Selasa, 15 Mei 2012

silabus penjas kls 4 smt 1


SILABUS

Sekolah                       : SDN Kalilembu
Kelas                           : IV
Semester                      : I
Mata Pelajaaran           : Pendidikan Jasmani dan Kesehatan
Tahun Palajaran           : 2010/2011
Standar Kompetensi   : Mempraktikkan gerak dasar permainan sederhana dan olahraga dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya

Kompetensi
Dasar
Materi
Pokok / Pembelajaran
Kegiatan
Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
Teknik
Bentuk
Instrumen
Contoh
Instrumen
1.1 Mempraktikkan gerak dasar dalam permainan bola kecil sederhana dengan peraturan yang dimodifikasi, serta nilai kerjasama tim, sportivitas, dan kejujuran**)





Permainan Bola Kecil (Kasti)
-    Melakukan lempar tangkap berpasangan/kelompok
-    Melakukan gerak dasar memukul bola yang dilambungkan sendiri/orang lain
-    Melakulkan gerakan menghindar dari lemparan teman yang akan matikannya
-    Bermain kasti dengan mengembangkan sikapsportif dengan peraturan yang dimodifikasi
-    Melakukan permainan hitam-hijau
1.1.1.      Mampu melambungkan bola keberbagai arah dengan berbagai kecepatan
1.1.2.      mampu memukul bola yang dilempar atau dilambungkan dari berbagai arah dan jarak
1.1.3.      Mampu menangkap bola dari berbagai arah
1.1.4.      mampu melempar bola  dengan berbagai arah dan kecepatan
1.1.5.      Mampu berlari kebergaia rah dan kecepatan
1.1.6.      Mampu menghindar dari lemparan lawan
1.1.7.      Mampu mematikan lawan dengan bola
1.1.8.      mampu bekerja sama bermain dengan peraturan yang dimodifikasi


Tes










Tes keterampilan (un juk kerja)








Lakukan lemparan berpasangan dilanjutkan latihan memukul bola dilempar sendiri dan dilempar orang lain

- Buku Paket Permaian BolaKecil
- Media Cetak dan Elektronik





1.2 Mempraktikkan gerak dasar atletik  sederhana, serta nilai semangat, percaya diri dan disiplin




Atletik Dasar
-    Melakukan gerakan lari ditempat
-    Melakukan gerakan lari dengan berbagai arah dan kecepatan
-    Melakulkan gerakan lari dengan berbagai jarak
-    Melakukan pengaturan nafas saat berlari
-    Menyelaraskan gerakan tangan dan kaki saat melakukan lari
1.2.1        Mampu melakukan gerakan lari ditempat
1.2.2        Mampu melakukan gerakan lari dengan berbagai arah dan kecepatan
1.2.3        Mampu melakukan gerakan larti dengan berbagai jarak
1.2.4        Mampu mengatiur irama langjkah saat berlari
1.2.5        Mampu menyelaraskan gerakan tangan dan kaki

Tes










Tes keterampilan (un juk kerja)








Tes Lari 50 meter

- Buku Paket Permaian BolaKecil
- Media Cetak dan Elektronik




1.3. Mempraktikkan gerak dasar permainan bola besar sederhana dengan peraturan yang dimodifikasi, serta nilai kerja  sama, sportivitas, dan kejujuran
Sepak Bola
-    Menendang bola dengan kaki bagian dalam secara berpasangan
-    Menendang dengan kaki bagian luar
-    Menendang bola berpasanagn
-    Menggiring bola dengan kaki bagian luar
-    Menggiring bola dengan kaki bagian dalam
1.3.1        Mampu menendang bola dengan berbagai bagian kaki
1.3.2        Mampu menendang bola berpasangan dengan berbagai jarak
1.3.3        Mampu mengiring bola dengan kaki bagian luar dan kaki bagian dalam sambil berjalan atau lari



Lakukan mengumpan, menggiring menggunakan kaki bagian dalam dan luar


Buku Paket Permaian
Media Cetak dan Elektronik

Standar Kompetensi   : Mempraktikkan   latihan  untuk meningkatkan kebugaran dan     nilai-nilai  yang terkandung di dalamnya

Kompetensi
Dasar
Materi
Pokok / Pembelajaran
Kegiatan
Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
Teknik
Bentuk
Instrumen
Contoh
Instrumen
2.1 Mempraktikkan aktivitas        permainan sederhana    untuk melatih  daya  tahan  dan   kekuatan otot, serta nilai   kerja   keras, dan disiplin
Kebugaran
-    Melakukan permainan berangkai 4 pos
-    Berlari dalam waktu yang lama
-    Melakukan latihan kekuatan otot perut
-    Melakukan latihan kekuatan otot punggung
-    Mengetahui manfaat kekuatan otot besar
2.1.1        Mampu mengikuti permainan berangkai 4 pos
2.1.2        Mampu berlari dalam waktu yang relative lama(disesuaikan dengan kemampuan anak)
2.1.3        Mampu melakukan latihan kekuatan otot perut
2.1.4        Mampu mengetahui manfaat latihan otot besar

Tes







Tes keterampilan (un juk kerja)






Lakukan bentuk latihan kekuatan, daya tahan otot

- Buku Paket
- Media Cetak dan Elektronik




2.2 Mempraktikkan aktivitas permainan untuk melatih kelenturan dan koordinasi, serta nilai kerja keras, dan disiplin




Kebugaran
-    Melakukan gerakan mencium lutut
-    melakuakan gerakan kayang
-    Melakukan gerakan berdiri tegak tangan menjulur memegang jari kaki
-    Melakukan gerakan huruf S
2.2.1        Mampu melakukan latihan kelenturan otot besar
2.2.2        Mampu melakukan gerakan koordinasi anggota gerak atas dan anggota gerak bawah
2.2.3        Mampu melakukan gerakan penguluran

Tes







Tes keterampilan (un juk kerja)



Lakukan bentuk latihan kelentukan dan koordinasi

- Buku GBPP
- Media Cetak dan Elektronik



Standar Kompetensi   : Mempraktikkan berbagai bentuk latihan senam lantai yang lebih kompleks dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya

Kompetensi
Dasar
Materi
Pokok / Pembelajaran
Kegiatan
Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
Teknik
Bentuk
Instrumen
Contoh
Instrumen
3.1 Mempraktikkan kombinasi gerak senam lantai tanpa alat dengan memperhatikan  faktor keselamatan, dan nilai disiplin serta keberanian




Kebugaran
-    Melakukan permainan berangkai 4 pos
-    Berlari dalam waktu yang lama
-    Melakukan latihan kekuatan otot perut
-    Melakukan latihan kekuatan otot punggung
-    Mengetahui manfaat kekuatan otot besar
3.1.1      Mampu mengikuti permainan berangkai 4 pos
3.1.2         Mampu berlari dalam waktu yang relative lama(disesuaikan dengan kemampuan anak)
3.1.3        Mampu melakukan latihan kekuatan otot perut
3.1.4        Mampu mengetahui manfaat latihan otot besar

Tes










Tes keterampilan (un juk kerja)








Lakukan bentuk latihan kekuatan, daya tahan otot

- Buku Paket
- Media Cetak dan Elektronik




3.2 Mempraktikkan kombinasi gerak senam lantai dengan alat  dengan memperhatikan  faktor keselamatan, dan nilai disiplin serta keberanian



Kebugaran
-    Melakukan gerakan mencium lutut
-    melakuakan gerakan kayang
-    Melakukan gerakan berdiri tegak tangan menjulur memegang jari kaki
-    Melakukan gerakan huruf S
3.2.1.      Melakukan gerakan mencium lutut
3.2.2.      melakuakan gerakan kayang
3.2.3.      Melakukan gerakan berdiri tegak tangan menjulur memegang jari kaki
3.2.4.      Melakukan gerakan huruf S

Tes








Tes keterampilan (un juk kerja)






Lakukan bentuk latihan kelentukan dan koordinasi

- Buku GBPP
- Media Cetak dan Elektronik





Standar Kompetensi   : Mempraktikkan keterampilan gerak ritmik terstruktur secara beregu tanpa dan dengan menggunakan musik dan  nilai-nilai yang terkandung didalamnya
Kompetensi
Dasar
Materi
Pokok / Pembelajaran
Kegiatan
Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
Teknik
Bentuk
Instrumen
Contoh
Instrumen
4.1  Mempraktikkan gerak ritmik diorientasikan  pada arah, ruang dan waktu secara beregu menggunakan musik,serta nilai estetika
Senam ritmik
-    Melakukan gerakan berpolakeberbagai arah
-    Menyesuasuaikan gerakan sesuai ruang
-    Menyesuasuaikan diri dengan gerakan yang benar seperti temannya

4.1.1        Mampu melakukukan gerak pindah arah
4.1.2        Mampu menyesuaikan ruang untuk melakukan gerakan senam
4.1.3        Mampu menyesuaikan tempo gerakan dengan teman satu regu

Tes







Tes keterampilan (un juk kerja)




Lakukan bentuk latihan senam ritmik

- Buku Paket
- Media Cetak dan Elektronik



4.2  Mempraktikkan  keterampilan gerak ritmik terstruktur secara beregu tanpa menggunakan musik, serta nilai estetika serta keberanian
Senam ritmik
-    Melakukan gerak bebas berirama
-    Meniru gerak binantang
-    Melakukan meniru gerak pohon tertiup angin
-    Melakukan gerakan melangkah mengayunkan lengan secara berkelompok
4.2.1        Mampu melakukan gerak bebas berirama
4.2.2        Mampu melakukan menyesuasuaikan dengan gerakan kelompoknya
4.2.3        Mampu mengikuti aba-aba yang diberikan

Tes








Tes keterampilan (un juk kerja)





Lakukan bentuk latihan gerak ritmik

- Buku GBPP
- Media Cetak dan Elektronik





Standar Kompetensi   : (5) Menerapkan budaya hidup sehat
Kompetensi
Dasar
Materi
Pokok / Pembelajaran
Kegiatan
Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
Teknik
Bentuk
Instrumen
Contoh
Instrumen
5.1  Menjaga kebersihan lingkungan rumah dan sekolah

Kebersihan rumah dan sekolah
-    Membersihkan rumah dengan sapu
-    Berlari dalam menyapu ruangan sekolah dan menata mejadan kursi
-    Membuat rencana piket kebersihan kelas
-    Mengidenytifikasi akibat kurang menjaga jebersihan
5.1.1         Mampu membersihkan rumah
5.1.2.      Mampu menyebutkan alat-alat untuk digunakan membersihkan sekolah dengan kemampuan anak)
5.1.2        Mampu menyusun piket rumah dan sekolah
5.1.3        Mampu menyebutkan akibat kurtang mejaga kebersihan lingkungan

Tes










Tes keterampilan (un juk kerja)








Lakukan bentuk latihan mnjsgs krbrsihsn

- Buku Paket
- Media Cetak dan Elektronik




5.2  Membiasakan membuang sampah pada tempatnya

Hidup Sehat
-    Membuang sampanh pada bak plastik
-    Membuang sampah dun dan kertas pada bak sampah organik
-    Membiasakan mejga kebersihan lingkungnan
-    Mendiskusikan akibat membuang sampah sembarangan
5.2.1        Mampu membedakan sampah organic dan non organic
5.2.2        Mampu memahami akibat membuang sampah sembaranagan
5.2.3        Mampu emahami manfaat membuang sampah pada tempatnya

Tes









Tes keterampilan (un juk kerja)






Lakukan bentuk latihan kelentukan dan koordinasi

- Buku GBPP
- Media Cetak dan Elektronik





Tidak ada komentar:

Posting Komentar