RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
NO : 1/1.1
SEKOLAH : SDN Kalilembu
MAPEL : Pendidikan
Jasmani Olahraga dan Kesehatan
KELAS / SMT : III / 1
ALOKASI WAKTU :
TAHUN PELAJARAN :
2010/2011
STANDAR KOMPETENSI
1. Mempraktikkan
berbagai kombinasi gerak dasar melalui permainan dan nilai – nilai yang
terkandung di dalamnya
KOMPETENSI
DASAR
1.1 Mempraktikkan berbagai kombinasi gerak dasar melalui
permainan dan nilai – nilai yang terkandung di dalamnya
A.
TUJUAN
PEMBELAJARAN
Setelah pembelajaran diharapkan :
a. Siswa
dapat berjalan lurus kedepan
b. Siswa
dapat berlari lurus kedepan
c. Siswa
dapat berjalan dan lari ke berbagai arah
d.
Siswa
dapat mengkombinasi berbagai pola gerak jalan dan lari
B. MATERI BELAJAR
·
Pola Gerak Lokomotor
·
Permainan Menjala Ikan
C. METODE DAN MODEL PEMBELAJARAN
1. Metode : Demonstrasi
2. Model Pembelajaran :
D. LANGKAH – LANGKAH PEMBELAJARAN
No.
|
Kegiatan
|
Waktu
|
Metode
|
1.
2.
3.
|
Pendahuluan
§ Siswa dibariskan menjadi 4 sap,
dan dipimpin berdoa
§
Menjelaskan materi kegiatan
§
Memotivasi siswa
Kegiatan Inti
1). Eksplorasi :
Guru memberi
penjelasan tentang materi pembelajaran
2). Elaborasi :
3). Konfirmasi
a. Mengecek pemahaman siswa tentang materi
pembelajaran
Penutup
a.
Mengabsen siswa
b.
Berdoa dan siswa dibubarkan
|
|
|
E. SUMBER BELAJAR DAN ALAT
Sumber Belaar
- Media cetak Buku pegangan
Alat
- Peluit
- Bendera pembatas / kun
- Tali rafia
F. PENILAIAN
1. Teknik Penilaian :
- Tes unjuk kerja (psikomotor) melakukan
gerakan :
Siswa dapat
melakukan gerakan jalan kedepan dan kesegala arah
Siswa dapat
melakukan gerakan lari ke depan dan ke segala arah
Siswa dapat
melakukan kombinasi gerakan jalan dan lari
- Pengamatan sikap (afektif) :
Penilaian
dilakukan berdasarkan pemahaman siswa tentang materi pembelajaran.
- Kuis
/ embedded test ( kognitif) :
Menjawab
secara lisan mengenai meteri pembelajaran.
2. Rubrik
penilaian :
Indikator Penilaian
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen
|
1. Siswa
dapat melakukan gerakan jalan kedepan dan kesegala arah
2. Siswa
dapat melakukan gerakan lari ke depan dan ke segala arah
3. Siswa
dapat melakukan kombinasi gerakan jalan dan lari
|
Tes Perbuatan
|
Praktek
Tugas
|
1. Lakukanlah gerakan jalan dan lari ke depan kemudian ke
segala arah
2. Lakukanlah gerakan kombinasi jalan dan lari
|
Mengetahui,
Kepala
Sekolah
Drs. RAHMAT TAUFIQ
NIP.196202201980121001
|
Guru
Penjas Orkes
PARTANTO, S.Pd
NIP. 197204142006041004
|
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
NO : 1/1.2
SEKOLAH : SDN Kalilembu
MAPEL : Pendidikan
Jasmani Olahraga dan Kesehatan
KELAS / SMT : III / 1
ALOKASI WAKTU :
TAHUN PELAJARAN :
2010/2011
STANDAR
KOMPETENSI
1. Mempraktikan berbagai kombinasi gerak dasar
melalui permainan dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
KOMPETENSI
DASAR
1.2 Mempraktikan
kombinasi berbagai gerak mengayun, membungkuk dan menekuk dalam permainan
sederhana serta aturan dan kerjasama
A. TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Setelah pembelajaran diharapkan :
a. Siswa dapat mengayunkan kedua lengan
b. Siswa
dapat membungkukkan badan
c. Siswa dapat menekuk lutut
d. Siswa
dapat mengkombinasikan gerakan mengayunkan lengan, membungkukkan badan dan
menekuk lutut dalam permainan
B.
MATERI BELAJAR
Pola
gerak non lokomotor dalam bentuk permainan
C. METODE
DAN MODEL PEMBELAJARAN
1. Metode : Demonstrasi
2. Model Pembelajaran :
D.
LANGKAH – LANGKAH PEMBELAJARAN
No.
|
Kegiatan
|
Waktu
|
Metode
|
1.
2.
3.
|
Pendahuluan
a. Siswa dibariskan menjadi 4 sap,
dan dipimpin berdoa
b. Menjelaskan
materi kegiatan
c. Memotivasi
siswa
Kegiatan Inti
1). Eksplorasi :
Guru memberi
penjelasan tentang materi pembelajaran
2). Elaborasi :
a. Guru
menberi contoh mengenai materi pembelajaran.
b. Melakukan
gerakan saling dorong berpasangan
c. Melakukan
gerakan tarik tambang beregu
d. Melakukan gerakan kombinasi
memutar lengan dan menekuk lutut
e. Melakukan
gerakan kombinasi gerak mengayunkan lengan dan meliukkan badan
3). Konfirmasi
a. Mengecek pemahaman siswa tentang materi
pembelajaran
Penutup
c.
Mengabsen siswa
d.
Berdoa dan siswa dibubarkan
|
|
|
E.
SUMBER BELAJAR
1. Sumber Belajar
- Media Elektronik, Buku pegangan
2. Alat
- Peluit
F.
PENILAIA
1. Teknik Penilaian :
- Tes unjuk kerja (psikomotor) melakukan
gerakan :
Melakkan gerakan
saling mendorong berpasangan
Melakukan gerakan kombinasi mengayun
lengan dan menekuk lutut
Melakukan gerakan kombinasi membungkuk, menekuk
lutut, kemudian berdiri dalam permainan
- Pengamatan sikap (afektif) :
Penilaian
dilakukan berdasarkan pemahaman siswa tentang materi pembelajaran.
- Kuis
/ embedded test ( kognitif) :
Menjawab
secara lisan mengenai meteri pembelajaran.
2. Rubrik
penilaian :
Indikator Penilaian
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen
|
§
Melakkan gerakan saling mendorong berpasangan
§ Melakukan gerakan kombinasi
mengayun lengan dan menekuk lutut
§ Melakukan gerakan kombinasi
membungkuk, menekuk lutut, kemudian berdiri dalam permainan
|
Non Tes
|
Tes Perbuatan
|
§
Lakukan gerakn saling mendorong berpasangan
§ Lakukan gerakan kombinasi mengayun
lengan dan menekuk secara berkelompok
§ Lakukan gerakan kombinasi
membungkuk, menekuk lutut, kemudian berdiri secara berkelompok
|
Mengetahui,
Kepala
Sekolah
Drs. RAHMAT TAUFIQ
NIP.196202201980121001
|
Guru
Penjas Orkes
PARTANTO, S.Pd
NIP. 197204142006041004
|
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
NO : 1/1.3
SEKOLAH : SDN Kalilembu
MAPEL : Pendidikan
Jasmani Olahraga dan Kesehatan
KELAS / SMT : III / 1
ALOKASI WAKTU :
TAHUN PELAJARAN :
2010/2011
STANDAR KOMPETENSI
1. Mempraktikan berbagai kombinasi gerak
dasar melalui permainan dan nilai-nilai yang
terkandung di dalamnya
KOMPETENSI
DASAR
1.3 Mempraktikkan kombinasi gerak dasar
melempar, menangkap dan menendang dengan koordinasi
yang baik dalam permainan sederhana
serta aturan dan kerjasama
A.
TUJUAN PEMBELAJARAN
a. Siswa dapat melempar bola dari arah bawah dengan dua tangan
b. Siswa dapat melempar bola dari depan
dada dengan dua tangan
c. Siswa dapat melempar bola dari belakang kepala
dengan dua tangan
d.
Siswa dapat menangkap bola
e.
Siswa dapat
menangkap dan melempar bola dalam kondisi bergerak
f.
Siswa bermain
dengan gembira
g.
Siswa dapat menendang bola ke berbagai arah
B.
MATERI
BELAJAR
Setelah pembelajaran diharapkan siswa dapat
melakukan :
·
Permainan lempar dan menangkap bola
·
Permainan sepak bola modifikasi
C.
METODE DAN MODEL PEMBELAJARAN
1. Metode : Ceramah, Demonstrasi
2. Model Pembelajaran :
D.
LANGKAH – LANGKAH PEMBELAJARAN
No.
|
Kegiatan
|
Waktu
|
Metode
|
1.
2.
3.
|
Pendahuluan
a. Siswa dibariskan menjadi 4 sap,
dan dipimpin berdoa
b. Menjelaskan
materi kegiatan
c. Memotivasi
siswa
Kegiatan Inti
1). Eksplorasi :
Guru memberi
penjelasan tentang materi pembelajaran
2). Elaborasi :
3). Konfirmasi
a. Mengecek pemahaman siswa tentang materi
pembelajaran
Penutup
Mengabsen
siswa
Berdoa
dan siswa dibubarkan
|
|
|
E.
SUMBER BELAJAR
1. Sumber Belajar
- Media Elektronik, Buku pegangan
2. Alat
·
Bola
Voli/bola kasti , Bola Sepak/bola plastik
·
Peluit
·
Bendera pembatas
F.
PENILAIAN
1. Teknik Penilaian :
- Tes unjuk kerja (psikomotor) melakukan gerakan
:
Siswa
melakukan melempar bola dengan ke dua tangan dari bawah
Siswa melakukan melempar bola dengan
kedua tangan dari depan dada
Siswa melakukan melempar bola dari
belakang kepala dengan kedua tangan
Siswa
menendang bola ke berbagai arah
- Pengamatan sikap (afektif) :
Penilaian
dilakukan berdasarkan pemahaman siswa tentang materi pembelajaran.
- Kuis
/ embedded test ( kognitif) :
Menjawab
secara lisan mengenai meteri pembelajaran.
2. Rubrik
penilaian :
Indikator Penilaian
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen
|
·
Siswa melakukan melempar bola dengan ke dua
tangan dari bawah
· Siswa melakukan melempar bola
dengan kedua tangan dari depan dada
· Siswa melakukan melempar bola dari
belakang kepala dengan kedua tangan
·
Siswa menendang bola ke berbagai arah
|
Tes Perbuatan
|
Praktek dan Tugas
|
·
Lakukan gerakan melempar bola dari bawah, depan dada, dan dari
belakang kepala dengan kedua tangan
·
Lakukan gerakan menendang bola kea rah gawang
·
Bermain bola tangan dan sepak bola dengan sportifitas
|
Mengetahui,
Kepala
Sekolah
Drs. RAHMAT TAUFIQ
NIP.196202201980121001
|
Guru
Penjas Orkes
PARTANTO, S.Pd
NIP. 197204142006041004
|
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
NO : 2/2.1
SEKOLAH : SDN Kalilembu
MAPEL : Pendidikan
Jasmani Olahraga dan Kesehatan
KELAS / SMT : III / 1
ALOKASI WAKTU :
TAHUN PELAJARAN :
2010/2011
WAKTU :
4 X 35 Menit ( 2 x Pertemuan )
STANDAR
KOMPETENSI
2. Mempraktikkan aktivitas
kebugaran secara sederhana dan nilai – nilai yang terkandung di dalamnya
KOMPETENSI DASAR
2.1. Mempraktikkan berbagai bentuk latihan
untuk meningkatkan kekuatan otot – otot bahu dan dada secara sederhana serta
niali disiplin
A. TUJUAN
PEMBELAJARAN
a.
Siswa Dapat meningkatkan kekuatan otot bahu
b.
Siswa Dapat meningkatkan kekuatan otot dada
c.
Melakukan gerakan tersebut secara individu, berpasangan
atau kelompok
B. MATERI BELAJAR
·
Kebugaran jasmani
C. METODE DAN
MODEL PEMBELAJARAN
1. Metode : Demonstrasi
2. Model Pembelajaran :
D. LANGKAH –
LANGKAH PEMBELAJARAN
No.
|
Kegiatan
|
Waktu
|
Metode
|
1.
2.
3.
|
Pendahuluan
Kegiatan Inti
1). Eksplorasi :
Guru memberi
penjelasan tentang materi pembelajaran
2). Elaborasi :
a. Guru
menberi contoh mengenai materi pembelajaran.
b. Siswa
melakukan gerakan mendorong temannya secara berpasangan dan bergantian
c. Melakukan
gerakan gerobak dorong secara berpasangan
d. Melakukan
gerakan push up
e. Melakukan
gerakan mendorong tembok / pohon
3). Konfirmasi
a. Mengecek pemahaman siswa tentang materi
pembelajaran
Penutup
Mengabsen
siswa
Berdoa
dan siswa dibubarkan
|
|
|
E. SUMBER
BELAJAR
a. Sumber Belajar
- Media Elektronik, Buku pegangan
b. Alat
·
Peluit
·
Bendera pembatas
·
Stopwacth
F. PENILAIAN
1. Teknik Penilaian :
- Tes unjuk kerja (psikomotor) melakukan
gerakan :
Siswa melakukan gerakn gerobak
dorong berpasangan
Siswa mwlakukan gerakan Push up
- Pengamatan sikap (afektif) :
Penilaian
dilakukan berdasarkan pemahaman siswa tentang materi pembelajaran.
- Kuis
/ embedded test ( kognitif) :
Menjawab
secara lisan mengenai meteri pembelajaran.
2. Rubrik
penilaian :
Indikator Penilaian
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen
|
·
Siswa melakukan gerakn gerobak dorong
berpasangan
·
Siswa mwlakukan gerakan Push up
|
Tes Perbuatan
|
Praktek dan Tugas
|
·
Lakukan gerakan gerobak dorong berpasangan
sejauh 10 meter
·
Lakukan gerakan push up selama 1 menit
|
Mengetahui,
Kepala
Sekolah
Drs. RAHMAT TAUFIQ
NIP.196202201980121001
|
Guru
Penjas Orkes
PARTANTO, S.Pd
NIP. 197204142006041004
|
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
NO : 2/2.2
SEKOLAH : SDN Kalilembu
MAPEL : Pendidikan
Jasmani Olahraga dan Kesehatan
KELAS / SMT : III / 1
ALOKASI WAKTU :
TAHUN PELAJARAN :
2010/2011
STANDAR KOMPETENSI
2. Mempraktikkan aktivitas kebugaran secara
sederhana dan nilai – nilai yang terkandung di dalamnya
KOMPETENSI DASAR
2.2. Mempraktikkan berbagai bentuk latihan
untuk meningkatkan daya tahan secara sederhana serta nilai – nilai disiplin
A. TUJUAN
PEMBELAJARAN
a.
Siswa dapat meningkatkan daya tahan tubuh
b.
Siswa dapat berlari dalam upaya meningkatkan daya tahan
B. MATERI
BELAJAR
Kebugaran Jasmani
C. METODE DAN
MODEL PEMBELAJARAN
1. Metode : Demonstrasi
2. Model Pembelajaran :
D. LANGKAH –
LANGKAH PEMBELAJARA
No.
|
Kegiatan
|
Waktu
|
Metode
|
1.
2.
3.
|
Pendahuluan
Kegiatan Inti
1). Eksplorasi :
Guru memberi
penjelasan tentang materi pembelajaran
2). Elaborasi :
a. Guru
menberi contoh mengenai materi pembelajaran.
b. Siswa melakukan lari pelan selama
5 – 10 menit
c. Melakukan lompat tali secara
perorangan / beregu
d. Melakukan
gerakan naik turun tangga selama 5 – 10 menit
3). Konfirmasi
a. Mengecek pemahaman siswa tentang materi
pembelajaran
Penutup
a.
Mengabsen siswa
b.
Berdoa dan siswa dibubarkan
|
|
|
E. SUMBER
BELAJAR
. Sumber Belajar
- Media cetak buku pegangan
2. Alat
·
Bendera Pembatas
·
Peluit
·
Stopwacth
·
Karet tali / Tali uding
·
Tangga
F. PENILAIAN
1. Teknik Penilaian :
- Tes unjuk kerja (psikomotor) melakukan
gerakan :
Siswa melakukan lari pelan selama 5
– 10 menit
Siswa
melakukan lompat tali perorangan atau beregu
Siswa
melakukan gerakan naik turun tangga 5 – 10 menit
- Pengamatan sikap (afektif) :
Penilaian
dilakukan berdasarkan pemahaman siswa tentang materi pembelajaran.
- Kuis
/ embedded test ( kognitif) :
Menjawab
secara lisan mengenai meteri pembelajaran.
2. Rubrik
penilaian :
Indikator Penilaian
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen
|
·
Siswa melakukan lari pelan selama 5 – 10 menit
·
Siswa melakukan lompat tali perorangan atau
beregu
·
Siswa melakukan gerakan naik turun tangga 5 –
10 menit
|
Tes Perbuatan
|
Praktek dan Tugas
|
·
Lakukan lari pelan selama 10 menit
·
Lakukan lompat tali perorangan selama 10 menit
·
Lakukan gerakan naik turun tangga selama 10
menit
|
Mengetahui,
Kepala
Sekolah
Drs. RAHMAT TAUFIQ
NIP.196202201980121001
|
Guru
Penjas Orkes
PARTANTO, S.Pd
NIP. 197204142006041004
|
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
NO : 3/3.1
SEKOLAH : SDN Kalilembu
MAPEL : Pendidikan
Jasmani Olahraga dan Kesehatan
KELAS / SMT : III / 1
ALOKASI WAKTU :
TAHUN PELAJARAN :
2010/2011
STANDAR KOMPETENSI
3. Mempraktikkan gerak senam
lantai, senam ketangkasan dasr dan nilai – nilai yang terkandung di
dalamnya
KOMPETENSI
DASAR
3.1. Mempraktikkan keseimbangan
dalam bentuk senam lantai dasar, serta nilai keselamatan, disiplin
dan keberanian
A. TUJUAN PEMBELAJARAN
a. Siswa mampu berdiri pada satu kaki
tumit diangkat
b. Siswa
mampu berdiri satu kaki kemudian kaki yang lain ditekuk ke depan atau ke
samping
c. Siswa
mampu melakukan gerakan siakap kapal terbang
d.
Siswa mampu melakukan sikap lilin
B. MATERI BELAJAR
1. Senam Lantai
C. METODE DAN MODEL PEMBELAJARAN
1. Metode :
2. Model Pembelajaran :
D. LANGKAH – LANGKAH PEMBELAJARAN
No.
|
Kegiatan
|
Waktu
|
Metode
|
1.
2.
3.
|
Pendahuluan
e.
Siswa dibariskan menjadi 4 sap kemudian dipimpin berdoa
f.
Menjelaskan materi
g.
Memotivasi siswa
h.
Menyiapkan alat
Kegiatan Inti
1). Eksplorasi :
Guru memberi penjelasan tentang materi
pembelajaran
2). Elaborasi :
3). Konfirmasi
a. Mengecek pemahaman siswa tentang materi
pembelajaran
Penutup
Mengabsen siswa, berdoa
Siswa dibubarkan
|
|
|
E. SUMBER
BELAJAR DAN ALAT
1. Sumber Alat
- Media Cetak Buku Pegangan
2. Alat
- Peluit
- Matras
F. PENILAIAN
1. Teknik Penilaian :
- Tes unjuk kerja (psikomotor) melakukan
gerakan :
Melakukan
gerakan sikap kapal terbang
Siswa
melakukan gerakan sikap lilin
-
Pengamatan sikap (afektif) :
Penilaian
dilakukan berdasarkan pemahaman siswa tentang materi pembelajaran.
- Kuis
/ embedded test ( kognitif) :
Menjawab
secara lisan mengenai meteri pembelajaran.
2. Rubrik
penilaian :
Indikator Penilaian
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen
|
·
Melakukan gerakan sikap kapal terbang
·
Siswa melakukan gerakan sikap lilin
|
Tes Perbuatan
|
Praktek Tugas
|
1.
Lakukan gerakan Sikap kapal terbang
2.
Lakukan gerakan sikap Lilin
|
Mengetahui,
Kepala
Sekolah
Drs. RAHMAT TAUFIQ
NIP.196202201980121001
|
Guru
Penjas Orkes
PARTANTO, S.Pd
NIP. 197204142006041004
|
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
NO : 3/3.2
SEKOLAH :
SEKOLAH : SDN Kalilembu
MAPEL : Pendidikan
Jasmani Olahraga dan Kesehatan
KELAS / SMT : III / 1
ALOKASI WAKTU :
TAHUN PELAJARAN :
2010/2011
STANDAR KOMPETENSI
3. Mempraktikkan gerak senam
lantai, senam ketangkasan dasr dan nilai – nilai yang terkandung di dalamnya
KOMPETENSI DASAR
3.2. Mempraktikkan gerak kombinasi senam
ketangkasan dasar, serta nilai keselamatan, disiplin dan keberanian
A. TUJUAN
PEMBELAJARAN
- Siswa dapat melakukan gerakan berjalan kemudian berguling
- Siswa dapat melakukan gerakan berjalan kemudian meroda
- Menjaga keselamatan
- Siswa dapat melakukan gerakan berlari kemudian berguling
- Siswa dapat melakukan gerakan berlari kemudian meroda
- Siswa dapat melakukan gerakan kombinasi dari lari, meroda, berguling, dan kemudian sikap kapal terbang
B. MATERI BELAJAR
1. Senam Ketangkasan
C. METODE DAN MODEL PEMBELAJARAN
1. Metode :
Demonstrasi
2. Model Pembelajaran :
D. LANGKAH – LANGKAH PEMBELAJARAN
Pertemuan II
No.
|
Kegiatan
|
Waktu
|
Metode
|
1.
2.
3.
|
Pendahuluan
Kegiatan Inti
1). Eksplorasi :
Guru memberi
penjelasan tentang materi pembelajaran
2). Elaborasi :
3). Konfirmasi
a. Mengecek pemahaman siswa tentang materi
pembelajaran
Penutup
Mengabsen siswa, kemudian berdoa
Siswa dibubarkan
|
|
|
E. SUMBER
BELAJAR DAN ALAT
1. Sumber Belajar
- Media cetak Buku pegangan
2. Alat
- Peluit
- Matras
F. PENILAIAN
1. Teknik Penilaian :
- Tes unjuk kerja (psikomotor) melakukan
gerakan :
Siswa
melakukan gerakan berguling kedepan
Siswa
melakukan gerakan meroda
Siswa
melakukan gerakan kombinasi berjalan/lari, berguling, sikap kapal terbang
- Pengamatan sikap (afektif) :
Penilaian
dilakukan berdasarkan pemahaman siswa tentang materi pembelajaran.
- Kuis
/ embedded test ( kognitif) :
Menjawab
secara lisan mengenai meteri pembelajaran.
2. Rubrik
penilaian :
Indikator Penilaian
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen
|
·
Siswa melakukan gerakan berguling kedepan
·
Siswa melakukan gerakan meroda
·
Siswa melakukan gerakan kombinasi
berjalan/lari, berguling, sikap kapal terbang
|
Tes Perbuatan
|
Praktek Tugas
|
§ Lakukan
gerakan berjalan / berlari kemudian berguling
§ Lakukan
gerakan berjalan / berlari kemudian meroda
§ Lakukan gerakan kombinasi dari
lari, meroda, berguling dan sikap kapal terbang
|
Mengetahui,
Kepala
Sekolah
Drs. RAHMAT TAUFIQ
NIP.196202201980121001
|
Guru
Penjas Orkes
PARTANTO, S.Pd
NIP. 197204142006041004
|
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
NO : 4/4.1
SEKOLAH : SDN Kalilembu
MAPEL : Pendidikan
Jasmani Olahraga dan Kesehatan
KELAS / SMT : III / 1
ALOKASI WAKTU :
TAHUN PELAJARAN :
2010/2011
STANDAR KOMPETENSI
4. Mempraktikkan gerak dasar
melalui aktivitas ritmik da nilai – nilai yang terkandung di dalamnya
KOMPETENSI DASAR
4.1. Mempraktikkan gerak dasar mengayun dan
menekuk lutut dalam aktivitas ritmik, serta nilai percaya diri dan displin
A. TUJUAN
PEMBELAJARAN
a.
Siswa dapat melakukan gerakan Mengayun lengan ke depan
/ belakang dan menekuk lutut
b.
Siswa dapat melakukan gerakan mengayun lengan kesamping
kanan / kiri dan menekuk lutut
c.
Siswa dapat mengkombinasikan gerakan tersebut secaraa
berkelompok
B. MATERI BELAJAR
Pola gerak
non lokomotor tanpa musik
C. METODE DAN MODEL PEMBELAJARAN
1. Metode :
Demonstrasi
2. Model Pembelajaran :
D. LANGKAH – LANGKAH PEMBELAJARAN
Pertemuan 1
No.
|
Kegiatan
|
Waktu
|
Metode
|
1.
2.
3.
|
Pendahuluan
Kegiatan Inti
1). Eksplorasi :
Guru memberi
penjelasan tentang materi pembelajaran
2). Elaborasi :
3). Konfirmasi
a. Mengecek pemahaman siswa tentang materi
pembelajaran
Penutup
a.
Mengabsen siswa, kemudian berdoa
b.
Siswa dibubarkan
|
|
|
E. SUMBER
BELAJAR
1. Sumber Belajar
·
Media cetak buku pegangan
2. Alat
·
Peluit
·
Bendera pembatas
F. PENILAIAN
1. Teknik Penilaian :
- Tes unjuk kerja (psikomotor) melakukan
gerakan :
Siswa melakukan mengayun lengan dan
menekuk lutut
Siswa mampu
mengkombinasikan gerakan tersebut
- Pengamatan sikap (afektif) :
Penilaian
dilakukan berdasarkan pemahaman siswa tentang materi pembelajaran.
- Kuis
/ embedded test ( kognitif) :
Menjawab
secara lisan mengenai meteri pembelajaran.
2. Rubrik
penilaian :
Indikator Penilaian
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen
|
·
Siswa melakukan mengayun lengan dan menekuk lutut
·
Siswa mampu mengkombinasikan gerakan tersebut
|
Tes Pebuatan
|
Praktek dan Tugas
|
·
Lakukan gerakan mengayun lengan ke
depan/belakan , kesamping kanan/ kiri dan menekuk utut
·
Lakukan gerakan kombinasi gerakan tersebut secara
beregu
|
Mengetahui,
Kepala
Sekolah
Drs. RAHMAT TAUFIQ
NIP.196202201980121001
|
Guru
Penjas Orkes
PARTANTO, S.Pd
NIP. 197204142006041004
|
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
NO : 4/4.2
SEKOLAH : SDN Kalilembu
MAPEL : Pendidikan
Jasmani Olahraga dan Kesehatan
KELAS / SMT : III / 1
ALOKASI WAKTU :
TAHUN PELAJARAN :
2010/2011
STANDAR KOMPETENSI
4. Mempraktikkan gerak dasar
melalui aktivitas ritmik da nilai – nilai yang terkandung di dalamnya
KOMPETENSI DASAR
4.2. Mempraktikkan gerak dasar mengayun dan
menekuk lutut dalam aktivitas ritmik sederhana beregu tanpa atau dengan iringan
musik, serta percaya diri, disiplin dan kerja sama
A. TUJUAN
PEMBELAJARAN
a.
Siswa dapat melakukan gerakan single step
b. Siswa
dapat melakukan gerakan duble step
c. Siswa
dapat melakukan gerakan V step
d. Siswa dapat melakukan gerakan
variasi ayunan lengan
e. Siswa
dapat mengkombinasikan gerakan single, duble, V step dan variasi ayunan tangan
secara berkelompok
B. MATERI
BELAJAR
·
Senam Irama
C. METODE DAN
MODEL PEMBELAJARAN
1. Metode : Demonstrasi
2. Model Pembelajaran :
D. LANGKAH –
LANGKAH PEMBELAJARAN
Pertemuan 1
No.
|
Kegiatan
|
Waktu
|
Metode
|
1
2.
3.
|
Pendahuluan
Kegiatan Inti
1). Eksplorasi :
Guru memberi
penjelasan tentang materi pembelajaran
2). Elaborasi :
3). Konfirmasi
a. Mengecek pemahaman siswa tentang materi
pembelajaran
Penutup
a.
Mengabsen siswa, kemudian berdo
b. Siswa
dibubarkan
|
|
|
E. SUMBER
BELAJAR
1. Sumber Belajar
·
Media cetek buku pegangan
2. Alat
·
Peluit
·
Tape recorder
·
Kaset
F. PENILAIAN
1. Teknik Penilaian :
- Tes unjuk kerja (psikomotor) melakukan
gerakan :
Siswa
melakukan gerakan single, duble, V Step
Siswa melakukan gerakan variasi
mengayun lengan
Siswa mengkombinasikan gerakn
langkah dan mengayun lengan
-
Pengamatan sikap (afektif) :
Penilaian dilakukan
berdasarkan pemahaman siswa tentang materi pembelajaran.
- Kuis
/ embedded test ( kognitif) :
Menjawab
secara lisan mengenai meteri pembelajaran.
2. Rubrik
penilaian :
Indikator Penilaian
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen
|
·
Siswa melakukan gerakan single, duble, V Step
·
Siswa melakukan gerakan variasi mengayun lengan
·
Siswa mengkombinasikan gerakn langkah dan mengayun lengan
|
Tes Perbuatan
|
Praktek dan Tugas
|
·
Lakukan geraka single, duble, dan V Step
·
Lakukan gerakan variasi mengayun lengan
·
Lakukan gerakan kombinasi gerakn langkah dan
mengayun lengan
|
Mengetahui,
Kepala
Sekolah
Drs. RAHMAT TAUFIQ
NIP.196202201980121001
|
Guru
Penjas Orkes
PARTANTO, S.Pd
NIP. 197204142006041004
|
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
NO : 5/5.1
SEKOLAH : SDN Kalilembu
MAPEL : Pendidikan
Jasmani Olahraga dan Kesehatan
KELAS / SMT : III / 1
ALOKASI WAKTU :
TAHUN PELAJARAN :
2010/2011
STANDAR KOMPETENSI
5. Menerapkan budaya hidup sehat
KOMPETENSI
DASAR
5.1. Menjaga kebersihan pakaian
A. TUJUAN
PEMBELAJARAN
a.
Siswa dapat merawat dan menjaga kebersihan pakaian
b. Siswa dapat membedakan pakaian bersih dan
kotor
c. Siswa dapat membersihkan pakaian
B. MATERI
BELAJAR
·
Teori Kebersihan Pakaian
C. METODE DAN
MODEL PEMBELAJARAN
1. Metode : Ceramah
2. Model Pembelajaran :
D. LANGKAH –
LANGKAH PEMBELAJARAN
No.
|
Kegiatan
|
Waktu
|
Metode
|
1.
2.
3.
|
Pendahuluan
Kegiatan Inti
1). Eksplorasi :
Guru memberi
penjelasan tentang materi pembelajaran
2). Elaborasi :
3). Konfirmasi
a. Mengecek pemahaman siswa tentang materi
pembelajaran
Penutup
·
Memberikan Tanya jawab seputar materi
·
Mengabsen siswa dan berdoa
|
|
|
E. SUMBER
BELAJAR
1. Sumber Belajar
·
Media cetak buku pegangan
2. Alat
F. PENILAIAN
1. Teknik Penilaian :
- Tes unjuk kerja (psikomotor) melakukan
gerakan :
Siswa mampu
merawat, membersihkan pakaian
Siswa mampu
membedakan pakaian bersih dan kotor
Siswa
mengetahui alat yang digunakan untuk membersihkan pakaian
- Pengamatan sikap (afektif) :
Penilaian
dilakukan berdasarkan pemahaman siswa tentang materi pembelajaran.
- Kuis
/ embedded test ( kognitif) :
Menjawab
secara lisan mengenai meteri pembelajaran.
2. Rubrik
penilaian :
Indikator Penilaian
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen
|
·
Siswa mampu merawat, membersihkan pakaian
·
Siswa mampu membedakan pakaian bersih dan
kotor
·
Siswa mengetahui alat yang digunakan untuk
membersihkan pakaian
|
Tes tertulis / Lisan
|
Tugas
|
·
Jelaskan cara merawat pakaian !!
·
Jelaskan cara membersihkan pakaian !
·
Sebutkan alat yang digunakan untuk
membersihkan pakaian
|
Mengetahui,
Kepala
Sekolah
Drs. RAHMAT TAUFIQ
NIP.196202201980121001
|
Guru
Penjas Orkes
PARTANTO, S.Pd
NIP. 197204142006041004
|
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
NO : 5/5.2
SEKOLAH : SDN Kalilembu
MAPEL : Pendidikan
Jasmani Olahraga dan Kesehatan
KELAS / SMT : III / 1
ALOKASI WAKTU :
TAHUN PELAJARAN :
2010/2011
STANDAR KOMPETENSI
5. Menerapkan budaya hidup sehat
KOMPETENSI
DASAR
5.2. Mengenal kebutuhan tidur dan
istirahat
A. TUJUAN
PEMBELAJARAN
a.
Siswa dapat Mengetahui manfaat tidur
b. Siswa
dapat membiasakan diri mengatur jadwal istirahat
B. MATERI
BELAJAR
Teori Manfaat Tidur / Istirahat
C. METODE DAN
MODEL PEMBELAJARAN
1. Metode : Ceramah
2. Model Pembelajaran :
D. LANGKAH –
LANGKAH PEMBELAJARAN
No.
|
Kegiatan
|
Waktu
|
Metode
|
1.
2.
3.
|
Pendahuluan
Kegiatan Inti
1). Eksplorasi :
Guru memberi
penjelasan tentang materi pembelajaran
2). Elaborasi :
3). Konfirmasi
a. Mengecek pemahaman siswa tentang materi
pembelajaran
Penutup
·
Memberikan Tanya jawab seputar materi
·
Mengabsen siswa dan berdoa
|
|
|
E. SUMBER
BELAJAR
Sumber Belajar
Media cetak buku pegangan
F. PENILAIAN
1. Teknik Penilaian :
- Tes unjuk kerja (psikomotor) melakukan
gerakan :
Siswa
mengetahui manfaat tidur / istirahat
Siswa membuat
jadwal istrahat dirumah
- Pengamatan sikap (afektif) :
Penilaian
dilakukan berdasarkan pemahaman siswa tentang materi pembelajaran.
- Kuis
/ embedded test ( kognitif) :
Menjawab
secara lisan mengenai meteri pembelajaran.
2. Rubrik
penilaian :
Indikator Penilaian
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen
|
||
·
Siswa mengetahui manfaat tidur / istirahat
·
Siswa membuat jadwal istrahat dirumah
|
Tes Tertulis / Lisan
|
Tugas
|
·
Sebutkan manfaat tidur / istirahat !
·
Sebutkan waktu yang baik untuk beristirahat !
|
||
Mengetahui,
Kepala
Sekolah
Drs. RAHMAT TAUFIQ
NIP.196202201980121001
|
Guru
Penjas Orkes
PARTANTO, S.Pd
NIP. 197204142006041004
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar