Selasa, 15 Mei 2012

silabus penjas kls 3 smt 2


SILABUS
Sekolah                       : SDN Kalilembu
Kelas                           : III
Mata Pelajaran            : Pendidikan Jasmani
Semester                      : II ( Dua )
Tahun Pelajaran           : 2010/2011
Standar Kompetensi   :  Mempraktekkan berbagai gerak dasar dalam permainan sederhana dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
KOMPETENSI DASAR
MATERI PEMBELAJARAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN
INDIKATOR
PENILAIAN
ALOKASI WAKTU
SUMBER BELAJAR
TEKNIK
BENTUK
CONTOH INSTRUMEN
6.1. mempraktekkan kombinasi gerak dasar jalan, lari, lompat dengan koordinasi yang baik dalam permainan sederhana serta nilai kerjasama, toleransi, kejujuran, tanggung jawab dan menghargai lawan atau diri sendiri
Kombinasi gerak dasar :
·   Jalan
·   Lari
·   Lompat

6.1.1. melakukan kombinasi gerakan jalan dan lari.
6.1.2. melakukan kombinasi gerakan jalan dan lompat
6.1.3. melakukan kombinasi gerakan lari kemudian lompat
6.1.4. melakukan kombinasi gerakan jalan-lari dan lompat
6.1.1Mengkombinasikan gerakan jalan dan lari
6.1.2Mampu mengkombinasi gerakan jalan dan lompat
6.1.3Mampu mengkombinasi gerakan jalan kemudian melompat
6.1.4Mengkombinasi gerakan jalan – lari – lompat
Tes



Non tes
Praktek
Perbuatan


 Pengamatan
1.      Melakukan gerakan kombinasi berjalan dan lari
2.      Melakukan kombinasi gerakan jalan dan lompat
3.      Melakukan kombinasi gerakan lari kemudian lompat

Sumber
·     Media cetak
·     Media
·     Lingkungan
Alat
-Kapur
-Bendera
-Bak Pasir
6.2 Mempraktikkan kombinasi gerak dasar memutar, menekuk lutut, mengayun lengan dan meliukkan bandan dengan koordinasi gerak yang baik dalam permainan sederhana, serta nilai kerjasama, toleransi, kejujuran, tanggunmg jawab dan menghargai lawan atau diri sendiri
Kombinasi gerak dasar :
·   Memutar
·   Mengayun
·   Meliuk
6.2.1Melakukan memutar badan kekiri dan kekanan dengan hitungan
6.2.2. Melakukan jongkok lalu berdiri tegak dengan hitungan
6.2.3. Melakukan ayunan tangan memutar keatas dan kebawah dengan hitungan
6.2.4. Melakukan gerakan meliukkan badan kesamping dan berputar dengan hitungan
6.2.1. melakukan kombinasi berbagai gerak memutar
6.2.2. melakukan kombinasi berbagai gerak menekuk lutut
6.2.3. melakukan kombinasi berbagai gerak mengayun lengan
6.2.4. melakukan kombinasi berbagai gerak meliukkan badan
6.2.5. mampu bekerjasama dengan teman
6.2.6. Dapat menghargai lawan atau diri sendiri
Tes




Non tes
Praktek
Perbuatan



Pengamatan
1.Memutar badan kekanan dan kekiri
2.Lakukan gerakan jongkok lalu berdiri tegak
3. melakukan gerakan mengayun tangan memutar
4. melakukan gerakan meliukkan badan ke samping dan berputar

Sumber
·     Media cetak
·     Media
·     Lingkungan
Alat
-Kapur
-Bendera
-Bak Pasir
6.3 Mempraktikkan kombinasi gerak dasar memvoli, memantulkan, menendang, dan mengontrol bola dengan koordinasi yang baik dalam permainan sederhana, serta nilai kerjasama, toleransi, kejujuran, tanggunmg jawab dan menghargai lawan atau diri sendiri dan bersedia berbagi tempat dan peralatan dalam permainan
Kombinasi gerak dasar :
  • Memvoli
  • Memantulkan
  • Menendang
  • Mengontrol
6.3.1. Melakukan lambungan / memvoli bola dengan kontrol yang baik
6.3.2. melakukan gerakan memantul – mantulkan bola (menggiring)
6.3.3. melakukan gerakan menendang bola dengan berbagai bagian kaki dengan kontrol yang baik
6.3.4. melakukan gerakan mengontrol bola secara bergantian.
6.3.1. mendemonstrasikan kombinasi berbagai pola gerak dasar memvoli bola
6.3.2. mendemonstrasikan kombinasi berbagai pola gerak dasar memantulkan bola
6.3.3. mendemonstrasikan kombinasi berbagai pola gerak dasar menendang bola
6.3.4. mendemonstrasikan kombinasi berbagai pola gerak dasar mengontrol bola
Tes




Non tes
Praktek
Perbuatan



Pengamatan
1. melakukan gerakan memvoli bola dengan kontrol yang baik
2. lakukan gerakan memantul – mantulkan bola
3. melakukan gerakan menendang bola dengan kaki bagian dalam
4. melakukan gerakan mengontrol bola bergantian secara berpasangan

Sumber
·     Media cetak
·     Media
Lingkungan

Alat
-Peluit
-Bola Sepak
-Tiang Bendera












Standar Kompetensi   :  Mempraktikkan latihan dasar kebugaran jasmani dan nilai-nilai  yang terkandung didalamnya

KOMPETENSI DASAR
MATERI PEMBELAJARAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN
INDIKATOR
PENILAIAN
ALOKASI WAKTU
SUMBER BELAJAR
TEKNIK
BENTUK
CONTOH INSTRUMEN
7.1. Mempraktikkan berbagai berntuk latihan untuk meningkatkan kelentukan serta nilai disiplin dan keselamatan
Gerakan peningkatan kelentukan dan kelenturan
7.1.1. melakukan gerakan meliukkan badan ke depan, belakang, samping kanan dan kiri
1. meliukkan badan ke depan, belakang, ke samping kanan / kiri
Tes







Non tes
Praktek
Perbuatan






Pengamatan


1. lakukan gerakan meliukkan badan ke depan, samping, belakang
2. lakukan duduk sikap lari gawang gerakan memeluk lutut kaki yang selunjur
3. lakukan gerakan duduk kedua kaki selunjur, bungkukan badan sampai dahi menyentuh lutut
4. lakukan duduk berpasangan dan lakukan gerakan tarik menarik dengan posisi kaki kangkang
5. lakukan gerakan split dengan posisi badan terlentang
6. lakukan gerakan split dengan arah depan atau samping dengan berbagai variasi

Buku pembelajaran senam di SD

Alat :
- Peluit
- Matras
7.1.2. duduk sikap lari gawang, gerakan meliukkan lutut kaki yang selujur
2. duduk sikap lari gawang, gerakan memeluk lutut kaki yang selunjur
7.1.3. duduk dua kaki selujur, bungkukkan badan sampai dahi menyentuh lutut
3. duduk kedua kaki selunjur, bungkukan badan sampai dahi menyentuh lutut
7.1.4. duduk berpasangan melakukan gerakan tarik menarik dengan posisi kaki kangkang
4. duduk berpasangan melakukan gerakan tarik menarik dengan posisi kaki kangkang
7.1.5. melakukan sikap split dengan posisi badan terlentang
5. sikap split dengan posisi badan terlentang
7.1.6. melakukan sikap split dengan arah ke depan, samping dengan berbagai variasi
6. sikap split dengan arah depan / samping dengan berbagai variasi
7.2. mempraktekkan berbagai bentuk latihan untuk meningkatkan koordinasi gerak dan nilai disiplin
Gerakan untuk meningkatkan koordinasi gerak
7.2.1. melakukan lempar tangkap bola berpasangan dengan posisi tubuh tengkurap
1. lempar tangkap bola berpasangan dengan posisi badan menghadap ke bawah
Tes




Non Tes
Praktek
Perbuatan



Pengamatan
1. lakuan lempar tangkap bola berpasangan, posisi badan menghadap ke bawah

Buku pembelajaran senam di SD

Alat :
- peluit
- bola

7.2.2. permainan berburu kaki
2. bermain berburu kaki dan menghindar dengan meloncat ke atas dan kaki direntangkan / dipeluk
2. lakukan permainan berburu kaki, menghindar dengan loncat kaki rentang / dipeluk
7.2.3. permainan membentuk terowongan
3. membuat terowongan dengan mencembungkan badan dalam posisi badan menghadap ke bawah
3. lakukan permainan membuat terowongan dengan mencembungkan badan, posisi badan menghadap ke bawah
7.2.4. jalan kepiting
4. kaki kepiting
4. lakukan gerakan jalan kepiting




Standar Kompetensi   :  Mempraktikkan senam ketangkasan dasar dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya

KOMPETENSI DASAR
MATERI PEMBELAJARAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN
INDIKATOR
PENILAIAN
ALOKASI WAKTU
SUMBER BELAJAR
TEKNIK
BENTUK
CONTOH INSTRUMEN
8.1. mempraktekkan senam ketangkasan sederhana tanpa alat dan nilai disiplin
Senam ketangkasan tanpa alat
8.1.1. melakukan gerakan merangkak
8.1.1. mampu mempraktekkan gerakan merangkak
Tes
Individu
Kelompok


Non Tes
Praktek
Perbuatan



Pengamatan

1. lakukan gerakan merangkak

Buku refrensi senam

Alat :
- matras
8.1.2. melakukan gerakan merayap
8.1.2. mampu melakukan gerakan merayap
2. lakukan gerakan merayap
8.1.3. melakukan gerakan loncat berputar di udara
8.1.3. mampu menloncat berputar di udara
3. lakukan gerakan loncat, berputar di udara
8.2. mempraktekkan senam ketangkasan yang komplek menggunakan alat dan nilai disiplin
Senam ketangkasan dengan alat
8.2.1. melakukan gerakan loncat di atas kardus
8.2.1. mampu loncat di atas kardus
Tes



Non tes
Praktek
Perbuatan


Pengamatan
1. lakukan gerakan loncat kelinci melewati peti lompat

Buku senam dasar

Alat :
- matras
8.2.2. melakukan gerakan loncat kelinci melewati peti lompat
8.2.2. mampu loncat kelinci melewati peti lompat
2. lakukan gerakan berguling ke depan
8.2.3. melakukan berbagai gerak berguling
8.2.3. mampu berguling ke samping
8.2.4. mampu berguling ke depan






Standar Kompetensi   : Mempraktikkan gerak ritmik dasar yang berorientasi dengan arah, ruang dan waktu dengan atau tanpa musik dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya

KOMPETENSI DASAR
MATERI PEMBELAJARAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN
INDIKATOR
PENILAIAN
ALOKASI WAKTU
SUMBER BELAJAR

TEKNIK
BENTUK
CONTOH INSTRUMEN

9.1. mempraktekkan gerak lokomotor dalam gerak ritmik diorientasikan pada arah, ruang dan waktu secara individual dengan atau tanpa menggunakan musik, serta nilai percaya diri dan disiplin 
Gerak lokomotor secara individu
9.1.1. melakukan gerak melangkah ke depan, belakang diikuti ayunan lengan secara individu tanpa musik
9.1.1. mampu melakukan gerakan melangkah ke depan dan ke belakang diikuti ayunan tangan secara individu serasi dengan hitungan
Tes




Non tes
Praktek
Perbuatan



Pengamatan
1. lakukan gerakan melangkah ke depan dan belakang diikuti dengan ayunan lengan tanpa musik

Sumber :
-          buku pegangan
-          media cetak
-          media elektro

9.1.2. melakukan gerakan melompat ke samping lutut di tekuk tanpa musik
9.1.2. mampu melakukan gerakan melompat kearah samping kanan dan kiri dengan posisi lutut ditekuk dan ujung jari jinjit
2. lakukan gerakan lompat ke samping dengan lutut ditekuk tanpa musik

9.1.3. melakukan gerakan melompat ke depan, belakang dan samping lutut di tekuk tanpa musik
9.1.3. mampu melakukan gerakan melompat kearah depan, belakang, samping kanan dan kiri dengan posisi lutut ditekuk dan ujung jari jinjit

 3. lakukan gerakan melompat kearah depan, belakang, samping kanan dan kiri dengan posisi lutut ditekuk dan ujung jari jinjit

9.2. mempraktekkan gerak lokomotor dalam aktivitas ritmik yang berorientasi pada arah, ruang dan waktu secara beregu dengan atau tanpa menggunakan musik, serta nilai percaya diri, displin dan kerjasama













Gerak lokomotor





















9.2.1. melakukan gerakan langkah ke depan dan ke belakang secara berpasangan diiringi musik
9.2.1. mampu melakukan gerakan melangkah ke depan dan belakang dengan berpegangan tangan secara berpasangan serasi dengan iringan musik
Tes




Non tes













Praktek
Perbuatan



Pengamatan












1. lakukan gerakan melangkah ke depan dan belakang secara berpasangan dengan diiringi musik

















Sumber :
-          buku pegangan
-          media cetak
-          media elektro


Alat :
-          kaset
-          tape recorder











9.2.2. melakukan gerakan langkah ke kiri dan ke kanan diikuti ayunan lengan secara  beregu diiringi musik









9.2.2.. mampu melakukan gerakan melangkah ke kiri dan ke kanan diiringi dengan ayunan lengan ke depan, ke belakang, ke atas dan bawah serasi dengan iringan musik seara beregu
2. lakukan gerakan melangkah ke kiri dan ke kanan diikuti ayunan lengan secara beregu diiringi musik

9.2.3. mampu menyesuaikan gerakan dengan irama

9.2.4. mampu menyesuaikan gerakan gerakan dengan teman / regunya


Standar Kompetensi   :  Mempraktikkan gerak dasar renang gaya dada dan nilai – nilai yang terkandung didalamnya

KOMPETENSI DASAR
MATERI PEMBELAJARAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN
INDIKATOR
PENILAIAN
ALOKASI WAKTU
SUMBER BELAJAR

TEKNIK
BENTUK
CONTOH INSTRUMEN

10.1. mempraktekkan gerak dasar meluncur, menggerakkan tungkai, menggerakkan lengan dan nilai kebersihan
Gerak dasar renang gaya dada
10.1.1. melakukan gerakan meluncur
10.1.1. mampu meluncur di atas permukaan air
Tes




Non tes
Praktek
Perbuatan



Pengamatan

1. lakukan gerak meluncur

Sumber :
-          buku pegangan


Alat  :
-    kolam renang
-          kaca mata
-          pelampung

10.1.2. melakukan gerakan tungkai renang gaya dada
10.1.2. mampu menggerakkan tungkai renang gaya dada
2. lakukan gerak tungkai renang gaya dada sambil meluncur

10.1.3. melakukan gerakan lengan renang gaya dada
10.1.3. mampu menggerakkan lengan renang gaya dada
3. lakukan gerakan koordinasi tungkai dan lengan renang gaya dada

10.1.4. melakukan koordinasi gerakan tungkai dan lengan renang gaya dada
10.1.4. mampu melakukan gerak koordinasi tungkai dan lengan renang gaya dada

10.1.5. mampu menjaga kebersihan diri

10.2. mempraktekkan cara bernafas renang gaya dada dan nilai kebersihan
Cara bernafas renang gaya dada


10.2.1 melakukan gerakan bernafas sambil memegang dinding kolam
10.2.1. mampu bernafas sambil memegang dinding kolam
Tes


Non tes 
Praktek
Perbuatan

Pengamatan
1. lakukan teknik bernafas sambil berdiri






10.2.2. melakukan gerakan bernafas sambil menggerakkan tungkai
10.2.2. mampu bernafas sambil menggerakkan tungkai dan lengan
2. lakukan teknik bernafas renang gaya dada sambil meluncur

10.2.3. melakukan gerakan mengambil nafas dan membuang nafas
10.2.3. mampu mengambil nafas dan membuang nafas

3.lakukan cara mengambil nafas dan membuang nafas

10.3. mengkombinasi gerakan lengan dan tungkai renang gaya dada dan nilai kebersihan
Kombinasi gerakan lengan dan tungkai renang gaya dada
10.3.1. melakukan gerak kombinasi lengan dan tungkai renang gaya dada
10.3.1. mampu melakukan koordinasi gerakan lengan dan tungkai renang gaya dada
Tes



Non tes
Praktek
Perbuatan


Pengamatan
1. lakukan gerakan koordinasi lengan dan tungkai renang gaya dada



10.3.2. melakukan kombinasi gerakan lengan, tungkai dan pernafasan renang gaya dada
10.3.2. mampu melakukan koordinasi gerakan lengan, tungkai, dan pernafasan renang gaya dada
2. lakukan renang dada menempuh jarak 5 -10 m

10.3.3. menjaga kebersihan diri sehabis berenang
10.3.3. mampu berenang gaya dada menempuh jarak 5 – 10 m

10.3.4. mampu menjaga kebersihan sehabis berenang


Standar Kompetensi   :  Mempraktikkan pemanfaatan lingkungan sekitar sekolah untuk aktivitas jasmani dan nilai – nilai yang terkandung didalamnya

KOMPETENSI DASAR
MATERI PEMBELAJARAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN
INDIKATOR
PENILAIAN
ALOKASI WAKTU
SUMBER BELAJAR
TEKNIK
BENTUK
CONTOH INSTRUMEN
11.1. mempraktekkan gerakkan lokomotor dalam mengikuti jejak dan nilai disiplin, kerjasama, memperhatikan faktor keselamatan
Mengikuti jejak
11.1.1. menjelaskan berbagai tanda / simbul jejak
11.1.1. membaca tanda / simbul jejak
 Tes
Pengamatan
Perbuatan

Lisan
Tertulis

Praktek
Tugas
1. apa arti tanda   -

Sumber :
-          buku pegangan
-          media cetak


Alat :
-          kertas
-          buku
-          alat tulis
11.1.2. melakukan berbagai gerakan lokomotor
11.1.2. mampu mengikuti jejak
2. lakukan kegiatan mencari jejak di sekitar sekolahmu
dengan mengutamakan selematan dan kerjasama tim
11.1.3. bekerjasama dengan regu serta menjaga keselamatan
11.1.3. mampu bekerjasama dengan regu
11.1.4. mampu menjaga keselamatan selama beraktifitas
11.2. mempraktekkan pemilihan tempat yang aman untuk bermain di lingkungan sekolah










11.2.1. menjelaskan tempat yang aman untuk bermain
11.2.1. mampu menjelaskan tempat yang aman untuk bermain
Tes

Perbuatan
Penugasan
Lisan



Praktek
Tugas






1. jelaskan syarat – syarat tempat yang aman untuk bermain








11.2.2. syarat tempat yang aman
11.2.2. mampu menyebutkan syarat tempat yang aman untuk bermain
2. lakukan kegiatan bermain di tempat yang aman
11.2.3. mampu memilih tempat yang aman
11.3. mempraktekkan penjagaan keselamatan diri dan orang lain selama melakukan aktivitas di lingkungan sekitar sekolah dan nilai kebersihan

11.3.1. peraturan mengikuti jejak
11.3.1. mampu mengikuti aturan
Tes
Perbuatan
Penutasan
Praktek
Tugas
Sebutkan 2 contoh perbuatan yang membahayakan dalam kegiatan mencari jejak


11.3.2. cara menjaga keselamatan
11.3.2. mampu menjaga keselamatan diri dan orang lain saat beraktivitas
11.3.3. cara menjaga kebersihan
11.3.3. mampu menjaga kebersihan diri dan orang lain di tempat bermain

Standar Kompetensi   :   Menerapkan budaya hidup sehat

KOMPETENSI DASAR
MATERI PEMBELAJARAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN
INDIKATOR
PENILAIAN
ALOKASI WAKTU
SUMBER BELAJAR
TEKNIK
BENTUK
CONTOH INSTRUMEN
12.1. mengenal bahaya penyakit diare, demam berdarah dan influenza










Penyakit menular














12.1.1. menjelaskan penyebab penyakit diare, demam berdarah dan influenza
12.1.1. mampu menyebutkan penyebab penyakit diare, demam berdarah dan influensa
Tes

Pengamatan
Perbuatan
Lisan
Tertulis











Praktek tugas










1.menyebutkan tanda – tanda penyakit diare, demam berdarah dan influenza



















Sumber :
-          buku pegangan
-          media cetak


Alat :
-          sabun
-          sapu tangan
12.1.2. menjelaskan tanda – tanda penyakit diare, demam berdarah dan influenza
12.1.2. mampu menyebutkan tanda – tanda penyakit diare, demam berdarah dan influenza
2. jelaskan akibat terjangkitnya penyakit diare, demam berdarah dan influensa
12.1.3. menjelaskan akibat penyakit diare, demam berdarah dan influenza
12.1.3. mampu menjelaskan akibat dari penyakit diare, demam berdarah dan influensa
12.1.4. menjelaskan cara mencegah penyakit diare, demam berdarah dan influensa
12.1.4. mampu mencegah terjangkitnya penyakit diare, demam berdarah dan influensa

12.2. mengenal cara menggunakan paturasan
paturasan
12.2.1. menjelaskan arti paturasan
12.2.1. mampu menjelaskan pengertian paturasan
Tes

Pengamatan
Perbuatan
Lisan
tertulis
Praktek
Tugas

1. jelaskan cara menggunakan paturasan


12.2.2. menjelaskan paturan yang baik
12.2.2. mampu menyebutkan model paturasan yang baik
2. jelaskan cara menjaga kebersihan paturasan
12.2.3. menjelaskan cara menggunakan paturasan
12.2.3. mampu menggunakan paturasan
12.2.4. menjaga kebersihan paturan
12.2.4. mampu menjaga kebersihan paturasan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar