SILABUS
Sekolah :
SDN Kalilembu
Kelas :
V
Semester : II
Mata
Pelajaaran : Pendidikan Jasmani
dan Kesehatan
Tahun
Pelajaran : 2010/2011
Standar Kompetensi : 6.
Mempraktikkan berbagai variasi gerak dasar ke dalam permainan dan
olahraga dengan peraturan yang dimodifikasi dan nilai-nilai yang terkandung
didalamnya
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok / Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
6.1 Mempraktikkan variasi teknik
dasar salah satu permainan dan olahraga bola besar, serta nilai kerja sama,
sportivitas, dan kejujuran
|
Sepak bola
|
-
Melakukan passing menyusur tanah
-
Melakukan passing mendatar
-
Melakukan passing melambung
|
6.1.1
Mampu melakukan passing menyusur tanah
6.1.2. Melakukan passing mendatar
6.1.3. Melakukan passing melambung
|
Tes
|
Tes
keterampilan (un juk kerja)
|
Lakukan bentuk
latihan pasing menggunakan
kaki bagian dalam
|
|
- Buku Paket
- Media Cetak dan Elektronik
|
6.2 Mempraktikkan variasi teknik
dasar ke dalam modifikasi permainan bola kecil, serta nilai kerja sama, sportivitas, dan
kejujuran
|
Kasti
|
-
Melakukan lempar tangkap dengfan
baik
-
Melakukan cara memukul
dengan baik
-
Melakukan berlari zig-zag
dengan baik
|
6.2.1.
Mampu melakukan lempar
tangkap dengfan baik
6.2.2.
Mampu melakukan cara
memukul dengan baik
6.2.3.
Mampu melakukan berlari
zig-zag dengan baik
|
Tes
|
Tes
keterampilan (un juk kerja)
|
Lakukan bentuk
lempar tangkap, memukul dan lari zig-zag dalam permainan kasti
|
|
- Buku
GBPP
- Media
Cetak dan Elektronik
|
6.3 Mempraktikkan variasi teknik
dasar atletik yang dimodifikasi, serta nilai semangat, sportivitas,
kerjasama, percaya diri dan kejujuran
|
Lompat Jauh
|
- Melakukan teknik awalan dalam lompat
jauh
- Melakukan teknik tolakan dalam lompat
jauh
- Melakukan teknik mendarat dalam
lompat jauh
|
6.3.1. Mampu melakukan teknik awalan
dalam lompat jauh
6.3.2. Mampu melakukan teknik tolakan
dalam lompat jauh
6.3.3. Mampu melakukan teknik mendarat
dalam lompat jauh
|
Tes
|
Tes
keterampilan (un juk kerja)
|
Lakukan bentuk
latihan lompat jauh
|
|
- Buku
GBPP
- Media
Cetak dan Elektronik
|
Standar Kompetensi : 7. Mempraktikkan
latihan dasar kebugaran jasmani dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok / Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
7.1 Mempraktikkan aktivitas untuk kekuatan otot-otot
anggota badan bagian bawah, serta nilai kerja keras, disiplin, kerjasama, dan
kejujuran
|
Latihan Senam
Kelentukan
|
- Melakukan latihan jinjit berdiri
- Melakukan latihan lompat di
tempat
- Melakukan latihan lari kijang
|
7.1.1. Mampu melakukan latihan jinjit
berdiri
7.1.2. Mampu melakukan latihan lompat
di tempat
7.1.3. Mampu melakukan latihan lari
kijang
|
Tes
|
Tes
keterampilan (un juk kerja)
|
Lakukan bentuk
latihan jinjit,
lompat di tempat dan lari kijang
|
|
- Buku Paket
- Media Cetak dan Elektronik
|
7.2
Mempraktikkan aktivitas untuk kelincahan dengan kualitas gerak yang meningkat
, serta nilai kerja keras, disiplin, kerjasama, dan kejujuran
|
Senam Kelincahan
|
- Melakukan latihan lompat tali
- Melakukan latihan lari zig-zag
- Melakukan latihan lari
mengikuti perintah
|
7.2.1. Mampu melakukan latihan lompat
tali
7.2.2. Mampu melakukan latihan lari
zig-zag
7.2.3. Mampu melakukan latihan lari
mengikuti perintah
|
Tes
|
Tes
keterampilan (un juk kerja)
|
Lakukan bentuk
kelincahan gerakan
|
|
- Buku
GBPP
- Media
Cetak dan Elektronik
|
Standar Kompetensi : 8. Mempraktikkan berbagai bentuk senam
ketangkasan dengan koordinasi yang baik, dan
nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok / Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
8.1 Mempraktikkan sebuah rangkaian gerak senam
ketangkasan dengan konsisten, tepat, dan koordinasil yang baik, serta nilai
keselamatan, disiplin, dan keberanian
|
Senam Ketanglasan
|
- Melakukan latihan guling depan
- Melakukan latihan guling
belakang
- Melakukan latihan guling
samping
|
8.1.1. Mampu melakukan latihan guling
depan
8.1.2. Mampu melakukan latihan guling
belakang
8.1.3. Mampu melakukan latihan guling
samping
|
Tes
|
Tes
keterampilan (un juk kerja)
|
Lakukan bentuk
latihan berguling
|
|
- Buku Paket
- Media Cetak dan Elektronik
|
8.2
Mempraktikkan bentuk-bentuk rangkaian gerak senam ketangkasan dengan
koordinasi dan kontrol yang baik, serta nilai keselamatan, disiplin, dan
keberanian
|
Senam Kelincahan
|
- Melakukan latihan lompat
harimau
- Melakukan latihan lompat peti
- Melakukan latihan meroda
|
8.2.1. Mampu melakukan latihan lompat
harimau
8.2.2. Mampu melakukan latihan lompat
peti
8.2.3. Mampu melakukan latihan meroda
|
Tes
|
Tes
keterampilan (un juk kerja)
|
Lakukan bentuk
latihan kelincahan
|
|
- Buku Paket
- Media Cetak dan Elektronik
|
Standar Kompetensi : 9. Mempraktikkan kombinasi berbagai
gerak dasar dalam gerak berirama dan nilai-nilai
yang terkandung di dalamnya
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok / Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
9.1 Mempraktikkan kombinasi pola gerak mengayun, menarik,
menekuk, meliuk, memutar dalam gerak berirama , serta nilai kerja sama,
percaya diri, dan disiplin
|
Senam Irama
|
- Melakukan gerakan mengayun tangan
- Melakukan gerakan memekuk lutut
- Melakukan gerakan berputar 90˚
|
9.1.1. Mampu melakukan gerakan mengayun tangan
9.1.2. Mampu melakukan gerakan
memekuk lutut
9.1.3. Mampu melakukan gerakan
berputar 90˚
|
Tes
|
Tes
keterampilan (un juk kerja)
|
Lakukan bentuk
senam irama
|
|
- Buku Paket
- Media Cetak dan Elektronik
|
9.2 Mempraktikkan satu
pola gerak berirama terstruktur dengan konsisten dan lancar serta nilai
kerjasama, percaya diri, dan disiplin
|
Senam Irama
|
- Melakukan gerakan pemanasan
senam SKJ 2008
- Melakukan gerakan inti senam
SKJ 2008
- Melakukan gerakan pendinginan
senam SKJ 2008
|
9.2.1. Mampu melakukan gerakan
pemanasan senam SKJ 2008
9.2.2. Mampu melakukan gerakan inti
senam SKJ 2008
9.2.3. Mampu melakukan gerakan
pendinginan senam SKJ 2008
|
Tes
|
Tes
keterampilan (un juk kerja)
|
Lakukan bentuk
latihan senam SKJ
2008
|
|
- Buku Paket
- Media Cetak dan Elektronik
|
Standar Kompetensi :10. Memptaktekkan
gerak dasar renang gaya punggung, dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok / Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
10.1 Mempraktekkan gerak dasar renang
gaya punggung: meluncur, menggerakkan tungkai,menggerakkan lengan,serta nilai
kebersihan, keberanian dan percaya diri
|
Renang gaya punggung
|
- Melakukan gerakan meluncur
- Melakukan menggerakkan tungkai
- Melakukan menggerakkan lengan
|
10.1.1. Mampu melakukan gerakan meluncur
10.1.2. Mampu melakukan menggerakkan
tungkai
10.1.3. Mampu melakukan menggerakkan
lengan
|
Tes
|
Tes
keterampilan (un juk kerja)
|
Lakukan bentuk latihan
renang gaya punggung
|
|
- Buku Paket
- Media Cetak dan Elektronik
|
10.2 Mempraktekkan kombinasi gerakan
lengan dan tungkai renang gaya punggung serta nilai- nilai kebersihan,
keberanian dan percaya diri.
|
Renang gaya punggung
|
- Melakukan menggerakkan tungkai
- Melakukan menggerakkan lengan
- Melakukan mengkombinasikan
gerakan
|
10.2.1. Mampu menggerakkan tungkai
10.2.2 Mampu menggerakkan lengan
10.2.3 Mampu mengkombinasikan
gerakan
|
Tes
|
Tes
keterampilan (un juk kerja)
|
Lakukan bentuk
latihan senam irama
|
|
- Buku Paket
- Media Cetak dan Elektronik
|
Standar Kompetensi : 11. Mempraktikkan penjelajahan di linkungan sekitar
sekolah, dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok / Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
11.1
Mempraktikkan pembuatan rencana
kegiatan penjelajahan
|
Penjelajahan
|
- Melakukan penyusunan jadwal
kegiatan
- Melakukan pendataan kesulitan
yang ditemukan
- Melakukan pembagian tugas
anggota dalam kelompok
|
11.1.1
Mampu melakukan penyususnan jadwal
11.1.2
Mampu melakukan pandataan
11.1.3
Mampu membagi tugas anggota dalam kelompok
|
Tes
|
Tes
keterampilan (un juk kerja)
|
Lakukan
pembagian kelompok
|
|
- Buku Paket
- Media Cetak dan Elektronik
|
11.2 Mempraktikkan berbagai
keterampilan gerak dalam kegiatan penjelajahan di lingkungan sekolah yang
sehat, serta nilai kerjasama, disiplin, keselamatan, kebersihan, dan etika
|
Penjelajahan
|
- Melakukan pengenalan sandi
- Melakukan pengenalan jejak
- Melakukan penyusunan laporan
|
11.2.1. Mampu melakukan pengenalan
sandi
11.2.2. Mampu melakukan pengenalan jejak
11.2.3. Mampu melakukan penyusunan
laporan
|
Tes
|
Tes
keterampilan (un juk kerja)
|
Lakukan bentuk
pelaksanaan penjelajahan
|
|
- Buku Paket
- Media Cetak dan Elektronik
|
Standar Kompetensi : 12.
Menerapkan budaya hidup sehat
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok / Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
12.1 Mengenal bahaya merokok
bagi kesehatan
|
Kesehatan
|
- Mengerti bahaya merokok
- Mengerti zat racun dalam rokok
- Menjauhkan diri dari rokok
|
12.1.1. Mampu mengerti bahaya merokok
12.1.2. Mampu mengerti zat racun dalam
rokok
12.1.3. Mampu menjauhkan diri dari
rokok
|
Tes
|
Tes
keterampilan (un juk kerja)
|
Pengamatan
terhadap zat-zat rokok
|
|
- Buku Paket
- Media Cetak dan Elektronik
|
12.2 Mengenal
bahaya minuman keras
|
Kesehatan
|
-
Mengenal jenis-jenis minuman keras
-
Mengetahui bahaya minuman keras
-
Mengetahui cara menghindari minuman keras
|
12.2.1.
Mampu mengenal jenis-jenis minuman keras
12.2.2.
Mampu mengetahui bahaya minuman keras
12.2.3.
Mampu mengetahui cara menghindari minuman keras
|
|
|
|
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar