senam SKJ 2008
melakukan inti senam SKJ 2008
melakukan pendinginan senam SKJ 2008
 -   Pengamat sikap (afektif) :
                  Penilaian dilakukan berdasarkan pemahaman siswa tentang materi pembelajaran.
-    Kuis / embedded test ( kognitif) :
            Menjawab secara lisan mengenai meteri pembelajaran.
2. Rubrik penilaian :

Indikator penilaian
Teknik penilaian
Bentuk instrumen
Instrumen
1.         Mampu melakukan pemanasan senam SKJ 2008
2.         Mampu melakukan inti senam SKJ 2008
3.         Mampu melakukan pendinginan senam SKJ 2008
Praktek
1.Tugas
2.Demonstrasi
3.Pengamatan
1.         melakukan pemanasan senam SKJ 2008
2.         melakukan inti senam SKJ 2008
3.         melakukan pendinginan senam SKJ 2008

Mengetahui                                                     Guru Mata Pelajaran
             Kepala Sekolah                                              Pendidikan Jasmani



             Drs. RAHMAT TAUFIQ                              PARTANTO, S.Pd
            NIP.196202201980121001                            NIP. 197204142006041004


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
No. 3/3.2

 SEKOLAH                            : SDN Kalilembu
 MAPEL                                 : Penjas Orkes
 KELAS/SMT                         : VI / I
 WAKTU                                :
TAHUN PELAJARAN         : 2010/2011

STANDAR KOMPETENSI
3.Mempraktikkan berbagai bentuk senam ketangkasan dengan kontrol yang baik,dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya

KOMPETENSI DASAR
3.2.Mempraktikkan bentuk-bentuk senam ketangkasan dalam meningkatkan koordinasi dan nilai-nilai percaya diri dan disiplin

A. TUJUAN PEMBELAJARAN
   Melalui latihan siswa diharapkan dapat :
1.         melakukan gerakan berdiri dengan tangan,
2.         melakukan sikap kayang
3.         melakukan sikap lilin

B. MATERI BELAJAR
   Senam lantai

C. METODE DAN MODEL PEMBELAJARAN
               1.Metode                                 : Praktek
               2.Model pembelajaran             : Ceramah,tugas,demonstrasi,pengamatan

D. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN

No.
Kegiatan
Waktu
metode
1.
Pendahuluan
   a.Siswa dikumpulkan kemudian di absen
   b.Siswa diberi senam yang mengarah ke   gerakan inti

4 x 35menit









Praktek





2.
Kegiatan Inti
1). Eksplorasi  :
    Guru memberi penjelasan tentang materi pembelajaran
2). Elaborasi  : 
  1. Guru menberi contoh mengenai materi pembelajaran.
  2. Siswa melakukan untuk melakukan gerakan sikap awal dan sikap akhir rangkaian gerak senam :
  3. Siswa melakukan gerakan berdiri dengan tangan,
  4. Siswa melakukan gerakan sikap kayang
  5. Siswa melakukan gerakan sikap lilin
3). Konfirmasi
a.  Mengecek pemahaman siswa tentang materi pembelajaran
3.
Penutup :
guru  mengevaluasi seluruh kegiatan yang telah dilakukan.

E. SUMBER BELAJAR & ALAT 
               1.Buku Kurikulum 2006
               2.Pengembangan guru
               3.Peluit, Matras
              
F. PENILAIAN
1. Teknik Penilaian :
-  Tes unjuk kerja (psikomotor) melakukan gerakan :
melakukan gerakan berdiri dengan tangan,
melakukan sikap kayang
melakukan sikap lilin
 -   Pengamat sikap (afektif) :
                  Penilaian dilakukan berdasarkan pemahaman siswa tentang materi pembelajaran.
-    Kuis / embedded test ( kognitif) :
            Menjawab secara lisan mengenai meteri pembelajaran.
2. Rubrik penilaian :

Indikator penilaian
Teknik penilaian
Bentuk instrumen
Instrumen
2.    Mampu melakukan gerakan berdiri dengan tangan,
3.    Mampu melakukan sikap kayang
4.    Mampu melakukan sikap lilin
Praktek
1.Tugas
2.Demonstrasi
3.Pengamatan
1.    melakukan gerakan berdiri dengan tangan,
2.    melakukan sikap kayang
3.    melakukan sikap lilin

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar