SILABUS
Sekolah :
SDN Kalilembu
Kelas :
IV
Semester : I
Mata
Pelajaaran : Pendidikan Jasmani
dan Kesehatan
Tahun
Palajaran : 2010/2011
Standar
Kompetensi : Mempraktikkan gerak dasar permainan
sederhana dan olahraga dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok / Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
1.1
Mempraktikkan gerak dasar dalam permainan bola kecil sederhana dengan peraturan
yang dimodifikasi, serta nilai kerjasama tim, sportivitas, dan kejujuran**)
|
Permainan Bola Kecil (Kasti)
|
-
Melakukan lempar tangkap berpasangan/kelompok
-
Melakukan gerak dasar memukul bola yang dilambungkan sendiri/orang lain
-
Melakulkan gerakan menghindar dari lemparan teman yang akan matikannya
-
Bermain kasti dengan mengembangkan sikapsportif dengan peraturan yang
dimodifikasi
-
Melakukan permainan hitam-hijau
|
1.1.1.
Mampu melambungkan bola keberbagai arah dengan
berbagai kecepatan
1.1.2. mampu memukul bola yang dilempar
atau dilambungkan dari berbagai arah dan jarak
1.1.3. Mampu menangkap bola dari berbagai
arah
1.1.4. mampu melempar bola dengan berbagai arah dan kecepatan
1.1.5. Mampu berlari kebergaia rah dan
kecepatan
1.1.6.
Mampu menghindar dari lemparan lawan
1.1.7.
Mampu mematikan lawan dengan bola
1.1.8. mampu bekerja sama bermain dengan
peraturan yang dimodifikasi
|
Tes
|
Tes
keterampilan (un juk kerja)
|
Lakukan
lemparan berpasangan dilanjutkan latihan memukul bola dilempar sendiri dan
dilempar orang lain
|
- Buku Paket Permaian BolaKecil
- Media Cetak dan Elektronik
|
1.2
Mempraktikkan gerak dasar atletik
sederhana, serta nilai semangat, percaya diri dan disiplin
|
Atletik Dasar
|
-
Melakukan gerakan lari ditempat
-
Melakukan gerakan lari dengan berbagai arah dan kecepatan
-
Melakulkan gerakan lari dengan berbagai jarak
-
Melakukan pengaturan nafas saat berlari
-
Menyelaraskan gerakan tangan dan kaki saat melakukan lari
|
1.2.1
Mampu melakukan gerakan lari ditempat
1.2.2
Mampu melakukan gerakan lari dengan berbagai arah dan
kecepatan
1.2.3
Mampu melakukan gerakan larti dengan berbagai jarak
1.2.4
Mampu mengatiur irama langjkah saat berlari
1.2.5
Mampu menyelaraskan gerakan tangan dan kaki
|
Tes
|
Tes
keterampilan (un juk kerja)
|
Tes Lari 50
meter
|
- Buku Paket Permaian BolaKecil
- Media Cetak dan Elektronik
|
|
1.3.
Mempraktikkan gerak dasar permainan bola besar sederhana dengan peraturan
yang dimodifikasi, serta nilai kerja
sama, sportivitas, dan kejujuran
|
Sepak Bola
|
-
Menendang bola dengan kaki
bagian dalam secara berpasangan
-
Menendang dengan kaki bagian luar
-
Menendang bola berpasanagn
-
Menggiring bola dengan kaki bagian luar
-
Menggiring bola dengan kaki bagian dalam
|
1.3.1
Mampu menendang bola dengan berbagai bagian kaki
1.3.2
Mampu menendang bola berpasangan dengan berbagai jarak
1.3.3
Mampu mengiring bola dengan kaki bagian luar dan kaki
bagian dalam sambil berjalan atau lari
|
Lakukan mengumpan, menggiring menggunakan kaki bagian dalam dan luar
|
Buku Paket Permaian
Media Cetak dan Elektronik
|
Standar Kompetensi : Mempraktikkan latihan
untuk meningkatkan kebugaran dan
nilai-nilai yang terkandung di
dalamnya
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok / Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
2.1 Mempraktikkan aktivitas permainan sederhana untuk melatih daya
tahan dan kekuatan otot, serta nilai kerja
keras, dan disiplin
|
Kebugaran
|
-
Melakukan permainan berangkai 4 pos
-
Berlari dalam waktu yang lama
-
Melakukan latihan kekuatan otot perut
-
Melakukan latihan kekuatan otot punggung
-
Mengetahui manfaat kekuatan otot besar
|
2.1.1
Mampu mengikuti permainan berangkai 4 pos
2.1.2
Mampu berlari dalam waktu yang relative
lama(disesuaikan dengan kemampuan anak)
2.1.3
Mampu melakukan latihan kekuatan otot perut
2.1.4
Mampu mengetahui manfaat latihan otot besar
|
Tes
|
Tes
keterampilan (un juk kerja)
|
Lakukan bentuk latihan
kekuatan, daya tahan otot
|
- Buku Paket
- Media Cetak dan Elektronik
|
|
2.2 Mempraktikkan aktivitas permainan untuk
melatih kelenturan dan koordinasi, serta nilai kerja keras, dan disiplin
|
Kebugaran
|
-
Melakukan gerakan mencium lutut
-
melakuakan gerakan kayang
-
Melakukan gerakan berdiri tegak tangan menjulur memegang jari kaki
-
Melakukan gerakan huruf S
|
2.2.1
Mampu melakukan latihan kelenturan otot besar
2.2.2
Mampu melakukan gerakan koordinasi anggota gerak atas
dan anggota gerak bawah
2.2.3
Mampu melakukan gerakan penguluran
|
Tes
|
Tes
keterampilan (un juk kerja)
|
Lakukan bentuk
latihan kelentukan dan
koordinasi
|
- Buku
GBPP
- Media
Cetak dan Elektronik
|
Standar Kompetensi : Mempraktikkan berbagai bentuk
latihan senam lantai yang lebih kompleks dan nilai-nilai yang terkandung di
dalamnya
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok / Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
3.1 Mempraktikkan kombinasi gerak
senam lantai tanpa alat dengan memperhatikan
faktor keselamatan, dan nilai disiplin serta keberanian
|
Kebugaran
|
-
Melakukan permainan berangkai 4 pos
-
Berlari dalam waktu yang lama
-
Melakukan latihan kekuatan otot perut
-
Melakukan latihan kekuatan otot punggung
-
Mengetahui manfaat kekuatan otot besar
|
3.1.1 Mampu mengikuti permainan berangkai 4
pos
3.1.2
Mampu berlari
dalam waktu yang relative lama(disesuaikan dengan kemampuan anak)
3.1.3
Mampu melakukan latihan kekuatan otot perut
3.1.4
Mampu mengetahui manfaat latihan otot besar
|
Tes
|
Tes
keterampilan (un juk kerja)
|
Lakukan bentuk
latihan kekuatan, daya
tahan otot
|
- Buku Paket
- Media Cetak dan Elektronik
|
|
3.2 Mempraktikkan kombinasi gerak senam lantai
dengan alat dengan memperhatikan faktor keselamatan, dan nilai disiplin
serta keberanian
|
Kebugaran
|
-
Melakukan gerakan mencium lutut
-
melakuakan gerakan kayang
-
Melakukan gerakan berdiri tegak tangan menjulur memegang jari kaki
-
Melakukan gerakan huruf S
|
3.2.1. Melakukan gerakan mencium lutut
3.2.2. melakuakan gerakan kayang
3.2.3. Melakukan gerakan berdiri tegak
tangan menjulur memegang jari kaki
3.2.4. Melakukan gerakan huruf S
|
Tes
|
Tes
keterampilan (un juk kerja)
|
Lakukan bentuk
latihan kelentukan dan
koordinasi
|
- Buku
GBPP
- Media
Cetak dan Elektronik
|
Standar Kompetensi : Mempraktikkan keterampilan
gerak ritmik terstruktur secara beregu tanpa dan dengan menggunakan musik
dan nilai-nilai yang terkandung
didalamnya
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok / Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
4.1
Mempraktikkan gerak ritmik diorientasikan pada arah, ruang dan waktu secara beregu
menggunakan musik,serta nilai estetika
|
Senam ritmik
|
-
Melakukan gerakan berpolakeberbagai arah
-
Menyesuasuaikan gerakan sesuai ruang
-
Menyesuasuaikan diri dengan gerakan yang benar seperti temannya
|
4.1.1
Mampu melakukukan gerak pindah arah
4.1.2
Mampu menyesuaikan ruang untuk melakukan gerakan
senam
4.1.3
Mampu menyesuaikan tempo gerakan dengan teman satu regu
|
Tes
|
Tes
keterampilan (un juk kerja)
|
Lakukan bentuk
latihan senam ritmik
|
- Buku Paket
- Media Cetak dan Elektronik
|
|
4.2
Mempraktikkan keterampilan
gerak ritmik terstruktur secara beregu tanpa menggunakan musik, serta nilai
estetika serta keberanian
|
Senam ritmik
|
-
Melakukan gerak bebas berirama
-
Meniru gerak binantang
-
Melakukan meniru gerak pohon tertiup angin
-
Melakukan gerakan melangkah mengayunkan lengan secara berkelompok
|
4.2.1
Mampu melakukan gerak bebas berirama
4.2.2
Mampu melakukan menyesuasuaikan dengan gerakan
kelompoknya
4.2.3
Mampu mengikuti aba-aba yang diberikan
|
Tes
|
Tes
keterampilan (un juk kerja)
|
Lakukan bentuk
latihan gerak ritmik
|
- Buku
GBPP
- Media
Cetak dan Elektronik
|
Standar Kompetensi : (5) Menerapkan budaya hidup sehat
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok / Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
5.1
Menjaga kebersihan lingkungan
rumah dan sekolah
|
Kebersihan rumah dan sekolah
|
-
Membersihkan rumah dengan sapu
-
Berlari dalam menyapu
ruangan sekolah dan menata mejadan kursi
-
Membuat rencana piket kebersihan kelas
-
Mengidenytifikasi akibat kurang menjaga jebersihan
|
5.1.1
Mampu
membersihkan rumah
5.1.2.
Mampu menyebutkan alat-alat untuk digunakan
membersihkan sekolah dengan kemampuan anak)
5.1.2
Mampu menyusun piket rumah dan sekolah
5.1.3
Mampu menyebutkan akibat kurtang mejaga kebersihan
lingkungan
|
Tes
|
Tes
keterampilan (un juk kerja)
|
Lakukan bentuk
latihan mnjsgs krbrsihsn
|
- Buku Paket
- Media Cetak dan Elektronik
|
|
5.2
Membiasakan membuang sampah pada
tempatnya
|
Hidup Sehat
|
-
Membuang sampanh pada bak plastik
-
Membuang sampah dun dan kertas pada bak sampah organik
-
Membiasakan mejga kebersihan lingkungnan
-
Mendiskusikan akibat membuang sampah sembarangan
|
5.2.1
Mampu membedakan sampah organic dan non organic
5.2.2
Mampu memahami akibat membuang sampah sembaranagan
5.2.3
Mampu emahami manfaat membuang sampah pada tempatnya
|
Tes
|
Tes
keterampilan (un juk kerja)
|
Lakukan bentuk
latihan kelentukan dan
koordinasi
|
- Buku
GBPP
- Media
Cetak dan Elektronik
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar