SILABUS
Sekolah :
SDN Kalilembu
Kelas :
III
Mata Pelajaran :
Pendidikan Jasmani
Semester :
II ( Dua )
Tahun Pelajaran : 2010/2011
Standar
Kompetensi : Mempraktekkan berbagai gerak dasar dalam permainan sederhana dan
nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
KOMPETENSI DASAR
|
MATERI PEMBELAJARAN
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
INDIKATOR
|
PENILAIAN
|
ALOKASI WAKTU
|
SUMBER BELAJAR
|
||||
TEKNIK
|
BENTUK
|
CONTOH INSTRUMEN
|
||||||||
6.1. mempraktekkan kombinasi gerak dasar jalan, lari,
lompat dengan koordinasi yang baik dalam permainan sederhana serta nilai
kerjasama, toleransi, kejujuran, tanggung jawab dan menghargai lawan atau
diri sendiri
|
Kombinasi
gerak dasar :
·
Jalan
·
Lari
·
Lompat
|
6.1.1.
melakukan kombinasi gerakan jalan dan lari.
6.1.2.
melakukan kombinasi gerakan jalan dan lompat
6.1.3.
melakukan kombinasi gerakan lari kemudian lompat
6.1.4.
melakukan kombinasi gerakan jalan-lari dan lompat
|
6.1.1Mengkombinasikan
gerakan jalan dan lari
6.1.2Mampu
mengkombinasi gerakan jalan dan lompat
6.1.3Mampu
mengkombinasi gerakan jalan kemudian melompat
6.1.4Mengkombinasi gerakan jalan – lari – lompat
|
Tes
Non tes
|
Praktek
Perbuatan
Pengamatan
|
1. Melakukan
gerakan kombinasi berjalan dan lari
2.
Melakukan kombinasi gerakan jalan dan lompat
3. Melakukan
kombinasi gerakan lari kemudian lompat
|
|
Sumber
·
Media cetak
·
Media
·
Lingkungan
Alat
-Kapur
-Bendera
-Bak Pasir
|
||
6.2 Mempraktikkan kombinasi gerak dasar
memutar, menekuk lutut, mengayun lengan dan meliukkan bandan dengan
koordinasi gerak yang baik dalam permainan sederhana, serta nilai kerjasama,
toleransi, kejujuran, tanggunmg jawab dan menghargai lawan atau diri sendiri
|
Kombinasi gerak dasar :
·
Memutar
·
Mengayun
·
Meliuk
|
6.2.1Melakukan
memutar badan kekiri dan kekanan dengan hitungan
6.2.2.
Melakukan jongkok lalu berdiri tegak dengan hitungan
6.2.3.
Melakukan ayunan tangan memutar keatas dan kebawah dengan hitungan
6.2.4. Melakukan gerakan meliukkan badan kesamping dan
berputar dengan hitungan
|
6.2.1.
melakukan kombinasi berbagai gerak memutar
6.2.2.
melakukan kombinasi berbagai gerak menekuk lutut
6.2.3. melakukan
kombinasi berbagai gerak mengayun lengan
6.2.4.
melakukan kombinasi berbagai gerak meliukkan badan
6.2.5. mampu
bekerjasama dengan teman
6.2.6. Dapat
menghargai lawan atau diri sendiri
|
Tes
Non tes
|
Praktek
Perbuatan
Pengamatan
|
1.Memutar badan kekanan dan kekiri
2.Lakukan gerakan jongkok lalu berdiri tegak
3. melakukan gerakan mengayun tangan memutar
4. melakukan gerakan meliukkan badan ke samping dan
berputar
|
|
Sumber
·
Media cetak
·
Media
·
Lingkungan
Alat
-Kapur
-Bendera
-Bak Pasir
|
||
6.3 Mempraktikkan kombinasi gerak dasar
memvoli, memantulkan, menendang, dan mengontrol bola dengan koordinasi yang
baik dalam permainan sederhana, serta nilai kerjasama, toleransi, kejujuran,
tanggunmg jawab dan menghargai lawan atau diri sendiri dan bersedia berbagi
tempat dan peralatan dalam permainan
|
Kombinasi gerak dasar :
|
6.3.1. Melakukan lambungan / memvoli bola dengan kontrol
yang baik
6.3.2. melakukan gerakan memantul – mantulkan bola
(menggiring)
6.3.3. melakukan gerakan menendang bola dengan berbagai
bagian kaki dengan kontrol yang baik
6.3.4. melakukan gerakan mengontrol bola secara
bergantian.
|
6.3.1.
mendemonstrasikan kombinasi berbagai pola gerak dasar memvoli bola
6.3.2.
mendemonstrasikan kombinasi berbagai pola gerak dasar memantulkan bola
6.3.3.
mendemonstrasikan kombinasi berbagai pola gerak dasar menendang bola
6.3.4.
mendemonstrasikan kombinasi berbagai pola gerak dasar mengontrol bola
|
Tes
Non tes
|
Praktek
Perbuatan
Pengamatan
|
1. melakukan gerakan memvoli bola dengan kontrol yang baik
2. lakukan gerakan memantul – mantulkan bola
3. melakukan gerakan menendang bola dengan kaki bagian
dalam
4. melakukan
gerakan mengontrol bola bergantian secara berpasangan
|
|
Sumber
·
Media cetak
·
Media
Lingkungan
Alat
-Peluit
-Bola Sepak
-Tiang Bendera
|
||
Standar Kompetensi : Mempraktikkan
latihan dasar kebugaran jasmani dan nilai-nilai
yang terkandung didalamnya
KOMPETENSI DASAR
|
MATERI PEMBELAJARAN
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
INDIKATOR
|
PENILAIAN
|
ALOKASI WAKTU
|
SUMBER BELAJAR
|
||
TEKNIK
|
BENTUK
|
CONTOH INSTRUMEN
|
||||||
7.1. Mempraktikkan berbagai berntuk latihan untuk
meningkatkan kelentukan serta nilai disiplin dan keselamatan
|
Gerakan peningkatan kelentukan
dan kelenturan
|
7.1.1. melakukan gerakan meliukkan badan ke depan,
belakang, samping kanan dan kiri
|
1. meliukkan badan ke depan, belakang, ke
samping kanan / kiri
|
Tes
Non tes
|
Praktek
Perbuatan
Pengamatan
|
1. lakukan gerakan meliukkan
badan ke depan, samping, belakang
2. lakukan duduk sikap lari
gawang gerakan memeluk lutut kaki yang selunjur
3. lakukan gerakan duduk kedua
kaki selunjur, bungkukan badan sampai dahi menyentuh lutut
4. lakukan duduk berpasangan dan lakukan
gerakan tarik menarik dengan posisi kaki kangkang
5. lakukan gerakan split dengan
posisi badan terlentang
6. lakukan gerakan split dengan
arah depan atau samping dengan berbagai variasi
|
|
Buku pembelajaran senam di SD
Alat :
- Peluit
- Matras
|
7.1.2. duduk sikap lari gawang, gerakan meliukkan lutut
kaki yang selujur
|
2. duduk sikap lari gawang, gerakan memeluk lutut kaki
yang selunjur
|
|||||||
7.1.3. duduk dua kaki selujur, bungkukkan badan sampai
dahi menyentuh lutut
|
3. duduk kedua kaki selunjur, bungkukan badan
sampai dahi menyentuh lutut
|
|||||||
7.1.4. duduk berpasangan melakukan gerakan tarik menarik
dengan posisi kaki kangkang
|
4. duduk berpasangan melakukan gerakan tarik
menarik dengan posisi kaki kangkang
|
|||||||
7.1.5. melakukan sikap split dengan posisi badan
terlentang
|
5. sikap split dengan posisi badan terlentang
|
|||||||
7.1.6. melakukan sikap split dengan arah ke depan, samping
dengan berbagai variasi
|
6. sikap split dengan arah depan / samping
dengan berbagai variasi
|
|||||||
7.2. mempraktekkan berbagai bentuk latihan untuk
meningkatkan koordinasi gerak dan nilai disiplin
|
Gerakan untuk meningkatkan koordinasi gerak
|
7.2.1.
melakukan lempar tangkap bola berpasangan dengan posisi tubuh tengkurap
|
1. lempar tangkap bola berpasangan dengan posisi
badan menghadap ke bawah
|
Tes
Non Tes
|
Praktek
Perbuatan
Pengamatan
|
1. lakuan
lempar tangkap bola berpasangan, posisi badan menghadap ke bawah
|
|
Buku pembelajaran senam di SD
Alat :
- peluit
- bola
|
7.2.2. permainan berburu kaki
|
2. bermain berburu kaki dan menghindar dengan
meloncat ke atas dan kaki direntangkan / dipeluk
|
2. lakukan permainan berburu kaki, menghindar dengan
loncat kaki rentang / dipeluk
|
||||||
7.2.3. permainan membentuk terowongan
|
3. membuat terowongan dengan mencembungkan badan
dalam posisi badan menghadap ke bawah
|
3. lakukan permainan membuat terowongan dengan
mencembungkan badan, posisi badan menghadap ke bawah
|
||||||
7.2.4. jalan kepiting
|
4. kaki kepiting
|
4. lakukan gerakan jalan kepiting
|
Standar Kompetensi : Mempraktikkan
senam ketangkasan dasar dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
KOMPETENSI DASAR
|
MATERI PEMBELAJARAN
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
INDIKATOR
|
PENILAIAN
|
ALOKASI WAKTU
|
SUMBER BELAJAR
|
||
TEKNIK
|
BENTUK
|
CONTOH INSTRUMEN
|
||||||
8.1.
mempraktekkan senam ketangkasan sederhana tanpa alat dan nilai disiplin
|
Senam ketangkasan tanpa alat
|
8.1.1. melakukan gerakan merangkak
|
8.1.1. mampu mempraktekkan gerakan merangkak
|
Tes
Individu
Kelompok
Non Tes
|
Praktek
Perbuatan
Pengamatan
|
1. lakukan gerakan merangkak
|
|
Buku refrensi senam
Alat :
- matras
|
8.1.2. melakukan gerakan merayap
|
8.1.2. mampu melakukan gerakan merayap
|
2. lakukan gerakan merayap
|
||||||
8.1.3. melakukan gerakan loncat berputar di udara
|
8.1.3. mampu menloncat berputar di udara
|
3. lakukan gerakan loncat, berputar di udara
|
||||||
8.2. mempraktekkan senam ketangkasan yang komplek
menggunakan alat dan nilai disiplin
|
Senam ketangkasan dengan alat
|
8.2.1. melakukan gerakan loncat di atas kardus
|
8.2.1. mampu loncat di atas kardus
|
Tes
Non tes
|
Praktek
Perbuatan
Pengamatan
|
1. lakukan gerakan loncat kelinci melewati peti lompat
|
|
Buku senam dasar
Alat :
- matras
|
8.2.2. melakukan gerakan loncat kelinci melewati peti
lompat
|
8.2.2. mampu loncat kelinci melewati peti lompat
|
2. lakukan gerakan berguling ke depan
|
||||||
8.2.3. melakukan berbagai gerak berguling
|
8.2.3. mampu berguling ke samping
|
|||||||
8.2.4. mampu berguling ke depan
|
Standar Kompetensi : Mempraktikkan gerak ritmik dasar yang
berorientasi dengan arah, ruang dan waktu dengan atau tanpa musik dan
nilai-nilai yang terkandung didalamnya
KOMPETENSI DASAR
|
MATERI PEMBELAJARAN
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
INDIKATOR
|
PENILAIAN
|
ALOKASI WAKTU
|
SUMBER BELAJAR
|
|||
TEKNIK
|
BENTUK
|
CONTOH INSTRUMEN
|
|||||||
9.1.
mempraktekkan gerak lokomotor dalam gerak ritmik diorientasikan pada arah,
ruang dan waktu secara individual dengan atau tanpa menggunakan musik, serta
nilai percaya diri dan disiplin
|
Gerak
lokomotor secara individu
|
9.1.1. melakukan gerak melangkah ke depan, belakang
diikuti ayunan lengan secara individu tanpa musik
|
9.1.1. mampu melakukan gerakan melangkah ke
depan dan ke belakang diikuti ayunan tangan secara individu serasi dengan
hitungan
|
Tes
Non tes
|
Praktek
Perbuatan
Pengamatan
|
1. lakukan gerakan melangkah ke
depan dan belakang diikuti dengan ayunan lengan tanpa musik
|
|
Sumber :
-
buku pegangan
-
media cetak
-
media elektro
|
|
9.1.2. melakukan gerakan
melompat ke samping lutut di tekuk tanpa musik
|
9.1.2. mampu melakukan gerakan melompat kearah samping
kanan dan kiri dengan posisi lutut ditekuk dan ujung jari jinjit
|
2. lakukan gerakan lompat ke samping dengan lutut ditekuk
tanpa musik
|
|||||||
9.1.3. melakukan gerakan
melompat ke depan, belakang dan samping lutut di tekuk tanpa musik
|
9.1.3. mampu melakukan gerakan melompat kearah depan,
belakang, samping kanan dan kiri dengan posisi lutut ditekuk dan ujung jari
jinjit
|
||||||||
3. lakukan gerakan
melompat kearah depan, belakang, samping kanan dan kiri dengan posisi lutut
ditekuk dan ujung jari jinjit
|
|||||||||
9.2. mempraktekkan gerak lokomotor dalam aktivitas ritmik
yang berorientasi pada arah, ruang dan waktu secara beregu dengan atau tanpa
menggunakan musik, serta nilai percaya diri, displin dan kerjasama
|
Gerak lokomotor
|
9.2.1. melakukan gerakan
langkah ke depan dan ke belakang secara berpasangan diiringi musik
|
9.2.1. mampu melakukan gerakan melangkah
ke depan dan belakang dengan berpegangan tangan secara berpasangan serasi
dengan iringan musik
|
Tes
Non tes
|
Praktek
Perbuatan
Pengamatan
|
1. lakukan gerakan melangkah ke depan dan belakang secara
berpasangan dengan diiringi musik
|
|
Sumber :
-
buku pegangan
-
media cetak
-
media elektro
Alat :
-
kaset
-
tape recorder
|
|
9.2.2. melakukan gerakan
langkah ke kiri dan ke kanan diikuti ayunan lengan secara beregu diiringi musik
|
9.2.2.. mampu melakukan gerakan melangkah ke
kiri dan ke kanan diiringi dengan ayunan lengan ke depan, ke belakang, ke
atas dan bawah serasi dengan iringan musik seara beregu
|
2. lakukan gerakan melangkah ke kiri dan ke kanan diikuti
ayunan lengan secara beregu diiringi musik
|
|||||||
9.2.3. mampu menyesuaikan gerakan dengan irama
|
|||||||||
9.2.4. mampu menyesuaikan gerakan gerakan dengan
teman / regunya
|
Standar Kompetensi : Mempraktikkan
gerak dasar renang gaya
dada dan nilai – nilai yang terkandung didalamnya
KOMPETENSI DASAR
|
MATERI PEMBELAJARAN
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
INDIKATOR
|
PENILAIAN
|
ALOKASI WAKTU
|
SUMBER BELAJAR
|
|||
TEKNIK
|
BENTUK
|
CONTOH INSTRUMEN
|
|||||||
10.1. mempraktekkan gerak dasar
meluncur, menggerakkan tungkai, menggerakkan lengan dan nilai kebersihan
|
Gerak dasar renang gaya dada
|
10.1.1. melakukan gerakan
meluncur
|
10.1.1. mampu meluncur di atas permukaan air
|
Tes
Non tes
|
Praktek
Perbuatan
Pengamatan
|
1. lakukan gerak meluncur
|
|
Sumber :
-
buku pegangan
Alat :
-
kolam renang
-
kaca mata
-
pelampung
|
|
10.1.2. melakukan gerakan tungkai renang gaya dada
|
10.1.2.
mampu menggerakkan tungkai renang gaya dada
|
2. lakukan gerak tungkai renang gaya dada sambil meluncur
|
|||||||
10.1.3. melakukan gerakan lengan renang gaya dada
|
10.1.3. mampu menggerakkan lengan renang gaya
dada
|
3.
lakukan gerakan koordinasi tungkai dan lengan renang gaya dada
|
|||||||
10.1.4.
melakukan koordinasi gerakan tungkai dan lengan renang gaya dada
|
10.1.4. mampu melakukan gerak koordinasi tungkai
dan lengan renang gaya dada
|
||||||||
10.1.5. mampu menjaga kebersihan diri
|
|||||||||
10.2. mempraktekkan cara bernafas renang gaya
dada dan nilai kebersihan
|
Cara bernafas renang gaya dada
|
10.2.1 melakukan gerakan bernafas sambil memegang dinding
kolam
|
10.2.1. mampu bernafas sambil memegang dinding
kolam
|
Tes
Non tes
|
Praktek
Perbuatan
Pengamatan
|
1. lakukan teknik bernafas sambil berdiri
|
|
|
|
10.2.2. melakukan gerakan bernafas sambil menggerakkan
tungkai
|
10.2.2. mampu bernafas sambil menggerakkan
tungkai dan lengan
|
2.
lakukan teknik bernafas renang gaya dada sambil meluncur
|
|||||||
10.2.3. melakukan gerakan mengambil nafas dan membuang
nafas
|
10.2.3. mampu mengambil nafas
dan membuang nafas
|
||||||||
3.lakukan cara mengambil nafas
dan membuang nafas
|
|||||||||
10.3. mengkombinasi gerakan lengan dan
tungkai renang gaya dada dan nilai kebersihan
|
Kombinasi
gerakan lengan dan tungkai renang gaya dada
|
10.3.1.
melakukan gerak kombinasi lengan dan tungkai renang gaya dada
|
10.3.1. mampu melakukan koordinasi gerakan
lengan dan tungkai renang gaya dada
|
Tes
Non tes
|
Praktek
Perbuatan
Pengamatan
|
1.
lakukan gerakan koordinasi lengan dan tungkai renang gaya dada
|
|
|
|
10.3.2.
melakukan kombinasi gerakan lengan, tungkai dan pernafasan renang gaya dada
|
10.3.2. mampu melakukan koordinasi gerakan
lengan, tungkai, dan pernafasan renang gaya dada
|
2.
lakukan renang dada menempuh jarak 5 -10 m
|
|||||||
10.3.3.
menjaga kebersihan diri sehabis berenang
|
10.3.3. mampu berenang gaya dada menempuh jarak
5 – 10 m
|
||||||||
10.3.4. mampu menjaga kebersihan sehabis
berenang
|
Standar
Kompetensi : Mempraktikkan pemanfaatan lingkungan sekitar sekolah untuk aktivitas
jasmani dan nilai – nilai yang terkandung didalamnya
KOMPETENSI DASAR
|
MATERI PEMBELAJARAN
|
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
|
INDIKATOR
|
PENILAIAN
|
ALOKASI WAKTU
|
SUMBER BELAJAR
|
||
TEKNIK
|
BENTUK
|
CONTOH INSTRUMEN
|
||||||
11.1. mempraktekkan gerakkan
lokomotor dalam mengikuti jejak dan nilai disiplin, kerjasama, memperhatikan
faktor keselamatan
|
Mengikuti
jejak
|
11.1.1. menjelaskan berbagai tanda / simbul
jejak
|
11.1.1. membaca tanda / simbul jejak
|
Tes
Pengamatan
Perbuatan
Lisan
Tertulis
|
Praktek
Tugas
|
1. apa arti tanda -
|
|
Sumber :
-
buku pegangan
-
media cetak
Alat :
-
kertas
-
buku
-
alat tulis
|
11.1.2. melakukan berbagai
gerakan lokomotor
|
11.1.2. mampu mengikuti jejak
|
2. lakukan kegiatan mencari jejak di sekitar
sekolahmu
dengan
mengutamakan selematan dan kerjasama tim
|
||||||
11.1.3. bekerjasama dengan regu serta menjaga
keselamatan
|
11.1.3. mampu bekerjasama dengan regu
|
|||||||
11.1.4. mampu menjaga keselamatan selama
beraktifitas
|
||||||||
11.2. mempraktekkan pemilihan
tempat yang aman untuk bermain di lingkungan sekolah
|
|
11.2.1. menjelaskan tempat yang
aman untuk bermain
|
11.2.1. mampu menjelaskan tempat yang aman untuk
bermain
|
Tes
Perbuatan
Penugasan
Lisan
|
Praktek
Tugas
|
1. jelaskan syarat – syarat
tempat yang aman untuk bermain
|
|
|
11.2.2. syarat tempat yang aman
|
11.2.2. mampu menyebutkan syarat tempat yang
aman untuk bermain
|
2. lakukan kegiatan bermain di
tempat yang aman
|
||||||
11.2.3. mampu memilih tempat yang aman
|
||||||||
11.3. mempraktekkan penjagaan
keselamatan diri dan orang lain selama melakukan aktivitas di lingkungan
sekitar sekolah dan nilai kebersihan
|
|
11.3.1. peraturan mengikuti
jejak
|
11.3.1. mampu mengikuti aturan
|
Tes
Perbuatan
Penutasan
|
Praktek
Tugas
|
Sebutkan 2 contoh perbuatan yang
membahayakan dalam kegiatan mencari jejak
|
|
|
11.3.2. cara menjaga
keselamatan
|
11.3.2. mampu menjaga keselamatan diri
dan orang lain saat beraktivitas
|
|||||||
11.3.3. cara menjaga kebersihan
|
11.3.3. mampu menjaga kebersihan diri
dan orang lain di tempat bermain
|
Standar Kompetensi : Menerapkan
budaya hidup sehat
KOMPETENSI DASAR
|
MATERI PEMBELAJARAN
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
INDIKATOR
|
PENILAIAN
|
ALOKASI WAKTU
|
SUMBER BELAJAR
|
||
TEKNIK
|
BENTUK
|
CONTOH INSTRUMEN
|
||||||
12.1.
mengenal bahaya penyakit diare, demam berdarah dan influenza
|
Penyakit menular
|
12.1.1. menjelaskan penyebab penyakit diare, demam
berdarah dan influenza
|
12.1.1. mampu menyebutkan penyebab penyakit
diare, demam berdarah dan influensa
|
Tes
Pengamatan
Perbuatan
Lisan
Tertulis
|
Praktek tugas
|
1.menyebutkan tanda – tanda penyakit diare,
demam berdarah dan influenza
|
|
Sumber :
-
buku pegangan
-
media cetak
Alat :
-
sabun
-
sapu tangan
|
12.1.2.
menjelaskan tanda – tanda penyakit diare, demam berdarah dan influenza
|
12.1.2.
mampu menyebutkan tanda – tanda penyakit diare, demam berdarah dan influenza
|
2. jelaskan akibat terjangkitnya penyakit diare, demam
berdarah dan influensa
|
||||||
12.1.3. menjelaskan akibat penyakit diare, demam berdarah
dan influenza
|
12.1.3. mampu menjelaskan akibat dari penyakit
diare, demam berdarah dan influensa
|
|||||||
12.1.4.
menjelaskan cara mencegah penyakit diare, demam berdarah dan influensa
|
12.1.4. mampu mencegah terjangkitnya penyakit
diare, demam berdarah dan influensa
|
|||||||
12.2. mengenal cara menggunakan paturasan
|
paturasan
|
12.2.1. menjelaskan arti paturasan
|
12.2.1. mampu menjelaskan pengertian paturasan
|
Tes
Pengamatan
Perbuatan
Lisan
tertulis
|
Praktek
Tugas
|
1. jelaskan cara menggunakan paturasan
|
|
|
12.2.2. menjelaskan paturan yang baik
|
12.2.2. mampu menyebutkan model paturasan yang
baik
|
2.
jelaskan cara menjaga kebersihan paturasan
|
||||||
12.2.3. menjelaskan cara menggunakan paturasan
|
12.2.3. mampu menggunakan paturasan
|
|||||||
12.2.4. menjaga kebersihan paturan
|
12.2.4. mampu menjaga kebersihan paturasan
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar