Selasa, 15 Mei 2012

rpp penjas kls 3 smt 2

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
No. 6/6.1
Sekolah                        : SDN Kalilembu
Mata Pelajaran             : Pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan
Kelas / Semester          : 3 (tiga) / 2 (dua)
Alokasi waktu             :
Tahun Pelajaran           : 2010/2011

Standar Kompetensi
6. Mempraktekkan berbagai gerak dasar dalam permainan sederhana dan nilai – nilai yang terkandung di dalam nya.

Kompetensi Dasar
6.1 Mempraktekan kombinasi gerak dasar jalan, lari lompat dan koordinasi yang baik dalam permainan sederhana serta ilai kerjasama , toleransi , kejujuran , tanggung jawab, dan menghargai lawan atau diri sendiri

A.    Kegiatan pembelajaran
      6.1.1 Mengkombinasikan gerak jalan dan lari
6.1.2 Mampu mengkombinasikan gerak jalan dan lari
6.1.3 Mampu mengkombinasikan gerak jalan kemudian melompat
6.1.4        Melakukan kombinasi gerakan jalan lari dan lompat

B.     Materi Pokok
       Kombinasi gerak dasar
-          jalan
-          lari
-          lompat

C.     Metode Pembelajaran
a.       Ceramah
b.      Demonstrasi
c.       Praktek

D.    Langkah-langkah Pembelajaran

NO
KEGIATAN
WAKTU
METODE
1
Pendahuluan
a.      Siswa di bariskan dan berdo’a
b.     Mengabsen siswa
c.      Melakukan gerakan pemanasan


Praktek dan Demonstrasi
2
Kegiatan Inti
1). Eksplorasi  :
    Guru memberi penjelasan tentang materi pembelajaran
2). Elaborasi  : 
  1. Guru menberi contoh mengenai materi pembelajaran.
  2. Mengkombinasikan gerak jalan dan lari
  3. Mampu mengkombinasikan gerak jalan dan lari
  4. Mampu mengkombinasikan gerak jalan kemudian melompat
  5. Melakukan kombinasi gerakan jalan lari dan lompat
3). Konfirmasi
a.  Mengecek pemahaman siswa tentang materi pembelajaran

Praktek dan Demonstrasi
3
B.     Kegiatan Akhir / Penenangan
d.      Siswa di kumpulkan kembali untuk mendengarkan penjelasan
e.       Memperbaiki tentang kesalahan – kesalahan gerak


Praktek dan Demonstrasi

E.     Alat dan Sumber Belajar
Sumber
a.       Media Cetak
b.      Media
c.       Lingkungan
Alat
d.      Kapur
e.       Bendera
f.       Bakpasir     
F.      Penilaian
1. Teknik Penilaian :
-  Tes unjuk kerja (psikomotor) melakukan gerakan :
gerakan kombinasi berjalan dan lari
gerakan kombinasi berjalan dan lompat
gerakan kombinasi gerak lari kemudian lompat
-   Pengamatan sikap (afektif) :
                  Penilaian dilakukan berdasarkan pemahaman siswa tentang materi pembelajaran.
-    Kuis / embedded test ( kognitif) :
            Menjawab secara lisan mengenai meteri pembelajaran.
2. Rubrik penilaian :










Indikator Penilaian
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen
a.       gerakan kombinasi berjalan dan lari
b.      gerakan kombinasi berjalan dan lompat
c.       gerakan kombinasi gerak lari kemudian lompat

Tes
Praktek
-          Melakukan gerakan kombinasi berjalan dan lari
-          Melakukan gerakan kombinasi berjalan dan lompat
-          Melakukan gerakan kombinasi gerak lari kemudian lompat


Mengetahui,
Kepala Sekolah




Drs. RAHMAT TAUFIQ
NIP.196202201980121001
Karangdadap, ...............................
Guru Penjas Orkes




PARTANTO, S.Pd
NIP. 197204142006041004
















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
No. 6/6.2
Sekolah                        : SDN Kalilembu
Mata Pelajaran             : Pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan
Kelas / Semester          : 3 (tiga) / 2 (dua)
Alokasi waktu             :
Tahun Pelajaran           : 2010/2011

Standar Kompetensi :
6. Mempraktekkan berbagai gerak dasar dalam permainan sederhana dan nilai – nilai yang terkandung di dalam nya.

Kompetensi Dasar
6.2      Mempraktekan kombinasi gerak dasar jalan, lari lompat dan koordinasi yang baik dalam permainan sederhana serta ilai kerjasama , toleransi , kejujuran , tanggung jawab, dan menghargai lawan atau diri sendiri

A. Kegiatan Pembelajaran
   6.2.1 Melakukan memutar badan kekiri dan kekanan dengan hitungan
   6.2.2 Melakukan jongkok lalu berdiri tegak dengan hitungan
   6.2.3 Melakukan ayunan tangan memutar keatas dan kebawah dengan hitungan
   6.2.4 Melakukan gerakan meliukan badan kesamping dan berputar dengan hitungan

B. Materi Pokok
     Kombinasi gerak dasar
    1. Memutar
    2. Mengayun
    3. Meliuk

C. Metode Pembelajaran
a.       Ceramah
b.      Demonstrasi
c.       Praktek

D. Langkah-langkah pembelajaran

NO
KEGIATAN
WAKTU
METODE
1
Pendahuluan
a.      Siswa di bariskan dan berdo’a
b.     Mengabsen siswa
c.      Melakukan gerakan pemanasan


Praktek dan Demonstrasi
2
Kegiatan Inti
1). Eksplorasi  :
    Guru memberi penjelasan tentang materi pembelajaran
2). Elaborasi  : 
a.      Guru menberi contoh mengenai materi pembelajaran.
b.     Melakukan kombinasi berbagai gerak memutar
c.      Melakukan kombinasi berbagai gerak mengayun
d.     Melakukan kombinasi berbagai gerak mengayun lengan
e.      Melakukan kombinasi berbagai gerak meliuk badan
f.      Mampu bekerja sama dengan teman
g.     Dapat menghargai lawan atau diri sendiri
3). Konfirmasi
a.  Mengecek pemahaman siswa tentang materi pembelajaran

Praktek dan Demonstrasi
3
penutup
a.       Siswa di kumpulkan kembali untuk mendengarkan penjelasan
b.      Memperbaiki tentang kesalahan – kesalahan gerak


Praktek dan Demonstrasi

C.  Alat dan Sumber belajar
Sumber
-          Media Cetak
-          Media
Alat
-          Kapur, Bak pasir dan Bendera

D.    Penilaian
1. Teknik Penilaian :
-  Tes unjuk kerja (psikomotor) melakukan gerakan :
Memutar badan ke kanan dan kiri
gerakan jongkok lalu berdiri tegak
gerakan mengayun tangan memutar
gerakan meliukan badan ke samping dan berputar
-   Pengamatan sikap (afektif) :
                  Penilaian dilakukan berdasarkan pemahaman siswa tentang materi pembelajaran.
-    Kuis / embedded test ( kognitif) :
            Menjawab secara lisan mengenai meteri pembelajaran.
2. Rubrik penilaian :

Indikator Penilaian
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen
a.    Memutar badan ke kanan dan kiri
b.   gerakan jongkok lalu berdiri tegak
c.    gerakan mengayun tangan memutar
d.   gerakan meliukan badan ke samping dan berputar

Tes
Praktek
a.    Memutar badan ke kanan dan kiri
b.   Melakukan gerakan jongkok lalu berdiri tegak
c.    Melakukan gerakan mengayun tangan memutar
d.   Melakukan gerakan meliukan badan ke samping dan berputar
Tes
Praktek
Tes
Praktek

Mengetahui,
Kepala Sekolah




Drs. RAHMAT TAUFIQ
NIP.196202201980121001
Karangdadap, ...............................
Guru Penjas Orkes




PARTANTO, S.Pd
NIP. 197204142006041004




























RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
No. 6/6.3
Sekolah                        : SDN Kalilembu
Mata Pelajaran             : Pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan
Kelas / Semester          : 3 (tiga) / 2 (dua)
Alokasi waktu             :
Tahun Pelajaran           : 2010/2011

Standar Kompetensi :
6. Mempraktekkan berbagai gerak dasar dalam permainan sederhana dan nilai – nilai yang terkandung di dalam nya.

Kompetensi Dasar
6.3      Mempraktekkan kombinasi gerak dasar memvoli, memantulkan, menendang, dan mengontrol bola dengan koordinasi yang baik dalam permainan sederhana,serta nilai kerjasama, toleransi, kejujuran,tanggung jawab,dan menghargai lawanatau diri sendiri dan bersedia berbagai tempat dan peralatan dalam permainan

A. Kegiatan Pembelajaran:
   6.3.1 Melakukan melambungkan / memvoli bola dengan control yang baik
   6.3.2 Melakukan gerak memantul – mantulkan bola ( menggiring )
   6.3.3 Melakukan gerakan menendang bola dengan berbagai bagian kaki dengan control       yang baik
   6.3.4 Melakukan gerakan mengontrol bola secara bergantian

B. Metode Pokok
     Kombinasi gerak dasar
-          Memvoli, Memantulkan, Menendang dan Mengontrol

C.  Metode Pembelajaran
-          Ceramah
-          Demonstrasi
-          Praktek

  1. Langkah-langkah pembelajaran

NO
Kegiatan
Waktu
Metode
1.
Pendahuluan
a.    Siswa di bariskan dan berdo’a
b.   Mengabsen siswa
c.    Melakukan gerakan pemanasan


Praktek dan Demonstrasi
2.
Kegiatan Inti
1). Eksplorasi  :
    Guru memberi penjelasan tentang materi pembelajaran
2). Elaborasi  : 
a.    Guru menberi contoh mengenai materi pembelajaran.
b.   Mendemonstrasikan kombinasi berbagai pola gerak dasar memvoli bola
c.    Mendemonstrasikan kombinasi berbagai pola gerak dasar memantulkan bola
d.   Mendemonstrasikan kombinasi berbagai pola gerak dasar menendang bola
e.    Mendemonstrasikan kombinasi berbagai pola gerak dasar mengontrol bola
3). Konfirmasi
a.  Mengecek pemahaman siswa tentang materi pembelajaran

Praktek dan Demonstrasi
3.
B.     Kegiatan Akhir / Penenangan
a.       Siswa di kumpulkan kembali untuk mendengarkan penjelasan
b.      Memperbaiki tentang kesalahan – kesalahan gerak


Praktek dan Demonstrasi

E.. Alat dan Sumber:
    Sumber:
-          Media Cetak
-          Media Lingkungan
    Alat :
-          Peluit,  Bendera, Tiang dan Bola Sepak

F.  Penilaian:
1. Teknik Penilaian :
-  Tes unjuk kerja (psikomotor) melakukan gerakan :
memvoli bola dengan control  yang baik
memantul – mantulkan bola
menendang bola dengan kaki bagian dalam
mengontrol bola bergantian secara     berpasangan
-   Pengamatan sikap (afektif) :
Penilaian dilakukan berdasarkan pemahaman siswa tentang materi pembelajaran.
-    Kuis / embedded test ( kognitif) :
            Menjawab secara lisan mengenai meteri pembelajaran.
2. Rubrik penilaian :

Indikator Penilaian
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen
a.       memvoli bola dengan control  yang baik
b.      memantul – mantulkan bola
c.       menendang bola dengan kaki bagian dalam
d.      mengontrol bola bergantian secara     berpasangan

Tes
Praktek
-       Melakukan gerakan memvoli bola dengan control  yang baik
-       Melakukan gerakan memantul – mantulkan bola
-       Melakukan gerakan menendang bola dengan kaki bagian dalam
-       Melakukan gerakan mengontrol bola bergantian secara     berpasangan

Tes
Praktek
Tes
Praktek



Mengetahui,
Kepala Sekolah




Drs. RAHMAT TAUFIQ
NIP.196202201980121001
Karangdadap, ...............................
Guru Penjas Orkes




PARTANTO, S.Pd
NIP. 197204142006041004






















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
NO :  7/7.1

Sekolah                        : SDN Kalilembu
Mata Pelajaran             : Pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan
Kelas / Semester          : 3 (tiga) / 2 (dua)
Alokasi waktu             :
Tahun Pelajaran           : 2010/2011


STANDAR KOMPETENSI
7. Mempraktekan latihan dasar kebugaran jasmani dan nilai nilai yang terkandung didalam nya.

KOMPETENSI DASAR
7.1.Mempraktekan berbagai bentuk latihan  untuk meningkatkan kelentukan serta  nilai di siplin dan keselamatan.

A.    TUJUAN PEMBELAJARAN
1.        Melakukan gerakan meliukan badan kedepan , belakang, sampingkanan dan kiri
2.        Duduk Sikap lari gawang,gerakan meliukan lutut kaki yang selujur
3.        Duduk dua kaki selujur, bungkukan badan sampai dahi menyentuh lutut
4.        Dusuk berpasangan melakukan gerakan tarik menarik dengan posisi kaki kang kang
5.        Melakukan sikap seplit dengan posisi Badan terlentang
6.        Melakukan sikap seplit dengan arah kedepan , samping dengan berbagai fariasi

B.     MATERI BELAJAR
 -  Gerakan peningkatan kelentukan dan kelentuaran

C.    METODE DAN MODEL PEMBELAJAR
1.        Ceramah
2.        Demonstrasi
3.        Praktek

D.    LANGKAH – LANGKAH PEMBELAJARAN

No
Kegiatan
Waktu
Metode
1
Pendahuluan
-                      Siswa di bariskan dan berdo’a
-                      Mengapsen siswa
-                      Melakukan gerakan pemanasan

2 x 35 menit


Ceramah
Demonstrasi
Praktek


2
Kegiatan Inti
1). Eksplorasi  :
    Guru memberi penjelasan tentang materi pembelajaran
2). Elaborasi  : 
a.       Guru menberi contoh mengenai materi pembelajaran.
b.      Siswa Dapat Melakukan gerakan meliukan badan kedepan , belakang, sampingkanan dan kiri
c.       Siswa Dapat Melakukan Sikap lari gawang,gerakan meliukan lutut kaki yang selujur
d.      Siswa Dapat Melakukan gerakan Duduk dua kaki selujur, bungkukan badan sampai dahi menyentuh lutut
e.       Siswa Dapat Melakukan gerakan Dusuk berpasangan melakukan gerakan tarik menarik dengan posisi kaki kang kang
f.       Siswa Dapat Melakukan sikap seplit dengan posisi Badan terlentang
g.      Siswa Dapat  Melakukan sikap seplit dengan arah kedepan , samping dengan berbagai fariasi
3). Konfirmasi
a.  Mengecek pemahaman siswa tentang materi pembelajaran


3
Penutup
-    Siswa di bariskan kembali, untuk mendengr kan   menjelaskan dari guru
-    Memperbaiki tentang kesalahan kesalah yang di lakukan



E.  SUMBER BELAJAR
      - Buku pelajaran senam di SD
      - Peluit
      - Matras

F.  PENILAIAN
     1. Teknik Penilaian :
-  Tes unjuk kerja (psikomotor) melakukan gerakan :
Melakukan gerakan meliukan badan kedepan , belakang, sampingkanan dan kiri
Duduk Sikap lari gawang,gerakan meliukan lutut kaki yang selujur
Duduk dua kaki selujur, bungkukan badan sampai dahi menyentuh lutut
Duduk berpasangan melakukan gerakan tarik menarik dengan posisi kaki kang kang
Melakukan sikap seplit dengan posisi Badan terlentang
Melakukan sikap seplit dengan arah kedepan , samping dengan berbagai fariasi
-   Pengamatan sikap (afektif) :
Penilaian dilakukan berdasarkan pemahaman siswa tentang materi pembelajaran.
-        Kuis / embedded test ( kognitif) :
            Menjawab secara lisan mengenai meteri pembelajaran.
2. Rubrik penilaian :

Indikator penilaian
Teknik penilaian
Bentuk instrumen
Instrumen
  1. Melakukan gerakan meliukan badan kedepan , belakang, sampingkanan dan kiri
  2. Duduk Sikap lari gawang,gerakan meliukan lutut kaki yang selujur
  3. Duduk dua kaki selujur, bungkukan badan sampai dahi menyentuh lutut
  4. Duduk berpasangan melakukan gerakan tarik menarik dengan posisi kaki kang kang
  5. Melakukan sikap seplit dengan posisi Badan terlentang
  6. Melakukan sikap seplit dengan arah kedepan , samping dengan berbagai fariasi

- Tes
- Non tes

- Praktek
  - Perbuatan
 - Pengamatan

-    Lakukan gerakan meliukan badan kedepan, samping, belakang,
-    Lakukan duduk sikap lari gawang memeluk lutut kaki yang selunjur
-    Lakukan gerakan duduk kedua kaki selunjur , bungkukan badan sampai dahi menyentuh lutut
-    Lakukan duduk berpasangan dan lakukan gerakan tarik menarik dengan posisi kaki kangkang
-    Lakukan gerakan split dengan posisi badan terlentang
-    Lakukan gerakan split dengan arah depan atau samping dengan berbagai variasi
           
Mengetahui,
Kepala Sekolah




Drs. RAHMAT TAUFIQ
NIP.196202201980121001
Karangdadap, ...............................
Guru Penjas Orkes




PARTANTO, S.Pd
NIP. 197204142006041004
















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
NO :  7/7.2

Sekolah                        : SDN Kalilembu
Mata Pelajaran             : Pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan
Kelas / Semester          : 3 (tiga) / 2 (dua)
Alokasi waktu             :
Tahun Pelajaran           : 2010/2011

STANDAR KOMPETENSI
7. Mempraktekan latihan dasar kebugaran jasmani dan nilai nilai yang terkandung didalam nya.

KOMPETENSI DASAR
7.2 Mempraktekan berbagai bentuk latihan  untuk meningkatkan koordinasi gerak dan nilai disiplin

A.TUJUAN PEMBELAJARAN
- Melakukan lempar tangkap bola berpasangan dengan posisi tubuh tengkurap
- Permainan berburu kaki
 - Permainan membentuk trowongan
- Jalan kepiting

B.MATERI BELAJAR
      Gerakan untuk meningkatkan koordinasi gerak

C.METODE DAN MODEL PEMBELAJAR
1.         Ceramah
2.         Demonstrasi
3.         Praktek

D. LANGKAH – LANGKAH PEMBELAJARAN
Mempraktekan latihan dasar kebugaran jasmani dan nilai nilai yang
terkandung didalam nya.

No
Kegiatan
Waktu
Metode
1
Pendahuluan
-                      Siswa di bariskan dan berdo’a
-                      Mengapsen siswa
-                      Melakukan gerakan pemanasan

2 x 35 menit


Ceramah
Demonstrasi
Praktek


2
Kegiatan Inti
1). Eksplorasi  :
    Guru memberi penjelasan tentang materi pembelajaran
2). Elaborasi  : 
  1. Guru menberi contoh mengenai materi pembelajaran.
  2. Siswa dapat Melakukan lempar tangkap bola         
  3. Siswa dapat berpasangan dengan posisi tubuh   tengkurap
  4. Siawa dapat melakukan Permainan berburu kaki
  5. Siswa dapat melakukan Permainan membentuk trowongan
  6. Siswa dapat melakuakn gerakan  Jalan kepiting
3). Konfirmasi
a.  Mengecek pemahaman siswa tentang materi pembelajaran


3
Penutup
-    Siswa di bariskan kembali, untuk mendengr kan   menjelaskan dari guru
-    Memperbaiki tentang kesalahan kesalah yang di lakukan



E. SUMBER BELAJAR
- Buku pelajaran senam di SD
- Peluit
- Bola

F.  PENILAIAN
1. Teknik Penilaian :
-  Tes unjuk kerja (psikomotor) melakukan gerakan :
Lempar tangkap bola berpasangan dengan posisi badan menghadap ke bawah
Bermain berburu kaki dan menghindar dengan meloncat ke atas dan kaki direntangkan / di peluk
Membuat trowongan dengan mencembungkan badan dengan posisi badan menghadap ke bawah
Kaki kepiting
-   Pengamatan sikap (afektif) :
Penilaian dilakukan berdasarkan pemahaman siswa tentang materi pembelajaran.
-        Kuis / embedded test ( kognitif) :
            Menjawab secara lisan mengenai meteri pembelajaran.
2. Rubrik penilaian :
    
Indikator penilaian
Teknik penilaian
Bentuk instrumen
Instrumen
a.   Lempar tangkap bola berpasangan dengan posisi badan menghadap ke bawah
b.   Bermain berburu kaki dan menghindar dengan meloncat ke atas dan kaki direntangkan / di peluk
c.   Membuat trowongan dengan mencembungkan badan dengan posisi badan menghadap ke bawah
d.  Kaki kepiting

- Tes
- Non tes

- Praktek
  - Perbuatan
 - Pengamatan

-Lakukan lempar tangkap bola berpasangan posisi badan, menghadap kebawah
- Lakukan permainan      berburu kaki, menghindar dengan loncat  kaki , rentang / di peluk
- Lakukan permainan membuat terowongan dengan mencembungkan badan, posisi badan menghadap kebawah
- Melakukan gerakan jalan kepiting
           
Mengetahui,
Kepala Sekolah




Drs. RAHMAT TAUFIQ
NIP.196202201980121001
Karangdadap, ...............................
Guru Penjas Orkes




PARTANTO, S.Pd
NIP. 197204142006041004




























RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
NO: 8/8.1

Sekolah                        : SDN Kalilembu
Mata Pelajaran             : Pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan
Kelas / Semester          : 3 (tiga) / 2 (dua)
Alokasi waktu             :
Tahun Pelajaran           : 2010/2011

STANDAR KOMPETENSI
    8. Mempraktekn senam ketangkasan dasar dan nilai nilai yang terkandang di dalamnya

KOMPETENSI DASAR
    8.1 Mempraktekan senm ketangkasan sederhana tanpa alat dan nilai di siplin

A. TUJUAN PEMBELAJARAN
     Melalui latihan, diharapkan :
            - Siswa dapatMelakukan gerakan merangkak
-Siswa dapat  Melakukan gerakan merayap
- Siswa dapat  Melakukan gerakan loncat berputar di udara

B. MATERI BELAJAR
      - Senam ketangkasan tanpa alat

C. METODE DAN MODEL PEMBELAJARAN
      -  Ceramah
       - Demonstrasi
      -  Praktek

D. LANGKAH – LANGKAH PEMBELAJARAN
    Mempraktekn senam ketangkasan dasar dan nilai nilai yang terkandang di   dalamnya
No
Kegiatan
Waktu
Metode
1
Pendahuluan.
-       Siswa di bariskan dan berdo’a
-       Mengapsen siswa
-       Melkukan gerakan pemanasan





2 x 35 menit



Ceramah


Demonstrasi


Praktek

2
Kegiatan Inti
1). Eksplorasi  :
    Guru memberi penjelasan tentang materi pembelajaran
2). Elaborasi  : 
  1. Guru menberi contoh mengenai materi pembelajaran.
  2. Siswa dapat memprakekan gerakan merangkak
  3. Siswa dapat mempraktekan gerakan merayap
  4. Siswa dapat meloncat berputar di udara
3). Konfirmasi
a.  Mengecek pemahaman siswa tentang materi pembelajaran
3
Penutup
- Siswa di kumpulkan kembali untuk mendengarkan    penjelasan
-Memperbaiki tentang kesalahan kesalahan gerak
E. SUMBER BELAJAR
 -  Buku refresi senam SD
  Alat:
-  Matras

F. PENILAIAN
1. Teknik Penilaian :
-  Tes unjuk kerja (psikomotor) melakukan gerakan :
                        Siswa dapat memprakekan gerakan merangkak
Siswa dapat mempraktekan gerakan        merayap
Siswa dapat meloncat berputar di   udara
    -   Pengamatan sikap (afektif) :
Penilaian dilakukan berdasarkan pemahaman siswa tentang materi pembelajaran.
-        Kuis / embedded test ( kognitif) :
            Menjawab secara lisan mengenai meteri pembelajaran.
2. Rubrik penilaian :


Indikator Penilaian
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen


- Siswa dapat memprakekan gerakan merangkak
- Siswa dapat mempraktekan gerakan        merayap
- Siswa dapat meloncat berputar di   udara
-Tes individu      kelompok
-Non tes

-    Praktek
-    Perbuatan
-    Pengamatan

-      Lakukan gerakan merangkak
-      Lakukan gerkan merayap
-      Lakukan gerakan loncat berputar di udara

Mengetahui,
Kepala Sekolah




Drs. RAHMAT TAUFIQ
NIP.196202201980121001
Karangdadap, ...............................
Guru Penjas Orkes




PARTANTO, S.Pd
NIP. 197204142006041004







                                                                                               

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
 NO: 8/8.2
Sekolah                        : SDN Kalilembu
Mata Pelajaran             : Pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan
Kelas / Semester          : 3 (tiga) / 2 (dua)
Alokasi waktu             :
Tahun Pelajaran           : 2010/2011

STANDAR KOMPETENSI
    8. Mempraktekn senam ketangkasan dasar dan nilai nilai yang terkandung di dalamnya

KOMPETENSI DASAR
    8.2 Mempraktekan senam ketangkasan yang kompleks menggunakan alat dan nilai disiplin

A. TUJUAN PEMBELAJARAN
    Melalui latihan, diharapkan :
-Siswa dapat Melkukan ngerakan merangkak
      -Siswa dapat Melakukan gerakan merayap
      -Siswa dapat Melakukan gerakan loncat berputar di udara

B. MATERI BELAJAR
     - Senam ketangkasan dengan alat

C. METODE DAN MODEL PEMBELAJARAN
      -  Ceramah
       - Demonstrasi
      -  Praktek

D. LANGKAH – LANGKAH PEMBELAJARAN
    Mempraktekn senam ketangkasan dasar dan nilai nilai yang terkandang di dalamnya
No
Kegiatan
Waktu
Metode
1
Pendahuluan.
-       Siswa di bariskan dan berdo’a
-       Mengapsen siswa
-       Melkukan gerakan pemanasan





2 x 35 menit



Ceramah


Demonstrasi


Praktek

2
Kegiatan Inti
1). Eksplorasi  :
    Guru memberi penjelasan tentang materi pembelajaran
2). Elaborasi  : 
  1. Guru menberi contoh mengenai materi pembelajaran.
  2. Siswa dapat melakukan  loncat di atas kerdus
  3. Siswa dapat melakukan     loncat kelinci melewati peti     lompat
  4. Siswa dapat melakukan    berguling ke depan
3). Konfirmasi
a.  Mengecek pemahaman siswa tentang materi pembelajaran
3
Penutup
- Siswa di kumpulkan kembali untuk mendengarkan    penjelasan
-Memperbaiki tentang kesalahan kesalahan gerak

E. SUMBER BELAJAR
       -Buku refresi senam
       -Buku senm dasar
     Alat:
      -  Matras

F. PENILAIAN
1. Teknik Penilaian :
-  Tes unjuk kerja (psikomotor) melakukan gerakan :
                         Siswa loncat di atas kerdus
 Siswa loncat kelinci   melewati peti lompat
Siswa berguling ke depan
            -   Pengamatan sikap (afektif) :
Penilaian dilakukan berdasarkan pemahaman siswa tentang materi pembelajaran.
-        Kuis / embedded test ( kognitif) :
            Menjawab secara lisan mengenai meteri pembelajaran.
2. Rubrik penilaian :

Indikator Penilaian
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen
- Siswa dapat Mampu  loncat di atas kerdus
-  - Siswa dapatMampu loncat kelinci   melewati peti lompat
-. Siswa dapat Mampu berguling ke depan

-      Tes
-      Non tes
-      Praktek


-      Praktek
-      Perbuatan
-      Pengamatan
-      Lakuakan gerakan loncat kelinci melewati peti lompat
-      Lakukan gerakan berguling ke depan

Mengetahui,
Kepala Sekolah




Drs. RAHMAT TAUFIQ
NIP.196202201980121001
Karangdadap, ...............................
Guru Penjas Orkes




PARTANTO, S.Pd
NIP. 197204142006041004
                                                                                   
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
NO: 9/9.1
Sekolah                        : SDN Kalilembu
Mata Pelajaran             : Pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan
Kelas / Semester          : 3 (tiga) / 2 (dua)
Alokasi waktu             :
Tahun Pelajaran           : 2010/2011

STANDAR KOMPETENSI
    9. Mempraktekan gerak ritmik dasar yang berorientasi denagan arah, ruang dan waktu dengan atau tanpa  musik dan nilai - nilai yang terkandung didalam nya

KOMPETENSI DASAR
    9.1 Mempraktekan gerak lokomotordalam gerak ritmik di orientasikan pada arah, ruang, dan waktu secara individu dengan atau tanpa menggunakan musik, serta nilai percayadiri dan disiplin

A. TUJUAN PEMBELAJARAN
    Melalui latihan, diharapkan siswa dapat  :
        - melakukan  gerakan melangkah kedepan, belakang diikuti ayunan lengan    secara individu   tanpa musik
          - melakukan gerakan melompat kesamping lutut di tekuk tanpa musik
          - melakukan gerakan melompat ke depan, belakang dan kesamping lutut di tekuk tanpa musik

B. MATERI BELAJAR
      - Gerakan lokomotor secara individu

C. METODE DAN MODEL PEMBELAJARAN  
   -  Ceramah
       - Demonstrasi
      -  Praktek

D. LANGKAH – LANGKAH PEMBELAJARAN
No
Kegiatan
Waktu
Metode
1
Pendahuluan.
-       Siswa di bariskan dan berdo’a
-       Mengapsen siswa
-       Melkukan gerakan pemanasan





2 x 35 menit



Ceramah


Demonstrasi


Praktek

2
Kegiatan Inti
1). Eksplorasi  :
    Guru memberi penjelasan tentang materi pembelajaran
2). Elaborasi  : 
  1. Guru menberi contoh mengenai materi pembelajaran.
  2. Siswa dapat melakukan gerakan melangkah ke depan dan kebelakang di ikuti ayunan tangan     secara individu serasi dengan hitungan
  3. Siswa dapat melakukan gerakan melompat kearah samping kanan dan kiri dengan posisi lutut ditekuk dan ujung jari jinjit
  4. Siswa dapat melakukan gerakan melompat kearah depan, belakang, samping kanan dan kiri dengan posisi lutut ditekuk dan ujung jari jinjit
3). Konfirmasi
a.  Mengecek pemahaman siswa tentang materi pembelajaran
3
Penutup
- Siswa di kumpulkan kembali untuk mendengarkan    penjelasan
E. SUMBER BELAJAR
     - Buku pegangan, Media elektronik dan Media cetak

F. PENILAIAN
1. Teknik Penilaian :
-  Tes unjuk kerja (psikomotor) melakukan gerakan :
Siswa dapat melakukan gerakan melangkah ke depan dan kebelakang di ikuti ayunan tangan     secara individu serasi dengan hitungan
Siswa dapat melakukan gerakan melompat kearah samping kanan dan kiri dengan posisi lutut ditekuk dan ujung jari jinjit
Siswa dapat melakukan gerakan melompat kearah depan, belakang, samping kanan dan kiri dengan posisi lutut ditekuk dan ujung jari jinjit                    
 -   Pengamatan sikap (afektif) :
Penilaian dilakukan berdasarkan pemahaman siswa tentang materi pembelajaran.
-        Kuis / embedded test ( kognitif) :
            Menjawab secara lisan mengenai meteri pembelajaran.
2. Rubrik penilaian :


Indikator Penilaian
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen


- Siswa dapat melakukan gerakan melangkah ke depan dan kebelakang di ikuti ayunan tangan     secara individu serasi dengan hitungan
- Siswa dapat melakukan gerakan melompat kearah samping kanan dan kiri dengan posisi lutut ditekuk dan ujung jari jinjit
- Siswa dapat melakukan gerakan melompat kearah depan, belakang, samping kanan dan kiri dengan posisi lutut ditekuk dan ujung jari jinjit
- Tes
- Non tes

-      Praktek
-      Perbuatan
-      Pengamatan

-      Melakukan gerakan melangkah kedepan dan belakang Diikuti dengan ayunan lengan tanpa musik
-      Lakukan gerakan lompat ke samping  dengan lutut ditekuk tanpa musik
-      Lakukan gerakan lompat ke depan, belakang dan samping  dengan lutut ditekuk tanpa musik

Mengetahui,
Kepala Sekolah




Drs. RAHMAT TAUFIQ
NIP.196202201980121001
Karangdadap, ...............................
Guru Penjas Orkes




PARTANTO, S.Pd
NIP. 197204142006041004





































RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
NO: 9/9.2
Sekolah                        : SDN Kalilembu
Mata Pelajaran             : Pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan
Kelas / Semester          : 3 (tiga) / 2 (dua)
Alokasi waktu             :
Tahun Pelajaran           : 2010/2011

STANDAR KOMPETENSI
 9. Mempraktekan gerak ritmik dasar yang berorientasi denagan arah, ruang dan waktu dengan atau tanpa  musik dan nilai - nilai yang terkandung didalam nya

KOMPETENSI DASAR
    9.2 Mempraktekan gerak lokomotor dalam aktivitas ritmik yang berorientasi pada arah ruang dan waktu secara beregu dengan atau tanpa menggunakan musik, serta nilai percaya diri disiplin dan kerjasama

A. TUJUAN PEMBELAJARAN
      Melakukan gerakan langkah kedepan dan belakang secara berpasangan di iringi musik

B. MATERI BELAJAR
        - Gerak lokomotor

C. METODE DAN MODEL PEMBELAJARAN
      -  Ceramah
       - Demonstrasi
      -  Praktek

D. LANGKAH – LANGKAH PEMBELAJARAN
    Pertemuan 1. 
    Mempraktekan gerak ritmik dasar yang berorientasi denagan arah, ruang dan waktu dengan atau tanpa  musik dan nilai - nilai yang terkandung didalam nya
No
Kegiatan
Waktu
Metode
1
Pendahuluan.
-          Siswa di bariskan dan berdo’a
-          Mengapsen siswa
-          Melkukan gerakan pemanasan





2 x 35 menit



Ceramah


Demonstrasi


Praktek

2
Kegiatan Inti
1). Eksplorasi  :
    Guru memberi penjelasan tentang materi pembelajaran
2). Elaborasi  : 
  1. Guru menberi contoh mengenai materi pembelajaran.
  2. Siswa dapat melakukan gerakan melangkah kedepan dan belakang dengan berpegangan tangan sacara berpasangan serasi dengan iringan musik
  3. Siswa  dapat melakukan gerakan melangkah kekiri dn kanan diiringi dengan ayunan langkah kedepan, kebelakang, ke atas dan bawah serasi dengan iringan musik secara beregu
  4.  Siswa dapat menyesuaikan gerakan dengan irama
  5. Siswa dapat menyesuaikan gerakan gerakan dengan teman / regu
 3). Konfirmasi
a.  Mengecek pemahaman siswa tentang materi pembelajaran
3
Penutup
- Siswa di kumpulkan kembali untuk mendengarkan    penjelasan
-Memperbaiki tentang kesalahan kesalahan gerak

E. SUMBER BELAJAR
 - Buku pegangan
 - Media cetak
 - Media elektronik
Alat :
- Kaset
- Tape recorder

F. PENILAIAN
1. Teknik Penilaian :
-  Tes unjuk kerja (psikomotor) melakukan gerakan :
Lakukan gerakan melangkah kedepan dan belakang secara berpasangan dengan di  iringi musik
   Lakukan gerakan melangkah ke kiri dan kekanan di ikuti ayunan lengan secara beregu di iringi musik
 -   Pengamatan sikap (afektif) :
Penilaian dilakukan berdasarkan pemahaman siswa tentang materi pembelajaran.
-        Kuis / embedded test ( kognitif) :
            Menjawab secara lisan mengenai meteri pembelajaran.
2. Rubrik penilaian :

Indikator Penilaian
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen
 - Siswa dapat melakukan gerakan melangkah kedepan dan belakang dengan berpegangan tangan sacara berpasangan serasi dengan iringan musik
- Siswa dapat melakukan gerakan melangkah kekiri dn kanan diiringi dengan ayunan langkah kedepan, kebelakang, ke atas dan bawah serasi dengan iringan musik secara beregu
- Siswa dapat menyesuaikan gerakan dengan irama
- Siswa dapat menyesuaikan gerakan gerakan dengan teman / regu
-Tes
-Non tes
-          Praktek
-          Perbuatan
-          Pengamatan
-Lakukan gerakan melangkah kedepan dan belakang secara berpasangan dengan di  iringi musik
- Lakukan gerakan melangkah ke kiri dan kekanan di ikuti ayunan lengan secara beregu di iringi musik



Mengetahui,
Kepala Sekolah




Drs. RAHMAT TAUFIQ
NIP.196202201980121001
Karangdadap, ...............................
Guru Penjas Orkes




PARTANTO, S.Pd
NIP. 197204142006041004
                                                                                               




















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
NO:10/10.1

Sekolah                        : SDN Kalilembu
Mata Pelajaran             : Pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan
Kelas / Semester          : 3 (tiga) / 2 (dua)
Alokasi waktu             :
Tahun Pelajaran           : 2010/2011

STANDAR KOMPETENSI
   10.  Mempraktekan gerak dasar renang gaya dada dan nilai nilai yang terkandung didalam nya

KOMPETENSI DASAR
10.1Mempraktekan gerak dasar meluncur, menggerakan tungkai, menggerakan lengan, dan nilai kebersihan

A. TUJUAN PEMBELAJARAN
Melalui latihan, diharapkan :
        - Siawa dapat melakukan gerakan meluncur
  -Siswa dapat melakukan gerakan tungkai renang gaya dada
  - Siswa dapat melakukan lengan renang gaya dada
  - Siswa dapat melakukan koordinasi gerak tungkai dan lengan renang gaya dada

B. MATERI BELAJAR
-          Gerak dasar renang gaya dada

C. METODE DAN MODEL PEMBELAJARAN
      -  Ceramah
       - Demonstrasi
      -  Praktek

D. LANGKAH – LANGKAH PEMBELAJARAN
    Mempraktekan gerak dasar renang gaya dada dan nilai nilai yang terkandung didalam nya
No
Kegiatan
Waktu
Metode
1
Pendahuluan.
-          Siswa di bariskan dan berdo’a
-          Mengapsen siswa
-          Melkukan gerakan pemanasan





4 x 35 menit



Ceramah


Demonstrasi


Praktek

2
Kegiatan Inti
1). Eksplorasi  :
    Guru memberi penjelasan tentang materi pembelajaran
2). Elaborasi  : 
  1. Guru menberi contoh mengenai materi pembelajaran
  2. Siswa  dapatmeluncur di atas permukaan air
  3. Siswa dapat menggerakan tunekai renang gaya dada
  4. Siswa dapat menggerakan lengan lengan renang gaya   dada
  5. Siswa dapat melkukan gerak koordinasi tungkai dan lengan      renang gaya dada
  6. Siswa dapat menjaga kebersihan
3). Konfirmasi
a.  Mengecek pemahaman siswa tentang materi pembelajaran

3
Penutup
- Siswa di kumpulkan kembali untuk mendengarkan    penjelasan
-Memperbaiki tentang kesalahan kesalahan gerak

E. SUMBER BELAJAR
 - Buku Pegangan
 Alat :
-    Kolam renang
-    Kaca Mata
-    Pelampung

F. PENILAIAN
1. Teknik Penilaian :
-  Tes unjuk kerja (psikomotor) melakukan gerakan :
Lakukan gerakan meluncur
Lakukan gerakan tungkai renang gaya dada sambil meluncur
Lakukan gerakan koordinasi tungkai dan lengan renang gaya dada
 -   Pengamatan sikap (afektif) :
Penilaian dilakukan berdasarkan pemahaman siswa tentang materi pembelajaran.
-        Kuis / embedded test ( kognitif) :
            Menjawab secara lisan mengenai meteri pembelajaran.
2. Rubrik penilaian :

Indikator Penilaian
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen
- Siswa  dapatmeluncur di atas permukaan air
-Siswa dapat menggerakan            tunekai renang gaya dada
-Siswa dapat menggerakan   lengan lengan renang gaya   dada
- Siswa dapat melkukan gerak koordinasi tungkai dan lengan renang gaya dada
-Siswa dapat menjaga   kebersihan
-Tes
-Non tes
- Praktek
- Perbuatan
- Pengamatan
- Lakukan gerakan meluncur
- Lakukan gerakan tungkai renang gaya dada sambil meluncur
- Lakukan gerakan koordinasi tungkai dan lengan renang gaya dada



Mengetahui,
Kepala Sekolah




Drs. RAHMAT TAUFIQ
NIP.196202201980121001
Karangdadap, ...............................
Guru Penjas Orkes




PARTANTO, S.Pd
NIP. 197204142006041004
                                                                                   
































RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
NO: 10/10.2
Sekolah                        : SDN Kalilembu
Mata Pelajaran             : Pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan
Kelas / Semester          : 3 (tiga) / 2 (dua)
Alokasi waktu             :
Tahun Pelajaran           : 2010/2011

STANDAR KOMPETENSI
   10. Mempraktekan gerak dasar renang gaya dada dan nilai nilai yang terkandung didalam nya

KOMPETENSI DASAR
    10.2Mempraktekan cara bernafas renang gaya dada dan nilai kebersihan

A. TUJUAN PEMBELAJARAN
    Melalui latihan, diharapkan  :
      -  Siswa dapat Melakukan gerakan bernafas sambil memegang dinding kolam
       - Siswa dapat Melakukan gerakan bernafas sambil menggerakan tungkai dan lengan
      - Siswa dapat melakukan gerakan mengambil nafas dan membuang nafas

B. MATERI BELAJAR
     - Cara bernafas renang gaya dada

C. METODE DAN MODEL PEMBELAJARAN
      -  Ceramah
       - Demonstrasi
      -  Praktek


D. LANGKAH – LANGKAH PEMBELAJARAN
    Mempraktekan gerak dasar renang gaya dada dan nilai nilai yang terkandung didalam nya

No
Kegiatan
Waktu
Metode
1
Pendahuluan.
-          Siswa di bariskan dan berdo’a
-          Mengapsen siswa
-          Melkukan gerakan pemanasan





4 x 35 menit



Ceramah


Demonstrasi


Praktek

2
Kegiatan Inti
1). Eksplorasi  :
    Guru memberi penjelasan tentang materi pembelajaran
2). Elaborasi  : 
  1. Guru menberi contoh mengenai materi pembelajaran.
  2. Siswa dapat Melakukan gerakan bernafas sambil memegang dinding kolam
  3. Siswa dapat Melakukan gerakan bernafas sambil menggerakan tungkai dan lengan
  4. Siswa dapat melakukan gerakan mengambil nafas dan membuang nafas
3). Konfirmasi
a.  Mengecek pemahaman siswa tentang materi pembelajaran
3
Penutup
- Siswa di kumpulkan kembali untuk mendengarkan    penjelasan
-Memperbaiki tentang kesalahan kesalahan gerak



E. SUMBER BELAJAR
  - Buku pegangan penjas SD
 Alat :
-    Kolam renang
-    Kaca Mata
-    Pelampung


F. PENILAIAN
1. Teknik Penilaian :
-  Tes unjuk kerja (psikomotor) melakukan gerakan :
Lakukan teknik bernafas sambil berdiri
Lakukan teknik bernafas renang gaya dada sambil meluncur
Lakukan cara mengambil nafas dan membuang nafas
 -   Pengamatan sikap (afektif) :
Penilaian dilakukan berdasarkan pemahaman siswa tentang materi pembelajaran.
-        Kuis / embedded test ( kognitif) :
            Menjawab secara lisan mengenai meteri pembelajaran.
2. Rubrik penilaian :














Indikator Penilaian
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen
 - Siswa dapat Melakukan gerakan bernafas sambil memegang dinding kolam
- Siswa dapat Melakukan gerakan bernafas sambil menggerakan tungkai dan lengan
- Siswa dapat mengambil nafas dan membuang nafas
-Tes
-Non tes
-      Praktek
-      Perbuatan
-      Pengamatan
-Lakukan teknik bernafas sambil berdiri
-Lakukan teknik bernafas renang gaya dada sambil meluncur
-Lakukan cara mengambil nafas dan membuang nafas

                                                              
Mengetahui,
Kepala Sekolah




Drs. RAHMAT TAUFIQ
NIP.196202201980121001
Karangdadap, ...............................
Guru Penjas Orkes




PARTANTO, S.Pd
NIP. 197204142006041004
           

                                                                                   


















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
NO: 10/10.3

Sekolah                        : SDN Kalilembu
Mata Pelajaran             : Pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan
Kelas / Semester          : 3 (tiga) / 2 (dua)
Alokasi waktu             :
Tahun Pelajaran           : 2010/2011

STANDAR KOMPETENSI
   10. Mempraktekan gerak dasar renang gaya dada dan nilai nilai yang terkandung didalam nya

KOMPETENSI DASAR
    10.3Mengkombinasi gerak lengan dan tungkai  renang gaya dada dan nilai kebersihan

A. TUJUAN PEMBELAJARAN
    Melalui latihan, diharapkan  :
     - Siswa dapat melakukan gerakan kombinasi lengan dan tungkai renang gaya dada
     - Siswa dapat melakukan kombinasi gerak lengan, tungkai dan pernafasan renang gaya dada
     - Siswa dapat  menjaga kebersihan diri sehabis berenang

B. MATERI BELAJAR
       - Kombinasi gerak lengan dan tungkai renang gaya dada

C. METODE DAN MODEL PEMBELAJARAN
      -  Ceramah
       - Demonstrasi
      -  Praktek

D. LANGKAH – LANGKAH PEMBELAJARAN
    Mengkombinasi gerak lengan dan tungkai  renang gaya dada dan nilai kebersihan
No
Kegiatan
Waktu
Metode
1
Pendahuluan.
-          Siswa di bariskan dan berdo’a
-          Mengapsen siswa
-          Melkukan gerakan pemanasan

4 x 35 menit



4 x 35 menit



Ceramah


Demonstrasi


Praktek

2
Kegiatan Inti
1). Eksplorasi  :
    Guru memberi penjelasan tentang materi pembelajaran
2). Elaborasi  : 
  1. Guru menberi contoh mengenai materi pembelajaran.
  2. siswa dapat melakukan koordinasi gerakan lengan dan tungkai renang gaya dad
  3. siswa dapat  melakukan koordinasi gerakan lengan, tungkai, pernafasan renang gaya dada
  4. Siswa dapat berenang gaya dada menempuh jarak 5 – 10 m
  5. Siswa dapat mejaga kebersihan sehabis berenang
3). Konfirmasi
a.  Mengecek pemahaman siswa tentang materi pembelajaran
3
Penutup
- Siswa di kumpulkan kembali untuk mendengarkan    penjelasan
-Memperbaiki tentang kesalahan kesalahan gerak

E. SUMBER BELAJAR
 - Buku pegangan penjas SD
 Alat :
-    Kolam renang
-    Kaca Mata
-    Pelampung

F. PENILAIAN
1. Teknik Penilaian :
-  Tes unjuk kerja (psikomotor) melakukan gerakan :
siswa dapat melakukan koordinasi gerakan lengan dan tungkai renang gaya dad
siswa dapat  melakukan koordinasi gerakan lengan, tungkai, pernafasan renang gaya dada
Siswa dapat berenang gaya dada menempuh jarak 5 – 10 m
Siswa dapat mejaga kebersihan sehabis berenang
 -   Pengamatan sikap (afektif) :
Penilaian dilakukan berdasarkan pemahaman siswa tentang materi pembelajaran.
-        Kuis / embedded test ( kognitif) :
            Menjawab secara lisan mengenai meteri pembelajaran.
2. Rubrik penilaian :

Indikator Penilaian
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen
 - siswa dapat melakukan koordinasi gerakan lengan dan tungkai renang gaya dad
- siswa dapat  melakukan koordinasi gerakan lengan, tungkai, pernafasan renang gaya dada
- Siswa dapat berenang gaya dada menempuh jarak 5 – 10 m
- Siswa dapat mejaga kebersihan sehabis berenang
-Tes
-Non  tes
-          Praktek
-          Perbuatan
-          Pengamatan
-      Lakukan gerakan koordinasi lengan dan tungkai renang gaya dada
-      Lakuakan renanga gaya dada menempuh jharak 5 – 10 m

Mengetahui,
Kepala Sekolah




Drs. RAHMAT TAUFIQ
NIP.196202201980121001
Karangdadap, ...............................
Guru Penjas Orkes




PARTANTO, S.Pd
NIP. 197204142006041004


































RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
NO: 11/11.1
Sekolah                        : SDN Kalilembu
Mata Pelajaran             : Pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan
Kelas / Semester          : 3 (tiga) / 2 (dua)
Alokasi waktu             :
Tahun Pelajaran           : 2010/2011

STANDAR KOMPETENSI
    11.  Mempraktekkan pemanfaatan lingkungan sekitar sekolah untuk aktifitas jasmani dan nilai – nilai yang terkandung didalamnya

KOMPETENSI DASAR
   11.1. Mempraktekan gerakan lokomotor dan mengikuti jejak dan nilai disiplin, kerjasama, memperhatikan factor keselamatan

A. TUJUAN PEMBELAJARAN
    Melalui keterangan, diharapkan siswa dapat  :
     -  Siswa dapat  menjelaskan berbagai tanda / simbul jejak
     -  Siswa  dapat melkukan gerakan lokomotor
     -  Siswa dapat kerja sama dengan regu serta menjaga keselamatan

B. MATERI BELAJAR
       - Mengikuti jejak

C. METODE DAN MODEL PEMBELAJARAN
    -  Ceramah
    - Demonstrasi

D. LANGKAH – LANGKAH PEMBELAJARAN
Mempraktekkan pemanfaatan lingkungan sekitar sekolah untuk aktifitas jasmani dan nilai – nilai yang terkandung didalamnya
No
Kegiatan
Waktu
Metode
1
Pendahuluan.
-          Siswa di bariskan dan berdo’a
-          Mengapsen siswa
-          Melkukan gerakan pemanasan

4 x 35 menit



4 x 35 menit



Ceramah


Demonstrasi


Praktek

2
Kegiatan Inti
1). Eksplorasi  :
    Guru memberi penjelasan tentang materi pembelajaran
2). Elaborasi  : 
  1. Guru menberi contoh mengenai materi pembelajaran.
  2. Siswa dapat Membaca tanda / simbul jejak
  3. Siswa dapat mengikuti jejak / simbul jejak
  4. Siswa dapat bekerja sama dengan regu serta menjaga    keselamatan
3). Konfirmasi
a.  Mengecek pemahaman siswa tentang materi pembelajaran
3
Penutup
- Siswa di kumpulkan kembali untuk mendengarkan    penjelasan
-Memperbaiki tentang kesalahan kesalahan gerak
E. SUMBER BELAJAR
 - Buku Pegangan  
Alat:
- Kertas, Alat tulis dan Buku

F. PENILAIAN
1. Teknik Penilaian :
-  Tes unjuk kerja (psikomotor) melakukan gerakan :
Siswa dapat Membaca tanda /  simbul jejak
Siswa dapat mengikuti jejak / simbul jejak
Siswa dapat bekerja sama dengan regu serta menjaga    keselamatan
 -   Pengamatan sikap (afektif) :
Penilaian dilakukan berdasarkan pemahaman siswa tentang materi pembelajaran.
-        Kuis / embedded test ( kognitif) :
            Menjawab secara lisan mengenai meteri pembelajaran.
2. Rubrik penilaian :

Indikator Penilaian
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen
 - Siswa dapat Membaca tanda /  simbul jejak
 - Siswa dapat mengikuti jejak / simbul jejak
 - Siswa dapat bekerja sama dengan regu serta menjaga    keselamatan

-Tes
-Non  tes
-      Praktek
-      Perbuatan
-      Pengamatan
-      Apa arti tanda / simbul jejak
-      Lakukan Kegiatan mencari jejak di sekitar sekolah mu dengan mengutamakan keselamatan dan kerjasama tim

Mengetahui,
Kepala Sekolah




Drs. RAHMAT TAUFIQ
NIP.196202201980121001
Karangdadap, ...............................
Guru Penjas Orkes




PARTANTO, S.Pd
NIP. 197204142006041004

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
NO: 11/11.2
Sekolah                        : SDN Kalilembu
Mata Pelajaran             : Pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan
Kelas / Semester          : 3 (tiga) / 2 (dua)
Alokasi waktu             :
Tahun Pelajaran           : 2010/2011

STANDAR KOMPETENSI
    11. Mempraktekkan pemanfaatan lingkungan sekitar sekolah untuk aktifitas jasmani dan nilai – nilai yang terkandung didalamnya

KOMPETENSI DASAR
    11.2Mempraktekkan pemilihan tempat yang aman untuk bermain di lingkungn sekolah

A. TUJUAN PEMBELAJARAN
    Melalui keterangan, diharapkan siswa dapat  :
     - .   menjelaskan tempat yang aman untuk bermain
     -      menjelaskan syarat tempat yang aman untuk bermain

B. MATERI BELAJAR
        - Mengikuti jejak

C. METODE DAN MODEL PEMBELAJARAN
      - Ceramah
      - Demonstrasi
      -  Praktek

D. LANGKAH – LANGKAH PEMBELAJARAN
Mempraktekkan pemanfaatan lingkungan sekitar sekolah untuk aktifitas jasmani dan nilai – nilai yang terkandung didalamnya
No
Kegiatan
Waktu
Metode
1
Pendahuluan.
-          Siswa di bariskan dan berdo’a
-          Mengapsen siswa
-          Melkukan gerakan pemanasan

4 x 35 menit



4 x 35 menit



Ceramah


Demonstrasi


Praktek

2
Kegiatan Inti
1). Eksplorasi  :
    Guru memberi penjelasan tentang materi pembelajaran
2). Elaborasi  : 
  1. Guru menberi contoh mengenai materi pembelajaran.
  2. Siswa dapat menjelaskan tempat yang aman untuk bermain
  3. Siswa dapat menyebutkan syarat tempat yang aman untuk bermain
  4. Siswa dapat memilih tempat yang aman untuk bermain
3). Konfirmasi
a.  Mengecek pemahaman siswa tentang materi pembelajaran
3
Penutup
- Siswa di kumpulkan kembali untuk mendengarkan    penjelasan
-Memperbaiki tentang kesalahan kesalahan gerak

E. SUMBER BELAJAR
  - Buku Pegangan  
  - Media cetak
Alat :
- Kertas
- Buku
- Alat tulis

F. PENILAIAN
1. Teknik Penilaian :
-  Tes unjuk kerja (psikomotor) melakukan gerakan :
Siswa dapat menjelaskan tempat yang aman untuk bermain
Siswa dapat menyebutkansyarat tempat yang aman untuk bermain
Siswa dapat memilih tempat yang aman untuk bermain
 -   Pengamatan sikap (afektif) :
Penilaian dilakukan berdasarkan pemahaman siswa tentang materi pembelajaran.
-        Kuis / embedded test ( kognitif) :
            Menjawab secara lisan mengenai meteri pembelajaran.
2. Rubrik penilaian :


Indikator Penilaian
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen


 - Siswa dapat menjelaskan tempat yang aman untuk bermain
- Siswa dapat menyebutkansyarat tempat yang aman untuk bermain
- Siswa dapat memilih tempat yang aman untuk bermain
-Tes
-Non  tes
-      Praktek
-      Perbuatan
-      Pengamatan
-Jelaskan syarat syarat - tempat yang aman untuk bermain
- Lakuaan kegiatan bermain di tempat yang aman 

Mengetahui,
Kepala Sekolah




Drs. RAHMAT TAUFIQ
NIP.196202201980121001
Karangdadap, ...............................
Guru Penjas Orkes




PARTANTO, S.Pd
NIP. 197204142006041004








RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
NO: 11/11.3
Sekolah                        : SDN Kalilembu
Mata Pelajaran             : Pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan
Kelas / Semester          : 3 (tiga) / 2 (dua)
Alokasi waktu             :
Tahun Pelajaran           : 2010/2011

STANDAR KOMPETENSI
    11. Mempraktekkan pemanfaatan lingkungan sekitar sekolah untuk aktifitas jasmani dan nilai – nilai yang terkandung didalamnya

KOMPETENSI DASAR
    11.3Mempraktekan penjagaan keselamatan diri dan orang lain selama melakukan aktivitas di lingkungan sekitar sekolah dan nilai kebersihan

A. TUJUAN PEMBELAJARAN
    Melalui ketetrangan, diharapkan  :
     -  Siswa dapat mengikuti tata cara peraturan mengikuti jejak
    -  Siswa dapat mengikuti tata cara menjaga keselamatan
     -  Siswa dapat mengikuti tata cara menjaga kebersihan

B. MATERI BELAJAR
        -  Mengikuti jejak

C. METODE DAN MODEL PEMBELAJARAN
    - Ceramah
    - Demonstrasi
    -  Praktek

D. LANGKAH – LANGKAH PEMBELAJARAN
Mempraktekkan pemanfaatan lingkungan sekitar sekolah untuk aktifitas jasmani dan nilai – nilai yang terkandung didalamnya
No
Kegiatan
Waktu
Metode
1
Pendahuluan.
-          Siswa di bariskan dan berdo’a
-          Mengapsen siswa
-          Melkukan gerakan pemanasan

4 x 35 menit



4 x 35 menit



Ceramah


Demonstrasi


Praktek

2
Kegiatan Inti
1). Eksplorasi  :
    Guru memberi penjelasan tentang materi pembelajaran
2). Elaborasi  : 
  1. Guru menberi contoh mengenai materi pembelajaran.
  2. Siswa dapat  mengikuti aturan mengikuti jejak
  3. Siswa dapat Menjaga  ke selamatan diri dan orang lain di tempat bermain
  4. Siswa dapat Menjaga kebersihan diri dan orang lain di tempat bermain
3). Konfirmasi
a.  Mengecek pemahaman siswa tentang materi pembelajaran
3
Penutup
- Siswa di kumpulkan kembali untuk mendengarkan    penjelasan
-Memperbaiki tentang kesalahan kesalahan gerak
E. SUMBER BELAJAR
 - Buku Pegangan  
Alat:
- Kertas, Alat tulis dan Buku

F. PENILAIAN
1. Teknik Penilaian :
-  Tes unjuk kerja (psikomotor) melakukan gerakan :
Siswa dapat  mengikuti aturan mengikuti jejak
Siswa dapat Menjaga  ke selamatan diri dan orang lain di tempat bermain
Siswa dapat Menjaga kebersihan diri dan orang lain di tempat bermain
 -   Pengamatan sikap (afektif) :
Penilaian dilakukan berdasarkan pemahaman siswa tentang materi pembelajaran.
-        Kuis / embedded test ( kognitif) :
            Menjawab secara lisan mengenai meteri pembelajaran.
2. Rubrik penilaian :

Indikator Penilaian
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen
 - Siswa dapat  mengikuti aturan mengikuti jejak
- Siswa dapat Menjaga  ke selamatan diri dan orang lain di tempat bermain
- Siswa dapat Menjaga kebersihan diri dan orang lain di tempat bermain
-Tes
-Non  tes
-Praktek
-Perbuatan
-Pengamatan
- Sebutkan 2 contoh    perbuatan yang membahayakan dalam kegiatan mencari mjejak

Mengetahui,
Kepala Sekolah



Drs. RAHMAT TAUFIQ
NIP.196202201980121001
Karangdadap, ...............................
Guru Penjas Orkes



PARTANTO, S.Pd
NIP. 197204142006041004

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
NO: 12/12.1
Sekolah                        : SDN Kalilembu
Mata Pelajaran             : Pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan
Kelas / Semester          : 3 (tiga) / 2 (dua)
Alokasi waktu             :
Tahun Pelajaran           : 2010/2011

STANDAR KOMPETENSI
   12. Menerapkan budaya hidup sehat

KOMPETENSI DASAR
    12.1 Mengenal bahaya penyakit diare, demam berdarah dan influenza

A. TUJUAN PEMBELAJARAN
       - Siswa dapat Menjelaskan penyebab penyakit diare, demmm berdarah dan influenza
       - Siswa dapat Menjelaskan tanda – tanda penyakit diare , demam berdarah dan influenza
       - Siswa dapat Menjelaskan akibat penyakit diare , demam berdarah dan influenza
       - Siswa dapat  Menjelaskan cara mencegah penyakit diare , demam berdarah dan 

B. MATERI BELAJAR
        - Penyakit Menular

C. METODE DAN MODEL PEMBELAJARAN
      -  Ceramah
       - Demonstrasi

D. LANGKAH – LANGKAH PEMBELAJARAN
No
Kegiatan
Waktu
Metode
1
Pendahuluan.
-          Siswa di bariskan dan berdo’a
-          Mengapsen siswa
-          Melkukan gerakan pemanasan




2 x 35 menit



Ceramah


Demonstrasi


Praktek

2
Kegiatan Inti
1). Eksplorasi  :
    Guru memberi penjelasan tentang materi pembelajaran
2). Elaborasi  : 
  1. Guru menberi contoh mengenai materi pembelajaran.
  2. Siswa Mampu menyebutkan penyebab penyakit diare,  demamberdarah dan influenza
  3. Siswa Mampu menyebutkan tanda – tanda penyakit diare, demam berdarah dan influenza
  4. Siswa Mampu menjelaskan akibat dari penyakit diare, demam berdarah dan influenza
  5. Siswa Mampu mencegah terjangkitnya penyakit diare,  demam berdarah dan influenza
3). Konfirmasi
a.  Mengecek pemahaman siswa tentang materi pembelajaran
3
Penutup
- Siswa di kumpulkan kembali untuk mendengarkan    penjelasan
-Memperbaiki tentang kesalahan kesalahan gerak
E. SUMBER BELAJAR
 - Buku Pegangan  
Alat :
- Sabun dan Sapu tangan

F. PENILAIAN
1. Teknik Penilaian :
-  Tes unjuk kerja (psikomotor) melakukan gerakan :
Siswa Mampu menyebutkan penyebab penyakit diare,  demamberdarah dan influenza
Siswa Mampu menyebutkan tanda – tanda penyakit diare, demam berdarah dan influenza
Siswa Mampu menjelaskan akibat dari penyakit diare, demam berdarah dan influenza
 -   Pengamatan sikap (afektif) :
Penilaian dilakukan berdasarkan pemahaman siswa tentang materi pembelajaran.
-        Kuis / embedded test ( kognitif) :
            Menjawab secara lisan mengenai meteri pembelajaran.
2. Rubrik penilaian :


Indikator Penilaian
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen


 Siswa Mampu menyebutkan penyebab penyakit diare,  demamberdarah dan influenza
 - Siswa Mampu menyebutkan tanda – tanda penyakit diare, demam berdarah dan influenza
- Siswa Mampu menjelaskan akibat dari penyakit diare, demam berdarah dan influenza
-Tes
-Pengamatan
- Perbuatan
- lisan
-Tertulis
-    Praktek
-    Tugas
-    Menyebutkan tanda – tanda penyakit diare demam berdarah dan influenza
-    Menjelaskan akibat terjangkit nya penyakit diare, demam berdarah dan influenza

Mengetahui,
Kepala Sekolah




Drs. RAHMAT TAUFIQ
NIP.196202201980121001
Karangdadap, ...............................
Guru Penjas Orkes




PARTANTO, S.Pd
NIP. 197204142006041004





























RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
NO: 12/12.2
Sekolah                        : SDN Kalilembu
Mata Pelajaran             : Pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan
Kelas / Semester          : 3 (tiga) / 2 (dua)
Alokasi waktu             :
Tahun Pelajaran           : 2010/2011

STANDAR KOMPETENSI
   12. Menerapkan budaya hidup sehat

KOMPETENSI DASAR
    12.2 Mengenal cara menggunakan paturasan

A. TUJUAN PEMBELAJARAN
    Melalui penjelasan, diharapkan  :
        - Siswa dapat Menjelaskan arti paturasan
        - Siswa dapat Menjelaskan paturasan yang baik
        - Siswa dapat Menjelaskan cara menggunakan paturasan
        - Siswa dapat Menjaga kebersihan paturasan

B. MATERI BELAJAR
        - Paturasan

C. METODE DAN MODEL PEMBELAJARAN
      -  Ceramah
       - Demonstrasi

D. LANGKAH – LANGKAH PEMBELAJARAN
No
Kegiatan
Waktu
Metode
1
Pendahuluan.
-          Siswa di bariskan dan berdo’a
-          Mengapsen siswa
-          Melkukan gerakan pemanasan





2 x 35 menit



Ceramah


Demonstrasi


Praktek

2
Kegiatan Inti
1). Eksplorasi  :
    Guru memberi penjelasan tentang materi pembelajaran
2). Elaborasi  : 
  1. Guru menberi contoh mengenai materi pembelajaran.
  2. Siswa mampu menjelaskan pengertian paturasan
  3. Siswa mampu menyebutkan model paturasan yang baik
  4. Siswa mampu menggunakan paturasan
  5. Siswa mampu menjaga kebersihan paturasan
3). Konfirmasi
a.  Mengecek pemahaman siswa tentang materi pembelajaran
3
Penutup
- Siswa di kumpulkan kembali untuk mendengarkan    penjelasan
-Memperbaiki tentang kesalahan kesalahan gerak
E. SUMBER BELAJAR
 - Buku Pegangan  
Alat :
- Sabun dan Sapu tangan

F. PENILAIAN
1. Teknik Penilaian :
-  Tes unjuk kerja (psikomotor) melakukan gerakan :
Siswa mampu menjelaskan pengertian paturasan
Siswa mampu menyebutkan model paturasan yang baik
Siswa mampu menggunakan paturasan
Siswa mampu menjaga kebersihan paturasan
 -   Pengamatan sikap (afektif) :
Penilaian dilakukan berdasarkan pemahaman siswa tentang materi pembelajaran.
-        Kuis / embedded test ( kognitif) :
            Menjawab secara lisan mengenai meteri pembelajaran.
2. Rubrik penilaian :

Indikator Penilaian
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen
- Siswa mampu menjelaskan pengertian paturasan
-      Siswa mampu menyebutkan model paturasan yang baik
-      Siswa mampu menggunakan paturasan
-      Siswa mampu menjaga kebersihan paturasan

-Tes
-Pengamatan
- Perbuatan
- lisan
-Tertulis
-    Praktek
-    Tugas
-    Jelaskan cara menggunakan paturasan
-    Jelaskan cara menjaga kebersihan paturasan


Mengetahui,
Kepala Sekolah




Drs. RAHMAT TAUFIQ
NIP.196202201980121001
Karangdadap, ...............................
Guru Penjas Orkes




PARTANTO, S.Pd
NIP. 197204142006041004

Tidak ada komentar:

Posting Komentar