Selasa, 15 Mei 2012

silabus penjas kls 5 smt 2

SILABUS
Sekolah                       : SDN Kalilembu
Kelas                           : V
Semester                      : II
Mata Pelajaaran           : Pendidikan Jasmani dan Kesehatan
Tahun Pelajaran           : 2010/2011
Standar Kompetensi   : 6. Mempraktikkan   berbagai  variasi gerak dasar ke dalam permainan dan olahraga dengan peraturan yang dimodifikasi dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya
Kompetensi
Dasar
Materi
Pokok / Pembelajaran
Kegiatan
Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
Teknik
Bentuk
Instrumen
Contoh
Instrumen
6.1 Mempraktikkan variasi teknik dasar salah satu permainan dan olahraga bola besar, serta nilai kerja sama, sportivitas, dan kejujuran



Sepak bola


-    Melakukan passing menyusur tanah
-    Melakukan passing mendatar
-    Melakukan passing melambung
6.1.1        Mampu melakukan passing menyusur tanah
6.1.2.      Melakukan passing mendatar
6.1.3.      Melakukan passing melambung

Tes






Tes keterampilan (un juk kerja)



Lakukan bentuk latihan pasing menggunakan kaki bagian dalam

- Buku Paket
- Media Cetak dan Elektronik


6.2 Mempraktikkan variasi teknik dasar ke dalam modifikasi permainan bola kecil,  serta nilai kerja sama, sportivitas, dan kejujuran



Kasti

-    Melakukan lempar tangkap dengfan baik
-    Melakukan cara memukul dengan baik
-    Melakukan berlari zig-zag dengan baik

6.2.1.      Mampu melakukan lempar tangkap dengfan baik
6.2.2.      Mampu melakukan cara memukul dengan baik
6.2.3.      Mampu melakukan berlari zig-zag dengan baik


Tes






Tes keterampilan (un juk kerja)



Lakukan bentuk lempar tangkap, memukul dan lari zig-zag dalam permainan kasti

- Buku GBPP
- Media Cetak dan Elektronik


6.3 Mempraktikkan variasi teknik dasar atletik yang dimodifikasi, serta nilai semangat, sportivitas, kerjasama, percaya diri dan kejujuran
Lompat Jauh
-     Melakukan teknik awalan dalam lompat jauh
-     Melakukan teknik tolakan dalam lompat jauh
-     Melakukan teknik mendarat dalam lompat jauh
6.3.1.      Mampu melakukan teknik awalan dalam lompat jauh
6.3.2.      Mampu melakukan teknik tolakan dalam lompat jauh
6.3.3.      Mampu melakukan teknik mendarat dalam lompat jauh

Tes





Tes keterampilan (un juk kerja)




Lakukan bentuk latihan lompat jauh 

- Buku GBPP
- Media Cetak dan Elektronik

Standar Kompetensi   : 7. Mempraktikkan latihan dasar kebugaran jasmani dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya

Kompetensi
Dasar
Materi
Pokok / Pembelajaran
Kegiatan
Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
Teknik
Bentuk
Instrumen
Contoh
Instrumen
7.1 Mempraktikkan aktivitas untuk kekuatan otot-otot anggota badan bagian bawah, serta nilai kerja keras, disiplin, kerjasama, dan kejujuran
Latihan  Senam Kelentukan

-      Melakukan latihan jinjit berdiri
-     Melakukan latihan lompat di tempat
-     Melakukan latihan lari kijang
7.1.1.      Mampu melakukan latihan jinjit berdiri
7.1.2.      Mampu melakukan latihan lompat di tempat
7.1.3.      Mampu melakukan latihan lari kijang

Tes





Tes keterampilan (un juk kerja)


Lakukan bentuk latihan jinjit, lompat di tempat dan lari kijang

- Buku Paket
- Media Cetak dan Elektronik

7.2 Mempraktikkan aktivitas untuk kelincahan dengan kualitas gerak yang meningkat , serta nilai kerja keras, disiplin, kerjasama, dan kejujuran
Senam Kelincahan

-     Melakukan latihan lompat tali
-     Melakukan latihan lari zig-zag
-     Melakukan latihan lari mengikuti perintah

7.2.1.      Mampu melakukan latihan lompat tali
7.2.2.      Mampu melakukan latihan lari zig-zag
7.2.3.      Mampu melakukan latihan lari mengikuti perintah


Tes





Tes keterampilan (un juk kerja)


Lakukan bentuk kelincahan gerakan

- Buku GBPP
- Media Cetak dan Elektronik


Standar Kompetensi   : 8. Mempraktikkan berbagai bentuk senam ketangkasan dengan koordinasi yang baik, dan  nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
Kompetensi
Dasar
Materi
Pokok / Pembelajaran
Kegiatan
Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
Teknik
Bentuk
Instrumen
Contoh
Instrumen
8.1 Mempraktikkan sebuah rangkaian gerak senam ketangkasan dengan konsisten, tepat, dan koordinasil yang baik, serta nilai keselamatan, disiplin, dan keberanian
Senam Ketanglasan

-    Melakukan latihan guling depan
-    Melakukan latihan guling belakang
-    Melakukan latihan guling samping
8.1.1.      Mampu melakukan latihan guling depan
8.1.2.      Mampu melakukan latihan guling belakang
8.1.3.      Mampu melakukan latihan guling samping

Tes





Tes keterampilan (un juk kerja)

Lakukan bentuk latihan berguling

- Buku Paket
- Media Cetak dan Elektronik
8.2 Mempraktikkan bentuk-bentuk rangkaian gerak senam ketangkasan dengan koordinasi dan kontrol yang baik, serta nilai keselamatan, disiplin, dan keberanian
Senam Kelincahan

-      Melakukan latihan lompat harimau
-      Melakukan latihan lompat peti
-      Melakukan latihan meroda
8.2.1.      Mampu melakukan latihan lompat harimau
8.2.2.      Mampu melakukan latihan lompat peti
8.2.3.      Mampu melakukan latihan meroda

Tes




Tes keterampilan (un juk kerja)

Lakukan bentuk latihan kelincahan

- Buku Paket
- Media Cetak dan Elektronik

Standar Kompetensi   : 9. Mempraktikkan kombinasi berbagai gerak dasar dalam gerak berirama dan  nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
Kompetensi
Dasar
Materi
Pokok / Pembelajaran
Kegiatan
Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
Teknik
Bentuk
Instrumen
Contoh
Instrumen
9.1 Mempraktikkan kombinasi pola gerak mengayun, menarik, menekuk, meliuk, memutar dalam gerak berirama , serta nilai kerja sama, percaya diri, dan disiplin
Senam Irama

-      Melakukan  gerakan mengayun tangan
-      Melakukan gerakan memekuk  lutut
-      Melakukan gerakan berputar 90˚
9.1.1.      Mampu melakukan  gerakan mengayun tangan
9.1.2.      Mampu melakukan gerakan memekuk  lutut
9.1.3.      Mampu melakukan gerakan berputar 90˚

Tes





Tes keterampilan (un juk kerja)


Lakukan bentuk senam irama

- Buku Paket
- Media Cetak dan Elektronik
9.2 Mempraktikkan satu pola gerak berirama terstruktur dengan konsisten dan lancar serta nilai kerjasama, percaya diri, dan disiplin
Senam Irama

-      Melakukan gerakan pemanasan senam SKJ 2008
-      Melakukan gerakan inti senam SKJ 2008
-      Melakukan gerakan pendinginan senam SKJ 2008
9.2.1.      Mampu melakukan gerakan pemanasan senam SKJ 2008
9.2.2.      Mampu melakukan gerakan inti senam SKJ 2008
9.2.3.      Mampu melakukan gerakan pendinginan senam SKJ 2008

Tes




Tes keterampilan (un juk kerja)


Lakukan bentuk latihan senam SKJ 2008

- Buku Paket
- Media Cetak dan Elektronik


Standar Kompetensi    :10. Memptaktekkan gerak dasar renang gaya punggung, dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya
Kompetensi
Dasar
Materi
Pokok / Pembelajaran
Kegiatan
Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
Teknik
Bentuk
Instrumen
Contoh
Instrumen
10.1 Mempraktekkan gerak dasar renang gaya punggung: meluncur, menggerakkan tungkai,menggerakkan lengan,serta nilai kebersihan, keberanian dan percaya diri
Renang gaya punggung

-      Melakukan gerakan meluncur
-      Melakukan menggerakkan tungkai
-      Melakukan menggerakkan lengan
10.1.1.  Mampu melakukan gerakan meluncur
10.1.2.  Mampu melakukan menggerakkan tungkai
10.1.3.  Mampu melakukan menggerakkan lengan

Tes






Tes keterampilan (un juk kerja)



Lakukan bentuk latihan renang gaya punggung

- Buku Paket
- Media Cetak dan Elektronik


10.2 Mempraktekkan kombinasi gerakan lengan dan tungkai renang gaya punggung serta nilai- nilai kebersihan, keberanian dan percaya diri.
Renang gaya punggung

-      Melakukan menggerakkan tungkai
-      Melakukan menggerakkan lengan
-      Melakukan mengkombinasikan gerakan
10.2.1.  Mampu menggerakkan tungkai
10.2.2 Mampu menggerakkan lengan
10.2.3 Mampu mengkombinasikan gerakan

Tes








Tes keterampilan (un juk kerja)





Lakukan bentuk latihan senam irama

- Buku Paket
- Media Cetak dan Elektronik





Standar Kompetensi   : 11. Mempraktikkan penjelajahan di linkungan sekitar sekolah, dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
Kompetensi
Dasar
Materi
Pokok / Pembelajaran
Kegiatan
Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
Teknik
Bentuk
Instrumen
Contoh
Instrumen
11.1 Mempraktikkan pembuatan  rencana kegiatan penjelajahan
Penjelajahan

-      Melakukan penyusunan jadwal kegiatan
-      Melakukan pendataan kesulitan yang ditemukan
-      Melakukan pembagian tugas anggota dalam kelompok
11.1.1    Mampu melakukan penyususnan jadwal
11.1.2    Mampu melakukan pandataan
11.1.3    Mampu membagi tugas anggota dalam kelompok


Tes










Tes keterampilan (un juk kerja)







Lakukan pembagian kelompok

- Buku Paket
- Media Cetak dan Elektronik




11.2 Mempraktikkan berbagai keterampilan gerak dalam kegiatan penjelajahan di lingkungan sekolah yang sehat, serta nilai kerjasama, disiplin, keselamatan, kebersihan, dan etika
Penjelajahan

-      Melakukan pengenalan sandi
-      Melakukan pengenalan jejak
-      Melakukan penyusunan laporan
11.2.1.  Mampu melakukan pengenalan sandi
11.2.2.  Mampu melakukan pengenalan jejak
11.2.3.  Mampu melakukan penyusunan laporan

Tes





Tes keterampilan (un juk kerja)


Lakukan bentuk pelaksanaan penjelajahan

- Buku Paket
- Media Cetak dan Elektronik


Standar Kompetensi   : 12. Menerapkan budaya hidup sehat
Kompetensi
Dasar
Materi
Pokok / Pembelajaran
Kegiatan
Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
Teknik
Bentuk
Instrumen
Contoh
Instrumen
12.1 Mengenal bahaya merokok bagi kesehatan

Kesehatan

-      Mengerti bahaya merokok
-      Mengerti zat racun dalam rokok
-      Menjauhkan diri dari rokok
12.1.1.  Mampu mengerti bahaya merokok
12.1.2.  Mampu mengerti zat racun dalam rokok
12.1.3.  Mampu menjauhkan diri dari rokok

Tes





Tes keterampilan (un juk kerja)


Pengamatan terhadap zat-zat rokok

- Buku Paket
- Media Cetak dan Elektronik

12.2 Mengenal bahaya minuman keras
Kesehatan
-      Mengenal jenis-jenis minuman keras
-      Mengetahui bahaya minuman keras
-      Mengetahui cara menghindari minuman keras
12.2.1.  Mampu mengenal jenis-jenis minuman keras
12.2.2.  Mampu mengetahui bahaya minuman keras
12.2.3.  Mampu mengetahui cara menghindari minuman keras














Tidak ada komentar:

Posting Komentar