Selasa, 15 Mei 2012

rpp penjas kls 4 smt 2

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
NO : 6/6.1

SEKOLAH                                 : SDN KALILEMBU
MAPEL                                       : PENJASORKES
KELAS / SEMESTER                : IV / II
WAKTU                                      :
TAHUN PELAJARAN              : 2010/2011

STANDAR KOMPETENSI
  1. Mempraktikkan gerak dasar ke dalam permainan dan olahragadan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya

KOMPETENSI DASAR
     6.1 Mempraktikkan gerak dasar atletik yang dimodifikasi : lompat, loncat dan lempar, dengan               memperhatikan nilai-nilai pantang menyerah, sportifitas, percaya diri, dan kejujuran

A. TUJUAN PEMBELAJARAN
          Melalui latihan siswa diharapkan dapat :
-           Mampu melakukan lompat jauh tanpa awalan
-           Mampu melakukan gerak dasar tolak peluru
-           Menegtahui otot yang berperan dalam lompat dan lempar
B. MATERI PEMBELAJARAN
  1. Lari
  2. Lompat
  3. Loncat
  4. Lempar

C. METODE DAN MODEL PEMBELAJARAN
  1. Metode : ceramah dan praktik/ demonstrasi
  2. Model Pembelajaran : pendekatan CTL dan life skill

D. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
NO
Kegiatan
Waktu
Metode
1.
Pendahuluan
1.      Siswa dibariskan kemudian diabsen
2.      Warming Up menuju kemateri inti
15 Menit
Praktek dan Demonstrasi
2.
Kegiatan Inti
1). Eksplorasi  :
    Guru memberi penjelasan tentang materi pembelajaran
2). Elaborasi  : 
a.       Guru menberi contoh mengenai materi pembelajaran.
b.      Siswa melakukan gerakan lompat
c.       Siswa melakukan gerakan loncat
d.      Siswa melakukan gerakan lempar
3). Konfirmasi
  1. a.  Mengecek pemahaman siswa tentang materi pembelajaran
45 Menit
Praktek dan Demonstrasi
3.
Penutup :
Siswa dikumpulkan kemudian guru mengevaluasi seluruh kegiatan yang telah dilakukan.
10 Menit
Praktek dan Demonstrasi






E. SUMBER BELAJAR
  1. Buku Paket Penjasorkes Untuk SD Kelas IV
  2. Bak Pasir, Papan Loncat Tinggi, dan Peluru

F. PENILAIAN
     1. Teknik Penilaian :
- Tes unjuk kerja (psikomotor) melakukan gerakan :
   Lompat jauh
   Lompat tinggi
   Fungsi otot
- Pengamata sikap (afektif) :
       Penilaian dilakukan berdasarkan pemahaman siswa tentang materi pembelajaran.
-          Kuis / embedded test ( kognitif) :
  Menjawab secara lisan mengenai meteri pembelajaran.
2. Rubrik penilaian :

Indikator Penilaian
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen
1. Melakukan gerakan lompat jauh dengan awalan lari
Tes
Praktek
Lakukan latihan gerakan lompat jauh
2. Melakukan gerakan loncat tinggi
Tes
Praktek
Lakukan latihan gerakan loncat tinggi
3. fungsi otot
Tes
Praktek
Sebutkan fungsi otot

Mengetahui,
Kepala Sekolah




Drs. RAHMAT TAUFIQ
NIP.196202201980121001
Karangdadap, ...............................
Guru Penjas Orkes




PARTANTO, S.Pd
NIP. 197204142006041004























RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
NO : 6/6.2

SEKOLAH                                 : SDN KALILEMBU
MAPEL                                       : PENJASORKES
KELAS / SEMESTER                : IV / II
WAKTU                                      :
TAHUN PELAJARAN              : 2010/2011

STANDAR KOMPETENSI
6. Mempraktikkan gerak dasar ke dalam permainan dan olahragadan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
KOMPETENSI DASAR
6.2 Mempraktikkan gerak dasar berbagai gerakan yang bervariasi dalam permainan bola besar beregu dengan peraturan yang dimodifikasi, serta nilai kerja sama regu , sportivitas, dan kejujuran

A. TUJUAN PEMBELAJARAN
          Melalui latihan siswa diharapkan dapat :
  1. Menendang bola
  2. Mengontrol bola
  3. Menangkap bola

B. MATERI PEMBELAJARAN
  1. Sepak bola

C. METODE DAN MODEL PEMBELAJARAN
  1. Metode : ceramah dan praktik/ demonstrasi
  2. Model Pembelajaran : pendekatan CTL dan life skill

D. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
NO
Kegiatan
Waktu
Metode
1.
Pendahuluan :
1.      Siswa dibariskan kemudian diabsen
2.      Warming Up menuju kemateri inti
15 Menit
Praktek dan Demonstrasi
2.
Kegiatan Inti
1). Eksplorasi  :
    Guru memberi penjelasan tentang materi pembelajaran
2). Elaborasi  : 
  1. Guru menberi contoh mengenai materi pembelajaran.
  2. Siswa melakukan gerakan menendang bola
  3. Siswa melakukan gerakan mengontrol bola
  4. Siswa melakukan gerakan menangkap bola
3). Konfirmasi
  1. a.  Mengecek pemahaman siswa tentang materi pembelajaran
45 Menit
Praktek dan Demonstrasi
3.
Penutup :
Siswa dikumpulkan kemudian guru mengevaluasi seluruh kegiatan yang telah dilakukan.
10 Menit
Praktek dan Demonstrasi

E. SUMBER BELAJAR
  1. Buku Paket Penjasorkes Untuk SD Kelas IV
  2. Bola sepak

F. PENILAIAN
     1. Teknik Penilaian :
- Tes unjuk kerja (psikomotor) melakukan gerakan :
   Menendang bola
   Mengontrol
   menangkap
- Pengamata sikap (afektif) :
       Penilaian dilakukan berdasarkan pemahaman siswa tentang materi pembelajaran.
-          Kuis / embedded test ( kognitif) :
  Menjawab secara lisan mengenai meteri pembelajaran.
2. Rubrik penilaian :

Indikator Penilaian
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen
1. Melakukan menendang bola
Tes
Praktek
Lakukan latihan gerakan menendang
2. Melakukan mengontrol bola
Tes
Praktek
Lakukan latihan gerakan mengontrol
3. Melakukan menangkap bola
Tes
Praktek
Lakukan latihan gerakan menangkap

Mengetahui,
Kepala Sekolah




Drs. RAHMAT TAUFIQ
NIP.196202201980121001
Karangdadap, ...............................
Guru Penjas Orkes




PARTANTO, S.Pd
NIP. 197204142006041004





























RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
NO : 6/6.3

SEKOLAH                                 : SDN KALILEMBU
MAPEL                                       : PENJASORKES
KELAS / SEMESTER                : IV / II
WAKTU                                      :
TAHUN PELAJARAN              : 2010/2011

STANDAR KOMPETENSI
6. Mempraktikkan gerak dasar ke dalam permainan dan olahragadan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya

KOMPETENSI DASAR
     6.3Mempraktikkan kombinasi gerak dasar  memvoli, memantulkan, menendang, dan mengontrol bola dengan koordinasi yang baik dalam permainan sederhana, serta nilai kerjasama, toleransi, kejujuran, tanggunmg jawab dan menghargai lawan atau diri sendiri dan bersedia berbagi tempat dan peralatan dalam permainan

A. TUJUAN PEMBELAJARAN
          Melalui latihan siswa diharapkan dapat :
1. Mampu melakukan service
2. Mampu melakukan passing bawah
3. Mampu melakukan passing atas
B. MATERI PEMBELAJARAN
1.  Bola voli

C. METODE DAN MODEL PEMBELAJARAN
1.  Metode : ceramah dan praktik/ demonstrasi
2.  Model Pembelajaran : pendekatan CTL dan life skill

D. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
NO
Kegiatan
Waktu
Metode
1.
Pendahuluan:
1.  Siswa dibariskan kemudian diabsen
2.  Warming Up menuju kemateri inti
15 Menit
Praktek dan Demonstrasi
2.
Kegiatan Inti
1). Eksplorasi  :
    Guru memberi penjelasan tentang materi pembelajaran
2). Elaborasi  : 
  1. Guru menberi contoh mengenai materi pembelajaran.
  2. Siswa  melakukan service
  3. Siswa melakukan passing bawah
  4. Siswa melakukan passing atas
3). Konfirmasi
a.  Mengecek pemahaman siswa tentang materi pembelajaran
45 Menit
Praktek dan Demonstrasi
3.
Penutup :
Siswa dikumpulkan kemudian guru mengevaluasi seluruh kegiatan yang telah dilakukan.
10 Menit
Praktek dan Demonstrasi

E. SUMBER BELAJAR
  1. Buku Paket Penjasorkes Untuk SD Kelas IV
  2. Bak Pasir, Papan Loncat Tinggi, dan Peluru

F. PENILAIAN
     1. Teknik Penilaian :
- Tes unjuk kerja (psikomotor) melakukan gerakan :
               Mampu melakukan service
Mampu melakukan passing bawah
               Mampu melakukan passing atas
- Pengamata sikap (afektif) :
       Penilaian dilakukan berdasarkan pemahaman siswa tentang materi pembelajaran.
-          Kuis / embedded test ( kognitif) :
  Menjawab secara lisan mengenai meteri pembelajaran.
2. Rubrik penilaian :

Indikator Penilaian
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen
1. Melakukan gerakan service
Tes
Praktek
Lakukan latihan gerakan service
2. Melakukan gerakan passing bawah
Tes
Praktek
Lakukan latihan gerakan passing bawah
3. Melakukan gerakan passing atas
Tes
Praktek
Lakukan latihan gerakan passing atas

Mengetahui,
Kepala Sekolah




Drs. RAHMAT TAUFIQ
NIP.196202201980121001
Karangdadap, ...............................
Guru Penjas Orkes




PARTANTO, S.Pd
NIP. 197204142006041004




























RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
NO : 7/7.1

SEKOLAH                                 : SDN KALILEMBU
MAPEL                                       : PENJASORKES
KELAS / SEMESTER                : IV / II
WAKTU                                      :
TAHUN PELAJARAN              : 2010/2011

STANDAR KOMPETENSI
     7. Mempraktekkan latihan kebugaran yang lebih kompleks untuk meningkatkan keterampilan               yang terkandung didalamnya

KOMPETENSI DASAR
     7.1 Mempraktekkan aktivitas dan permainan untuk melatih daya tahan dan kekuatan dengan                     kecepatan dan kualitas gerak yang meningkat, serta nilai kerja keras, disiplin, kerjasama                                    dan kejujuran

A. TUJUAN PEMBELAJARAN
     Melalui latihan siswa diharapkan dapat :
l  Mampu gerakan variasi dengan isyarat
l  Mampu melakukan sirkuit training
l  Mampu melakukan latihan kekuatan otot besar dengan kualitas gerak yang meningkat

B. MATERI PEMBELAJARAN
l  Melakukan permainan hijau hitam
l  melakukan permainan bintang beralih
l  Melakukan gerakan Push Up
l  Melakukan gerakan squat jump
l  Melakukan lompat pagar

C. METODE DAN MODEL PEMBELAJARAN
l  Metode : ceramah dan praktik/ demonstrasi
l  Model Pembelajaran : pendekatan CTL dan life skill

D. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
NO
Kegiatan
Waktu
Metode
1.
Pendahuluan :
l  Siswa dibariskan kemudian diabsen
l  Warming Up menuju kemateri inti
15 Menit
Praktek dan Demonstrasi
2.
Kegiatan Inti
1). Eksplorasi  :
    Guru memberi penjelasan tentang materi pembelajaran
2). Elaborasi  : 
a.       Guru menberi contoh mengenai materi pembelajaran.
b.      Siswa melakukan gerakan variasi dengan isyarat
c.       Siswa melakukan
d.      Siswa melakukan sirkuit training
e.       Siswa melakukan latihan kekuatan otot besar dengan kualitas gerak yang meningkat
3). Konfirmasi
l  a.  Mengecek pemahaman siswa tentang materi pembelajaran
45 Menit
Praktek dan Demonstrasi
3.
Penutup :
l  Siswa dikumpulkan kemudian guru mengevaluasi seluruh kegiatan yang telah dilakukan.
10 Menit
Praktek dan Demonstrasi

E. SUMBER BELAJAR
l  Buku Paket Penjasorkes Untuk SD Kelas IV
l  Kardus

F. PENILAIAN
1. Teknik Penilaian :
- Tes unjuk kerja (psikomotor) melakukan gerakan :
               Melakukan push up
Melakukan squat jump
               Melakukan permainan hijau-hitah
- Pengamata sikap (afektif) :
       Penilaian dilakukan berdasarkan pemahaman siswa tentang materi pembelajaran.
-          Kuis / embedded test ( kognitif) :
  Menjawab secara lisan mengenai meteri pembelajaran.
2. Rubrik penilaian :

Indikator Penilaian
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen
1. Melakukan gerakan push up
Tes
Praktek
Lakukan latihan gerakan push up
2. Melakukan gerakan squat jump
Tes
Praktek
Lakukan latihan gerakan squat jump
3. Melakukan permainan hijau hitan dan bintang beralih
Tes
Tes Keterampilan
Lakukan latihan pemainan hijau hitam dan bintang beralih

Mengetahui,
Kepala Sekolah




Drs. RAHMAT TAUFIQ
NIP.196202201980121001
Karangdadap, ...............................
Guru Penjas Orkes




PARTANTO, S.Pd
NIP. 197204142006041004


















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
NO : 7/7.2

SEKOLAH                                 : SDN KALILEMBU
MAPEL                                       : PENJASORKES
KELAS / SEMESTER                : IV / II
WAKTU                                      :
TAHUN PELAJARAN              : 2010/2011

STANDAR KOMPETENSI
     7. Mempraktekkan latihan kebugaran yang lebih kompleks untuk meningkatkan keterampilan               yang terkandung didalamnya

KOMPETENSI DASAR
     7.2 Mempraktekkan aktivitas dan permainan untuk melatih kelentukan dan koordinasi dengan              kecepatan dan kualitas gerak yang meningkat, serta nilai kerja keras, disiplin, kerjasama                                  dan kejujuran

A. TUJUAN PEMBELAJARAN
     Melalui latihan siswa diharapkan dapat :
l  Mampu bermain untuk melatih kelentukan
l  Bermain dengan disiplin dan sungguh-sungguh
l  Melakukan gerak menerobos kaki teman

B. MATERI PEMBELAJARAN
l  Melakukan permainan beregu berkompetisi

C. METODE DAN MODEL PEMBELAJARAN
l  Metode : ceramah dan praktik/ demonstrasi
l  Model Pembelajaran : pendekatan CTL dan life skill

D. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
NO
Kegiatan
Waktu
Metode
1.
Pendahuluan:
l  Siswa dibariskan kemudian diabsen
l  Warming Up menuju kemateri inti
15 Menit
Praktek dan Demonstrasi
2.
Kegiatan Inti
1). Eksplorasi  :
    Guru memberi penjelasan tentang materi pembelajaran
2). Elaborasi  : 
  1. Guru menberi contoh mengenai materi pembelajaran.
  2. Siswa bermain untuk melatih kelentukan
  3. Siswa bermain dengan disiplin dan sungguh-sungguh
  4. Siswa melakukan gerak menerobos kaki teman
3). Konfirmasi
l  a.  Mengecek pemahaman siswa tentang materi pembelajaran
45 Menit
Praktek dan Demonstrasi
3.
Penutup :
l  Siswa dikumpulkan kemudian guru mengevaluasi seluruh kegiatan yang telah dilakukan.
10 Menit
Praktek dan Demonstrasi

E. SUMBER BELAJAR
l  Buku Paket Penjasorkes Untuk SD Kelas IV
l  Matras

F. PENILAIAN
1. Teknik Penilaian :
   - Tes unjuk kerja (psikomotor) melakukan gerakan :
               Melakukan gerakan bungkuk-tengadah
Melakukan gerak kayang
               Melakukan rol depan
   - Pengamata sikap (afektif) :
       Penilaian dilakukan berdasarkan pemahaman siswa tentang materi pembelajaran.
-     Kuis / embedded test ( kognitif) :
  Menjawab secara lisan mengenai meteri pembelajaran.
2. Rubrik penilaian :

Indikator Penilaian
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen
1. Melakukan gerakan membungkuk tengadah
Tes
Praktek
Lakukan latihan gerakan membungkuk tengadah
2. Melakukan gerakan kayang
Tes
Praktek
Lakukan latihan gerakan kayang
3. Melakukan gerakan roll depan
Tes
Tes Keterampilan
Lakukan latihan gerakan roll depan

Mengetahui,
Kepala Sekolah


Drs. RAHMAT TAUFIQ
NIP.196202201980121001
Karangdadap, ...............................
Guru Penjas Orkes




PARTANTO, S.Pd
NIP. 197204142006041004

























RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
NO : .8/8.1

SEKOLAH                                 : SDN KALILEMBU
MAPEL                                       : PENJASORKES
KELAS / SEMESTER                : IV / II
WAKTU                                      :
TAHUN PELAJARAN              : 2010/2011

STANDAR KOMPETENSI
     8. Mempraktekkan senam lantai dengan kompleksitas gerakan yang lebih tinggi, dan nilai-nilai                 yang terkandung didalamnya

KOMPETENSI DASAR
     8.1 Mempraktekkan senam lantai tanpa menggunakan alat dengan koordinasi yang baik serta                 nilai kerjasama dan estestika

A. TUJUAN PEMBELAJARAN
     Melalui latihan siswa diharapkan dapat :
l  Siswa mampu melakukan senam lantai dengan baik
l  Siswa mampu membedakan gerakan senam yang betul dan yang salah
l  Mampu mengkombinasikan gerakan senam lantai


B. MATERI PEMBELAJARAN
l  Melakukan gerakan berpola keberbagai arah
l  Menyesuaikan gerakan sikap lilin
l  Menyesuaikan diri dengan gerakan meroda

C. METODE DAN MODEL PEMBELAJARAN
l  Metode : ceramah dan praktik/ demonstrasi
l  Model Pembelajaran : pendekatan CTL dan life skill

D. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
NO
Kegiatan
Waktu
Metode
1.
Pendahuluan :
l  Siswa dibariskan kemudian diabsen
l  Warming Up menuju kemateri inti
15 Menit
Praktek dan Demonstrasi
2.
Kegiatan Inti
1). Eksplorasi  :
    Guru memberi penjelasan tentang materi pembelajaran
2). Elaborasi  : 
  1. Guru menberi contoh mengenai materi pembelajaran.
  2. Siswa mampu melakukan senam lantai dengan baik
  3. Siswa mampu membedakan gerakan senam yang betul dan yang salah
  4. Siswa mampu mengkombinasikan gerakan senam lantai
3). Konfirmasi
l  a.  Mengecek pemahaman siswa tentang materi pembelajaran
45 Menit
Praktek dan Demonstrasi
3.
Penutup :
l  Siswa dikumpulkan kemudian guru mengevaluasi seluruh kegiatan yang telah dilakukan.
10 Menit
Praktek dan Demonstrasi

E. SUMBER BELAJAR
l  Buku Paket Penjasorkes Untuk SD Kelas IV

F. PENILAIAN
1. Teknik Penilaian :
   - Tes unjuk kerja (psikomotor) melakukan gerakan :
               Berpola berbagai arah
Sikap lilin
               meroda
   - Pengamata sikap (afektif) :
       Penilaian dilakukan berdasarkan pemahaman siswa tentang materi pembelajaran.
-     Kuis / embedded test ( kognitif) :
  Menjawab secara lisan mengenai meteri pembelajaran.
2. Rubrik penilaian :

Indikator Penilaian
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen
1. Melakukan gerakan berpola berbagai arah
Tes
Tes Keterampilan
Lakukan latihan gerakan berpola berbagai arah
2. Melakukan gerakan sikap lilin
Tes
Tes Keterampilan
Lakukan latihan gerakan sikap lilin
3. Melakukan gerakan meroda
Tes
Tes Keterampilan
Lakukan latihan gerakan meroda

Mengetahui,
Kepala Sekolah




Drs. RAHMAT TAUFIQ
NIP.196202201980121001
Karangdadap, ...............................
Guru Penjas Orkes




PARTANTO, S.Pd
NIP. 197204142006041004























RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
NO : 8/8.2

SEKOLAH                                 : SDN KALILEMBU
MAPEL                                       : PENJASORKES
KELAS / SEMESTER                : IV / II
WAKTU                                      :
TAHUN PELAJARAN              : 2010/2011

STANDAR KOMPETENSI
     8. Mempraktekkan senam lantai dengan kompleksitas gerakan yang lebih tinggi, dan nilai-nilai                 yang terkandung didalamnya

KOMPETENSI DASAR
     8.2 Mempraktekkan senam ketangkasan dengan menggunakan alat dengan koordinasi yang                               baik serta nilai kerja sama dan estestika

A. TUJUAN PEMBELAJARAN
     Melalui latihan siswa diharapkan dapat :
l  Siswa mampu melakukan berbagai senam ketangkasan dan koordinasi kualitas gerak
l  Mampu berkompetisi melakukan senam
l  Mampu melakukan senam ketangkasan dengan permainan


B. MATERI PEMBELAJARAN
l  Melakukan gerakan Pull Up
l  Melakukan gerakan Push Up
l  Melakukan lompat tali sipping
l  Melakukan lomba lari menggendong teman

C. METODE DAN MODEL PEMBELAJARAN
l  Metode : ceramah dan praktik/ demonstrasi
l  Model Pembelajaran : pendekatan CTL dan life skill

D. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
NO
Kegiatan
Waktu
Metode
1.
Pendahuluan :
l  Siswa dibariskan kemudian diabsen
l  Warming Up menuju kemateri inti
15 Menit
Praktek dan Demonstrasi
2.
Kegiatan Inti
1). Eksplorasi  :
    Guru memberi penjelasan tentang materi pembelajaran
2). Elaborasi  : 
  1. Guru menberi contoh mengenai materi pembelajaran.
  2. Siswa mampu melakukan berbagai senam ketangkasan dan koordinasi kualitas gerak
  3. Mampu berkompetisi melakukan senam
  4. Mampu melakukan senam ketangkasan dengan permainan
3). Konfirmasi
l  a.  Mengecek pemahaman siswa tentang materi pembelajaran
45 Menit
Praktek dan Demonstrasi
3.
Penutup :
l  Siswa dikumpulkan kemudian guru mengevaluasi seluruh kegiatan yang telah dilakukan.
10 Menit
Praktek dan Demonstrasi

E. SUMBER BELAJAR
l  Buku Paket Penjasorkes Untuk SD Kelas IV

F. PENILAIAN
1. Teknik Penilaian :
   - Tes unjuk kerja (psikomotor) melakukan gerakan :
               Pull up
Push up
               Skipping
               Menggendong teman
   - Pengamata sikap (afektif) :
       Penilaian dilakukan berdasarkan pemahaman siswa tentang materi pembelajaran.
-     Kuis / embedded test ( kognitif) :
  Menjawab secara lisan mengenai meteri pembelajaran.
2. Rubrik penilaian :

Indikator Penilaian
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen
1. Melakukan gerakan Pull Up
Tes
Tes Keterampilan
Lakukan latihan gerakan Pull Up
2. Melakukan gerakan Push Up
Tes
Tes Keterampilan
Lakukan latihan gerakan Push Up
3. Melakukan gerakan lompat tali skipping
Tes
Tes Keterampilan
Lakukan latihan gerakan lompat tali sipping
4. Melakukan lomba gendong teman
Tes
Tes Keterampilan
Lakukan latihan gerakan lomba gendong teman

Mengetahui,
Kepala Sekolah




Drs. RAHMAT TAUFIQ
NIP.196202201980121001
Karangdadap, ...............................
Guru Penjas Orkes




PARTANTO, S.Pd
NIP. 197204142006041004



















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
NO : 9/9.1

SEKOLAH                                 : SDN KALILEMBU
MAPEL                                       : PENJASORKES
KELAS / SEMESTER                : IV / II
WAKTU                                      :
TAHUN PELAJARAN              : 2010/2011

STANDAR KOMPETENSI
     9.  Mempraktikkan keterampilan gerak ritmik tersruktur secara beregu tanpa dan dengan menggunakan musik, serta nilai-nilai yang terkandung didalamnya

KOMPETENSI DASAR
     9.1 Mempraktekkan keterampilan gerak ritmik tersruktur (misal SKJ) secara beregu menggunakan musik, serta nilai kerja sama, disiplin, dan estestika

A. TUJUAN PEMBELAJARAN
     Melalui latihan siswa diharapkan dapat :
l  Siswa mampu melakukan senam SKJ
l  Siswa mampu melakukan gerakan sesuai dengan hitungan
l  Siswa mampu meghafal gerakan seman SKJ


B. MATERI PEMBELAJARAN
l  Senam irama

C. METODE DAN MODEL PEMBELAJARAN
l  Metode : ceramah dan praktik/ demonstrasi
l  Model Pembelajaran : pendekatan CTL dan life skill

D. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
NO
Kegiatan
Waktu
Metode
1.
Pendahuluan :
l  Siswa dibariskan kemudian diabsen
l  Warming Up menuju kemateri inti
15 Menit
Praktek dan Demonstrasi
2.
Kegiatan Inti
1). Eksplorasi  :
    Guru memberi penjelasan tentang materi pembelajaran
2). Elaborasi  : 
  1. Guru menberi contoh mengenai materi pembelajaran.
  2. Siswa mampu melakukan senam SKJ
  3. Siswa mampu melakukan gerakan sesuai dengan hitungan
  4. Siswa mampu meghafal gerakan seman SKJ
3). Konfirmasi
l  a.  Mengecek pemahaman siswa tentang materi pembelajaran
45 Menit
Praktek dan Demonstrasi
3.
Penutup :
l  Siswa dikumpulkan kemudian guru mengevaluasi seluruh kegiatan yang telah dilakukan.
10 Menit
Praktek dan Demonstrasi

E. SUMBER BELAJAR
l  Buku Paket Penjasorkes Untuk SD Kelas IV

F. PENILAIAN
1. Teknik Penilaian :
   - Tes unjuk kerja (psikomotor) melakukan gerakan :
               Pemanasan SKJ
Inti SKJ
               Pendinginan SKJ
   - Pengamata sikap (afektif) :
       Penilaian dilakukan berdasarkan pemahaman siswa tentang materi pembelajaran.
-     Kuis / embedded test ( kognitif) :
  Menjawab secara lisan mengenai meteri pembelajaran.
2. Rubrik penilaian :

Indikator Penilaian
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen
1. Melakukan gerakan pemanasan SKJ
Tes
Tes Keterampilan
Lakukan latihan gerakan pemanasan SKJ
2. Melakukan gerakan inti SKJ
Tes
Tes Keterampilan
Lakukan latihan gerakan inti SKJ
3. Melakukan gerakan pendinginan SKJ
Tes
Tes Keterampilan
Lakukan latihan gerakan pendinginan SKJ

Mengetahui,
Kepala Sekolah




Drs. RAHMAT TAUFIQ
NIP.196202201980121001
Karangdadap, ...............................
Guru Penjas Orkes




PARTANTO, S.Pd
NIP. 197204142006041004


























RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
NO : 9/9.2

SEKOLAH                                 : SDN KALILEMBU
MAPEL                                       : PENJASORKES
KELAS / SEMESTER                : IV / II
WAKTU                                      :
TAHUN PELAJARAN              : 2010/2011

STANDAR KOMPETENSI
     9.  Mempraktikkan keterampilan gerak ritmik tersruktur secara beregu tanpa dan dengan menggunakan musik, serta nilai-nilai yang terkandung didalamnya

KOMPETENSI DASAR
     9.2 Mempraktekkan gerak lokomotor dalam aktivitas ritmik yang berorientasikan pada arah, ruang dan waktu secara individual dengan atau tanpa menggunakan musik serta nilai percaya diri, disiplin dan kerja sama

A. TUJUAN PEMBELAJARAN
     Melalui latihan siswa diharapkan dapat :
l  Siswa mampu mengamati dan memperbaiki kesalahan gerak SKJ
l  Siswa mampu menyesuaikan gerakan dengan musik
l  Siswa mampu menyesuaikan gerakan SKJ dengan teman

B. MATERI PEMBELAJARAN
l  Memperbaiki kesalahan gerak SKJ

C. METODE DAN MODEL PEMBELAJARAN
l  Metode : ceramah dan praktik/ demonstrasi
l  Model Pembelajaran : pendekatan CTL dan life skill

D. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
NO
Kegiatan
Waktu
Metode
1.
Pendahuluan :
l  Siswa dibariskan kemudian diabsen
l  Warming Up menuju kemateri inti
15 Menit
Praktek dan Demonstrasi
2.
Kegiatan Inti
1). Eksplorasi  :
    Guru memberi penjelasan tentang materi pembelajaran
2). Elaborasi  : 
  1. Guru menberi contoh mengenai materi pembelajaran.
  2. Siswa mampu mengamati dan memperbaiki kesalahan gerak SKJ
  3. Siswa mampu menyesuaikan gerakan dengan musik
  4. Siswa mampu menyesuaikan gerakan SKJ dengan teman
3). Konfirmasi
l  a.  Mengecek pemahaman siswa tentang materi pembelajaran
45 Menit
Praktek dan Demonstrasi
3.
Penutup :
l  Siswa dikumpulkan kemudian guru mengevaluasi seluruh kegiatan yang telah dilakukan.
10 Menit
Praktek dan Demonstrasi

E. SUMBER BELAJAR
l  Buku Paket Penjasorkes Untuk SD Kelas IV
l  Tape/vcd (musik)

F. PENILAIAN
1. Teknik Penilaian :
   - Tes unjuk kerja (psikomotor) melakukan gerakan :
               Pembetulan senam SKJ
   - Pengamata sikap (afektif) :
       Penilaian dilakukan berdasarkan pemahaman siswa tentang materi pembelajaran.
-     Kuis / embedded test ( kognitif) :
  Menjawab secara lisan mengenai meteri pembelajaran.
2. Rubrik penilaian :

Indikator Penilaian
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen
1. Melakukan pembetulan dalam gerak SKJ secara beregu
Tes
Tes Keterampilan
Lakukan latihan pembetulan gerakan SKJ beregu

Mengetahui,
Kepala Sekolah




Drs. RAHMAT TAUFIQ
NIP.196202201980121001
Karangdadap, ...............................
Guru Penjas Orkes




PARTANTO, S.Pd
NIP. 197204142006041004






























RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
NO : 10/10.1

SEKOLAH                                 : SDN KALILEMBU
MAPEL                                       : PENJASORKES
KELAS / SEMESTER                : IV / II
WAKTU                                      :
TAHUN PELAJARAN              : 2010/2011

STANDAR KOMPETENSI
10.  Mempraktekkan gerak dasar renang gaya bebas dan  nilai-nilai yang terkandung didalamnya
KOMPETENSI DASAR
10.1. Mempraktekkan gerak dasar  meluncur, menggerakkan tungkai, menggerakkan lengan serta nilai kesersihan
A. TUJUAN PEMBELAJARAN
     Melalui latihan siswa diharapkan dapat :
·           Melakukan meluncur
·           Menggerakkan tungkai
·           Menggerakkan lengan
B. MATERI PEMBELAJARAN
l  Renang

C. METODE DAN MODEL PEMBELAJARAN
l  Metode : ceramah dan praktik/ demonstrasi
l  Model Pembelajaran : pendekatan CTL dan life skill

D. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
NO
Kegiatan
Waktu
Metode
1.
Pendahuluan:
l  Siswa dibariskan kemudian diabsen
l  Warming Up menuju kemateri inti
15 Menit
Praktek dan Demonstrasi
2.
Kegiatan Inti
1). Eksplorasi  :
    Guru memberi penjelasan tentang materi pembelajaran
2). Elaborasi  : 
a.       Guru menberi contoh mengenai materi pembelajaran.
b.      Siswa melakukan meluncur
c.       Siswa menggerakkan tungkai
d.      Siswa menggerakkan lengan
3). Konfirmasi
a.  Mengecek pemahaman siswa tentang materi pembelajaran
45 Menit
Praktek dan Demonstrasi
3.
Penutup :
l  Siswa dikumpulkan kemudian guru mengevaluasi seluruh kegiatan yang telah dilakukan.
10 Menit
Praktek dan Demonstrasi

E. SUMBER BELAJAR
l  Buku Paket Penjasorkes Untuk SD Kelas IV

F. PENILAIAN
1. Teknik Penilaian :
   - Tes unjuk kerja (psikomotor) melakukan gerakan :
               peluncur
tungkai
               lengan
   - Pengamata sikap (afektif) :
       Penilaian dilakukan berdasarkan pemahaman siswa tentang materi pembelajaran.
-     Kuis / embedded test ( kognitif) :
  Menjawab secara lisan mengenai meteri pembelajaran.
2. Rubrik penilaian :

Indikator Penilaian
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen
·           Melakukan meluncur
·           Menggerakkan tungkai
·           Menggerakkan lengan

Tes
Tes Keterampilan
·           Latihan Melakukan meluncur
·           Latihan Menggerakkan tungkai
·           Latihan Menggerakkan lengan


Mengetahui,
Kepala Sekolah




Drs. RAHMAT TAUFIQ
NIP.196202201980121001
Karangdadap, ...............................
Guru Penjas Orkes




PARTANTO, S.Pd
NIP. 197204142006041004

























RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
NO : 10/10.2

SEKOLAH                                 : SDN KALILEMBU
MAPEL                                       : PENJASORKES
KELAS / SEMESTER                : IV / II
WAKTU                                      :
TAHUN PELAJARAN              : 2010/2011

STANDAR KOMPETENSI
10.  Mempraktekkan gerak dasar renang gaya bebas dan  nilai-nilai yang terkandung didalamnya
KOMPETENSI DASAR
10.2 Mempraktekkan cara bernafas dalam renang gaya bebas

A. TUJUAN PEMBELAJARAN
     Melalui latihan siswa diharapkan dapat :
·         Cara mengambil nafas dari mulut
·         Membuang nafas dari hidung
·         Cara mengkombinasi pernafasan

B. MATERI PEMBELAJARAN
l  Renang

C. METODE DAN MODEL PEMBELAJARAN
l  Metode : ceramah dan praktik/ demonstrasi
l  Model Pembelajaran : pendekatan CTL dan life skill

D. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
NO
Kegiatan
Waktu
Metode
1.
Pendahuluan :
l  Siswa dibariskan kemudian diabsen
l  Warming Up menuju kemateri inti
15 Menit
Praktek dan Demonstrasi
2.
Kegiatan Inti
1). Eksplorasi  :
    Guru memberi penjelasan tentang materi pembelajaran
2). Elaborasi  : 
  1. Guru menberi contoh mengenai materi pembelajaran.
  2. Siswa melakukan cara mengambil nafas dari mulut
  3. Siswa melakukan membuang nafas dari hidung
  4. Siswa melakukan cara mengkombinasi pernafasan
3). Konfirmasi
·         a.  Mengecek pemahaman siswa tentang materi pembelajaran
45 Menit
Praktek dan Demonstrasi
3.
Penutup :
l  Siswa dikumpulkan kemudian guru mengevaluasi seluruh kegiatan yang telah dilakukan.
10 Menit
Praktek dan Demonstrasi

E. SUMBER BELAJAR
l  Buku Paket Penjasorkes Untuk SD Kelas IV

F. PENILAIAN
1. Teknik Penilaian :
   - Tes unjuk kerja (psikomotor) melakukan gerakan :
               Cara bernafas dari mulut
               Membuang nafas dari hidung
               Mengkombinasikan pernafasan
   - Pengamata sikap (afektif) :
       Penilaian dilakukan berdasarkan pemahaman siswa tentang materi pembelajaran.
-     Kuis / embedded test ( kognitif) :
  Menjawab secara lisan mengenai meteri pembelajaran.
2. Rubrik penilaian :

Indikator Penilaian
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen
1. Cara mengambil nafas dari mulut
     2. Membuang nafas dari hidung
     3. Cara mengkombinasi pernafasan
Tes
Tes Keterampilan
-    LatihanCara mengambil nafas dari mulut
-    Latihan Membuang nafas dari hidung
-    Cara mengkombinasi pernafasan

Mengetahui,
Kepala Sekolah




Drs. RAHMAT TAUFIQ
NIP.196202201980121001
Karangdadap, ...............................
Guru Penjas Orkes




PARTANTO, S.Pd
NIP. 197204142006041004
























RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
NO : 10/10.3

SEKOLAH                                 : SDN KALILEMBU
MAPEL                                       : PENJASORKES
KELAS / SEMESTER                : IV / II
WAKTU                                      :
TAHUN PELAJARAN              : 2010/2011

STANDAR KOMPETENSI
10.  Mempraktekkan gerak dasar renang gaya bebas dan  nilai-nilai yang terkandung didalamnya
KOMPETENSI DASAR
10.3 Mengkombinasikan gerak lengan dan tungkai renang gaya bebas

A. TUJUAN PEMBELAJARAN
     Melalui latihan siswa diharapkan dapat :
  • Mampu melakukan gerakan tangan kanan dan kiri
  • Mampu melakukan gerakan kaki kanan dan kiri
  • Mampu melakukan gerakan kombinasi tangan dan kaki

B. MATERI PEMBELAJARAN
l  Renang

C. METODE DAN MODEL PEMBELAJARAN
l  Metode : ceramah dan praktik/ demonstrasi
l  Model Pembelajaran : pendekatan CTL dan life skill

D. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
NO
Kegiatan
Waktu
Metode
1.
Pendahuluan :
l  Siswa dibariskan kemudian diabsen
l  Warming Up menuju kemateri inti
15 Menit
Praktek dan Demonstrasi
2.
Kegiatan Inti
1). Eksplorasi  :
    Guru memberi penjelasan tentang materi pembelajaran
2). Elaborasi  : 
  1. Guru menberi contoh mengenai materi pembelajaran.
  2. Siswa mampu melakukan gerakan tangan kanan dan kiri
  3. Siswa mampu melakukan gerakan kaki kanan dan kiri
  4. Siswa mampu melakukan gerakan kombinasi tangan dan kaki
3). Konfirmasi
  • a.  Mengecek pemahaman siswa tentang materi pembelajaran
45 Menit
Praktek dan Demonstrasi
3.
Penutup :
l  Siswa dikumpulkan kemudian guru mengevaluasi seluruh kegiatan yang telah dilakukan.
10 Menit
Praktek dan Demonstrasi

E. SUMBER BELAJAR
l  Buku Paket Penjasorkes Untuk SD Kelas IV

F. PENILAIAN
1. Teknik Penilaian :
   - Tes unjuk kerja (psikomotor) melakukan gerakan :
Mampu melakukan gerakan tangan kanan dan kiri
Mampu melakukan gerakan kaki kanan dan kiri
Mampu melakukan gerakan kombinasi tangan dan kaki
   - Pengamata sikap (afektif) :
       Penilaian dilakukan berdasarkan pemahaman siswa tentang materi pembelajaran.
-     Kuis / embedded test ( kognitif) :
  Menjawab secara lisan mengenai meteri pembelajaran.
2. Rubrik penilaian :

Indikator Penilaian
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen
1. Mampu melakukan gerakan tangan kanan dan kiri
2. Mampu melakukan gerakan kaki kanan dan kiri
3. Mampu melakukan gerakan kombinasi tangan dan kaki

Tes
Tes Keterampilan
1. Latihan melakukan gerakan tangan kanan dan kiri
2. Latihan melakukan gerakan kaki kanan dan kiri
3. Latihan melakukan gerakan kombinasi tangan dan kaki


Mengetahui,
Kepala Sekolah




Drs. RAHMAT TAUFIQ
NIP.196202201980121001
Karangdadap, ...............................
Guru Penjas Orkes




PARTANTO, S.Pd
NIP. 197204142006041004























RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
NO : 10/10.4

SEKOLAH                                 : SDN KALILEMBU
MAPEL                                       : PENJASORKES
KELAS / SEMESTER                : IV / II
WAKTU                                      :
TAHUN PELAJARAN              : 2010/2011

STANDAR KOMPETENSI
10.  Mempraktekkan gerak dasar renang gaya bebas dan  nilai-nilai yang terkandung didalamnya
KOMPETENSI DASAR
10.4 Mempraktekkan gerak-gerak keselamatan di air

A. TUJUAN PEMBELAJARAN
     Melalui latihan siswa diharapkan dapat :
·           Menyiapkan ban
·           Memakai pelampung
·           Berpegangan tepi kolam

B. MATERI PEMBELAJARAN
l  Renang

C. METODE DAN MODEL PEMBELAJARAN
l  Metode : ceramah dan praktik/ demonstrasi
l  Model Pembelajaran : pendekatan CTL dan life skill

D. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
NO
Kegiatan
Waktu
Metode
1.
Pendahuluan:
l  Siswa dibariskan kemudian diabsen
l  Warming Up menuju kemateri inti
15 Menit
Praktek dan Demonstrasi
2.
Kegiatan Inti
1). Eksplorasi  :
    Guru memberi penjelasan tentang materi pembelajaran
2). Elaborasi  : 
  1. Guru menberi contoh mengenai materi pembelajaran.
  2. Siswa menyiapkan ban
  3. Siswa memakai pelampung
  4. Siswa berpegangan tepi kolam
3). Konfirmasi
a.  Mengecek pemahaman siswa tentang materi pembelajaran
45 Menit
Praktek dan Demonstrasi
3.
Penutup :
l  Siswa dikumpulkan kemudian guru mengevaluasi seluruh kegiatan yang telah dilakukan.
10 Menit
Praktek dan Demonstrasi

E. SUMBER BELAJAR
l  Buku Paket Penjasorkes Untuk SD Kelas IV

F. PENILAIAN
1. Teknik Penilaian :
   - Tes unjuk kerja (psikomotor) melakukan gerakan :
Menyiapkan ban
Memakai pelampung
Berpegangan tepi kolam
   - Pengamata sikap (afektif) :
       Penilaian dilakukan berdasarkan pemahaman siswa tentang materi pembelajaran.
-     Kuis / embedded test ( kognitif) :
  Menjawab secara lisan mengenai meteri pembelajaran.
2. Rubrik penilaian :

Indikator Penilaian
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen
1. Menyiapkan ban
2. Memakai pelampung
3. Berpegangan tepi kolam

Tes
Tes Keterampilan
Latihan Menyiapkan ban
Latihan Memakai pelampung
Latihan berpegangan tepi kolam


Mengetahui,
Kepala Sekolah




Drs. RAHMAT TAUFIQ
NIP.196202201980121001
Karangdadap, ...............................
Guru Penjas Orkes




PARTANTO, S.Pd
NIP. 197204142006041004
































RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
NO : 11/11.1

SEKOLAH                                 : SDN KALILEMBU
MAPEL                                       : PENJASORKES
KELAS / SEMESTER                : IV / II
WAKTU                                      :
TAHUN PELAJARAN              : 2010/2011

STANDAR KOMPETENSI
     11. Mempraktikkan pemanfaatan  lingkungan sekitar sekolah untuk aktivitas jasmani dan nilai-nilai yang terkandung di dalamanya

KOMPETENSI DASAR
     11.1 Mempraktikkan pemilihan tempat yang aman untuk bermain di lingkungan sekolah

A. TUJUAN PEMBELAJARAN
     Melalui latihan siswa diharapkan dapat :
l  Siswa mampu memilih tempat yang aman
l  Siswa mampu menentukan perlengkapan berkemah
l  Siswa mampu mendirikan tenda dengan benar
l  Siswa mampu mendemonstrasikan tali-temali
l  Mampu bekerja sama dengan teman
l  Mampu menaati peraturan berkemah

B. MATERI PEMBELAJARAN
l  Berkemah

C. METODE DAN MODEL PEMBELAJARAN
l  Metode : ceramah dan praktik/ demonstrasi
l  Model Pembelajaran : pendekatan CTL dan life skill

D. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
NO
Kegiatan
Waktu
Metode
1.
Pendahuluan:
l  Siswa dibariskan kemudian diabsen
15 Menit
Praktek dan Demonstrasi
2.
Kegiatan Inti
1). Eksplorasi  :
    Guru memberi penjelasan tentang materi pembelajaran
2). Elaborasi  : 
  1. Guru menberi contoh mengenai materi pembelajaran.
  2. Siswa mampu memilih tempat yang aman
  3. Siswa mampu menentukan perlengkapan berkemah
  4. Siswa mampu mendirikan tenda dengan benar
  5. Siswa mampu mendemonstrasikan tali-temali
  6. Mampu bekerja sama dengan teman
  7. Mampu menaati peraturan berkemah
3). Konfirmasi
l  a.  Mengecek pemahaman siswa tentang materi pembelajaran
45 Menit
Praktek dan Demonstrasi
3.
Penutup :
l  Siswa dikumpulkan kemudian guru mengevaluasi seluruh kegiatan yang telah dilakukan.
10 Menit
Praktek dan Demonstrasi

E. SUMBER BELAJAR
l  Buku Paket Penjasorkes Untuk SD Kelas IV
l  Tenda, tali, tongkat, bolpoin, dll
F. PENILAIAN
1. Teknik Penilaian :
   - Tes unjuk kerja (psikomotor) melakukan gerakan :
Pendirian tenda
Tali simpul
   - Pengamata sikap (afektif) :
       Penilaian dilakukan berdasarkan pemahaman siswa tentang materi pembelajaran.
-     Kuis / embedded test ( kognitif) :
  Menjawab secara lisan mengenai meteri pembelajaran.
2. Rubrik penilaian :

Indikator Penilaian
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen
1. Melakukan pendirian tenda
Tes pengamatan
Praktek
Lakukan latihan pendirian tenda
2. Melakukan demonstrasi berbagai tali simpul
Tes pengamatan
Praktek
Lakukan latihan tali-temali

Mengetahui,
Kepala Sekolah




Drs. RAHMAT TAUFIQ
NIP.196202201980121001
Karangdadap, ...............................
Guru Penjas Orkes




PARTANTO, S.Pd
NIP. 197204142006041004

























RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
NO : 11/11.2

SEKOLAH                                 : SDN KALILEMBU
MAPEL                                       : PENJASORKES
KELAS / SEMESTER                : IV / II
WAKTU                                      :
TAHUN PELAJARAN              : 2010/2011

STANDAR KOMPETENSI
     11. Mempraktikkan pemanfaatan  lingkungan sekitar sekolah untuk aktivitas jasmani dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya

KOMPETENSI DASAR
     11.2 Mempraktikkan pemiliahan tempat yang aman untuk bermain di lingkungan sekolah

A. TUJUAN PEMBELAJARAN
     Melalui latihan siswa diharapkan dapat :
l  Mampu melakukan kegiatan mencari jejak
l  Mapu menterjemahkan sandi
l  Mampu melakukan permainan air
l  Mampu melakukan permainan enggrang, lari karung, dan lari kelereng

B. MATERI PEMBELAJARAN
l  Berkemah

C. METODE DAN MODEL PEMBELAJARAN
l  Metode : ceramah dan praktik/ demonstrasi
l  Model Pembelajaran : pendekatan CTL dan life skill

D. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
NO
Kegiatan
Waktu
Metode
1.
Pendahuluan :
l  Siswa dibariskan kemudian diabsen
15 Menit
Praktek dan Demonstrasi
2.
Kegiatan Inti
1). Eksplorasi  :
    Guru memberi penjelasan tentang materi pembelajaran
2). Elaborasi  : 
  1. Guru menberi contoh mengenai materi pembelajaran.
  2. Siswa mampu melakukan kegiatan mencari jejak
  3. Siswa mampu menterjemahkan sandi
  4. Siswa mampu melakukan permainan air
  5. Siswa mampu melakukan permainan enggrang, lari karung, dan lari kelereng
3). Konfirmasi
l  a.  Mengecek pemahaman siswa tentang materi pembelajaran
45 Menit
Praktek dan Demonstrasi
3.
Penutup :
l  Siswa dikumpulkan kemudian guru mengevaluasi seluruh kegiatan yang telah dilakukan.
10 Menit
Praktek dan Demonstrasi

E. SUMBER BELAJAR
l  Buku Paket Penjasorkes Untuk SD Kelas IV
l  Tenda, tali, tongkat, bolpoin, dll

F. PENILAIAN
1. Teknik Penilaian :
   - Tes unjuk kerja (psikomotor) melakukan gerakan :
penjelajahan
permainan dalam berkemah
   - Pengamata sikap (afektif) :
       Penilaian dilakukan berdasarkan pemahaman siswa tentang materi pembelajaran.
-     Kuis / embedded test ( kognitif) :
  Menjawab secara lisan mengenai meteri pembelajaran.
2. Rubrik penilaian :

Indikator Penilaian
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen
1. Melakukan penjelajahan
Tes pengamatan
Praktek
Lakukan latihan penjelajahan
2. Melakukan berbagai permainan dalam berkemah
Tes pengamatan
Praktek
Lakukan latihan berbagai permainan dalam berkemah

Mengetahui,
Kepala Sekolah




Drs. RAHMAT TAUFIQ
NIP.196202201980121001
Karangdadap, ...............................
Guru Penjas Orkes




PARTANTO, S.Pd
NIP. 197204142006041004




























RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
NO : 11/11.3

SEKOLAH                                 : SDN KALILEMBU
MAPEL                                       : PENJASORKES
KELAS / SEMESTER                : IV / II
WAKTU                                      :
TAHUN PELAJARAN              : 2010/2011

STANDAR KOMPETENSI
     11. Mempraktikkan pemanfaatan  lingkungan sekitar sekolah untuk aktivitas jasmani dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya

KOMPETENSI DASAR
     11.3 Mempraktekkan penjagaan keselamatan diri dan orang lain selama melakukan aktivitas di lingkungan sekitar sekolah dan nilai kebersiahn

A. TUJUAN PEMBELAJARAN
     Melalui latihan siswa diharapkan dapat :
l  Mampu mejaga kebersihan pribadi dan lingkungan
l  Mampu memilih dan menetukan makanan yang sehat
l  Mampu membersihakn rambut
l  Mampu membersihkan badan dengan mandi 2 kali sehari
l  Mampu menggunakan waktu istirahat

B. MATERI PEMBELAJARAN
l  Berkemah

C. METODE DAN MODEL PEMBELAJARAN
l  Metode : ceramah dan praktik/ demonstrasi
l  Model Pembelajaran : pendekatan CTL dan life skill

D. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
NO
Kegiatan
Waktu
Metode
1.
Pendahuluan :
l  Siswa dibariskan kemudian diabsen
15 Menit
Praktek dan Demonstrasi
2.
Kegiatan Inti
1). Eksplorasi  :
    Guru memberi penjelasan tentang materi pembelajaran
2). Elaborasi  : 
a.       Guru menberi contoh mengenai materi pembelajaran.
b.      Siswa mampu mejaga kebersihan pribadi dan lingkungan
c.       Siswa mampu memilih dan menetukan makanan yang sehat
d.      Siswa mampu membersihakn rambut
e.       Siswa mampu membersihkan badan dengan mandi 2 kali sehari
f.       Siswa mampu menggunakan waktu istirahat
3). Konfirmasi
l  a.  Mengecek pemahaman siswa tentang materi pembelajaran
45 Menit
Praktek dan Demonstrasi
3.
Penutup :
l  Siswa dikumpulkan kemudian guru mengevaluasi seluruh kegiatan yang telah dilakukan.
10 Menit
Praktek dan Demonstrasi

E. SUMBER BELAJAR
l  Buku Paket Penjasorkes Untuk SD Kelas IV
l  Sabun, sikat, odol, handuk, sampo dll

F. PENILAIAN
1. Teknik Penilaian :
   - Tes unjuk kerja (psikomotor) melakukan gerakan :
Cara membuang sampah
Penyebutkan 4 sehat 5 sempurna
Membersihkan rambut
   - Pengamata sikap (afektif) :
       Penilaian dilakukan berdasarkan pemahaman siswa tentang materi pembelajaran.
-     Kuis / embedded test ( kognitif) :
  Menjawab secara lisan mengenai meteri pembelajaran.
2. Rubrik penilaian :

Indikator Penilaian
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen
1. Melakukan cara membuang sampah
Tes pengamatan
Praktek
Lakukan latihan cara membuang sampah
2. Menyebutkan makanan 4 sehat 5 sempurna
Tes pengamatan
Praktek
Lakukan latihan menyebutkan berbagai makanan 4 sehat 5 sempurna
3. Melakukan cara membersihkan rambut
Tes pengamatan
Praktek
Lakukan latihan membersihkan rambut

Mengetahui,
Kepala Sekolah




Drs. RAHMAT TAUFIQ
NIP.196202201980121001
Karangdadap, ...............................
Guru Penjas Orkes




PARTANTO, S.Pd
NIP. 197204142006041004




















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
NO : 12/12.1

SEKOLAH                                 : SDN KALILEMBU
MAPEL                                       : PENJASORKES
KELAS / SEMESTER                : IV / II
WAKTU                                      :
TAHUN PELAJARAN              : 2010/2011

STANDAR KOMPETENSI
     12. Menerapkan budaya hidup sehat

KOMPETENSI DASAR
     12.1 Mengenal bahaya penyakit diare, demam berdarah dan influenza

A. TUJUAN PEMBELAJARAN
     Melalui latihan siswa diharapkan dapat :
l  Mampu memilih sampah basah dan kering
l  Mampu mewbuang sampah pada tempatnya
l  Mampu membuang air limbah
l  Mampu membakar sampah (menimbun)

B. MATERI PEMBELAJARAN
l  Hidup Sehat

C. METODE DAN MODEL PEMBELAJARAN
l  Metode : ceramah dan praktik/ demonstrasi
l  Model Pembelajaran : pendekatan CTL dan life skill

D. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
NO
Kegiatan
Waktu
Metode
1.
Pendahuluan :
l  Siswa dibariskan kemudian diabsen
15 Menit
Praktek dan Demonstrasi
2.
Kegiatan Inti
1). Eksplorasi  :
    Guru memberi penjelasan tentang materi pembelajaran
2). Elaborasi  : 
  1. Guru menberi contoh mengenai materi pembelajaran.
  2. Siswa mampu memilih sampah basah dan kering
  3. Siswa mampu mewbuang sampah pada tempatnya
  4. Siswa mampu membuang air limbah
  5. Siswa mampu membakar sampah (menimbun)
3). Konfirmasi
l  a.  Mengecek pemahaman siswa tentang materi pembelajaran
45 Menit
Praktek dan Demonstrasi
3.
Penutup :
l  Siswa dikumpulkan kemudian guru mengevaluasi seluruh kegiatan yang telah dilakukan.
10 Menit
Praktek dan Demonstrasi

E. SUMBER BELAJAR
l  Buku Paket Penjasorkes Untuk SD Kelas IV
l  Ssapu, bak sampah, korek api dll

F. PENILAIAN
1. Teknik Penilaian :
   - Tes unjuk kerja (psikomotor) melakukan gerakan :
Membedakan sampah basah dan kering
Membuang sampah pada tempatnya
Membuang air limbah
   - Pengamata sikap (afektif) :
       Penilaian dilakukan berdasarkan pemahaman siswa tentang materi pembelajaran.
-     Kuis / embedded test ( kognitif) :
  Menjawab secara lisan mengenai meteri pembelajaran.
2. Rubrik penilaian :

Indikator Penilaian
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen
1. Membedakan sampah basah dan kering
Tes pengamatan
Praktek
Lakukan latihan cara membedakan antara sampah basah dan sampah kering
2. Melakukan pembuangan sampah pada tempatnya
Tes pengamatan
Praktek
Lakukan latihan membuang sampah pada tempatnya
3. Melakukan cara membuang air limbah
Tes pengamatan
Praktek
Lakukan latihan cara membuang air limbah

Mengetahui,
Kepala Sekolah




Drs. RAHMAT TAUFIQ
NIP.196202201980121001
Karangdadap, ...............................
Guru Penjas Orkes




PARTANTO, S.Pd
NIP. 197204142006041004























RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
NO : 12/12.2

SEKOLAH                                 : SDN KALILEMBU
MAPEL                                       : PENJASORKES
KELAS / SEMESTER                : IV / II
WAKTU                                      :
TAHUN PELAJARAN              : 2010/2011

STANDAR KOMPETENSI
     12. Menerapkan budaya hidup sehat

KOMPETENSI DASAR
     12.2 Menjaga kebersihan lingkungan terhadap sumber penularan penyakit seperti nyamuk dan unggas

A. TUJUAN PEMBELAJARAN
     Melalui latihan siswa diharapkan dapat :
l  Mampu memilih sampah basah dan kering
l  Mampu mewbuang sampah pada tempatnya
l  Mampu membuang air limbah
l  Mampu membakar sampah (menimbun)

B. MATERI PEMBELAJARAN
l  Kebersihan lingkungan

C. METODE DAN MODEL PEMBELAJARAN
l  Metode : ceramah dan praktik/ demonstrasi
l  Model Pembelajaran : pendekatan CTL dan life skill

D. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
NO
Kegiatan
Waktu
Metode
1.
Pendahuluan :
l  Siswa dibariskan kemudian diabsen
15 Menit
Praktek dan Demonstrasi
2.
Kegiatan Inti
1). Eksplorasi  :
    Guru memberi penjelasan tentang materi pembelajaran
2). Elaborasi  : 
  1. Guru menberi contoh mengenai materi pembelajaran.
  2. Siswa mampu memilih sampah basah dan kering
  3. Siswa mampu mewbuang sampah pada tempatnya
  4. Siswa mampu membuang air limbah
  5. Siswa ampu membakar sampah (menimbun)
3). Konfirmasi
l  a.  Mengecek pemahaman siswa tentang materi pembelajaran
45 Menit
Praktek dan Demonstrasi
3.
Penutup :
l  Siswa dikumpulkan kemudian guru mengevaluasi seluruh kegiatan yang telah dilakukan.
10 Menit
Praktek dan Demonstrasi

E. SUMBER BELAJAR
l  Buku Paket Penjasorkes Untuk SD Kelas IV

F. PENILAIAN
1. Teknik Penilaian :
   - Tes unjuk kerja (psikomotor) melakukan gerakan :
Membersihkan bak air
Pencegahan penyakit
   - Pengamata sikap (afektif) :
       Penilaian dilakukan berdasarkan pemahaman siswa tentang materi pembelajaran.
-     Kuis / embedded test ( kognitif) :
  Menjawab secara lisan mengenai meteri pembelajaran.
2. Rubrik penilaian :

Indikator Penilaian
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen
1. Melakukan cara membersihkan bak penampungan air
Tes pengamatan
Praktek
Lakukan latihan cara membersihkan bak penampungan air
2. Melakukan cara mencegah terjangkitnya penyakit demam berdarah
Tes pengamatan
Praktek
Lakukan latihan mencegah terjangkitnya penyakit demam berdarah

Mengetahui,
Kepala Sekolah




Drs. RAHMAT TAUFIQ
NIP.196202201980121001
Karangdadap, ...............................
Guru Penjas Orkes




PARTANTO, S.Pd
NIP. 197204142006041004

1 komentar:

  1. Top 10 Best Casinos in 2021 - Mapyro
    Best Casinos in 2021 - Find the best casinos with 오산 출장샵 slots, table 거제 출장마사지 games and live dealer 춘천 출장안마 casino games 문경 출장마사지 in real time. New Casino 부천 출장샵 Locations.

    BalasHapus