SILABUS
Sekolah :
SDN Kalilembu
Kelas :
IV
Semester : II
Mata
Pelajaaran : Pendidikan Jasmani
dan Kesehatan
Tahun
Pelajaran : 2010/2011
Standar
Kompetensi : (1) Mempraktikkan gerak dasar ke dalam permainan dan olahraga dan
nilai-nilai yang terkandung didalamnya
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok / Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
6.1 Mempraktikkan gerak dasar atletik yang
dimodifikasi: lompat, loncat dan
lempar, dengan memperhatikan nilai-nilai pantang menyerah, sportifitas,
percaya diri, dan kejujuran
|
Atletik
|
-
melakukan lompat jauh tanpa awalan
-
melakukan gerak dasar tolak peluru
-
mrngrtshui otot yang berperan dalam lompat dan lempar
|
-
Mampu melakukan lompat jauh tanpa awalan
-
Mampu melakukan gerak dasar tolak peluru
-
Menegtahui otot yang berperan dalam lompat dan lempar
|
Tes
|
Tes
keterampilan (un juk kerja)
|
Lakukan bentuk
latihan lompat jauh
|
|
- Buku Paket
- Media Cetak dan Elektronik
|
6.2 Mempraktikkan gerak dasar
berbagai gerakan yang bervariasi dalam
permainan bola besar beregu dengan peraturan yang dimodifikasi, serta nilai kerja sama regu, sportivitas,
dan kejujuran
|
Bola voli mini
|
-
Menendang bola
-
Mengontrol bola
-
Menangkap bola
|
-
Mampu menendang bola
-
Mampu mengontrol bola
-
Mampu menangkap bola
|
Tes
|
Tes
keterampilan (un juk kerja)
|
Lakukan bentuk
latihan melakukan pass
bawah
|
|
- Buku
GBPP
- Media
Cetak dan Elektronik
|
6.3Mempraktikkan kombinasi gerak dasar
memvoli, memantulkan, menendang, dan mengontrol bola dengan koordinasi yang
baik dalam permainan sederhana, serta nilai kerjasama, toleransi, kejujuran,
tanggunmg jawab dan menghargai lawan atau diri sendiri dan bersedia berbagi
tempat dan peralatan dalam permainan
|
Gerak Dasar Atletik
|
-
Mampu melakukan service
-
Mampu melakukan passing bawah
-
Mampu melakukan passing atas
|
-
Mampu melakukan service
-
Mampu melakukan passing bawah
-
Mampu melakukan passing atas
|
Tes
|
Tes
keterampilan (un juk kerja)
|
Lakukan gerakan lompat meleati kardus
Lakukan gerakan
loncat melewati kardus
Lakukan gerakan
lempar bola
|
|
- Buku
GBPP
- Media
Cetak
Alat :
- Bola
Kecil
- Kardus
- Bak
Lompat
|
Standar Kompetensi :
(7) Mempraktikkan latihan kebugaran yang lebih
kompleks untuk meningkatkan keterampilan dan nilai-nilai yang terkandung di
dalamnya
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok / Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
7.1 Mempraktikkan aktivitas dan permainan untuk melatih daya tahan dan kekuatan dengan
kecepatan dan kualitas gerak yang meningkat, serta nilai kerja keras,
disiplin, kerjasama, dan kejujuran
|
Komponen kebugaran
|
-
Melakukan permainan hijau hitam
-
Melakukan permaian bintang beralih
-
Melakukkan gerkan push up
-
Melkaukan gerkan squat jump
-
Melakukan lompat pagar
|
7.1.1
Mampu gerakan variasi dengna isyarat
7.1.2
Mampu melakukan sirkuit training
7.1.3
Mampu melakukan latihan kekuatan otot besar dengan
kualitas gerak yang meningkat
|
Tes
|
Tes
keterampilan (un juk kerja)
|
Lakukan bentuk
latihan push up
|
|
- Buku Paket
- Media Cetak dan Elektronik
|
7.2 Mempraktikkan aktivitas dan permainan untuk
melatih kelentukan dan koordinasi dengan kecepatan dan kualitas gerak yang meningkat, serta nilai kerja keras,
disiplin, kerja sama, dan kejujuran
|
Komponen kebugaran
|
-
Memberi dan menerima melewati dua kaki
-
Melakukan permaian beregu berkompetisai
|
7.2.1
Mampu bermain untuk melatih kelentukan
7.2.2
Berlatih dengan disiplin dan sungguh-sunguh
7.2.3 Melakukan gerak menerobos kaki teman
|
Tes
|
Tes
keterampilan (un juk kerja)
|
Lakukan bentuk
latihan bungku-bungkuk
tengadah
|
|
- Buku
GBPP
- Media
Cetak dan Elektronik
|
Standar Kompetensi (8). Mempraktikkan senam lantai dengan
kompleksitas gerakan yang lebih tinggi, dan nilai-nilai yang terkandung di
dalamnya
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok / Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
8.1 Mempraktikkan senam lantai tanpa menggunakan alat dengan
koordinasi yang baik serta nilai kerja sama dan estetika
|
Senam lantai
|
-
Melakukan gerakan berpolakeberbagai arah
-
Menyesuasuaikan gerakan sikap lilin
-
Menyesuasuaikan diridengan gerakan meroda
|
8.1.1
Mampu melakukukan senam lantai dengan baik
8.1.2
Mampu membedakan gerkan senam yang betul dan yang
salah
8.1.3
Mampu mengkombinasikan gerakan senam lantai
|
Tes
|
Tes
keterampilan (un juk kerja)
|
Lakukan bentuk
latihan gerakan sikap lilin
|
|
- Buku Paket
- Media Cetak dan Elektronik
|
8.2 Mempraktikkan senam ketangkasan dengan menggunakan alat dengan
koordinasi yang baik serta nilai disiplin dan kerja sama
|
Senam lantai
|
-
Melakukan gerak pull up
-
Melakukan push up
-
Malakukan lomnpat tali sipping
-
Melakukan lomba lari menggendong teman
|
8.2.1
Mampu melakukan bebagai senam ketangkasan dan
koordinasi kulaitas gerak
8.2.2
Mampu berkompetisi melakukan senam
8.2.3
Mampu melakukan senam ketangkasan dengan permainan
|
Tes
|
Tes
keterampilan (un juk kerja)
|
Lakukan bentuk
latihan gerak ketangkasan
|
|
- Buku
GBPP
- Media
Cetak dan Elektronik
|
Standar Kompetensi 9. Mempraktikkan keterampilan gerak ritmik
terstruktur secara beregu tanpa dan dengan menggunakan musik, serta nilai-nilai
yang terkandung didalamnya
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok / Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
9.1 Mempraktikkan keterampilan gerak ritmik
terstruktur (misal SKJ) secara beregu menggunakan musik, serta nilai kerja
sama, disiplin dan estetika
|
Senam Irama
|
-
Melakukan gerakan pemanasan senam SKJ
-
Melakukan gerakan inti SKJ
-
Melakukan penenangan Senam SKJ
|
9.1.1
Mampu melakukan senam SKJ
9.1.2
Mampu melakukan gerakan sesuai dengan hitungan
9.1.3
Mampu meghafal gerakan seman SKJ
|
Tes
|
Tes
keterampilan (un juk kerja)
|
Lakukan bentuk
latihan SKJ
|
|
- Buku Paket
- Media Cetak dan Elektronik
|
9.2
Mempraktikkan gerak lokomotor dalam aktivitas ritmik yang
berorientasikan pada arah, ruang dan waktu secara individual dengan atau
tanpa menggunakan musik serta nilai percaya diri, disiplin dan kerja sama
|
Memperbaiki Kesalahan
gerak SKJ
|
- Melakukan pembetulan gerak
dalam SKJ Secara Beregu
|
9.2.1 Mampu mengamati dan memperbaiki kesalahan
gerak SKJ
9.2.2 Mampu menyesuaikan gerakan dengan musik
9.2.3 Mampu
menyesuaikan gerakan SKJ dengan teman
|
Tes
|
Tes
keterampilan (un juk kerja)
|
Lakukan bentuk
latihan SKJ
|
|
- Buku Paket
- Media Cetak dan Elektronik
|
Standar
Kompetensi 10.
Mempraktekkan gerak
dasar renang gaya bebas dan nilai-nilai
yang terkandung didalamnya
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok / Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
10.1. Mempraktekkan gerak dasar
meluncur, menggerakkan tungkai, menggerakkan lengan serta nilai
kesersihan
|
renang
|
-
Meluncur
-
Menggerakkan tungkai
-
Menggerakkan lengan
|
10.1.1 Melakukan meluncur
10.1.2 Menggerakkan tungkai
10.1.3
Menggerakkan lengan
|
Tes
|
Tes
keterampilan (un juk kerja)
|
Lakukan gerakan
meluncur
|
|
- Buku Paket
- Media Cetak dan Elektronik
|
10.2 Mempraktekkan cara bernafas dalam renang gaya bebas
|
renang
|
-
Cara mengambil nafas dari
mulut
-
Membuang nafas dari hidung
-
Cara mengkombinasi
pernafasan
|
10.2.1 Cara mengambil nafas dari mulut
10.2.2 Membuang nafas dari hidung
10.2.3 Cara mengkombinasi pernafasan
|
Tes
|
Tes
keterampilan (un juk kerja)
|
Lakukan gerakan
ambil nafas
|
|
- Buku Paket
- Media Cetak dan Elektronik
|
10.3 Mengkombinasikan gerak lengan dan tungkai renang gaya bebas
|
renang
|
Melakukan gerakan kombinasi
|
10.3.1 Mampu melakukan gerakan
tangan kanan dan kiri
10.3.2 Mampu melakukan gerakan
kaki kanan dan kiri
10.3.3 Mampu melakukan gerakan
kombinasi tangan dan kaki
|
Tes
|
Tes
keterampilan (un juk kerja)
|
Lakukan gerakan
kombinasi
|
|
- Buku Paket
- Media Cetak dan Elektronik
|
10.4 Mempraktekkan gerak-gerak
keselamatan di air
|
renang
|
-
Menyiapkan ban
-
Memakai pelampung
- Berpegangan tepi kolam
|
10.4.1 Menyiapkan ban
10.4.2 Memakai pelampung
10.4.3 Berpegangan tepi kolam
|
Tes
|
Tes
keterampilan (un juk kerja)
|
Lakukan gerakan
penyelamatan
|
|
- Buku Paket
- Media Cetak dan Elektronik
|
Standar Kompetensi 11. Mempraktikkan pemanfaatan lingkungan sekitar sekolah untuk aktivitas
jasmani dan nilai-nilai yang terkadung di dalamnya
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok / Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
11.1 Mempraktikkan pemilihan tempat yang
aman untuk bermain di lingkungan sekolah
|
Berkemah
|
- Memilih lokasi perkemahan
- Menjelaskan perlengkapan
berkemah
- Melakukan cara mendirikan tenda
- Mendemontrasikan berbagai
simpul
- Melakukan kerjasama saat
beraktifitas
|
11.1.1 Mampu memilih tempat yang aman
11.1.2 Mampu menentukan perlengkapan berkemah
11.1.3 Mampu mendirikan tenda dengan bi,bingan
11.1.4 Mampu mende montrasikan tali-temali
11.1.5 Mampu bekerjasama dengan teman
11.1.6 Mampu mentaati peraturan berkemah
|
Tes
Pengamatan
Penugasan
Lisan
tertulis
|
Praktek
|
-Sebutkan
syarat yang aman untuk berkemah
- Lakukan cara menyambung tongkat
- Demontrasikan mendirikan tenda
|
|
Paket
- Media Cetak
alat :
- Tali
- Tongkat
- Tenda
- Pen
|
11.2 Mempraktikkan pemilihan tempat yang
aman untuk bermain di lingkungan sekolah
|
Berkemah
|
- Melakukan penjelajahan
disekitar lokasi perkemahan
- Melakukan berbagai permainan
|
11.2.1
Mampu melakukan kegiatan mencari jejak
11.2.2
Mampu menterjemahkan sandi
11.2.3
Mampu melakukan permainan air
11.2.4
Mampu melakukan permainan egrang, lari karung, dan lari kelereng
|
Tes
Pengamatan
Penugasan
Lisan
tertulis
|
Praktek
|
-
Lakuakn
kegiatan mencari jejak
-
Lakukan
permainan lomba egrang
-
Lakukan
peraminan memecah air
|
|
Paket
- Media Cetak
alat :
- alat tulis
- egrang
- Kelereng
- Karung
|
11.3 Mempraktikkan penjagaan keselamatan
diri dan orang lain selama melakukan aktivitas di lingkungan sekitar sekolah
dan nilai kebersihan.
|
Berkemah
|
-
cara menjaga kebersihan
pribadi di lingkungan
- menjelaskan makanan sehat
-
menjelaskan cara istirahat
yang baik
|
11..1 Mampu menjaga kebersihan
pribadi dan l;ingkungan
11.3.2
Mampu memilih dan menentukan makan yang sehat
11.3.3
Mampu membersihkan rambut
11.3.4
Mampu membersihkan badan mandi 2 kali sehari
11.3.5
Mampu menggunakan waktu istirahat
|
Tes
Pengamatan
Penugasan
Lisan
tertulis
|
Praktek
|
-
Lakuakn
cara membuang sampah
-
Sebutkan
makanan 4 sehat 5 sempurna
-
Demontrasikan
cara membersihkan rambut
|
|
Paket
- Media Cetak
alat :
- sabun,sikat, odol, handuk
- Sampo
- Gambar
|
Standar
Kompetensi 12.
Menerapkan budaya
hidup sehat
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok / Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
12.1 Mengenal bahaya penyakit diare,
demam berdarah dan influenza
|
Hidup sehat
|
-
Menjelaskan perbedaan sampah basah dan sampah kering
- Menjelaskan cara membuang air limbah
|
- Mampu memilih sampah basah dan kering
- Mampu membuang sampah pada tempatnya
- Mampu membuang air limbah
- Mampu membakar sam,pah (menimbun)
|
Tes
Pengamatan
Penugasan
Lisan
tertulis
|
Praktek
|
- Jelaskan perbedaan sampah basah dan kering
- Lakukan pembuangan sampah yang yang
benar
- Lakukan cara membuang air limbah
|
|
Paket
- Media Cetak
alat :
- sapu
- bak sampah
- Cetok
- Korek api
|
12.2 Menjaga Kebersihan lingkungan
terhadap sumber penularan penyakit seperti nyamuk dan unggas
|
Kebersihan lingkungan
|
-
Menjelaskan cara mencegah terjangkitnya penyakit demam berdarah
- Mejelaskan cara mencegah terjangkitnya
penyakit dengan perantara unggas
|
-
Mampu memilih sampah basah dan kering
-
Mampu membuang sampah pada tempatnya
- Mampu membuang air limbah
- Mampu membakar sam,pah (menimbun
|
Tes
Pengamatan
Penugasan
Lisan
tertulis
|
Praktek
|
-
Lakukan
cara membersihkan bak penampungan air
-
Jelaskan
cara mencegah terjangkitnya penyakit demam berdarah
|
|
Paket
- Media Cetak
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar