RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
No. 1/1.1
Nama Sekolah : SDN Kalilembu
Mata Pelajaran : Penjasorkes
Kelas/Semester : I (satu) / I (satu)
Alokasi waktu :
Tahun pelajaran : 2010/2011
Standar
Kompetensi : 1. Mempraktikkan Gerak dasar ke dalam permainan
sederhana/aktifitas jasmani dan nilai yang terkadung didalamnya
Kompetensi Dasar : 1.1. Mempraktikkan gerak dasar jalan, lari
dan lompat dalam permainan sederhana, serta nilai sportivitas, kejujuran,
kerjasama, toleransi dan percaya diri.
A. Tujuan Pembelajaran :
Melalui
latihan, siswa diharapkan dapat :
1. Berjalan
dengan kaki jinjit.
2. Berlari dengan berbelok-belok melewati
teman.
3. Melompat dengan kedua kaki.
B.
Materi Pembelajaran :
1. Jalan jinjit
2. Lari berbelok-belok
3. Lompat katak.
C. Metode Pembelajaran:
1. Ceramah
2.
Demonstrasi
3. Penugasan
4. Latihan
5. Tanya jawab
D. Langkah-langkah Pembelajaran :
No
|
Kegiatan
|
waktu
|
metode
|
1
|
PENDAHULUAN
|
|
|
|
a. Siswa
berbaris 2 syap, berdoa dan kemudian di absen.
|
|
|
|
b. Siswa diberi
pemanasan yang mengarah ke kegiatan inti.
|
|
|
2
|
INTI
1).
Eksplorasi :
Guru memberi penjelasan tentang materi
pembelajaran
|
|
|
|
2).
Elaborasi :
a.
Guru menberi contoh mengenai materi pembelajaran.
|
|
|
|
b.
Siswa baris paling depan sambil bergandengan tangan berjalan jinjit
kedepan
sampai
batas.
|
|
|
|
c.
Gerakan dilakukan semua siswa sampai baris paling belakang.
|
|
|
|
d.
Siswa melakukan gerakan lari dengan melewati teman yang
berada di depannya.
|
|
|
|
e. Gerakan ini
bisa dilakukan dengan dilombakan.
|
|
|
|
f.
Siswa melakukan gerakan melompat dengan kedua kaki dengan
gerakan lompat katak.
3).
Konfirmasi
a. Mengecek pemahaman siswa tentang jalan,
lari dan lompat
|
|
|
|
PENUTUP
|
|
|
|
Pendinginan, berbaris,
tugas-tugas, , berdoa dan istirahat / selesai
|
|
|
E. Sumber Bahan
dan Alat.
1. Buku Paket Erlangga
2. Pengembangan Guru.
3. Peluit dan
kapur tulis
F. Penilaian
1. Teknik Penilaian :
-
Tes unjuk kerja (psikomotor) melakukan gerakan :
Jalan jinjit
Lari belak-belok
Lompat katak
-
Pengamata sikap (afektif) :
Penilaian dilakukan berdasarkan pemahaman
siswa tentang materi pembelajaran.
-
Kuis
/ embedded test ( kognitif) :
Menjawab secara lisan mengenai meteri
pembelajaran.
2.
Rubrik penilaian :
RUBRIK PENILAIAN
JALAN, LARI DAN
LOMPAT
NO
|
ASPEK YANG
DINILAI
|
KUALITAS GERAK
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1
2
3
|
Berjalan
jinjit
Lari
belak-belok
Lompat
katak
|
|
|
|
|
JUMLAH
|
|
||||
JUMLAH SKOR
MAKSIMAL :
|
|
Mengetahui Guru Mata Pelajaran
Kepala Sekolah Pendidikan
Jasmani
Drs. RAHMAT TAUFIQ PARTANTO,
S.Pd
NIP.196202201980121001 NIP.
197204142006041004
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
No. 1/1.2
Nama Sekolah : SDN Kalilembu
Mata Pelajaran : Penjasorkes
Kelas/Semester : I (satu) / I (satu)
Alokasi waktu :
Tahun pelajaran : 2010/2011
Standar
Kompetensi : 1. Mempraktikkan Gerak dasar ke dalam permainan
sederhana/aktifitas jasmani dan nilai yang terkadung didalamnya
Kompetensi Dasar : 1.2. Mempraktikkan gerak dasar memutar,
mengayun ataupun menekuk dalam permainan sederhana, serta nilai sportivitas,
kejujuran, kerja sama, toleransi dan percaya diri
ATujuan Pembelajaran :
Melalui
latihan, siswa diharapkan dapat :
1. Melakukan
jongkok berdiri
2. Meliukan
badan
3. Mendorong tembok/ teman
B. Materi Pembelajaran :
1. Jongkok-berdiri
2. meliukkan
badan
3. mendorong
C. Metode :
1. Ceramah
2.
Demonstrasi
3. Penugasan
4. Latihan
5. Tanya jawab
D. Langkah-langkah Pembelajaran :
No
|
Kegiatan
|
waktu
|
metode
|
1
|
PENDAHULUAN
|
|
|
|
a. Siswa
berbaris 2 syap, berdoa dan kemudian di absen.
|
|
|
|
b. Siswa
diberi pemanasan yang mengarah ke kegiatan inti.
|
|
|
2
|
INTI
|
|
|
|
1).
Eksplorasi :
Guru memberi penjelasan tentang materi
pembelajaran.
|
|
|
|
2).
Elaborasi :
a.
Guru menberi contoh mengenai materi pembelajaran.
b.Baris
paling depan sambil bergandengan tangan melakukan jongkok-berdiri.
|
|
|
|
c.
Gerakan dilakukan semua siswa sampai baris paling belakang.
|
|
|
|
d.
Siswa melakukan gerakan meliukkan badan kesegala arah.
|
|
|
|
e.
Siswa saling berhadapan, kemudian saling mendorong bahu teman
3).
Konfirmasi
a. Mengecek pemahaman siswa tentang materi
pembelajaran
|
|
|
3
|
PENUTUP
|
|
|
|
Pendinginan, berbaris,
tugas-tugas, , berdoa dan istirahat / selesai
|
|
|
E. Sumber Bahan
dan Alat.
1. Buku Paket Erlangga
2. Pengembangan Guru.
3. Peluit dan
kapur tulis
F. Penilaian
1. Teknik Penilaian :
-
Tes unjuk kerja (Psikomotor) melakukan gerakan :
Jongkok-berdiri
meliukkan badan
mendorong
- Pengamat sikap (afektif) :
Penilaian dilakukan berdasarkan
pemahaman siswa tentang materi pembelajaran.
-
Kuis
/ embedded test ( kognitif) :
Menjawab secara lisan mengenai meteri
pembelajaran.
2.
Rubrik penilaian :
RUBRIK PENILAIAN
JONGKOK, BERDIRI, MELIUK, MENDORONG
NO
|
ASPEK YANG
DINILAI
|
KUALITAS GERAK
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1
2
3
|
Jongkok
berdiri
meliuk
mendorong
|
|
|
|
|
JUMLAH
|
|
||||
JUMLAH SKOR
MAKSIMAL :
|
|
Mengetahui Guru Mata Pelajaran
Kepala Sekolah Pendidikan
Jasmani
Drs. RAHMAT TAUFIQ PARTANTO,
S.Pd
NIP.196202201980121001 NIP.
197204142006041004
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
No. 1/1.3
Nama Sekolah : SDN Kalilembu
Mata Pelajaran : Penjasorkes
Kelas/Semester : I (satu) / I (satu)
Alokasi waktu :
Tahun pelajaran : 2010/2011
Standar
Kompetensi : 1. Mempraktikkan Gerak dasar ke dalam permainan
sederhana/aktifitas jasmani dan nilai yang terkadung didalamnya
Kompetensi Dasar : 1.3. Mempraktikkan gerak dasar lempar tengkap
dan sejenisnya dalam permainan sederhana, serta nilai sportivitas, kejujuran,
kerja sama, toleransi dan percaya diri
A. Tujuan Pembelajaran :
Melalui
latihan, siswa diharapkan dapat :
1. Melempar / melambungkan bola
2. Menagkap bola dari berbagai arah
3. Menendang dan menahan bola
4. Melempar bola pada sasaran
B. Materi Pembelajaran :
1. Melempar / melambungkan bola
2. Menagkap bola
3. Menendang dan menahan bola
4. Melempar bola pada sasaran
C. Metode :
1. Ceramah
2.
Demonstrasi
3. Penugasan
4. Latihan
5. Tanya jawab
D. Langkah-langkah Pembelajaran :
No
|
Pelaksanaan
|
waktu
|
metode
|
||
1
|
PENDAHULUAN
|
|
|
||
|
a. Siswa
berbaris 2 syap, berdoa dan kemudian di absen.
|
|
|
||
|
b. Siswa
diberi pemanasan yang mengarah ke kegiatan inti.
|
|
|
||
2
|
INTI
|
|
|
||
|
1).
Eksplorasi :
a.
Guru memberi penjelasan tentang materi pembelajaran
|
|
|
||
|
2).
Elaborasi :
a.
Guru menberi contoh mengenai materi pembelajaran.
b.
Baris paling depan melempar/nmelambungkan bola
|
|
|
||
|
|
|
|
||
|
d.
Siswa melakukan gerakan lempar tangkap bola.
|
|
|
||
|
e. Siswa
melakukan gerakan menendang dan mengontrol berpasangan.
|
|
|
||
|
f. Siswa
melakukan gerakan melempar bola pada sasaran karak 10 meter
3).
Konfirmasi
a. Mengecek pemahaman siswa tentang materi
pembelajaran
|
|
|
3
|
PENUTUP
|
|
|
|
Pendinginan, berbaris,
tugas-tugas, , berdoa dan istirahat / selesai
|
|
|
E. Sumber Bahan dan Alat.
1. Buku Paket Erlangga
2. Pengembangan Guru.
3. Peluit dan
kapur tulis
F. Penilaian
1. Teknik Penilaian :
-
Tes unjuk kerja (psikomotor) melakukan gerakan :
Melempar / melambungkan bola
Menagkap bola
Menendang dan menahan bola
Melempar bola pada sasaran
-
Pengamata sikap (afektif) :
Penilaian dilakukan berdasarkan
pemahaman siswa tentang materi pembelajaran.
-
Kuis
/ embedded test ( kognitif) :
Menjawab secara lisan mengenai meteri
pembelajaran.
2. Rubrik penilaian :
RUBRIK PENILAIAN
LEMPAR4,TANGKAP,
MENENDANG BOLA
NO
|
ASPEK YANG
DINILAI
|
KUALITAS GERAK
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1
2
3
4
|
o
Melempar / melambungkan bola
o
Menagkap bola dari berbagai arah
o
Menendang dan menahan bola
o
Melempar bola pada sasaran
|
|
|
|
|
JUMLAH
|
|
||||
JUMLAH SKOR
MAKSIMAL :
|
|
Mengetahui Guru Mata Pelajaran
Kepala
Sekolah Pendidikan
Jasmani
Drs. RAHMAT TAUFIQ PARTANTO,
S.Pd
NIP.196202201980121001 NIP.
197204142006041004
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
No. 2/2.1
Nama Sekolah : SDN Kalilembu
Mata Pelajaran : Penjasorkes
Kelas/Semester : I (satu) / I (satu)
Alokasi waktu :
Tahun pelajaran : 2010/2011
Standar Kompetensi : 2. Mendemonstrasikan sikap tubuh dalam
berbagai posisi
Kompetensi Dasar : 2.1. Mendemonstarikan sikap tubuh dalam
posisi berdiri
A. Tujuan Pembelajaran :
Melalui
latihan, siswa diharapkan dapat :
1.
Melakukan sikap duduk berdiri
2.
Melakukan sikap berbaring
3. Melakukan sikap berdiri tegak
B.
Materi Pembelajaran :
1. Sikap duduk berdiri
2. Sikap
berbaring
3. Sikap
berdiri tegak
C. Metode :
1. Ceramah
2.
Demonstrasi
3. Penugasan
4. Latihan
5. Tanya jawab
D. Langkah-langkah Pembelajaran :
No
|
Pelaksanaan
|
waktu
|
metode
|
1
|
PENDAHULUAN
|
|
|
|
a. Siswa
berbaris 2 syap, berdoa dan kemudian di absen.
|
|
|
|
b. Siswa
diberi pemanasan yang mengarah ke kegiatan inti.
|
|
|
2
|
INTI
1).
Eksplorasi :
Guru memberi penjelasan tentang materi
pembelajaran
|
|
|
|
2).
Elaborasi :
a.
Guru menberi contoh mengenai materi pembelajaran.
|
|
|
|
b. Siswa melakukan gerakan duduk kemudian berdiri
secara bersamaan.
|
|
|
|
c. Siswa
mempraktekkan sikap berbaring dengan posisi terlentang
|
|
|
|
d. Siswa
mempraktekkan sikap berdiri tegak.
3).
Konfirmasi
a. Mengecek pemahaman siswa tentang materi
pembelajaran
|
|
|
3
|
PENUTUP
|
|
|
|
Pendinginan, berbaris,
tugas-tugas, , berdoa dan istirahat / selesai
|
|
|
E. Sumber Bahan dan Alat.
1. Buku Paket Erlangga
2. Pengembangan Guru.
3. Peluit dan
kapur tulis
F. Penilaian
1. Teknik Penilaian :
-
Tes unjuk kerja (psikomotor) melakukan gerakan :
Sikap
duduk berdiri
Sikap
berbaring
Sikap
berdiri tegak
-
Pengamata sikap (afektif) :
Penilaian dilakukan berdasarkan
pemahaman siswa tentang materi pembelajaran.
-
Kuis
/ embedded test ( kognitif) :
Menjawab secara lisan mengenai meteri
pembelajaran.
2.
Rubrik penilaian :
RUBRIK PENILAIAN
DUDUK, BERBARING, BERDIRI
NO
|
ASPEK YANG
DINILAI
|
KUALITAS GERAK
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1
2
3
|
Sikap
duduk berdiri
Sikap
berbaring
Sikap berdiri tegak
|
|
|
|
|
JUMLAH
|
|
||||
JUMLAH SKOR
MAKSIMAL :
|
|
Mengetahui Guru Mata Pelajaran
Kepala Sekolah Pendidikan
Jasmani
Drs. RAHMAT TAUFIQ PARTANTO,
S.Pd
NIP.196202201980121001 NIP.
197204142006041004
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
No. 2/2.2
Nama Sekolah : SDN Kalilembu
Mata Pelajaran : Penjasorkes
Kelas/Semester : I (satu) / I (satu)
Alokasi waktu :
Tahun pelajaran : 2010/2011
Standar
Kompetensi : 2. Mendemonstrasikan sikap tubuh dalam
berbagai posisi
Kompetensi Dasar : 2.2. Mendemonstrasikan sikap tubuh dalam
posisi berjalan
A. Tujuan Pembelajaran :
Melalui
latihan, siswa diharapkan dapat :
1.
Melakukan jalan lurus
2.
Melakukan jalan sikap jijit
3.
Melakukan jalan menyamping
4.
Melakukan jalan membungkuk
B. Materi Pembelajaran :
1. jalan lurus
2. jalan sikap jijit
3.
jalan menyamping
4.
jalan membungkuk
C.
Metode :
1.
Ceramah
2.
Demonstrasi
3. Penugasan
4. Latihan
5. Tanya jawab
D. Langkah-langkah Pembelajaran :
No
|
Pelaksanaan
|
waktu
|
metode
|
1
|
PENDAHULUAN
|
|
|
|
a. Siswa
berbaris 2 syap, berdoa dan kemudian di absen.
|
|
|
|
b. Siswa
diberi pemanasan yang mengarah ke kegiatan inti.
|
|
|
2
|
INTI
1).
Eksplorasi :
Guru memberi penjelasan tentang materi
pembelajaran
|
|
|
|
2).
Elaborasi :
a.
Guru menberi contoh mengenai materi pembelajaran.
|
|
|
|
b.
Siswa melakukan gerakan berjalan tegak kedepan.
|
|
|
|
c.
Siswa melakukan gerakan berjalan ke depan dengan posisi jinjit
|
|
|
|
d.
Siswa melakukan gerakan berjalan ke samping
|
|
|
|
e.
Siswa melakukan gerakan berjalan dalam posisi membungkuk
3).
Konfirmasi
a. Mengecek pemahaman siswa tentang materi
pembelajaran
|
|
|
3
|
PENUTUP
|
|
|
|
Pendinginan, berbaris,
tugas-tugas, , berdoa dan istirahat / selesai
|
|
|
E. Sumber Bahan dan Alat.
1. Buku Paket Erlangga
2. Pengembangan Guru.
3. Peluit dan
kapur tulis
F. Penilaian
1. Teknik Penilaian :
-
Tes unjuk kerja (psikomotor) melakukan gerakan :
jalan lurus
jalan sikap jijit
jalan menyamping
jalan membungkuk
-
Pengamata sikap (afektif) :
Penilaian dilakukan berdasarkan
pemahaman siswa tentang materi pembelajaran.
-
Kuis
/ embedded test ( kognitif) :
Menjawab secara lisan mengenai meteri
pembelajaran.
2.
Rubrik penilaian :
RUBRIK PENILAIAN
BERJALAN
NO
|
ASPEK YANG
DINILAI
|
KUALITAS GERAK
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1
2
3
4
|
jalan lurus
jalan sikap jijit
jalan menyamping
jalan membungkuk
|
|
|
|
|
JUMLAH
|
|
||||
JUMLAH SKOR
MAKSIMAL :
|
|
Mengetahui Guru Mata Pelajaran
Kepala Sekolah Pendidikan
Jasmani
Drs. RAHMAT TAUFIQ PARTANTO,
S.Pd
NIP.196202201980121001 NIP.
197204142006041004
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
No. 3/3.1
Nama Sekolah : SDN Kalilembu
Mata Pelajaran : Penjasorkes
Kelas/Semester : I (satu) / I (satu)
Alokasi waktu :
Tahun pelajaran : 2010/2011
Standar Kompetensi : 3. Mempraktekkan senam lantai sederhana tampa
alat dan nilai yang terkandung didalamnya
Kompetensi Dasar : 3.1. Mempraktikkan gerak
keseimbangan statis tampa alat, serta nilai percaya diri dan disiplin
A. Tujuan Pembelajaran :
Melalui
latihan, siswa diharapkan dapat :
1. Melakukan berdiri satu kaki
dengan mata tertutup / terpejam
2. Melakukan
berdiri satu kaki lalu membentuk sikap kapal
3. Melakukan
gerakan berdiri jinjit
B. Materi Pembelajaran :
1. Melakukan berdiri satu kaki
2. Sikap
kapal terbang
3. Berdiri jinjit
C. Metode :
1. Ceramah
2.
Demonstrasi
3. Penugasan
4. Latihan
5. Tanya jawab
D. Langkah-langkah Pembelajaran :
No
|
Pelaksanaan
|
waktu
|
metode
|
1
|
PENDAHULUAN
|
|
|
|
a. Siswa
berbaris 2 syap, berdoa dan kemudian di absen.
|
|
|
|
b. Siswa
diberi pemanasan yang mengarah ke kegiatan inti.
|
|
|
2
|
INTI
1).
Eksplorasi :
Guru memberi penjelasan tentang materi
pembelajaran
|
|
|
|
2).
Elaborasi :
a.
Guru menberi contoh mengenai materi pembelajaran.
|
|
|
|
b. Siswa
melakukan posisi keseimbangan statis dengan berdiri satu kaki
|
|
|
|
c.
Siswa melakukan posisi keseimbangan statis dengan gerakan kalap terbang
d.
Siswa melakukan posisi keseimbangan statis dengan gerakan berdiri jinjit
3).
Konfirmasi
a. Mengecek pemahaman siswa tentang materi
pembelajaran
|
|
|
3
|
PENUTUP
|
|
|
|
Pendinginan, berbaris,
tugas-tugas, , berdoa dan istirahat / selesai
|
|
|
E. Sumber Bahan dan Alat.
1. Buku Paket Erlangga
2. Pengembangan Guru.
3. Peluit dan
kapur tulis
F. Penilaian
1. Teknik Penilaian :
-Tes
unjuk kerja (psikomotor) melakukan gerakan :
Melakukan
berdiri satu kaki
Sikap
kapal terbang
Berdiri jinjit
-
Pengamata sikap (afektif) :
Penilaian dilakukan berdasarkan
pemahaman siswa tentang materi pembelajaran.
-
Kuis
/ embedded test ( kognitif) :
Menjawab secara lisan mengenai meteri
pembelajaran.
2.
Rubrik penilaian :
RUBRIK PENILAIAN
KESEIMBANGAN STATIS
NO
|
ASPEK YANG DINILAI
|
KUALITAS GERAK
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1
2
3
|
Melakukan
berdiri satu kaki
Sikap
kapal terbang
Berdiri
jinjit
|
|
|
|
|
JUMLAH
|
|
||||
JUMLAH SKOR
MAKSIMAL :
|
|
Mengetahui Guru Mata Pelajaran
Kepala Sekolah Pendidikan
Jasmani
Drs. RAHMAT TAUFIQ PARTANTO,
S.Pd
NIP.196202201980121001 NIP.
197204142006041004
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
No. 3/3.2
Nama Sekolah : SDN Kalilembu
Mata Pelajaran : Penjasorkes
Kelas/Semester : I (satu) / I (satu)
Alokasi waktu :
Tahun pelajaran : 2010/2011
Standar Kompetensi : 3. Mempraktekkan senam lantai sederhana tampa
alat dan nilai yang terkandung didalamnya
Kompetensi Dasar : 3.2. Mempraktikkan gerak
keseimbangan dinamis tampa alat, serta nilai percaya diri dan disiplin
A.
Tujuan Pembelajaran :
Melalui latihan, siswa diharapkan dapat :
1.
Melakukan berdiri lalu lancat keatas
2. Melakukan loncat berubah arah
3. Melakukan loncot berjalan
4. Melakukan gerakan berjalan diatas garis
lulus
B. Materi Pembelajaran :
1. Jalan
2. loncat
C. Metode :
1. Ceramah
2.
Demonstrasi
3. Penugasan
4. Latihan
5. Tanya jawab
D. Langkah-langkah Pembelajaran :
No
|
Pelaksanaan
|
waktu
|
metode
|
1
|
PENDAHULUAN
|
|
|
|
a. Siswa
berbaris 2 syap, berdoa dan kemudian di absen.
|
|
|
|
b. Siswa
diberi pemanasan yang mengarah ke kegiatan inti.
|
|
|
2
|
INTI
1).
Eksplorasi :
Guru memberi penjelasan tentang materi
pembelajaran
|
|
|
|
2).
Elaborasi :
a.
Guru menberi contoh mengenai materi pembelajaran.
|
|
|
|
b. Siswa
melakukan grakan berdiri lalu lancat
keatas
|
|
|
|
c.
Siswa melakukan grakan loncat berubah arah
|
|
|
|
d.
Siswa melakukan gerakan loncot berjalan
|
|
|
|
e.
Siswa melakukan gerakan berjalan diatas garis lulus
3).
Konfirmasi
a. Mengecek pemahaman siswa tentang materi
pembelajaran
|
|
|
3
|
PENUTUP
|
|
|
|
Pendinginan, berbaris,
tugas-tugas, , berdoa dan istirahat / selesai
|
|
|
E. Sumber Bahan dan Alat.
1. Buku Paket Erlangga
2. Pengembangan Guru.
3. Peluit dan
kapur tulis
F. Penilaian
1. Teknik Penilaian :
-Tes
unjuk kerja (psikomotor) melakukan gerakan :
1. Melakukan berdiri lalu lancat keatas
2. Melakukan loncat berubah arah
3. Melakukan loncot berjalan
4. Melakukan gerakan berjalan diatas garis
lulus
2. Rubrik penilaian :
-
Pengamata sikap (afektif) :
Penilaian dilakukan berdasarkan
pemahaman siswa tentang materi pembelajaran.
-
Kuis
/ embedded test ( kognitif) :
Menjawab secara lisan mengenai meteri
pembelajaran.
2. Rubrik
Penilain :
RUBRIK PENILAIAN
JALAN DAN LONCAT
NO
|
ASPEK YANG
DINILAI
|
KUALITAS GERAK
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1
2
3
4
|
Melakukan
berdiri lalu lancat keatas
Melakukan
loncat berubah arah
Melakukan
loncot berjalan
Melakukan
gerakan berjalan diatas garis lulus
|
|
|
|
|
JUMLAH
|
|
||||
JUMLAH SKOR
MAKSIMAL :
|
|
Mengetahui Guru Mata Pelajaran
Kepala Sekolah Pendidikan
Jasmani
Drs. RAHMAT TAUFIQ PARTANTO,
S.Pd
NIP.196202201980121001 NIP.
197204142006041004
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
No. 4/4.1
Nama Sekolah : SDN Kalilembu
Mata Pelajaran : Penjasorkes
Kelas/Semester : I (satu) / I (satu)
Alokasi waktu :
Tahun pelajaran : 2010/2011
Standar Kompetensi : 4. Mengungkapkan perasaan melalui
gerak berirama dan nilai yang terkandung didalamnya
Kompetensi Dasar : 4.1. Mempraktikkan gerak
bebas berirama tampa menggunakan musik dan nilai disiplin dan kerjasama
A. Tujuan Pembelajaran :
Melalui
latihan, siswa diharapkan dapat :
1. Melakukan berjalan kedepan
2. Melakukan berjalan kebelakang
3. Melakukan berjalan
kesamping kanan dan kiri
B. Materi Pembelajaran :
1. Jalan
C. Metode :
1. Ceramah
2.
Demonstrasi
3. Penugasan
4. Latihan
5. Tanya jawab
D. Langkah-langkah Pembelajaran :
No
|
Pelaksanaan
|
waktu
|
metode
|
|
PENDAHULUAN
|
|
|
|
a. Siswa
berbaris 2 syap, berdoa dan kemudian di absen.
|
|
|
|
b. Siswa
diberi pemanasan yang mengarah ke kegiatan inti.
|
|
|
|
INTI
1).
Eksplorasi :
Guru memberi penjelasan tentang materi
pembelajaran
|
|
|
|
2).
Elaborasi :
a.
Guru menberi contoh mengenai materi pembelajaran.
|
|
|
|
b.
Siswa melakukan grakan berjalan
kedepan
|
|
|
|
c.
Siswa melakukan grakan berjalan kebelakang
|
|
|
|
d.
Siswa melakukan gerakan berjalan kesamping kanan dan kiri
3).
Konfirmasi
a. Mengecek pemahaman siswa tentang materi
pembelajaran
|
|
|
|
PENUTUP
|
|
|
|
Pendinginan, berbaris,
tugas-tugas, , berdoa dan istirahat / selesai
|
|
|
E. Sumber Bahan dan Alat.
1. Buku Paket Erlangga
2. Pengembangan Guru.
F. Penilaian
1. Teknik Penilaian :
-Tes unjuk kerja (psikomotor) melakukan gerakan :
Melakukan berjalan kedepan
Melakukan
berjalan kebelakang
Melakukan
berjalan kesamping kanan dan kiri
-
Pengamata sikap (afektif) :
Penilaian dilakukan berdasarkan
pemahaman siswa tentang materi pembelajaran.
-
Kuis
/ embedded test ( kognitif) :
Menjawab secara lisan mengenai meteri
pembelajaran.
2.
Rubrik penilaian :
RUBRIK PENILAIAN
JALAN
NO
|
ASPEK YANG
DINILAI
|
KUALITAS GERAK
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1
2
3
|
Melakukan
berjalan kedepan
Melakukan
berjalan kebelakang
Melakukan
berjalan kesamping kanan dan kiri
|
|
|
|
|
JUMLAH
|
|
||||
JUMLAH SKOR
MAKSIMAL :
|
|
Mengetahui Guru Mata Pelajaran
Kepala Sekolah Pendidikan
Jasmani
Drs. RAHMAT TAUFIQ PARTANTO,
S.Pd
NIP.196202201980121001 NIP.
197204142006041004
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
No. 4/4.2
Nama Sekolah : SDN Kalilembu
Mata Pelajaran : Penjasorkes
Kelas/Semester : I (satu) / I (satu)
Alokasi waktu :
Tahun pelajaran : 2010/2011
Standar Kompetensi : 4. Mengungkapkan perasaan melalui
gerak berirama dan nilai yang terkandung didalamnya
Kompetensi Dasar : 4.2. Mempraktikkan gerak
bebas berirama menggunakan musik dan
nilai disiplin dan kerjasama
A.
Tujuan Pembelajaran :
Melalui latihan, siswa diharapkan dapat :
1. Melakukan jalan depan belakang samping
mengikuti musik.
2. Melakukan
ayunan lengan mengikuti musik
3.
Melakukan kombinasi kaki dan lengan mengikuti musik.
B. Materi Pembelajaran :
1. Jalan
2. Ayun
3. Kombinasi kaki dan lengan
C. Metode :
1. Ceramah
2.
Demonstrasi
3. Penugasan
4. Latihan
5. Tanya jawab
D. Langkah-langkah Pembelajaran :
No
|
Pelaksanaan
|
waktu
|
metode
|
|
1
|
PENDAHULUAN
|
|
|
|
|
a. Siswa
berbaris 2 syap, berdoa dan kemudian di absen.
|
|
|
|
|
b. Siswa
diberi pemanasan yang mengarah ke kegiatan inti.
|
|
|
|
2
|
INTI
1).
Eksplorasi :
Guru memberi penjelasan tentang materi
pembelajaran
|
|
|
|
|
2).
Elaborasi :
a.
Guru menberi contoh mengenai materi pembelajaran.
|
|
|
|
|
b.
Siswa melakukan gerakan jalan depan
belakang samping mengikuti musik.
|
|
|
|
|
c.
Siswa melakukan gerakan ayunan lengan mengikuti musik
|
|
|
|
|
d.
Siswa melakukan gerakan kombinasi kaki dan lengan mengikuti musik.
3).
Konfirmasi
a. Mengecek pemahaman siswa tentang materi
pembelajaran
|
|
|
|
3
|
PENUTUP
|
|
|
|
|
Pendinginan, berbaris,
tugas-tugas, , berdoa dan istirahat / selesai
|
|
|
|
E. Sumber Bahan dan Alat.
1. Buku Paket Erlangga
2. Pengembangan Guru.
F. Penilaian
1. Teknik Penilaian :
-Tes unjuk kerja (psikomotor) melakukan gerakan :
Melakukan jalan depan belakang samping
mengikuti musik.
Melakukan
ayunan lengan mebgikuti musik
Melakukan
kombinasi kaki dan lengan mengikuti musik.
-
Pengamata sikap (afektif) :
Penilaian dilakukan berdasarkan
pemahaman siswa tentang materi pembelajaran.
-
Kuis
/ embedded test ( kognitif) :
Menjawab secara lisan mengenai meteri
pembelajaran.
2.
Rubrik penilaian :
RUBRIK PENILAIAN
JALAN MENGIKUTI MUSIK
NO
|
ASPEK YANG
DINILAI
|
KUALITAS GERAK
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1
2
3
|
Melakukan
jalan depan belakang samping mengikuti musik.
Melakukan
ayunan lengan mebgikuti musik
Melakukan
kombinasi kaki dan lengan mengikuti musik.
|
|
|
|
|
JUMLAH
|
|
||||
JUMLAH SKOR
MAKSIMAL :
|
|
Mengetahui Guru Mata Pelajaran
Kepala Sekolah Pendidikan
Jasmani
Drs. RAHMAT TAUFIQ PARTANTO,
S.Pd
NIP.196202201980121001 NIP.
197204142006041004
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
No. 5/5.1
Nama Sekolah : SDN Kalilembu
Mata Pelajaran : Penjasorkes
Kelas/Semester : I (satu) / I (satu)
Alokasi waktu :
Tahun pelajaran : 2010/2011
Standar Kompetensi :
5. Menerapkan hidup sehat
Kompetensi Dasar : 5.1. Menjaga kebersihan diri yang meliputi
kuku dan kulit
A.
Tujuan Pembelajaran :
Melalui penjelasan, siswa diharapkan dapat
:
1. menjelaskan
cara memotong kuku
2.
menjelaskan cara Membersihkan kuku
3. nemjelaskan cara
memelihara kuku
4. menyebutkan macam-macam
penyakit kulit
5. menjelaskan cara
membersihkan badan yang benar
B. Materi Pembelajaran :
1. Kebersihan kuku
2. Penyakit kulit
C. Metode :
1. Ceramah
2.
Demonstrasi
3. Penugasan
4. Tanya jawab
D. Langkah-langkah Pembelajaran :
No
|
Pelaksanaan
|
waktu
|
metode
|
1
|
PENDAHULUAN
|
|
|
|
a. Siswa masuk
kelas, berdoa dan kemudian di absen.
|
|
|
|
b. Siswa
diberi penjelasan yang mengarah ke kegiatan inti.
|
|
|
2
|
INTI
1).
Eksplorasi :
Guru memberi penjelasan tentang materi
pembelajaran
|
|
|
|
2).
Elaborasi :
a.
Guru menberi contoh mengenai materi pembelajaran.
|
|
|
|
b. Guru
menjelaskan cara Membersihkan kuku
|
|
|
|
c. Guru
menjelaskan cara memelihara kuku
|
|
|
|
d.
Guru menjelaskan macam-macam penyakit kulit
|
|
|
|
e. Guru menjelaskan
cara membersihkan badan yang benar
3).
Konfirmasi
a. Mengecek pemahaman siswa tentang materi
pembelajaran
|
|
|
3
|
PENUTUP
|
|
|
|
tugas-tugas, , berdoa dan
istirahat / selesai
|
|
|
E. Sumber Bahan dan Alat.
1. Buku Paket Erlangga
2. Pengembangan Guru.
F. Penilaian
1. Teknik Penilaian :
-Tes unjuk kerja (psikomotor) :
Jelaskan
cara memotong kuku
Jelaskan cara Membersihkan
kuku
Jelaskan cara memelihara kuku
Sebutkan
macam-macam penyakit kulit
Jelaskan
cara membersihkan badan yang benar
-
Pengamata sikap (afektif) :
Penilaian dilakukan berdasarkan
pemahaman siswa tentang materi pembelajaran.
-
Kuis
/ embedded test ( kognitif) :
Menjawab secara lisan mengenai meteri
pembelajaran.
.
2.
Rubrik penilaian :
RUBRIK PENILAIAN
KEBERSIHAN KUKU DAN KULIT
NO
|
SOAL
|
SKOR PENILAIAN
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1
2
3
4
5
|
Jelaskan cara memotong kuku
Jelaskan cara Membersihkan kuku
Jelaskan cara memelihara kuku
Sebutkan
macam-macam penyakit kulit
Jelaskan
cara membersihkan badan yang benar
|
|
|
|
|
JUMLAH
|
|
||||
JUMLAH SKOR
MAKSIMAL :
|
|
Mengetahui Guru Mata Pelajaran
Kepala Sekolah Pendidikan
Jasmani
Drs. RAHMAT TAUFIQ PARTANTO,
S.Pd
NIP.196202201980121001 NIP.
197204142006041004
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
No. 5/5.2
Nama Sekolah : SDN Kalilembu
Mata Pelajaran : Penjasorkes
Kelas/Semester : I (satu) / I (satu)
Alokasi waktu :
Tahun pelajaran : 2010/2011
Standar Kompetensi :
5. Menerapkan hidup sehat
Kompetensi Dasar : 5.2. Mengenal pentingnya imunisasi
A. Tujuan Pembelajaran :
Melalui
penjelasan, siswa
diharapkan dapat :
1.
Menjelaskan tujuan pemberian imunisasi
2.
Menjelaskan manfaat
Imunisasi
3. Menyebutkan macam-macam
imunisasi
B. Materi Pembelajaran :
1. Imunisasi
C. Metode :
1. Ceramah
2.
Demonstrasi
3. Penugasan
4. Tanya jawab
D. Langkah-langkah Pembelajaran :
No
|
Pelaksanaan
|
waktu
|
metode
|
1
|
PENDAHULUAN
|
|
|
|
a. Siswa masuk
kelas, berdoa dan kemudian di absen.
|
|
|
|
b. Siswa
diberi penjelasan yang mengarah ke kegiatan inti.
|
|
|
2
|
INTI
1).
Eksplorasi :
Guru memberi penjelasan tentang materi
pembelajaran
|
|
|
|
2).
Elaborasi :
a.
Guru menberi contoh mengenai materi pembelajaran.
b. Siswa
mempelajari tujuan pemberian imunisasi
|
|
|
|
c. Siswa
mempelajari manfaat Imunisasi
|
|
|
|
d. Siswa
mempelajari cara memelihara kuku
|
|
|
|
e. Siswa
mempelajari macam-macam imunisasi
3).
Konfirmasi
a. Mengecek pemahaman siswa tentang materi
pembelajaran
|
|
|
3
|
PENUTUP
|
|
|
|
Siswa di
evaluasi mengenai kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan.
Setelah itu berdoa dan istirahat.
|
|
|
E. Sumber Bahan dan Alat.
1. Buku Paket Erlangga
2. Pengembangan Guru.
F. Penilaian
1. Teknik Penilaian :
-Tes unjuk kerja (psikomotor) :
Menjelaskan tujuan pemberian imunisasi
Menjelaskan manfaat Imunisasi
Menyebutkan macam-macam imunisasi
. - Pengamata sikap (afektif) :
Penilaian dilakukan berdasarkan
pemahaman siswa tentang materi pembelajaran.
-
Kuis
/ embedded test ( kognitif) :
Menjawab secara lisan mengenai meteri
pembelajaran.
2. Rubrik penilaian :
RUBRIK PENILAIAN
IMUNISASI
NO
|
SOAL
|
SKOR PENILAIAN
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1
2
3
|
Menjelaskan
tujuan pemberian imunisasi
Menjelaskan
manfaat Imunisasi
Menyebutkan
macam-macam imunisasi
|
|
|
|
|
JUMLAH
|
|
||||
JUMLAH SKOR
MAKSIMAL :
|
|
Mengetahui Guru Mata Pelajaran
Kepala Sekolah Pendidikan
Jasmani
Drs. RAHMAT TAUFIQ PARTANTO,
S.Pd
NIP.196202201980121001
Tidak ada komentar:
Posting Komentar