RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
No.
1/1.1
Nama
Sekolah : SDN
Kalilembu
Mata
Pelajaran : Pemjasorkes
Kelas/
Semester : IV/I
Alokasi
waktu :
Tahun
Pelajaran :
2010/2011
Standar
Kompetensi
1.
Mempraktekkan
gerak dasar kedalam permainan sederhana dan olahraga serta nilai-nilai yang
terkandung didalamnya.
Kompetensi Dasar
1.1
Mempraktikka
gerak dasar dalam permainan bola kecil sederhana dengan peraturan yang di
modivikasi, serta nilai kerja sama tim, sportivitas dan kejujuran.
A.
Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat melakukan :
1.
Melambungkan bola
2.
Memukul bola
3.
Menangkap bola
4.
Berlari
5.
Menghindari lemparan
6.
Mematikan lawan
7.
Melempar bola
8.
Bermain kasti
B.
Materi Pembelajaran
Permainan Kasti
1. Melambungkan bola
2. Memukul bola
3. Menangkap bola
4. Berlari
5. Menghindari lemparan lawan
6. Mematikan lawan
7. Melempar bola
8. Bermain kasti
C.
Metode Pembelajaran
Ceramah, demonstrasi, Penugasan, Latihan, Tanya
jawab.
D.
Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
NO
|
Kegiatan
|
Waktu
|
Metode
|
1
|
Pendahuluan
1. Siswa dibariskan kemudian diabsen
Warming Up menuju kemateri inti
|
|
Praktek dan
Demonstrasi
|
2
|
Kegiatan Inti
1). Eksplorasi :
Guru memberi penjelasan tentang
materi pembelajaran
2). Elaborasi :
3). Konfirmasi
a. Mengecek pemahaman siswa tentang materi
pembelajaran
|
|
Praktek dan Demonstrasi
|
3
|
Penutup :
Siswa dikumpulkan kemudian guru mengevaluasi seluruh kegiatan yang
telah dilakukan.
|
|
Praktek dan
Demonstrasi
|
E.
Sumber Pembelajaran / Alat
* Sumber : Buku erlangga kelas IV
Pengembangan
guru.
* Alat : Peluit, stop watch, bolpoint, Kertas
F.
Evaluasi
1. Teknik Penilaian :
- Tes unjuk kerja (psikomotor) melakukan
gerakan :
Melambungkan bola
Memukul bola
Menangkap bola
Berlari
Menghindari lemparan
Mematikan lawan
Melempar bola
Bermain kasti
- Pengamat sikap (afektif) :
Penilaian
dilakukan berdasarkan pemahaman siswa tentang materi pembelajaran.
- Kuis
/ embedded test ( kognitif) :
Menjawab
secara lisan mengenai meteri pembelajaran.
2. Rubrik
penilaian :
No.
|
ASPEK YANG DINILAI
|
KUALITAS GERAKAN
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
|
Melambungkan
bola
Memukul
bola
Menangkap
bola
Melempar
Menghindari
lemparan
Mematikan lawan
Berlari
Bermain Kasti
|
|
|
|
|
|
Jumlah
|
|
|||
Jumlah Skor maximal
|
|
Mengetahui Guru Mata Pelajaran
Kepala Sekolah Pendidikan
Jasmani
Drs. RAHMAT TAUFIQ PARTANTO,
S.Pd
NIP.196202201980121001
NIP. 197204142006041004
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
No.
1/1.2
Nama
Sekolah : SDN
Kalilembu
Mata
Pelajaran : Pemjasorkes
Kelas/
Semester : IV/I
Alokasi
waktu :
Tahun
Pelajaran :
2010/2011
Standar Kompetensi
1.Mempraktekkan
gerak dasar kedalam permainan sederhana dan olahraga serta nilai-nilai yang
terkandung didalamnya.
Kompetensi Dasar
1.2.Mempraktikkan gerak dasar
atletik sederhana, serta nilai semangat,, percaya diri dan disiplin.
A. Tujuan
Pembelajaran
a.
Siswa dapat melakukan
1.
Lari ditempat
2. Lari dengan berbagai arah dan
kecepatan
3.
Lari dengan berbagai jarak
4.
Mengatur irama langkah saat berlari
5.
Menyelaraskan gerakan tangan dan kaki
6. Siswa dapat melakukan gerak dasar
lari dengan peraturan yang sederhana atau di modifikasi
B. Materi Pembelajaran
Gerak dasar lari
1. Lari ditempat
2. Lari dengan berbagai arah dan kecepatan
3. Lari dengan berbagai jarak
4. Mengatur irama langkah saat berlari
5. Menyelaraskan gerakan tangan dan kaki
A.
Metode Pembelajaran
·
Ceramah,
Demonstrasi, Penugasan, Latihan, Tanya jawab.
D. Langkah-Langkah Kegiatan
Pembelajaran
NO
|
Kegiatan
|
Waktu
|
Metode
|
1
|
Pendahuluan
1.
Siswa dibariskan kemudian diabsen
Warming Up menuju
kemateri inti
|
|
Praktek dan
Demonstrasi
|
2
|
Kegiatan Inti
1). Eksplorasi :
Guru memberi penjelasan tentang
materi pembelajaran
2). Elaborasi :
3). Konfirmasi
a. Mengecek pemahaman siswa tentang materi
pembelajaran
|
|
Praktek dan
Demonstrasi
|
3
|
Penutup :
Siswa dikumpulkan kemudian guru mengevaluasi seluruh kegiatan yang
telah dilakukan.
|
|
Praktek
dan Demonstrasi
|
E. Sumber
Pembelajaran / Alat
·
Sumber :
Buku, penjasorkes erlangga kelas IV
·
Alat : Peluit, bendera kecil, stop watch
F.
Evaluasi
1. Teknik Penilaian :
- Tes unjuk kerja (psikomotor) melakukan
gerakan :
Berlari di tempat
Lari degan berbagai arah
Lari dengan berbagai jarak
Menyelaraskan tangan dan kaki
Pengaturan nafas
Bermain gerak dasar lari
-
Pengamat sikap (afektif) :
Penilaian
dilakukan berdasarkan pemahaman siswa tentang materi pembelajaran.
- Kuis
/ embedded test ( kognitif) :
Menjawab
secara lisan mengenai meteri pembelajaran.
2. Rubrik
penilaian :
No.
|
ASPEK YANG DI NILAI
|
KUALITAS GERAK
|
|||
1.
|
2.
|
3.
|
4.
|
||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
|
Berlari
di tempat
Lari
degan berbagai arah
Lari
dengan berbagai jarak
Menyelaraskan
tangan dan kaki
Pengaturan nafas
Bermain gerak dasar lari
|
|
|
|
|
|
Jumlah
|
|
|
|
|
Jumlah Sekor Maximum
|
|
Mengetahui Guru
Mata Pelajaran
Kepala Sekolah Pendidikan
Jasmani
Drs. RAHMAT TAUFIQ PARTANTO,
S.Pd
NIP.196202201980121001
NIP. 197204142006041004
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
No.
1/1.3
Nama
Sekolah : SDN
Kalilembu
Mata
Pelajaran : Pemjasorkes
Kelas/
Semester : IV/I
Alokasi
waktu :
Tahun
Pelajaran :
2010/2011
Standar Kompetensi
1 Mempraktikkan gerak dasar kedalam sederhana
dan olahraga, serta nilai-nilai yang terkandung didalamnya.
Kompetensi Dasar
1.3Mempraktikkan gerak dasar kedalam
permainan bola besar sederhana dengan peraturan yang dimodifikasi, serta nilai
kerja sama, sportivitas dan kejujuran.
A.
Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat melakukan
1. Mampu menendang bola dengan
berbagai bagian kaki
2. Mampu menendang bola berpasangan dengan
berbagai jarak
3. Mampu mengiring bola dengan kaki bagian luar
dan kaki bagian dalam sambil berjalan atau lari
3. Menggiring bola dengan kaki
bagian luar dan kaki bagian dalam sambil berjalan atau lari.
B. Materi Pembelajaran
1.
Bermain
Sepakbola
2.
Menendang bola dengan kaki bagian dalam, luar,
menggiring bola dengan baik bagian luar atau dalam.
3.
Menendang
bola berpasangan dengan berbagai jarak.
4.
Bermain
bola dengan peraturan yang dimodifikasi
C.
Metode Pembelajaran
·
Ceramah,
demonstrasi, penugasan, latihan, Tanya jawab.
D.
Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
NO
|
Kegiatan
|
Waktu
|
Metode
|
1
|
Pendahuluan
1. Siswa dibariskan kemudian diabsen
Warming Up menuju kemateri inti
|
|
|
2
|
Kegiatan Inti
1). Eksplorasi :
Guru memberi penjelasan tentang
materi pembelajaran
2). Elaborasi :
3)
Konfirmasi
a. Mengecek pemahaman siswa tentang materi
pembelajaran
|
|
|
3
|
Penutup :
Siswa dikumpulkan kemudian guru mengevaluasi seluruh kegiatan yang
telah dilakukan.
|
|
|
E.
Sumber Pembelajaran / Alat
*
Sumber : Buku erlangga kelas
Iv.
*
Alat : Peluit, bola
sepak, bendera kecil, stop watch, meteran.
F. Evaluasi
1. Teknik Penilaian :
- Tes unjuk kerja (psikomotor) melakukan
gerakan :
Menendang dengan kaki bagian
dalam
Menendang dengan kaki bagian luar
Menendang bola jarak 5-10 m
Menggiring bola dengan kaki
bagian luar
Menggiring bola dengan kaki
bagian dalam .
-
Pengamat sikap (afektif) :
Penilaian
dilakukan berdasarkan pemahaman siswa tentang materi pembelajaran.
- Kuis
/ embedded test ( kognitif) :
Menjawab
secara lisan mengenai meteri pembelajaran.
2. Rubrik
penilaian :
No.
|
ASPEK YANG DI NILAI
|
KUALITAS GERAK
|
|||
1.
|
2.
|
3.
|
4.
|
||
1.
2.
3.
4.
5.
|
Menendang dengan kaki bagian dalam
Menendang dengan kaki bagian luar
Menendang bola jarak 5-10 m
Menggiring bola dengan kaki bagian luar
Menggiring bola dengan kaki bagian dalam .
|
|
|
|
|
|
Jumlah
|
|
|
|
|
Jumlah Sekor Maximum
|
|
Mengetahui Guru
Mata Pelajaran
Kepala Sekolah Pendidikan
Jasmani
Drs. RAHMAT TAUFIQ PARTANTO,
S.Pd
NIP.196202201980121001 NIP. 197204142006041004
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
No.
2/2.1
Nama
Sekolah : SDN
Kalilembu
Mata
Pelajaran : Pemjasorkes
Kelas/
Semester : IV/I
Alokasi
waktu :
Tahun
Pelajaran :
2010/2011
Standar Kompetensi
2. Mempraktikkan
latihan untuk meningkatkan kebugaran dan nilai-nilai yang ada
didalamnya.
Kompetensi Dasar
2.1Mempraktikkan
aktivitas permainan sederhana untuk melatih daya tahan kekuatan otot, serta nilai kerja keras dan disiplin.
A. Tujuan
Pembelajaran
Siswa dapat melakukan
1.
Permainan berangkai 4 pos
2.
Berlari pada waktu yang lama
3.
Latihan kekuatan otot perut
4.
Menfaat latihan otot besar
B.
Materi Pembelajaran
Melakukan gerakan kebugaran
·
Melakukan permainan berangkai 4 pos
·
Berlari dalam waktu yang lama.
·
Latihan otot perut
·
Latihan otot punggung
·
Mengetahui manfaat kekuatan otot besar
C. Metode
Pembelajaran
·
Ceramah,
demonstrasi, penugasan, latihan, Tanya jawab.
D.
Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
NO
|
Kegiatan
|
Waktu
|
Metode
|
1
|
Pendahuluan
1. Siswa dibariskan kemudian diabsen
Warming Up menuju kemateri inti
|
|
|
2
|
Kegiatan Inti
1). Eksplorasi :
Guru memberi penjelasan tentang
materi pembelajaran
2). Elaborasi :
3). Konfirmasi
a. Mengecek pemahaman siswa tentang materi
pembelajaran
|
|
|
3
|
Penutup :
Siswa dikumpulkan kemudian guru mengevaluasi seluruh kegiatan yang
telah dilakukan.
|
|
|
E.
Sumber Pembelajaran
* Sumber : Kurikulum 2004, Erlangga kelas IV
* Alat : Peluit, Bendera kecil
F.
Evaluasi
1. Teknik Penilaian :
- Tes unjuk kerja (psikomotor) melakukan
gerakan :
Lat berangkai 4 Pos , sit up,
push up, Jalan kepiting, jongkok berdiri.
Lari berkeliling
Kekuatan otot punggung lat.
Timbangan, gendong-gendongan.
Mengetahui manfaat otot besar
- Pengamat
sikap (afektif) :
Penilaian
dilakukan berdasarkan pemahaman siswa tentang materi pembelajaran.
- Kuis
/ embedded test ( kognitif) :
Menjawab
secara lisan mengenai meteri pembelajaran.
2. Rubrik penilaian :
No.
|
ASPEK YANG DI NILAI
|
KUALITAS GERAK
|
|||
1.
|
2.
|
3.
|
4.
|
||
1.
2.
3.
4.
|
Lat berangkai 4 Pos , sit up, push up, Jalan kepiting,
jongkok berdiri.
Lari berkeliling
Kekuatan otot punggung lat. Timbangan, gendong-gendongan.
Mengetahui manfaat otot besar
|
|
|
|
|
|
Jumlah
|
|
|
|
|
Jumlah Sekor Maximum
|
|
Mengetahui Guru
Mata Pelajaran
Kepala Sekolah Pendidikan
Jasmani
Drs. RAHMAT TAUFIQ PARTANTO,
S.Pd
NIP.196202201980121001
NIP. 197204142006041004
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
No.
2/2.2
Nama
Sekolah : SDN
Kalilembu
Mata
Pelajaran : Pemjasorkes
Kelas/
Semester : IV/I
Alokasi
waktu :
Tahun
Pelajaran :
2010/2011
Standar Kompetensi
2. Mempraktikkan latihan untuk meningkatkan
kebugaran dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya.
Kompetensi Dasar
2.2 Mempraktikkan
aktivitas permainan untuk melatih kelenturan dan koordinasi, serta nilai kerja keras dan disiplin.
A.
Tujuan Pembelajaran
1. Mampu melakukan latihan pelenturan
otot besar
2. Mampu melakukan gerakan koordinasi
anggota gerak atas dan bawah .
3. Mampu melakukan gerakan penguluran
B.
Materi Pembelajaran
1.
Melakukan gerakan mencium lutut
2.
Melakukan gerakan kayang
3.
Melakukan gerakan berdiri tegak tangan menjulur
memegang jari kaki.
4.
Melakukan gerakkan huruf ‘S’.
C.
Metode Pembelajaran
·
Ceramah,
demonstrasi, penugasan, latihan, Tanya jawab.
D.
Langkah-Langkah Kegiatan
NO
|
Kegiatan
|
Waktu
|
Metode
|
1
|
Pendahuluan
1. Siswa dibariskan kemudian diabsen
Warming Up menuju kemateri inti
|
|
|
2
|
Kegiatan Inti
1). Eksplorasi :
Guru memberi penjelasan tentang
materi pembelajaran
2). Elaborasi :
3). Konfirmasi
a. Mengecek pemahaman siswa tentang materi
pembelajaran
|
|
|
3
|
Penutup :
Siswa dikumpulkan kemudian guru mengevaluasi seluruh kegiatan yang
telah dilakukan.
|
|
|
E.
Sumber Pembelajaran / Alat
·
Sumber : Kurikulum 2004, buku Penjasorkes kelas
IV.
·
Alat
: Peluit, bendera kecil.
F.
Evaluasi
1. Teknik Penilaian :
- Tes unjuk kerja (psikomotor) melakukan
gerakan :
Mencium lutut
Gerakan kayang
Berdiri tegak, tangan menyulur
memegang kaki
Gerakkan membentuk huruf ‘S’
-
Pengamat sikap (afektif) :
Penilaian
dilakukan berdasarkan pemahaman siswa tentang materi pembelajaran.
- Kuis
/ embedded test ( kognitif) :
Menjawab
secara lisan mengenai meteri pembelajaran.
2. Rubrik penilaian :
No.
|
ASPEK YANG DI NILAI
|
KUALITAS GERAK
|
|||
1.
|
2.
|
3.
|
4.
|
||
1.
2.
3.
4.
|
Mencium lutut
Gerakan kayang
Berdiri tegak, tangan menyulur memegang kaki
Gerakkan membentuk huruf ‘S’
|
|
|
|
|
|
Jumlah
|
|
|
|
|
Jumlah Sekor Maximum
|
|
Mengetahui Guru
Mata Pelajaran
Kepala Sekolah Pendidikan
Jasmani
Drs. RAHMAT TAUFIQ PARTANTO,
S.Pd
NIP.196202201980121001
NIP. 197204142006041004
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
No.
3/3.1
Nama
Sekolah : SDN
Kalilembu
Mata
Pelajaran : Pemjasorkes
Kelas/
Semester : IV/I
Alokasi
waktu :
Tahun
Pelajaran :
2010/2011
Standar Kompetensi
3. Mempraktikkan berbagai bentuk latihan senam lantai yang lebih kompleks dan
nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
Kompetensi Dasar
3.1 Mempraktikkan kombinasi gerak
senam lantai tanpa alat dengan memperhatikan
faktor keselamatan, dan nilai disiplin serta keberanian
A.
Tujuan Pembelajaran
1. Mampu mengikuti permainan berangkai 4 pos
2. Mampu berlari dalam waktu yang relative
lama(disesuaikan dengan kemampuan anak)
3. Mampu melakukan latihan kekuatan otot perut
4. Mampu
mengetahui manfaat latihan otot besar
B.
Materi Pembelajaran
1. Mampu
mengikuti permainan berangkai 4 pos
2. Mampu berlari dalam waktu yang relative
lama(disesuaikan dengan kemampuan anak)
3. Mampu melakukan latihan kekuatan otot perut
4. Mampu mengetahui manfaat
latihan otot besar
C.
Metode Pembelajaran
·
Ceramah,
demonstrasi, penugasan, latihan, Tanya jawab.
D.
Langkah-Langkah Kegiatan
NO
|
Kegiatan
|
Waktu
|
Metode
|
1
|
Pendahuluan
1. Siswa dibariskan kemudian diabsen
Warming Up menuju kemateri inti
|
|
|
2
|
Kegiatan Inti
1). Eksplorasi :
Guru memberi penjelasan tentang
materi pembelajaran
2). Elaborasi :
3). Konfirmasi
a. Mengecek pemahaman siswa tentang materi
pembelajaran
|
|
|
3
|
Penutup :
Siswa dikumpulkan kemudian guru mengevaluasi seluruh kegiatan yang
telah dilakukan.
|
|
|
E.
Sumber Pembelajaran / Alat
·
Sumber : Kurikulum 2004, buku Penjasorkes kelas
IV.
·
Alat
: Peluit, bendera kecil.
F.
Evaluasi
1. Teknik Penilaian :
- Tes unjuk kerja (psikomotor) melakukan
gerakan :
Circuit
training
-
Pengamat sikap (afektif) :
Penilaian
dilakukan berdasarkan pemahaman siswa tentang materi pembelajaran.
- Kuis
/ embedded test ( kognitif) :
Menjawab
secara lisan mengenai meteri pembelajaran.
2. Rubrik penilaian :
No.
|
ASPEK YANG DI NILAI
|
KUALITAS GERAK
|
|||
1.
|
2.
|
3.
|
4.
|
||
1.
|
Circuit training
|
|
|
|
|
|
Jumlah
|
|
|
|
|
Jumlah Sekor Maximum
|
|
Mengetahui
Mengetahui Guru
Mata Pelajaran
Kepala Sekolah Pendidikan
Jasmani
Drs. RAHMAT TAUFIQ PARTANTO,
S.Pd
NIP.196202201980121001
NIP. 197204142006041004
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
No.
3/3.2
Nama
Sekolah : SDN
Kalilembu
Mata
Pelajaran : Pemjasorkes
Kelas/
Semester : IV/I
Alokasi
waktu :
Tahun
Pelajaran :
2010/2011
Standar Kompetensi
3. Mempraktikkan berbagai bentuk latihan senam lantai yang lebih kompleks dan
nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
Kompetensi Dasar
3.1 Mempraktikkan kombinasi gerak
senam lantai tanpa alat dengan memperhatikan
faktor keselamatan, dan nilai disiplin serta keberanian
A.
Tujuan Pembelajaran
Siswa diharapkan mampu :
1.
Melakukan gerakan mencium lutut
2.
Melakukan gerakan kayang
3.
Melakukan gerakan berdiri tegak tangan menjulur
memegang jari kaki.
4.
Melakukan gerakkan huruf ‘S’.
B. Materi
Pembelajaran
5.
Melakukan gerakan mencium lutut
6.
Melakukan gerakan kayang
7.
Melakukan gerakan berdiri tegak tangan menjulur
memegang jari kaki.
8.
Melakukan gerakkan huruf ‘S’.
C. Metode
Pembelajaran
·
Ceramah,
demonstrasi, penugasan, latihan, Tanya jawab.
D.
Langkah-Langkah Kegiatan
NO
|
Kegiatan
|
Waktu
|
Metode
|
1
|
Pendahuluan
1. Siswa dibariskan kemudian diabsen
Warming Up menuju kemateri inti
|
|
|
2
|
Kegiatan Inti
1). Eksplorasi :
Guru memberi penjelasan tentang
materi pembelajaran
2). Elaborasi :
3). Konfirmasi
a. Mengecek pemahaman siswa tentang materi
pembelajaran
|
|
|
3
|
Penutup :
Siswa dikumpulkan kemudian guru mengevaluasi seluruh kegiatan yang
telah dilakukan.
|
|
|
E. Sumber Pembelajaran / Alat
·
Sumber : Kurikulum 2004, buku Penjasorkes kelas
IV.
·
Alat
: Peluit, bendera kecil.
F Evaluasi
1. Teknik Penilaian :
- Tes unjuk kerja (psikomotor) melakukan
gerakan :
Mencium lutut
Gerakan kayang
Berdiri tegak, tangan menyulur
memegang kaki
Gerakkan membentuk huruf ‘S’
- Pengamat
sikap (afektif) :
Penilaian
dilakukan berdasarkan pemahaman siswa tentang materi pembelajaran.
- Kuis
/ embedded test ( kognitif) :
Menjawab
secara lisan mengenai meteri pembelajaran.
2. Rubrik penilaian :
No.
|
ASPEK YANG DI NILAI
|
KUALITAS GERAK
|
|||
1.
|
2.
|
3.
|
4.
|
||
1.
2.
3.
4.
|
Mencium lutut
Gerakan kayang
Berdiri tegak, tangan menyulur memegang kaki
Gerakkan membentuk huruf ‘S’
|
|
|
|
|
|
Jumlah
|
|
|
|
|
Jumlah Sekor Maximum
|
|
Mengetahui Guru
Mata Pelajaran
Kepala Sekolah Pendidikan
Jasmani
Drs. RAHMAT TAUFIQ PARTANTO,
S.Pd
NIP.196202201980121001 NIP. 197204142006041004
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
No.
4/4.1
Nama
Sekolah : SDN
Kalilembu
Mata
Pelajaran : Pemjasorkes
Kelas/
Semester : IV/I
Alokasi
waktu :
Tahun
Pelajaran :
2010/2011
Standar Kompetensi
4. Mempraktikkan keterampilan gerak
ritmik ter struktur secara beregu tanpa dan
dengan
menggunakan musik dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya.
Kompetensi Dasar
4.1 Mempraktikkan gerak ritmik
diorientasikan pada arah, ruang dan waktu secara beregu menggunakan musik,
serta nilai estetika.
A.
Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu :
1. Mampu melakukan gerak pindah arah.
2.
Mampu menyesuaikan ruang untuk melakukan gerakan senam.
3.
Mempu menyesuaikan tempo gerakan dengan teman satu
regu.
B.
Materi Pembelajaran
·
Melakukan gerakan berpola keberbagai arah.
·
Menyesuaikan gerakan sesuai ruang.
·
Menyesuaikan diri dengan gerakan yang benar
seperti teman.
C. Metode Pembelajaran.
·
Ceramah,
demonstrasi, penugasan, latihan, Tanya jawab
D.
Langkah-Langkah Kegiatan
NO
|
Kegiatan
|
Waktu
|
Metode
|
1
|
Pendahuluan
1. Siswa dibariskan kemudian diabsen
Warming Up menuju kemateri inti
|
|
|
2
|
Kegiatan Inti
1). Eksplorasi :
Guru memberi penjelasan tentang
materi pembelajaran
2). Elaborasi :
3). Konfirmasi
a. Mengecek pemahaman siswa tentang materi
pembelajaran
|
|
|
3
|
Penutup :
Siswa dikumpulkan kemudian guru mengevaluasi seluruh kegiatan yang
telah dilakukan.
|
|
|
E.
Sumber Pembelajaran / Alat
·
Sumber :Kurikulum
2004
Buku Penjasor
kelas 4 ( erlangga)
·
Alat :Tape recorder, kaset, peluit.
F.
Evaluasi
1. Teknik Penilaian :
- Tes unjuk kerja (psikomotor) melakukan
gerakan :
Berpola berbagai arah
Menyesuaikan gerakan social ruang
Menyesuaikan diri dengan gerakan
yang benar seperti teman
-
Pengamat sikap (afektif) :
Penilaian
dilakukan berdasarkan pemahaman siswa tentang materi pembelajaran.
- Kuis
/ embedded test ( kognitif) :
Menjawab
secara lisan mengenai meteri pembelajaran.
2. Rubrik penilaian :
No.
|
ASPEK YANG DI NILAI
|
KUALITAS GERAK
|
|||
1.
|
2.
|
3.
|
4.
|
||
1.
2.
3.
|
Berpola berbagai arah
Menyesuaikan
gerakan social ruang
Menyesuaikan diri dengan gerakan yang benar seperti teman
|
|
|
|
|
|
Jumlah
|
|
|
|
|
Jumlah Sekor Maximum
|
|
Mengetahui Guru
Mata Pelajaran
Kepala Sekolah Pendidikan
Jasmani
Drs. RAHMAT TAUFIQ PARTANTO,
S.Pd
NIP.196202201980121001
NIP. 197204142006041004
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
No.
4/4.2
Nama
Sekolah : SDN
Kalilembu
Mata Pelajaran :
Pemjasorkes
Kelas/
Semester : IV/I
Alokasi
waktu :
Tahun
Pelajaran :
2010/2011
Standar Kompetensi
4. Mempraktekkan ketetampilan gerak ritmik
terstuktur secara beregu tanpa dan
dengan menggunakan musik dan nilai-
nilai yang terkandung di dalamnya.
Kompetensi Dasar
4.2 Mempraktikkan
keterampilan gerak ritmik terstruktur secara beregu tanpa
menggunakan musik, serta nilai astatika sert akeberanian.
A. Tujuan Pembelajaran
1.
Mampu
melakukan gerak bebas berirama
2.
Mampu
melakukan menyesuasuaikan dengan gerakan kelompoknya
3.
Mampu
mengikuti aba-aba yang diberikan
B.
Materi Pembelajaran
1.
Melakukan gerak bebas bersama
2.
Meniru gerak binatang
3.
Meniru gerak pohon tertutup angina
4.
Melakukan gerakan melangkah mengayunkan langkah secara
berkelompok.
C.
Metode Pembelajaran
·
Ceramah, demonstrasi, penugasan, latihan,
tanyajawab
D.
Langkah-Langkah Kegiatan
NO
|
Kegiatan
|
Waktu
|
Metode
|
1
|
Pendahuluan
1. Siswa dibariskan kemudian diabsen
Warming Up menuju kemateri inti
|
|
|
2
|
Kegiatan Inti
1). Eksplorasi :
Guru memberi penjelasan tentang
materi pembelajaran
2). Elaborasi :
3). Konfirmasi
a. Mengecek pemahaman siswa tentang materi
pembelajaran
|
|
|
3
|
Penutup :
Siswa dikumpulkan kemudian guru mengevaluasi seluruh kegiatan yang
telah dilakukan.
|
|
|
E.
Sumber Pembelajaran / Alat
·
Sumber
: Kurikulum 2004, buku penjas orkes (erlangga) kelas IV
·
Alat
: Peluit, bendera kecil
F.
Evaluasi
1. Teknik Penilaian :
- Tes unjuk kerja (psikomotor) melakukan
gerakan :
Bebas berirama
Meniru gerak binatang
Meniru gerak pohon tertiup angin
Melangkah mengayun secara
kelompok
- Pengamat
sikap (afektif) :
Penilaian
dilakukan berdasarkan pemahaman siswa tentang materi pembelajaran.
- Kuis
/ embedded test ( kognitif) :
Menjawab
secara lisan mengenai meteri pembelajaran.
2. Rubrik penilaian :
.
No.
|
ASPEK YANG DI NILAI
|
KUALITAS GERAK
|
|||
1.
|
2.
|
3.
|
4.
|
||
1.
2.
3.
4.
|
Bebas berirama
Meniru gerak binatang
Meniru gerak pohon tertiup angin
Melangkah mengayun secara kelompok
|
|
|
|
|
|
Jumlah
|
|
|
|
|
Jumlah Sekor Maximum
|
|
Mengetahui Guru
Mata Pelajaran
Kepala Sekolah Pendidikan
Jasmani
Drs. RAHMAT TAUFIQ PARTANTO,
S.Pd
NIP.196202201980121001
NIP. 197204142006041004
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
No.
5/5.1
Nama
Sekolah : SDN
Kalilembu
Mata Pelajaran :
Pemjasorkes
Kelas/
Semester : IV/I
Alokasi
waktu :
Tahun
Pelajaran :
2010/2011
Standar Kompetensi
5. Menerapkan budaya hidup sehat.
Kompetensi Dasar
5.1 Menjaga kebersihan lingkungan rumah dan
sekolah
G. Tujuan
Pembelajaran
Siswa dapat
menjelaskan
a. Mampu membersihkan rumah
b.
Mampu menyebutkan alat-alat untuk digunakan
membersihkan sekolah dengan kemapuan anak.
c.
Mampu menyusun piket rumah dan sekolah
d.
Mampu menyebutkan akibat kurang menjaga kebersihan
lingkungan.
B.
Materi Pembelajaran
1. Membersihkan
rumah
2. Menyebutkan
alat-alat untuk digunakan membersihkan sekolah dengan kemampuan anak.
3.Menyusun
piket rumah dan sekolah
4.Menyebutkan
akibat kurang menjaga kebersihan lingkungan.
C.
Metode Pembelajaran
·
Ceramah,
demonstrasi, penugasan, latihan, tanyajawab.
D.
Langkah-Langkah Pembelajaran
NO
|
Kegiatan
|
Waktu
|
Metode
|
1
|
Pendahuluan
1. Siswa dibariskan kemudian diabsen
Warming Up menuju kemateri inti
|
|
|
2
|
Kegiatan Inti
1). Eksplorasi :
Guru memberi penjelasan tentang
materi pembelajaran
2). Elaborasi :
3). Konfirmasi
a. Mengecek pemahaman siswa tentang materi
pembelajaran
|
|
|
3
|
Penutup :
guru mengevaluasi seluruh kegiatan yang telah dilakukan.
|
|
|
E.
Sumber Pembelajan / alat
·
Sumber : Kurikulum 2004, Buku kelas IV
Penjasorkes ( erlangga)
·
Alat : Timba, Sapu, bak sampah
F.
Evaluasi
1. Teknik Penilaian :
- Tes unjuk kerja (psikomotor) melakukan
gerakan :
Mampu membersihkan rumah
Mampu menyebutkan alat-alat untuk
digunakan membersihkan sekolah dengan kemapuan anak.
Mampu menyusun piket rumah dan
sekolah
Mampu menyebutkan akibat kurang
menjaga kebersihan lingkungan.
-
Pengamat sikap (afektif) :
Penilaian
dilakukan berdasarkan pemahaman siswa tentang materi pembelajaran.
- Kuis
/ embedded test ( kognitif) :
Menjawab
secara lisan mengenai meteri pembelajaran.
2. Rubrik penilaian :
No.
|
ASPEK YANG DI NILAI
|
KUALITAS JAWABAN
|
|||
1.
|
2.
|
3.
|
4.
|
||
1.
2.
3.
4.
|
Mampu membersihkan rumah
Mampu menyebutkan alat-alat
untuk digunakan membersihkan sekolah dengan kemapuan anak.
Mampu menyusun piket rumah dan
sekolah
Mampu menyebutkan akibat kurang
menjaga kebersihan lingkungan.
|
|
|
|
|
|
Jumlah
|
|
|
|
|
Jumlah Sekor Maximum
|
|
Mengetahui Guru
Mata Pelajaran
Kepala Sekolah Pendidikan
Jasmani
Drs. RAHMAT TAUFIQ PARTANTO,
S.Pd
NIP.196202201980121001
NIP. 197204142006041004
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
No.
5/5.2
Nama
Sekolah : SDN
Kalilembu
Mata
Pelajaran : Pemjasorkes
Kelas/
Semester : IV/I
Alokasi
waktu :
Tahun
Pelajaran :
2010/2011
Standar Kompetensi
5.
Menerapkan budaya hidup sehat
Kompetensi Dasar
5.2 Membiasakan membuang sampah pada tempatnya
A. Tujuan
Pembelajaran
1.
Membedakan sampah organic dan non organik
2.
Memahami akibat membuang samapah sembarangan
3.
Memahami manfaat membuang sampah
B.
Materi Pembelajaran
1.
Membedakan sampah organic dan non organic
2. Memahami akibat membuang samapah sembarangan
3. Memahami
manfaat membuang sampah
C Metode
Pembelajaran
Ceramah, demonstrasi,
penugasan, latihan, tanyajawab.
D Langkah-Langkah Pembelajaran
NO
|
Kegiatan
|
Waktu
|
Metode
|
1
|
Pendahuluan
1. Siswa dibariskan kemudian diabsen
Warming Up menuju kemateri inti
|
|
|
2
|
Kegiatan Inti
1). Eksplorasi :
Guru memberi penjelasan tentang
materi pembelajaran
2). Elaborasi :
a. Mengecek pemahaman siswa tentang materi
pembelajaran
|
|
|
3
|
Penutup :
Siswa dikumpulkan kemudian guru mengevaluasi seluruh kegiatan yang
telah dilakukan.
|
|
|
E Sumber Pelajaran/ Alat
·
Sumber : Buku GBPP, media cetak elektronoc
·
Alat
: Sapu, tempat sampah
F Evaluasi
1. Teknik Penilaian :
- Tes unjuk kerja (psikomotor) melakukan
gerakan :
Membedakan sampah organic dan non
organik
Memahami akibat membuang samapah
sembarangan
Memahami manfaat membuang sampah
-
Pengamat sikap (afektif) :
Penilaian
dilakukan berdasarkan pemahaman siswa tentang materi pembelajaran.
- Kuis
/ embedded test ( kognitif) :
Menjawab
secara lisan mengenai meteri pembelajaran.
2. Rubrik penilaian :
No.
|
ASPEK YANG DI NILAI
|
KUALITAS JAWABAN
|
|||
1.
|
2.
|
3.
|
4.
|
||
1.
2.
3.
|
Membedakan sampah organic dan
non organik
Memahami akibat membuang
samapah sembarangan
Memahami manfaat membuang
sampah
|
|
|
|
|
|
Jumlah
|
|
|
|
|
Jumlah Sekor Maximum
|
|
Mengetahui Guru
Mata Pelajaran
Kepala Sekolah Pendidikan
Jasmani
Drs. RAHMAT TAUFIQ PARTANTO,
S.Pd
NIP.196202201980121001
NIP. 197204142006041004
Tidak ada komentar:
Posting Komentar