RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
No. 6/6.1
Sekolah : SDN Kalilembu
Mata Pelajaran : Pendidikan jasmani olahraga dan
kesehatan
Kelas / Semester : 3 (tiga) / 2 (dua)
Alokasi waktu :
Tahun Pelajaran : 2010/2011
Standar
Kompetensi
6.
Mempraktekkan berbagai gerak dasar dalam permainan sederhana dan nilai – nilai
yang terkandung di dalam nya.
Kompetensi
Dasar
6.1
Mempraktekan kombinasi gerak dasar jalan, lari lompat dan koordinasi yang baik
dalam permainan sederhana serta ilai kerjasama , toleransi , kejujuran ,
tanggung jawab, dan menghargai lawan atau diri sendiri
A.
Kegiatan pembelajaran
6.1.1 Mengkombinasikan gerak jalan dan
lari
6.1.2 Mampu mengkombinasikan gerak jalan dan
lari
6.1.3 Mampu mengkombinasikan gerak jalan
kemudian melompat
6.1.4
Melakukan
kombinasi gerakan jalan lari dan lompat
B.
Materi Pokok
Kombinasi gerak dasar
-
jalan
-
lari
-
lompat
C.
Metode Pembelajaran
a. Ceramah
b. Demonstrasi
c. Praktek
D.
Langkah-langkah Pembelajaran
NO
|
KEGIATAN
|
WAKTU
|
METODE
|
1
|
Pendahuluan
a. Siswa
di bariskan dan berdo’a
b. Mengabsen
siswa
c. Melakukan
gerakan pemanasan
|
|
Praktek dan Demonstrasi
|
2
|
Kegiatan Inti
1). Eksplorasi :
Guru memberi
penjelasan tentang materi pembelajaran
2). Elaborasi :
3). Konfirmasi
a. Mengecek pemahaman siswa tentang materi
pembelajaran
|
|
Praktek dan Demonstrasi
|
3
|
B.
Kegiatan Akhir / Penenangan
d.
Siswa di kumpulkan kembali untuk mendengarkan
penjelasan
e.
Memperbaiki tentang kesalahan – kesalahan gerak
|
|
Praktek
dan Demonstrasi
|
E. Alat
dan Sumber Belajar
Sumber
a. Media
Cetak
b. Media
c. Lingkungan
Alat
d. Kapur
e. Bendera
f. Bakpasir
F. Penilaian
1. Teknik Penilaian :
- Tes unjuk kerja (psikomotor) melakukan
gerakan :
gerakan kombinasi berjalan dan lari
gerakan
kombinasi berjalan dan lompat
gerakan
kombinasi gerak lari kemudian lompat
- Pengamatan sikap (afektif) :
Penilaian
dilakukan berdasarkan pemahaman siswa tentang materi pembelajaran.
- Kuis
/ embedded test ( kognitif) :
Menjawab
secara lisan mengenai meteri pembelajaran.
2. Rubrik
penilaian :
Indikator
Penilaian
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen
|
a. gerakan
kombinasi berjalan dan lari
b. gerakan
kombinasi berjalan dan lompat
c. gerakan
kombinasi gerak lari kemudian lompat
|
Tes
|
Praktek
|
-
Melakukan gerakan kombinasi berjalan dan lari
-
Melakukan gerakan kombinasi berjalan dan lompat
-
Melakukan gerakan kombinasi gerak lari kemudian
lompat
|
Mengetahui,
Kepala
Sekolah
Drs. RAHMAT TAUFIQ
NIP.196202201980121001
|
Karangdadap,
...............................
Guru
Penjas Orkes
PARTANTO, S.Pd
NIP. 197204142006041004
|
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
No. 6/6.2
Sekolah : SDN Kalilembu
Mata Pelajaran : Pendidikan jasmani olahraga dan
kesehatan
Kelas / Semester : 3 (tiga) / 2 (dua)
Alokasi waktu :
Tahun Pelajaran : 2010/2011
Standar
Kompetensi :
6.
Mempraktekkan berbagai gerak dasar dalam permainan sederhana dan nilai – nilai
yang terkandung di dalam nya.
Kompetensi
Dasar
6.2 Mempraktekan kombinasi gerak dasar
jalan, lari lompat dan koordinasi yang baik dalam permainan sederhana serta
ilai kerjasama , toleransi , kejujuran , tanggung jawab, dan menghargai lawan
atau diri sendiri
A. Kegiatan
Pembelajaran
6.2.1 Melakukan memutar badan kekiri dan
kekanan dengan hitungan
6.2.2 Melakukan jongkok lalu berdiri tegak
dengan hitungan
6.2.3 Melakukan ayunan tangan memutar keatas
dan kebawah dengan hitungan
6.2.4 Melakukan gerakan meliukan badan
kesamping dan berputar dengan hitungan
B. Materi
Pokok
Kombinasi gerak dasar
- Memutar
- Mengayun
- Meliuk
C. Metode Pembelajaran
a.
Ceramah
b.
Demonstrasi
c.
Praktek
D. Langkah-langkah pembelajaran
NO
|
KEGIATAN
|
WAKTU
|
METODE
|
1
|
Pendahuluan
a. Siswa
di bariskan dan berdo’a
b. Mengabsen
siswa
c. Melakukan
gerakan pemanasan
|
|
Praktek dan Demonstrasi
|
2
|
Kegiatan Inti
1). Eksplorasi :
Guru memberi
penjelasan tentang materi pembelajaran
2). Elaborasi :
a. Guru
menberi contoh mengenai materi pembelajaran.
b. Melakukan
kombinasi berbagai gerak memutar
c. Melakukan
kombinasi berbagai gerak mengayun
d. Melakukan
kombinasi berbagai gerak mengayun lengan
e. Melakukan
kombinasi berbagai gerak meliuk badan
f. Mampu bekerja sama dengan teman
g. Dapat menghargai lawan atau diri
sendiri
3). Konfirmasi
a. Mengecek pemahaman siswa
tentang materi pembelajaran
|
|
Praktek dan Demonstrasi
|
3
|
penutup
a. Siswa
di kumpulkan kembali untuk mendengarkan penjelasan
b. Memperbaiki
tentang kesalahan – kesalahan gerak
|
|
Praktek dan Demonstrasi
|
C. Alat dan
Sumber belajar
Sumber
-
Media Cetak
-
Media
Alat
-
Kapur, Bak pasir dan Bendera
D. Penilaian
1. Teknik Penilaian :
- Tes unjuk kerja (psikomotor) melakukan
gerakan :
Memutar badan ke kanan dan kiri
gerakan jongkok lalu berdiri tegak
gerakan
mengayun tangan memutar
gerakan
meliukan badan ke samping dan berputar
- Pengamatan sikap (afektif) :
Penilaian
dilakukan berdasarkan pemahaman siswa tentang materi pembelajaran.
- Kuis
/ embedded test ( kognitif) :
Menjawab
secara lisan mengenai meteri pembelajaran.
2. Rubrik
penilaian :
Indikator
Penilaian
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen
|
a.
Memutar badan ke kanan dan kiri
b.
gerakan jongkok lalu berdiri tegak
c.
gerakan mengayun tangan memutar
d.
gerakan meliukan badan ke samping dan berputar
|
Tes
|
Praktek
|
a.
Memutar badan ke kanan dan kiri
b.
Melakukan gerakan jongkok lalu berdiri tegak
c.
Melakukan gerakan mengayun tangan memutar
d.
Melakukan gerakan meliukan badan ke samping
dan berputar
|
Tes
|
Praktek
|
||
Tes
|
Praktek
|
Mengetahui,
Kepala
Sekolah
Drs. RAHMAT TAUFIQ
NIP.196202201980121001
|
Karangdadap,
...............................
Guru
Penjas Orkes
PARTANTO, S.Pd
NIP. 197204142006041004
|
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
No. 6/6.3
Sekolah : SDN Kalilembu
Mata Pelajaran : Pendidikan jasmani olahraga dan
kesehatan
Kelas / Semester : 3 (tiga) / 2 (dua)
Alokasi waktu :
Tahun Pelajaran : 2010/2011
Standar
Kompetensi :
6.
Mempraktekkan berbagai gerak dasar dalam permainan sederhana dan nilai – nilai
yang terkandung di dalam nya.
Kompetensi
Dasar
6.3 Mempraktekkan kombinasi gerak dasar
memvoli, memantulkan, menendang, dan mengontrol bola dengan koordinasi yang
baik dalam permainan sederhana,serta nilai kerjasama, toleransi,
kejujuran,tanggung jawab,dan menghargai lawanatau diri sendiri dan bersedia
berbagai tempat dan peralatan dalam permainan
A. Kegiatan
Pembelajaran:
6.3.1 Melakukan melambungkan / memvoli bola
dengan control yang baik
6.3.2 Melakukan gerak memantul –
mantulkan bola ( menggiring )
6.3.3 Melakukan gerakan menendang bola
dengan berbagai bagian kaki dengan control
yang baik
6.3.4 Melakukan gerakan mengontrol bola
secara bergantian
B. Metode
Pokok
Kombinasi gerak dasar
-
Memvoli, Memantulkan, Menendang dan Mengontrol
C. Metode
Pembelajaran
-
Ceramah
-
Demonstrasi
-
Praktek
- Langkah-langkah pembelajaran
NO
|
Kegiatan
|
Waktu
|
Metode
|
1.
|
Pendahuluan
a. Siswa
di bariskan dan berdo’a
b. Mengabsen
siswa
c. Melakukan
gerakan pemanasan
|
|
Praktek
dan Demonstrasi
|
2.
|
Kegiatan Inti
1). Eksplorasi :
Guru memberi
penjelasan tentang materi pembelajaran
2). Elaborasi :
a. Guru
menberi contoh mengenai materi pembelajaran.
b. Mendemonstrasikan kombinasi
berbagai pola gerak dasar memvoli bola
c. Mendemonstrasikan kombinasi
berbagai pola gerak dasar memantulkan bola
d. Mendemonstrasikan kombinasi berbagai
pola gerak dasar menendang bola
e.
Mendemonstrasikan
kombinasi berbagai pola gerak dasar mengontrol bola
3). Konfirmasi
a. Mengecek pemahaman siswa
tentang materi pembelajaran
|
|
Praktek
dan Demonstrasi
|
3.
|
B.
Kegiatan Akhir / Penenangan
a.
Siswa di kumpulkan kembali untuk mendengarkan
penjelasan
b.
Memperbaiki tentang kesalahan – kesalahan gerak
|
|
Praktek
dan Demonstrasi
|
E.. Alat dan Sumber:
Sumber:
-
Media Cetak
-
Media Lingkungan
Alat :
-
Peluit, Bendera, Tiang dan Bola Sepak
F.
Penilaian:
1. Teknik Penilaian :
- Tes unjuk kerja (psikomotor) melakukan
gerakan :
memvoli bola
dengan control yang baik
memantul –
mantulkan bola
menendang
bola dengan kaki bagian dalam
mengontrol bola bergantian
secara berpasangan
- Pengamatan sikap (afektif) :
Penilaian
dilakukan berdasarkan pemahaman siswa tentang materi pembelajaran.
- Kuis
/ embedded test ( kognitif) :
Menjawab
secara lisan mengenai meteri pembelajaran.
2. Rubrik
penilaian :
Indikator
Penilaian
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen
|
a. memvoli
bola dengan control yang baik
b. memantul
– mantulkan bola
c. menendang
bola dengan kaki bagian dalam
d. mengontrol bola bergantian
secara berpasangan
|
Tes
|
Praktek
|
- Melakukan
gerakan memvoli bola dengan control
yang baik
- Melakukan
gerakan memantul – mantulkan bola
- Melakukan
gerakan menendang bola dengan kaki bagian dalam
- Melakukan gerakan mengontrol bola
bergantian secara berpasangan
|
Tes
|
Praktek
|
||
Tes
|
Praktek
|
Mengetahui,
Kepala
Sekolah
Drs. RAHMAT TAUFIQ
NIP.196202201980121001
|
Karangdadap,
...............................
Guru
Penjas Orkes
PARTANTO, S.Pd
NIP. 197204142006041004
|
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN ( RPP )
NO : 7/7.1
Sekolah : SDN Kalilembu
Mata Pelajaran : Pendidikan jasmani olahraga dan
kesehatan
Kelas / Semester : 3 (tiga) / 2 (dua)
Alokasi waktu :
Tahun Pelajaran : 2010/2011
STANDAR KOMPETENSI
7. Mempraktekan latihan dasar kebugaran jasmani dan nilai nilai yang
terkandung didalam nya.
KOMPETENSI DASAR
7.1.Mempraktekan berbagai
bentuk latihan untuk meningkatkan
kelentukan serta nilai di siplin dan
keselamatan.
A.
TUJUAN PEMBELAJARAN
1.
Melakukan gerakan meliukan badan kedepan , belakang,
sampingkanan dan kiri
2.
Duduk Sikap lari gawang,gerakan meliukan lutut kaki yang
selujur
3.
Duduk dua kaki selujur, bungkukan badan sampai dahi
menyentuh lutut
4.
Dusuk berpasangan melakukan gerakan tarik menarik dengan
posisi kaki kang kang
5.
Melakukan sikap seplit dengan posisi Badan terlentang
6.
Melakukan sikap seplit dengan arah kedepan , samping
dengan berbagai fariasi
B. MATERI BELAJAR
-
Gerakan peningkatan kelentukan dan kelentuaran
C. METODE DAN MODEL PEMBELAJAR
1.
Ceramah
2.
Demonstrasi
3.
Praktek
D.
LANGKAH – LANGKAH PEMBELAJARAN
No
|
Kegiatan
|
Waktu
|
Metode
|
1
|
Pendahuluan
-
Siswa di bariskan dan berdo’a
-
Mengapsen siswa
-
Melakukan gerakan pemanasan
|
2 x 35 menit
|
Ceramah
Demonstrasi
Praktek
|
2
|
Kegiatan Inti
1). Eksplorasi :
Guru memberi
penjelasan tentang materi pembelajaran
2). Elaborasi :
a. Guru
menberi contoh mengenai materi pembelajaran.
b. Siswa Dapat Melakukan
gerakan meliukan badan kedepan , belakang, sampingkanan dan kiri
c. Siswa Dapat Melakukan
Sikap lari gawang,gerakan meliukan lutut kaki yang selujur
d. Siswa Dapat Melakukan gerakan Duduk dua kaki selujur,
bungkukan badan sampai dahi menyentuh lutut
e. Siswa Dapat Melakukan
gerakan Dusuk berpasangan melakukan gerakan tarik menarik dengan posisi kaki
kang kang
f. Siswa Dapat Melakukan
sikap seplit dengan posisi Badan terlentang
g. Siswa Dapat Melakukan sikap seplit dengan arah kedepan
, samping dengan berbagai fariasi
3). Konfirmasi
a. Mengecek pemahaman siswa
tentang materi pembelajaran
|
|
|
3
|
Penutup
- Siswa di bariskan kembali, untuk
mendengr kan menjelaskan dari guru
- Memperbaiki tentang kesalahan kesalah
yang di lakukan
|
|
|
E. SUMBER BELAJAR
- Buku pelajaran senam di SD
- Peluit
- Matras
F. PENILAIAN
1. Teknik Penilaian :
- Tes unjuk kerja (psikomotor) melakukan
gerakan :
Melakukan gerakan meliukan badan kedepan ,
belakang, sampingkanan dan kiri
Duduk Sikap lari gawang,gerakan
meliukan lutut kaki yang selujur
Duduk dua kaki selujur, bungkukan
badan sampai dahi menyentuh lutut
Duduk berpasangan melakukan gerakan tarik menarik
dengan posisi kaki kang kang
Melakukan sikap seplit dengan
posisi Badan terlentang
Melakukan sikap seplit dengan
arah kedepan , samping dengan berbagai fariasi
- Pengamatan sikap (afektif) :
Penilaian
dilakukan berdasarkan pemahaman siswa tentang materi pembelajaran.
-
Kuis / embedded
test ( kognitif) :
Menjawab
secara lisan mengenai meteri pembelajaran.
2. Rubrik penilaian :
Indikator penilaian
|
Teknik penilaian
|
Bentuk instrumen
|
Instrumen
|
|
- Tes
- Non tes
|
- Praktek
- Perbuatan
- Pengamatan
|
-
Lakukan gerakan meliukan badan kedepan, samping,
belakang,
-
Lakukan duduk sikap lari
gawang memeluk lutut kaki yang selunjur
-
Lakukan gerakan duduk kedua kaki selunjur , bungkukan
badan sampai dahi menyentuh lutut
-
Lakukan duduk berpasangan dan lakukan gerakan tarik
menarik dengan posisi kaki kangkang
-
Lakukan gerakan split dengan posisi badan terlentang
-
Lakukan gerakan split dengan arah depan atau samping
dengan berbagai variasi
|
Mengetahui,
Kepala
Sekolah
Drs. RAHMAT TAUFIQ
NIP.196202201980121001
|
Karangdadap,
...............................
Guru
Penjas Orkes
PARTANTO, S.Pd
NIP. 197204142006041004
|
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN ( RPP )
NO : 7/7.2
Sekolah : SDN Kalilembu
Mata Pelajaran : Pendidikan jasmani olahraga dan
kesehatan
Kelas / Semester : 3 (tiga) / 2 (dua)
Alokasi waktu :
Tahun Pelajaran : 2010/2011
STANDAR KOMPETENSI
7. Mempraktekan latihan
dasar kebugaran jasmani dan nilai nilai yang terkandung didalam nya.
KOMPETENSI DASAR
7.2 Mempraktekan berbagai bentuk
latihan untuk meningkatkan koordinasi
gerak dan nilai disiplin
A.TUJUAN PEMBELAJARAN
- Melakukan lempar tangkap bola berpasangan dengan posisi tubuh tengkurap
- Permainan berburu kaki
- Permainan membentuk trowongan
- Jalan kepiting
B.MATERI BELAJAR
Gerakan untuk meningkatkan koordinasi gerak
C.METODE DAN MODEL PEMBELAJAR
1.
Ceramah
2.
Demonstrasi
3.
Praktek
D. LANGKAH – LANGKAH PEMBELAJARAN
Mempraktekan latihan dasar kebugaran jasmani dan
nilai nilai yang
terkandung didalam nya.
No
|
Kegiatan
|
Waktu
|
Metode
|
1
|
Pendahuluan
-
Siswa di bariskan dan berdo’a
-
Mengapsen siswa
-
Melakukan gerakan pemanasan
|
2 x 35 menit
|
Ceramah
Demonstrasi
Praktek
|
2
|
Kegiatan Inti
1). Eksplorasi :
Guru memberi
penjelasan tentang materi pembelajaran
2). Elaborasi :
3). Konfirmasi
a. Mengecek pemahaman siswa tentang materi
pembelajaran
|
|
|
3
|
Penutup
- Siswa di bariskan kembali, untuk
mendengr kan menjelaskan dari guru
- Memperbaiki tentang kesalahan kesalah
yang di lakukan
|
|
|
E. SUMBER BELAJAR
- Buku pelajaran senam di SD
- Peluit
- Bola
F. PENILAIAN
1. Teknik Penilaian :
- Tes unjuk kerja (psikomotor) melakukan
gerakan :
Lempar tangkap bola berpasangan dengan posisi badan menghadap ke bawah
Bermain berburu kaki dan menghindar dengan meloncat ke atas dan kaki
direntangkan / di peluk
Membuat trowongan dengan mencembungkan badan dengan posisi badan menghadap
ke bawah
Kaki kepiting
- Pengamatan sikap (afektif) :
Penilaian
dilakukan berdasarkan pemahaman siswa tentang materi pembelajaran.
-
Kuis / embedded
test ( kognitif) :
Menjawab
secara lisan mengenai meteri pembelajaran.
2. Rubrik penilaian :
Indikator penilaian
|
Teknik penilaian
|
Bentuk instrumen
|
Instrumen
|
a.
Lempar
tangkap bola berpasangan dengan posisi badan menghadap ke bawah
b.
Bermain
berburu kaki dan menghindar dengan meloncat ke atas dan kaki direntangkan /
di peluk
c.
Membuat
trowongan dengan mencembungkan badan dengan posisi badan menghadap ke bawah
d.
Kaki
kepiting
|
- Tes
- Non tes
|
- Praktek
- Perbuatan
- Pengamatan
|
-Lakukan lempar tangkap
bola berpasangan posisi badan, menghadap kebawah
- Lakukan permainan
berburu kaki, menghindar dengan loncat
kaki , rentang / di peluk
- Lakukan permainan
membuat terowongan dengan mencembungkan badan, posisi badan menghadap kebawah
-
Melakukan gerakan jalan kepiting
|
Mengetahui,
Kepala
Sekolah
Drs. RAHMAT TAUFIQ
NIP.196202201980121001
|
Karangdadap,
...............................
Guru
Penjas Orkes
PARTANTO, S.Pd
NIP. 197204142006041004
|
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN ( RPP )
NO: 8/8.1
Sekolah : SDN Kalilembu
Mata Pelajaran : Pendidikan jasmani olahraga dan
kesehatan
Kelas / Semester : 3 (tiga) / 2 (dua)
Alokasi waktu :
Tahun Pelajaran : 2010/2011
STANDAR KOMPETENSI
8. Mempraktekn senam ketangkasan dasar dan
nilai nilai yang terkandang di dalamnya
KOMPETENSI DASAR
8.1 Mempraktekan senm ketangkasan sederhana
tanpa alat dan nilai di siplin
A. TUJUAN PEMBELAJARAN
Melalui
latihan, diharapkan :
- Siswa dapatMelakukan gerakan
merangkak
-Siswa dapat
Melakukan gerakan merayap
- Siswa dapat
Melakukan gerakan loncat berputar di udara
B. MATERI BELAJAR
- Senam ketangkasan tanpa alat
C. METODE DAN MODEL PEMBELAJARAN
-
Ceramah
- Demonstrasi
-
Praktek
D. LANGKAH – LANGKAH PEMBELAJARAN
Mempraktekn senam ketangkasan dasar dan nilai nilai yang terkandang
di dalamnya
No
|
Kegiatan
|
Waktu
|
Metode
|
1
|
Pendahuluan.
- Siswa
di bariskan dan berdo’a
- Mengapsen
siswa
- Melkukan
gerakan pemanasan
|
2 x 35 menit
|
Ceramah
Demonstrasi
Praktek
|
2
|
Kegiatan Inti
1). Eksplorasi :
Guru memberi
penjelasan tentang materi pembelajaran
2). Elaborasi :
3). Konfirmasi
a. Mengecek pemahaman siswa tentang materi
pembelajaran
|
||
3
|
Penutup
- Siswa di
kumpulkan kembali untuk mendengarkan
penjelasan
-Memperbaiki tentang kesalahan kesalahan gerak
|
E. SUMBER BELAJAR
- Buku
refresi senam SD
Alat:
- Matras
F. PENILAIAN
1. Teknik Penilaian :
- Tes unjuk kerja (psikomotor) melakukan
gerakan :
Siswa dapat memprakekan
gerakan merangkak
Siswa dapat
mempraktekan gerakan merayap
Siswa dapat meloncat berputar
di udara
- Pengamatan sikap (afektif) :
Penilaian
dilakukan berdasarkan pemahaman siswa tentang materi pembelajaran.
-
Kuis / embedded
test ( kognitif) :
Menjawab
secara lisan mengenai meteri pembelajaran.
2. Rubrik penilaian :
Indikator Penilaian
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen
|
|||
- Siswa dapat
memprakekan gerakan merangkak
- Siswa dapat
mempraktekan gerakan merayap
- Siswa dapat meloncat berputar
di udara
|
-Tes
individu kelompok
-Non tes
|
-
Praktek
-
Perbuatan
-
Pengamatan
|
-
Lakukan gerakan merangkak
-
Lakukan gerkan merayap
-
Lakukan gerakan loncat berputar di udara
|
|||
Mengetahui,
Kepala
Sekolah
Drs. RAHMAT TAUFIQ
NIP.196202201980121001
|
Karangdadap,
...............................
Guru
Penjas Orkes
PARTANTO, S.Pd
NIP. 197204142006041004
|
|||||
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
NO: 8/8.2
Sekolah : SDN Kalilembu
Mata Pelajaran : Pendidikan jasmani olahraga dan
kesehatan
Kelas / Semester : 3 (tiga) / 2 (dua)
Alokasi waktu :
Tahun Pelajaran : 2010/2011
STANDAR KOMPETENSI
8. Mempraktekn senam ketangkasan dasar dan
nilai nilai yang terkandung di dalamnya
KOMPETENSI DASAR
8.2
Mempraktekan senam ketangkasan yang kompleks menggunakan alat dan nilai
disiplin
A. TUJUAN PEMBELAJARAN
Melalui latihan, diharapkan :
-Siswa dapat Melkukan ngerakan merangkak
-Siswa dapat Melakukan gerakan merayap
-Siswa dapat Melakukan gerakan loncat
berputar di udara
B. MATERI BELAJAR
- Senam ketangkasan dengan alat
C. METODE DAN MODEL PEMBELAJARAN
-
Ceramah
- Demonstrasi
-
Praktek
D. LANGKAH – LANGKAH PEMBELAJARAN
Mempraktekn senam ketangkasan dasar dan nilai nilai yang terkandang di
dalamnya
No
|
Kegiatan
|
Waktu
|
Metode
|
1
|
Pendahuluan.
-
Siswa di bariskan dan berdo’a
-
Mengapsen siswa
-
Melkukan gerakan pemanasan
|
2 x 35 menit
|
Ceramah
Demonstrasi
Praktek
|
2
|
Kegiatan Inti
1). Eksplorasi :
Guru memberi
penjelasan tentang materi pembelajaran
2). Elaborasi :
3). Konfirmasi
a. Mengecek pemahaman siswa tentang materi
pembelajaran
|
||
3
|
Penutup
- Siswa di
kumpulkan kembali untuk mendengarkan
penjelasan
-Memperbaiki tentang kesalahan kesalahan gerak
|
E. SUMBER BELAJAR
-Buku refresi
senam
-Buku senm
dasar
Alat:
- Matras
F. PENILAIAN
1. Teknik Penilaian :
- Tes unjuk kerja (psikomotor) melakukan
gerakan :
Siswa loncat di atas kerdus
Siswa loncat kelinci melewati peti lompat
Siswa
berguling ke depan
-
Pengamatan sikap (afektif) :
Penilaian
dilakukan berdasarkan pemahaman siswa tentang materi pembelajaran.
-
Kuis / embedded
test ( kognitif) :
Menjawab
secara lisan mengenai meteri pembelajaran.
2. Rubrik penilaian :
Indikator Penilaian
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen
|
- Siswa
dapat Mampu loncat di atas kerdus
- - Siswa dapatMampu loncat kelinci melewati peti lompat
-. Siswa
dapat Mampu berguling ke depan
|
-
Tes
-
Non tes
-
Praktek
|
-
Praktek
-
Perbuatan
-
Pengamatan
|
-
Lakuakan gerakan loncat kelinci melewati peti lompat
-
Lakukan gerakan berguling ke depan
|
Mengetahui,
Kepala
Sekolah
Drs. RAHMAT TAUFIQ
NIP.196202201980121001
|
Karangdadap,
...............................
Guru
Penjas Orkes
PARTANTO, S.Pd
NIP. 197204142006041004
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
NO: 9/9.1
Sekolah : SDN Kalilembu
Mata Pelajaran : Pendidikan jasmani olahraga dan
kesehatan
Kelas / Semester : 3 (tiga) / 2 (dua)
Alokasi waktu :
Tahun Pelajaran : 2010/2011
STANDAR KOMPETENSI
9. Mempraktekan gerak ritmik dasar yang berorientasi denagan arah, ruang
dan waktu dengan atau tanpa musik dan
nilai - nilai yang terkandung didalam nya
KOMPETENSI DASAR
9.1 Mempraktekan gerak lokomotordalam gerak ritmik di orientasikan pada
arah, ruang, dan waktu secara individu dengan atau tanpa menggunakan musik,
serta nilai percayadiri dan disiplin
A. TUJUAN PEMBELAJARAN
Melalui latihan, diharapkan siswa
dapat :
- melakukan gerakan melangkah kedepan, belakang diikuti
ayunan lengan secara individu tanpa musik
- melakukan gerakan melompat
kesamping lutut di tekuk tanpa musik
- melakukan gerakan melompat ke
depan, belakang dan kesamping lutut di tekuk tanpa musik
B. MATERI BELAJAR
- Gerakan lokomotor secara individu
C. METODE DAN MODEL PEMBELAJARAN
-
Ceramah
- Demonstrasi
-
Praktek
D. LANGKAH – LANGKAH PEMBELAJARAN
No
|
Kegiatan
|
Waktu
|
Metode
|
1
|
Pendahuluan.
-
Siswa di bariskan dan berdo’a
-
Mengapsen siswa
-
Melkukan gerakan pemanasan
|
2 x 35 menit
|
Ceramah
Demonstrasi
Praktek
|
2
|
Kegiatan Inti
1). Eksplorasi :
Guru memberi
penjelasan tentang materi pembelajaran
2). Elaborasi :
3). Konfirmasi
a. Mengecek pemahaman siswa tentang materi
pembelajaran
|
||
3
|
Penutup
- Siswa di
kumpulkan kembali untuk mendengarkan
penjelasan
|
E. SUMBER BELAJAR
-
Buku pegangan, Media elektronik dan Media cetak
F. PENILAIAN
1. Teknik Penilaian :
- Tes unjuk kerja (psikomotor) melakukan
gerakan :
Siswa dapat melakukan gerakan
melangkah ke depan dan kebelakang di ikuti ayunan tangan secara individu serasi dengan hitungan
Siswa dapat melakukan gerakan
melompat kearah samping kanan dan kiri dengan posisi lutut ditekuk dan ujung
jari jinjit
Siswa dapat melakukan gerakan
melompat kearah depan, belakang, samping kanan dan kiri dengan posisi lutut
ditekuk dan ujung jari jinjit
-
Pengamatan sikap (afektif) :
Penilaian
dilakukan berdasarkan pemahaman siswa tentang materi pembelajaran.
-
Kuis / embedded
test ( kognitif) :
Menjawab
secara lisan mengenai meteri pembelajaran.
2. Rubrik penilaian :
Indikator Penilaian
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen
|
|||
- Siswa
dapat melakukan gerakan melangkah ke depan dan kebelakang di ikuti ayunan
tangan secara individu serasi
dengan hitungan
- Siswa
dapat melakukan gerakan melompat kearah samping kanan dan kiri dengan posisi
lutut ditekuk dan ujung jari jinjit
- Siswa
dapat melakukan gerakan melompat kearah depan, belakang, samping kanan dan
kiri dengan posisi lutut ditekuk dan ujung jari jinjit
|
- Tes
- Non tes
|
-
Praktek
-
Perbuatan
-
Pengamatan
|
-
Melakukan gerakan melangkah kedepan dan belakang
Diikuti dengan ayunan lengan tanpa musik
-
Lakukan gerakan lompat ke samping dengan lutut ditekuk tanpa musik
-
Lakukan gerakan lompat ke depan, belakang dan
samping dengan lutut ditekuk tanpa
musik
|
|||
Mengetahui,
Kepala
Sekolah
Drs. RAHMAT TAUFIQ
NIP.196202201980121001
|
Karangdadap,
...............................
Guru
Penjas Orkes
PARTANTO, S.Pd
NIP. 197204142006041004
|
|||||
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
NO: 9/9.2
Sekolah : SDN Kalilembu
Mata Pelajaran : Pendidikan jasmani olahraga dan
kesehatan
Kelas / Semester : 3 (tiga) / 2 (dua)
Alokasi waktu :
Tahun Pelajaran : 2010/2011
STANDAR KOMPETENSI
9. Mempraktekan gerak ritmik dasar yang
berorientasi denagan arah, ruang dan waktu dengan atau tanpa musik dan nilai - nilai yang terkandung
didalam nya
KOMPETENSI DASAR
9.2 Mempraktekan gerak lokomotor dalam aktivitas ritmik yang
berorientasi pada arah ruang dan waktu secara beregu dengan atau tanpa
menggunakan musik, serta nilai percaya diri disiplin dan kerjasama
A. TUJUAN PEMBELAJARAN
Melakukan gerakan langkah kedepan
dan belakang secara berpasangan di iringi musik
B. MATERI BELAJAR
- Gerak lokomotor
C. METODE DAN MODEL PEMBELAJARAN
-
Ceramah
- Demonstrasi
-
Praktek
D. LANGKAH – LANGKAH PEMBELAJARAN
Pertemuan 1.
Mempraktekan gerak ritmik dasar yang berorientasi denagan arah, ruang
dan waktu dengan atau tanpa musik dan
nilai - nilai yang terkandung didalam nya
No
|
Kegiatan
|
Waktu
|
Metode
|
1
|
Pendahuluan.
-
Siswa di bariskan dan berdo’a
-
Mengapsen siswa
-
Melkukan gerakan pemanasan
|
2 x 35 menit
|
Ceramah
Demonstrasi
Praktek
|
2
|
Kegiatan Inti
1). Eksplorasi :
Guru memberi
penjelasan tentang materi pembelajaran
2). Elaborasi :
3). Konfirmasi
a. Mengecek pemahaman siswa tentang materi
pembelajaran
|
||
3
|
Penutup
- Siswa di
kumpulkan kembali untuk mendengarkan
penjelasan
-Memperbaiki tentang kesalahan kesalahan gerak
|
E. SUMBER BELAJAR
- Buku pegangan
- Media cetak
- Media elektronik
Alat :
- Kaset
- Tape recorder
F. PENILAIAN
1. Teknik Penilaian :
- Tes unjuk kerja (psikomotor) melakukan
gerakan :
Lakukan gerakan melangkah kedepan
dan belakang secara berpasangan dengan di
iringi musik
Lakukan gerakan melangkah ke kiri dan
kekanan di ikuti ayunan lengan secara beregu di iringi musik
-
Pengamatan sikap (afektif) :
Penilaian
dilakukan berdasarkan pemahaman siswa tentang materi pembelajaran.
-
Kuis / embedded
test ( kognitif) :
Menjawab
secara lisan mengenai meteri pembelajaran.
2. Rubrik penilaian :
Indikator Penilaian
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen
|
- Siswa dapat melakukan gerakan melangkah kedepan
dan belakang dengan berpegangan tangan sacara berpasangan serasi dengan
iringan musik
- Siswa dapat melakukan gerakan
melangkah kekiri dn kanan diiringi dengan ayunan langkah kedepan, kebelakang,
ke atas dan bawah serasi dengan iringan musik secara beregu
- Siswa
dapat menyesuaikan gerakan dengan irama
- Siswa
dapat menyesuaikan gerakan gerakan dengan teman / regu
|
-Tes
-Non tes
|
-
Praktek
-
Perbuatan
-
Pengamatan
|
-Lakukan gerakan melangkah
kedepan dan belakang secara berpasangan dengan di iringi musik
- Lakukan
gerakan melangkah ke kiri dan kekanan di ikuti ayunan lengan secara beregu di
iringi musik
|
Mengetahui,
Kepala
Sekolah
Drs. RAHMAT TAUFIQ
NIP.196202201980121001
|
Karangdadap,
...............................
Guru
Penjas Orkes
PARTANTO, S.Pd
NIP. 197204142006041004
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
NO:10/10.1
Sekolah : SDN Kalilembu
Mata Pelajaran : Pendidikan jasmani olahraga dan
kesehatan
Kelas / Semester : 3 (tiga) / 2 (dua)
Alokasi waktu :
Tahun Pelajaran : 2010/2011
STANDAR KOMPETENSI
10. Mempraktekan gerak dasar
renang gaya dada dan nilai nilai yang terkandung didalam nya
KOMPETENSI DASAR
10.1Mempraktekan gerak dasar
meluncur, menggerakan tungkai, menggerakan lengan, dan nilai kebersihan
A. TUJUAN PEMBELAJARAN
Melalui latihan, diharapkan :
- Siawa dapat melakukan gerakan
meluncur
-Siswa dapat melakukan gerakan tungkai renang gaya dada
- Siswa dapat melakukan lengan renang gaya dada
- Siswa dapat melakukan koordinasi gerak tungkai dan lengan renang gaya
dada
B. MATERI BELAJAR
-
Gerak
dasar renang gaya dada
C. METODE DAN MODEL
PEMBELAJARAN
- Ceramah
- Demonstrasi
- Praktek
D. LANGKAH – LANGKAH
PEMBELAJARAN
Mempraktekan gerak dasar renang gaya dada dan nilai nilai
yang terkandung didalam nya
No
|
Kegiatan
|
Waktu
|
Metode
|
1
|
Pendahuluan.
-
Siswa di bariskan dan berdo’a
-
Mengapsen siswa
-
Melkukan gerakan pemanasan
|
4 x 35 menit
|
Ceramah
Demonstrasi
Praktek
|
2
|
Kegiatan Inti
1). Eksplorasi :
Guru memberi
penjelasan tentang materi pembelajaran
2). Elaborasi :
3). Konfirmasi
a. Mengecek pemahaman siswa tentang materi
pembelajaran
|
||
3
|
Penutup
- Siswa di
kumpulkan kembali untuk mendengarkan penjelasan
-Memperbaiki tentang kesalahan kesalahan gerak
|
E. SUMBER BELAJAR
- Buku Pegangan
Alat :
- Kolam
renang
- Kaca
Mata
- Pelampung
F. PENILAIAN
1. Teknik Penilaian :
- Tes unjuk kerja (psikomotor) melakukan
gerakan :
Lakukan gerakan meluncur
Lakukan gerakan tungkai renang
gaya dada sambil meluncur
Lakukan gerakan koordinasi
tungkai dan lengan renang gaya dada
-
Pengamatan sikap (afektif) :
Penilaian
dilakukan berdasarkan pemahaman siswa tentang materi pembelajaran.
-
Kuis / embedded
test ( kognitif) :
Menjawab
secara lisan mengenai meteri pembelajaran.
2. Rubrik penilaian :
Indikator Penilaian
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen
|
- Siswa dapatmeluncur di atas
permukaan air
-Siswa dapat menggerakan
tunekai renang gaya
dada
-Siswa dapat
menggerakan lengan lengan renang
gaya dada
- Siswa dapat
melkukan gerak koordinasi tungkai dan lengan renang gaya dada
-Siswa dapat menjaga kebersihan
|
-Tes
-Non tes
|
- Praktek
- Perbuatan
- Pengamatan
|
- Lakukan gerakan meluncur
- Lakukan gerakan tungkai renang gaya dada sambil meluncur
- Lakukan gerakan koordinasi tungkai dan lengan renang gaya dada
|
Mengetahui,
Kepala
Sekolah
Drs. RAHMAT TAUFIQ
NIP.196202201980121001
|
Karangdadap,
...............................
Guru
Penjas Orkes
PARTANTO, S.Pd
NIP. 197204142006041004
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
NO: 10/10.2
Sekolah : SDN Kalilembu
Mata Pelajaran : Pendidikan jasmani olahraga dan
kesehatan
Kelas / Semester : 3 (tiga) / 2 (dua)
Alokasi waktu :
Tahun Pelajaran : 2010/2011
STANDAR KOMPETENSI
10. Mempraktekan gerak dasar renang gaya dada dan nilai nilai yang
terkandung didalam nya
KOMPETENSI DASAR
10.2Mempraktekan cara bernafas renang gaya dada dan nilai kebersihan
A. TUJUAN PEMBELAJARAN
Melalui latihan, diharapkan :
- Siswa dapat Melakukan gerakan
bernafas sambil memegang dinding kolam
- Siswa dapat Melakukan gerakan bernafas
sambil menggerakan tungkai dan lengan
- Siswa dapat melakukan gerakan mengambil nafas dan membuang nafas
B. MATERI BELAJAR
- Cara bernafas renang gaya dada
C. METODE DAN MODEL PEMBELAJARAN
-
Ceramah
- Demonstrasi
-
Praktek
D. LANGKAH – LANGKAH PEMBELAJARAN
Mempraktekan gerak dasar renang gaya dada
dan nilai nilai yang terkandung didalam nya
No
|
Kegiatan
|
Waktu
|
Metode
|
1
|
Pendahuluan.
-
Siswa di bariskan dan berdo’a
-
Mengapsen siswa
-
Melkukan gerakan pemanasan
|
4 x 35 menit
|
Ceramah
Demonstrasi
Praktek
|
2
|
Kegiatan Inti
1). Eksplorasi :
Guru memberi
penjelasan tentang materi pembelajaran
2). Elaborasi :
3). Konfirmasi
a. Mengecek pemahaman siswa tentang materi
pembelajaran
|
||
3
|
Penutup
- Siswa di
kumpulkan kembali untuk mendengarkan
penjelasan
-Memperbaiki tentang kesalahan kesalahan gerak
|
E. SUMBER BELAJAR
- Buku pegangan penjas SD
Alat :
- Kolam
renang
- Kaca
Mata
- Pelampung
F. PENILAIAN
1. Teknik Penilaian :
- Tes unjuk kerja (psikomotor) melakukan
gerakan :
Lakukan teknik
bernafas sambil berdiri
Lakukan teknik bernafas renang gaya dada sambil
meluncur
Lakukan cara mengambil nafas dan membuang nafas
-
Pengamatan sikap (afektif) :
Penilaian
dilakukan berdasarkan pemahaman siswa tentang materi pembelajaran.
-
Kuis / embedded
test ( kognitif) :
Menjawab
secara lisan mengenai meteri pembelajaran.
2. Rubrik penilaian :
Indikator Penilaian
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen
|
- Siswa dapat Melakukan gerakan bernafas
sambil memegang dinding kolam
- Siswa
dapat Melakukan gerakan bernafas sambil menggerakan tungkai dan lengan
- Siswa
dapat mengambil nafas dan membuang nafas
|
-Tes
-Non tes
|
-
Praktek
-
Perbuatan
-
Pengamatan
|
-Lakukan teknik bernafas sambil
berdiri
-Lakukan teknik bernafas renang
gaya dada sambil meluncur
-Lakukan cara mengambil nafas dan
membuang nafas
|
Mengetahui,
Kepala
Sekolah
Drs. RAHMAT TAUFIQ
NIP.196202201980121001
|
Karangdadap,
...............................
Guru
Penjas Orkes
PARTANTO, S.Pd
NIP. 197204142006041004
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
NO: 10/10.3
Sekolah : SDN Kalilembu
Mata Pelajaran : Pendidikan jasmani olahraga dan
kesehatan
Kelas / Semester : 3 (tiga) / 2 (dua)
Alokasi waktu :
Tahun Pelajaran : 2010/2011
STANDAR KOMPETENSI
10. Mempraktekan gerak dasar renang gaya dada dan nilai nilai yang
terkandung didalam nya
KOMPETENSI DASAR
10.3Mengkombinasi gerak lengan dan tungkai renang gaya dada dan nilai kebersihan
A. TUJUAN PEMBELAJARAN
Melalui latihan, diharapkan :
- Siswa dapat melakukan gerakan kombinasi lengan dan tungkai renang gaya
dada
- Siswa dapat melakukan kombinasi gerak lengan, tungkai dan pernafasan
renang gaya dada
- Siswa dapat menjaga kebersihan diri sehabis berenang
B. MATERI BELAJAR
- Kombinasi gerak lengan dan tungkai
renang gaya dada
C. METODE DAN MODEL PEMBELAJARAN
-
Ceramah
- Demonstrasi
-
Praktek
D. LANGKAH – LANGKAH PEMBELAJARAN
Mengkombinasi gerak lengan dan tungkai renang gaya dada dan nilai kebersihan
No
|
Kegiatan
|
Waktu
|
Metode
|
1
|
Pendahuluan.
-
Siswa di bariskan dan berdo’a
-
Mengapsen siswa
-
Melkukan gerakan pemanasan
|
4 x 35 menit
4 x 35 menit
|
Ceramah
Demonstrasi
Praktek
|
2
|
Kegiatan Inti
1). Eksplorasi :
Guru memberi
penjelasan tentang materi pembelajaran
2). Elaborasi :
3). Konfirmasi
a. Mengecek pemahaman siswa tentang materi
pembelajaran
|
||
3
|
Penutup
- Siswa di
kumpulkan kembali untuk mendengarkan
penjelasan
-Memperbaiki tentang kesalahan kesalahan gerak
|
E. SUMBER BELAJAR
- Buku pegangan penjas SD
Alat :
- Kolam
renang
- Kaca
Mata
- Pelampung
F. PENILAIAN
1. Teknik Penilaian :
- Tes unjuk kerja (psikomotor) melakukan
gerakan :
siswa dapat melakukan koordinasi
gerakan lengan dan tungkai renang gaya dad
siswa dapat
melakukan koordinasi gerakan lengan, tungkai, pernafasan renang gaya
dada
Siswa dapat berenang gaya dada menempuh jarak 5
– 10 m
Siswa dapat mejaga kebersihan
sehabis berenang
-
Pengamatan sikap (afektif) :
Penilaian
dilakukan berdasarkan pemahaman siswa tentang materi pembelajaran.
-
Kuis / embedded
test ( kognitif) :
Menjawab
secara lisan mengenai meteri pembelajaran.
2. Rubrik penilaian :
Indikator Penilaian
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen
|
- siswa dapat melakukan koordinasi gerakan
lengan dan tungkai renang gaya
dad
- siswa dapat melakukan koordinasi gerakan lengan,
tungkai, pernafasan renang gaya dada
- Siswa dapat berenang gaya dada
menempuh jarak 5 – 10 m
- Siswa dapat
mejaga kebersihan sehabis berenang
|
-Tes
-Non tes
|
-
Praktek
-
Perbuatan
-
Pengamatan
|
-
Lakukan gerakan koordinasi lengan dan tungkai renang gaya dada
-
Lakuakan renanga gaya dada menempuh jharak 5 – 10 m
|
Mengetahui,
Kepala
Sekolah
Drs. RAHMAT TAUFIQ
NIP.196202201980121001
|
Karangdadap,
...............................
Guru
Penjas Orkes
PARTANTO, S.Pd
NIP. 197204142006041004
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
NO: 11/11.1
Sekolah : SDN Kalilembu
Mata Pelajaran : Pendidikan jasmani olahraga dan
kesehatan
Kelas / Semester : 3 (tiga) / 2 (dua)
Alokasi waktu :
Tahun Pelajaran : 2010/2011
STANDAR KOMPETENSI
11. Mempraktekkan pemanfaatan
lingkungan sekitar sekolah untuk aktifitas jasmani dan nilai – nilai yang
terkandung didalamnya
KOMPETENSI DASAR
11.1. Mempraktekan gerakan lokomotor dan mengikuti jejak dan nilai
disiplin, kerjasama, memperhatikan factor keselamatan
A. TUJUAN PEMBELAJARAN
Melalui keterangan, diharapkan siswa
dapat :
-
Siswa dapat menjelaskan berbagai
tanda / simbul jejak
-
Siswa dapat melkukan gerakan
lokomotor
-
Siswa dapat kerja sama dengan regu serta menjaga keselamatan
B. MATERI BELAJAR
- Mengikuti jejak
C. METODE DAN MODEL PEMBELAJARAN
-
Ceramah
- Demonstrasi
D. LANGKAH – LANGKAH PEMBELAJARAN
Mempraktekkan pemanfaatan lingkungan sekitar sekolah untuk aktifitas
jasmani dan nilai – nilai yang terkandung didalamnya
No
|
Kegiatan
|
Waktu
|
Metode
|
1
|
Pendahuluan.
-
Siswa di bariskan dan berdo’a
-
Mengapsen siswa
-
Melkukan gerakan pemanasan
|
4 x 35 menit
4 x 35 menit
|
Ceramah
Demonstrasi
Praktek
|
2
|
Kegiatan Inti
1). Eksplorasi :
Guru memberi
penjelasan tentang materi pembelajaran
2). Elaborasi :
3). Konfirmasi
a. Mengecek pemahaman siswa tentang materi
pembelajaran
|
||
3
|
Penutup
- Siswa di
kumpulkan kembali untuk mendengarkan
penjelasan
-Memperbaiki tentang kesalahan kesalahan gerak
|
E. SUMBER BELAJAR
- Buku Pegangan
Alat:
- Kertas, Alat tulis dan Buku
F. PENILAIAN
1. Teknik Penilaian :
- Tes unjuk kerja (psikomotor) melakukan
gerakan :
Siswa dapat Membaca tanda / simbul jejak
Siswa dapat mengikuti jejak / simbul jejak
Siswa dapat bekerja sama dengan regu serta
menjaga keselamatan
-
Pengamatan sikap (afektif) :
Penilaian
dilakukan berdasarkan pemahaman siswa tentang materi pembelajaran.
-
Kuis / embedded
test ( kognitif) :
Menjawab
secara lisan mengenai meteri pembelajaran.
2. Rubrik penilaian :
Indikator Penilaian
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen
|
- Siswa dapat Membaca tanda / simbul jejak
- Siswa dapat mengikuti jejak / simbul jejak
- Siswa dapat bekerja sama dengan regu serta
menjaga keselamatan
|
-Tes
-Non tes
|
-
Praktek
-
Perbuatan
-
Pengamatan
|
-
Apa arti tanda / simbul jejak
- Lakukan Kegiatan mencari jejak di
sekitar sekolah mu dengan mengutamakan keselamatan dan kerjasama tim
|
Mengetahui,
Kepala
Sekolah
Drs. RAHMAT TAUFIQ
NIP.196202201980121001
|
Karangdadap,
...............................
Guru
Penjas Orkes
PARTANTO, S.Pd
NIP. 197204142006041004
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
NO: 11/11.2
Sekolah : SDN Kalilembu
Mata Pelajaran : Pendidikan jasmani olahraga dan
kesehatan
Kelas / Semester : 3 (tiga) / 2 (dua)
Alokasi waktu :
Tahun Pelajaran : 2010/2011
STANDAR KOMPETENSI
11. Mempraktekkan pemanfaatan lingkungan sekitar sekolah untuk aktifitas
jasmani dan nilai – nilai yang terkandung didalamnya
KOMPETENSI DASAR
11.2Mempraktekkan
pemilihan tempat yang aman untuk bermain di lingkungn sekolah
A. TUJUAN PEMBELAJARAN
Melalui keterangan, diharapkan siswa dapat :
- .
menjelaskan tempat yang aman untuk bermain
- menjelaskan syarat tempat yang aman untuk
bermain
B. MATERI BELAJAR
- Mengikuti jejak
C. METODE DAN MODEL PEMBELAJARAN
- Ceramah
- Demonstrasi
-
Praktek
D. LANGKAH – LANGKAH PEMBELAJARAN
Mempraktekkan pemanfaatan lingkungan sekitar sekolah untuk aktifitas
jasmani dan nilai – nilai yang terkandung didalamnya
No
|
Kegiatan
|
Waktu
|
Metode
|
1
|
Pendahuluan.
-
Siswa di bariskan dan berdo’a
-
Mengapsen siswa
-
Melkukan gerakan pemanasan
|
4 x 35 menit
4 x 35 menit
|
Ceramah
Demonstrasi
Praktek
|
2
|
Kegiatan Inti
1). Eksplorasi :
Guru memberi
penjelasan tentang materi pembelajaran
2). Elaborasi :
3). Konfirmasi
a. Mengecek pemahaman siswa tentang materi
pembelajaran
|
||
3
|
Penutup
- Siswa di
kumpulkan kembali untuk mendengarkan
penjelasan
-Memperbaiki tentang kesalahan kesalahan gerak
|
E. SUMBER BELAJAR
- Buku Pegangan
- Media cetak
Alat :
- Kertas
- Buku
- Alat tulis
F. PENILAIAN
1. Teknik Penilaian :
- Tes unjuk kerja (psikomotor) melakukan
gerakan :
Siswa dapat menjelaskan tempat
yang aman untuk bermain
Siswa dapat menyebutkansyarat
tempat yang aman untuk bermain
Siswa dapat memilih tempat yang
aman untuk bermain
-
Pengamatan sikap (afektif) :
Penilaian
dilakukan berdasarkan pemahaman siswa tentang materi pembelajaran.
-
Kuis / embedded
test ( kognitif) :
Menjawab
secara lisan mengenai meteri pembelajaran.
2. Rubrik penilaian :
Indikator Penilaian
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen
|
|||
- Siswa dapat menjelaskan tempat yang aman
untuk bermain
- Siswa dapat
menyebutkansyarat tempat yang aman untuk bermain
- Siswa
dapat memilih tempat yang aman untuk bermain
|
-Tes
-Non tes
|
-
Praktek
-
Perbuatan
-
Pengamatan
|
-Jelaskan
syarat syarat - tempat yang aman untuk bermain
- Lakuaan kegiatan bermain di
tempat yang aman
|
|||
Mengetahui,
Kepala
Sekolah
Drs. RAHMAT TAUFIQ
NIP.196202201980121001
|
Karangdadap,
...............................
Guru
Penjas Orkes
PARTANTO, S.Pd
NIP. 197204142006041004
|
|||||
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
NO: 11/11.3
Sekolah : SDN Kalilembu
Mata Pelajaran : Pendidikan jasmani olahraga dan
kesehatan
Kelas / Semester : 3 (tiga) / 2 (dua)
Alokasi waktu :
Tahun Pelajaran : 2010/2011
STANDAR KOMPETENSI
11. Mempraktekkan pemanfaatan lingkungan sekitar sekolah untuk aktifitas
jasmani dan nilai – nilai yang terkandung didalamnya
KOMPETENSI DASAR
11.3Mempraktekan penjagaan keselamatan diri dan orang lain selama
melakukan aktivitas di lingkungan sekitar sekolah dan nilai kebersihan
A. TUJUAN PEMBELAJARAN
Melalui ketetrangan, diharapkan :
-
Siswa dapat mengikuti tata cara peraturan mengikuti jejak
-
Siswa dapat mengikuti tata cara menjaga keselamatan
-
Siswa dapat mengikuti tata cara menjaga kebersihan
B. MATERI BELAJAR
-
Mengikuti jejak
C. METODE DAN MODEL PEMBELAJARAN
- Ceramah
- Demonstrasi
-
Praktek
D. LANGKAH – LANGKAH PEMBELAJARAN
Mempraktekkan pemanfaatan lingkungan sekitar sekolah untuk aktifitas
jasmani dan nilai – nilai yang terkandung didalamnya
No
|
Kegiatan
|
Waktu
|
Metode
|
1
|
Pendahuluan.
-
Siswa di bariskan dan berdo’a
-
Mengapsen siswa
-
Melkukan gerakan pemanasan
|
4 x 35 menit
4 x 35 menit
|
Ceramah
Demonstrasi
Praktek
|
2
|
Kegiatan Inti
1). Eksplorasi :
Guru memberi
penjelasan tentang materi pembelajaran
2). Elaborasi :
3). Konfirmasi
a. Mengecek pemahaman siswa tentang materi
pembelajaran
|
||
3
|
Penutup
- Siswa di
kumpulkan kembali untuk mendengarkan
penjelasan
-Memperbaiki tentang kesalahan kesalahan gerak
|
E. SUMBER BELAJAR
- Buku Pegangan
Alat:
- Kertas, Alat tulis dan Buku
F. PENILAIAN
1. Teknik Penilaian :
- Tes unjuk kerja (psikomotor) melakukan
gerakan :
Siswa dapat mengikuti aturan mengikuti jejak
Siswa dapat Menjaga ke selamatan diri dan orang lain di tempat
bermain
Siswa dapat Menjaga kebersihan
diri dan orang lain di tempat bermain
-
Pengamatan sikap (afektif) :
Penilaian
dilakukan berdasarkan pemahaman siswa tentang materi pembelajaran.
-
Kuis / embedded
test ( kognitif) :
Menjawab
secara lisan mengenai meteri pembelajaran.
2. Rubrik penilaian :
Indikator Penilaian
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen
|
- Siswa dapat mengikuti aturan mengikuti jejak
- Siswa
dapat Menjaga ke selamatan diri dan
orang lain di tempat bermain
- Siswa
dapat Menjaga kebersihan diri dan orang lain di tempat bermain
|
-Tes
-Non tes
|
-Praktek
-Perbuatan
-Pengamatan
|
- Sebutkan 2 contoh perbuatan yang membahayakan dalam
kegiatan mencari mjejak
|
Mengetahui,
Kepala
Sekolah
Drs. RAHMAT TAUFIQ
NIP.196202201980121001
|
Karangdadap,
...............................
Guru
Penjas Orkes
PARTANTO, S.Pd
NIP. 197204142006041004
|
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN ( RPP )
NO: 12/12.1
Sekolah : SDN Kalilembu
Mata Pelajaran : Pendidikan jasmani olahraga dan
kesehatan
Kelas / Semester : 3 (tiga) / 2 (dua)
Alokasi waktu :
Tahun Pelajaran : 2010/2011
STANDAR KOMPETENSI
12. Menerapkan budaya hidup sehat
KOMPETENSI DASAR
12.1 Mengenal bahaya penyakit diare, demam
berdarah dan influenza
A. TUJUAN PEMBELAJARAN
- Siswa dapat Menjelaskan penyebab penyakit
diare, demmm berdarah dan influenza
- Siswa dapat Menjelaskan tanda – tanda
penyakit diare , demam berdarah dan influenza
- Siswa dapat Menjelaskan akibat
penyakit diare , demam berdarah dan influenza
-
Siswa dapat Menjelaskan cara mencegah
penyakit diare , demam berdarah dan
B. MATERI BELAJAR
- Penyakit Menular
C. METODE DAN MODEL PEMBELAJARAN
-
Ceramah
- Demonstrasi
D. LANGKAH – LANGKAH PEMBELAJARAN
No
|
Kegiatan
|
Waktu
|
Metode
|
1
|
Pendahuluan.
-
Siswa di bariskan dan berdo’a
-
Mengapsen siswa
-
Melkukan gerakan pemanasan
|
2 x 35 menit
|
Ceramah
Demonstrasi
Praktek
|
2
|
Kegiatan Inti
1). Eksplorasi :
Guru memberi
penjelasan tentang materi pembelajaran
2). Elaborasi :
3). Konfirmasi
a. Mengecek pemahaman siswa tentang materi
pembelajaran
|
||
3
|
Penutup
- Siswa di
kumpulkan kembali untuk mendengarkan
penjelasan
-Memperbaiki tentang kesalahan kesalahan gerak
|
E. SUMBER BELAJAR
- Buku Pegangan
Alat :
- Sabun dan Sapu tangan
F. PENILAIAN
1. Teknik Penilaian :
- Tes unjuk kerja (psikomotor) melakukan
gerakan :
Siswa Mampu menyebutkan penyebab
penyakit diare, demamberdarah dan
influenza
Siswa Mampu menyebutkan tanda –
tanda penyakit diare, demam berdarah dan influenza
Siswa Mampu menjelaskan akibat
dari penyakit diare, demam berdarah dan influenza
-
Pengamatan sikap (afektif) :
Penilaian
dilakukan berdasarkan pemahaman siswa tentang materi pembelajaran.
-
Kuis / embedded
test ( kognitif) :
Menjawab
secara lisan mengenai meteri pembelajaran.
2. Rubrik penilaian :
Indikator Penilaian
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen
|
|||
Siswa Mampu menyebutkan penyebab penyakit
diare, demamberdarah dan influenza
- Siswa Mampu menyebutkan tanda – tanda
penyakit diare, demam berdarah dan influenza
- Siswa
Mampu menjelaskan akibat dari penyakit diare, demam berdarah dan influenza
|
-Tes
-Pengamatan
-
Perbuatan
- lisan
-Tertulis
|
-
Praktek
-
Tugas
|
-
Menyebutkan tanda – tanda penyakit diare demam berdarah dan influenza
- Menjelaskan
akibat terjangkit nya penyakit diare, demam berdarah dan influenza
|
|||
Mengetahui,
Kepala
Sekolah
Drs. RAHMAT TAUFIQ
NIP.196202201980121001
|
Karangdadap,
...............................
Guru
Penjas Orkes
PARTANTO, S.Pd
NIP. 197204142006041004
|
|||||
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN ( RPP )
NO: 12/12.2
Sekolah : SDN Kalilembu
Mata Pelajaran : Pendidikan jasmani olahraga dan
kesehatan
Kelas / Semester : 3 (tiga) / 2 (dua)
Alokasi waktu :
Tahun Pelajaran : 2010/2011
STANDAR KOMPETENSI
12. Menerapkan budaya hidup sehat
KOMPETENSI DASAR
12.2 Mengenal cara menggunakan paturasan
A. TUJUAN PEMBELAJARAN
Melalui penjelasan, diharapkan :
- Siswa dapat Menjelaskan arti
paturasan
- Siswa dapat Menjelaskan paturasan
yang baik
- Siswa dapat Menjelaskan cara
menggunakan paturasan
- Siswa dapat Menjaga kebersihan
paturasan
B. MATERI BELAJAR
- Paturasan
C. METODE DAN MODEL PEMBELAJARAN
-
Ceramah
- Demonstrasi
D. LANGKAH – LANGKAH PEMBELAJARAN
No
|
Kegiatan
|
Waktu
|
Metode
|
1
|
Pendahuluan.
-
Siswa di bariskan dan berdo’a
-
Mengapsen siswa
-
Melkukan gerakan pemanasan
|
2 x 35 menit
|
Ceramah
Demonstrasi
Praktek
|
2
|
Kegiatan Inti
1). Eksplorasi :
Guru memberi
penjelasan tentang materi pembelajaran
2). Elaborasi :
3). Konfirmasi
a. Mengecek pemahaman siswa tentang materi
pembelajaran
|
||
3
|
Penutup
- Siswa di
kumpulkan kembali untuk mendengarkan
penjelasan
-Memperbaiki tentang kesalahan kesalahan gerak
|
E. SUMBER BELAJAR
- Buku Pegangan
Alat :
- Sabun dan Sapu tangan
F. PENILAIAN
1. Teknik Penilaian :
- Tes unjuk kerja (psikomotor) melakukan
gerakan :
Siswa mampu menjelaskan
pengertian paturasan
Siswa mampu menyebutkan model paturasan yang
baik
Siswa mampu menggunakan paturasan
Siswa mampu menjaga kebersihan
paturasan
-
Pengamatan sikap (afektif) :
Penilaian
dilakukan berdasarkan pemahaman siswa tentang materi pembelajaran.
-
Kuis / embedded
test ( kognitif) :
Menjawab
secara lisan mengenai meteri pembelajaran.
2. Rubrik penilaian :
Indikator Penilaian
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen
|
- Siswa
mampu menjelaskan pengertian paturasan
- Siswa mampu menyebutkan model
paturasan yang baik
-
Siswa mampu menggunakan paturasan
-
Siswa mampu menjaga kebersihan paturasan
|
-Tes
-Pengamatan
- Perbuatan
- lisan
-Tertulis
|
-
Praktek
-
Tugas
|
- Jelaskan
cara menggunakan paturasan
- Jelaskan
cara menjaga kebersihan paturasan
|
Mengetahui,
Kepala
Sekolah
Drs. RAHMAT TAUFIQ
NIP.196202201980121001
|
Karangdadap,
...............................
Guru
Penjas Orkes
PARTANTO, S.Pd
NIP. 197204142006041004
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar